Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok

Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok – Bagi Anda yang berencana untuk menjadi pengusaha dalam bisnis budidaya ikan air tawar dan memiliki lahan yang luas, tidak ada salahnya untuk mencoba budidaya ikan gurame di kolam tembok. Merupakan salah satu metode budidaya yang bisa Anda pilih sesuai dengan kondisi lahan yang Anda miliki.

Dengan memiliki kolam yang terbuat dari campuran semen ini bisa menjadi media budidaya ikan gurame yang menghasilkan keuntungan yang maksimal. Apalagi dengan semakin meningkatnya permintaan akan ikan gurame di pasaran.

Keunggulan dan Kekurangan Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok

Keunggulan dan Kekurangan Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok
mbledooz.blogspot.com

Salah satu hal yang menjadi alasan kenapa menggunakan metode kolam tembok sebagai media budidaya ikan gurame adalah karena lahan yang dimiliki tidak memungkinkan untuk dibuat sebagai kolam tanah. Terdapat beberapa kelebihan dan juga kerugian dalam hal pembuatan kolam tembok ini. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini:

Kelebihan Metode Kolam Tembok dalam Budidaya Ikan Gurame

Kelebihan Metode Kolam Tembok dalam Budidaya Ikan Gurame
tipsbudidayagurame.blogspot.com

Beberapa kelebihan yang bisa Anda rasakan jika memilih metode kolam tembok sebagai media budidaya ikan gurame adalah sebagai berikut:

  • Spesifikasi kolam bisa Anda buat sedetail mungkin. Bentuk kolam juga bisa Anda buat sedemikian rupa dengan menggunakan tingkat ketebalan dinding relatif tipis agar penggunaan lahan bisa dioptimalkan.
  • Kadar air dalam kolam tembok akan lebih higienis dan tidak cepat kotor. Hal ini dikarenakan air tidak bersentuhan secara langsung dengan tanah sehingga kebersihan kolam lebih terjaga. Selain itu, kualitas ikan gurame juga lebih bermutu karena saat dipanen tidak akan berbau lumpur atau tanah.
  • Budidaya yang intensif dapat memproduksi ikan gurame dengan tingkat keberhasilan yang relatif tinggi hanya dengan menggunakan sebidang tanah yang kecil.
  • Parameter lingkungan sangat terkontrol, seperti pH, DO, suhu air atau limbah kimia.
  • Kolam tembok untuk budidaya ikan gurame lebih mudah dibersihkan saat musim panen tiba. Proses pengeringannya juga lebih cepat, yaitu di kisaran 1-2 hari.
  • Tidak butuh tenaga kerja yang banyak sehingga Anda akan lebih menghemat biaya upah karyawan.
  • Karena terbuat dari campuran semen, maka struktur kolam ini jauh lebih awet, tidak mudah bocor, terkikis atau retak akibat tekanan air.
  • Biaya perawatan kolam tembok jauh lebih murah karena tidak perlu mengganti terpal yang sudah lapuk atau memperbaiki dinding yang retak karena tekanan air. Pada bagian dasar telah dilapisi bahan yang solid sehingga air dalam kolam tidak bersentuhan secara langsung dengan tanah.

Baca Juga: Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal

Kekurangan Metode Kolam Tembok dalam Budidaya Ikan Gurame

Kekurangan Metode Kolam Tembok dalam Budidaya Ikan Gurame
youtube.com

Selain kelebihan di atas, metode kolam tembok untuk budidaya ikan gurame juga memiliki beberapa kekurangan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Biaya pada saat pembuatan kolam tembok jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan metode yang lain.
  • Persiapan kolam tembok jauh lebih lama sebelum bisa digunakan sebagai media budidaya ikan gurame. Setidaknya butuh waktu 1 bulan agar kolam yang sudah diberi kompos bisa ditumbuhi lumut.
  • Ikan gurame akan butuh nutrisi ekstra dalam masa pertumbuhannya karena dalam kolam tembok sangat jarang terdapat pakan alami seperti lumut, alga dan tumbuhan air.
  • Butuh dana ekstra untuk pembelian filter, pompa air dan cadangannya.
  • Jumlah ikan yang terlalu padat cenderung menimbulkan penyakit dan juga stres pada ikan gurame.

Cara budidaya ikan gurame di kolam tembok ini memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan. Untuk itu pertimbangkan dengan bijak sebelum memutuskan akan memilih metode kolam tembok sebagai media budidaya ikan gurame yang akan Anda buat.

Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok

Categories Gurame

Leave a Comment