bibitikan.net

Cara Budidaya Pembesaran Ikan Gurame

Posted on

Cara Budidaya Pembesaran Ikan Gurame – Kebutuhan akan asupan ikan dalam kehidupan sehari-hari menjadi semakin penting seiring dengan meningkatnya kesadaran akan manfaat kesehatan yang ditawarkannya. Salah satu ikan yang sering menjadi pilihan konsumsi adalah Gurame.

Fenomena ini mendorong banyak kalangan dan pengusaha untuk memulai usaha budidaya ikan konsumsi. Artikel ini bertujuan untuk mengulas teknik pembesaran ikan gurame agar menghasilkan produk yang optimal.

Budidaya ikan konsumsi memerlukan perencanaan yang matang dan strategi yang tepat. Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan oleh para pengusaha yang ingin terlibat dalam bisnis budidaya ikan, terutama Gurame.

Terutama bagi para pemula, diperlukan upaya besar dalam merancang strategi dan mempelajari berbagai teknik untuk mengelola budidaya ini.

Meskipun teknik budidaya ikan ini dianggap relatif mudah dan biaya yang terjangkau dibandingkan dengan komoditas lain seperti lobster, namun tetap diperlukan perhatian yang cermat. Oleh karena itu, mari kita teliti teknik pembesaran ikan gurame agar dapat menghasilkan produk yang berkualitas, serta mempertimbangkan ulasan dan informasi pendukung lainnya.

Ikan Gurame Merupakan Komoditas Ikan yang Banyak Diminati

Ikan Gurame Merupakan Komoditas Ikan yang Banyak Diminati
bulelengkab.go.id

Berbeda dengan ikan laut yang cara penangkapannya harus dilakukan dengan penjaringan atau pemancingan, ikan konsumsi air payau tidak demikian.

Untuk memenuhi konsumsi ikan dari air payau banyak pemasok yang melakukan cara budidaya untuk mengembangkan jumlahnya. Dibanding dengan ikan air laut, ikan konsumsi air payau cenderung memiliki harga yang relatif lebih rendah.

Selain itu untuk rasa dan kandungan gizi nya yang baik banyak membuat masyarakat sangat menyukai ikan ini sebagai jenis konsumsi. Apalagi untuk harganya sendiri sangat berimbang jauh daripada harga dari ikan laut.

Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi pebisnis yang bergelut dalam bidang ini karena kebutuhan pasar akan selalu ada.

Nutrisi, vitamin dan kandungan senyawa baik dalam daging ikan konsumsi membuatnya laris manis di pasaran. Nilai konsumsi ikan yang dikenal lebih murah ini jauh dibawah dari konsumsi kelas daging-dagingan. Jadi sudah bisa dibayangkan bahwa bisnis ini sangat memiliki banyak keuntungan dari segi konsumennya.

BACA JUGA  Cara Budidaya Burung Murai Batu Medan

Dikenal Lebih Murah dan Mudah dalam Budidaya

Dikenal Lebih Murah dan Mudah dalam Budidaya Pembesaran Ikan Gurame
gdmorganic.com

Selain merupakan komoditas yang paling peminatnya dan menjadi salah satu komoditas penting dalam menunjang kebutuhan rumah tangga dan sektor lainnya. Ikan gurame merupakan salah satu komoditas  pangan yang mudah dan murah dalam budidayanya. Hal ini jelas jauh lebih menguntungkan dan menghemat banyak biaya operasional.

Budidaya dari ikan konsumsi air payau atau tawar ini bisa dikatakan tidak terlalu rumit dengan tidak membutuhkan banyak penanganan khusus.

Meski tetap ada beberapa teknik dan tahapan yang harus diperhatikan untuk membuat ikan konsumsi ini bisa tumbuh dengan baik. Untuk penanganan dan perawatan dari ikan konsumsi ini dikenal jauh lebih rendah daripada perawatan pada unggas atau hewan ternak lainnya.

Cara Budidaya Pembesaran Ikan Gurame

Cara Budidaya Pembesaran Ikan Gurame

Setelah menilik beberapa uraian lugas mengenai keuntungan dan tingginya minat pasar akan ikan konsumsi. Berikut adalah cara budidaya pembesaran ikan gurame agar berkembang baik.

1. Melakukan Observasi Lahan Budidaya

Melakukan Observasi Lahan Budidaya Pembesaran Gurame
beritabudidayaikanlele.blogspot.com

Sebelum melakukan budidaya ikan hal yang perlu diperhatikan pertama adalah melakukan observasi lokasi dan lahan budidaya. Pemilihan lokasi ini jelas menjadi salah satu teknik dan hal penting jika ingin budidaya ikan menjadi baik. Pilihlah lokasi budidaya yang tepat seperti jauh dari kota dan tidak adanya limbah pada daerah budidaya.

Limbah dan pencemaran lingkungan atau perairan jelas mampu menurunkan produktivitas dari perkembangan ikan konsumsi sendiri.

Lokasi juga harus dekat dengan sumber air yang cukup untuk pengelolaan dan kebutuhan budidaya.  Selain itu pembersihan lahan dari rumput, daun atau gulma perlu dilakukan sebelum adanya budidaya didalamnya.

Baca Juga:

2. Memilih Media Tepat Untuk Budidaya Ikan Gurame

Memilih Media Tepat Untuk Budidaya Ikan Gurame
infoakuakultur.com

Langkah dan teknik selanjutnya untuk mengembangkan ikan gurame adalah dengan pemilihan media secara tepat dan baik.

Ada banyak sekali jenis media yang bisa dipilih untuk pengembangan seperti kolam tanah, empang, kolam beton bahkan kolam plastik. Pilihlah media yang tepat dan sudah disesuaikan dengan keadaan sekitar sehingga jalannya budidaya bisa menjadi lancar.

Jika sudah memilih lahan sesuai dengan jenis ikan maka teknik selanjutnya adalah dengan pembersihan dan pengeringan lahan.

Hal ini ditujukan untuk melakukan penggemburan tanah dan melakukan pemupukan untuk menambah nutrisi media.Setelah itu jangan lupa melakukan pengukuran pH tanah dan pengapuran pada media yang digunakan.

BACA JUGA  Cara Budidaya Anggur

Teknik diatas diperlukan untuk membuat satu media yang baik, penuh nutrisi dan tentunya menjadi media siap olah. Setelah media tanah siap, selanjutnya adalah melakukan pengisian air yang diusahakan bukan air PDAM.

Namun jika memang hanya bisa mengisi dengan air PDAM lakukan pengendapan setidaknya 2 hari sebelum mengisinya dengan benih.

3. Memilih Benih Unggulan Untuk Budidaya

Memilih Benih Unggulan Untuk Budidaya Pembesaran Ikan Gurame
bibitikan.net

Selain lokasi dan media yang perlu diperhatikan, teknik lainnya yang perlu diperhatikan adalah dengan memilih benih unggulan untuk budidaya.

Pilihlah benih yang berkualitas pada usia-usia tertentu sebelum digunakan untuk budidaya. Jangan memilih benih yang terkena virus atau hama karena hanya akan mempersulit perkembangan benih.

Ketika sudah memiliki benih berkualitas dan sehat, pelepasan dan penaburan benih juga harus dilakukan dengan teknik terbaik.

Penebaran dan pelepasan benih harus dilakukan secara perlahan agar benih yang ada tidak akan stress. Pastikan proporsi pemberian benih pada satu media jangan sampai berlebihan agar pertumbuhan benih semakin baik.

4. Pemberian Pakan Terbaik dalam Waktu Terbaik

Pemberian Pakan Terbaik dalam Waktu Terbaik Budidaya Ikan Gurame
aquatec.co.id

Langkah dan teknik selanjutnya yang menentukan perkembangan hasil ikan konsumsi yang baik adalah dari persoalan pakan.

Usahakan untuk memberikan pakan dengan konsentrasi baik dan memiliki nutrisi yang cukup sehingga benih cepat berkembang. Lakukan pemberian pakan juga pada waktu terbaik seperti siang dan sore hari dengan skala rutin.

Pemberian pakan yang random dan terkesan tidak rutin hanya akan menghambat perkembangan benih ikan konsumsi yang ada.

Selain itu pemberian dedak juga bisa dimasukan dalam daftar pakan sebagai tambahan pakan bernutrisi lainnya. Pemberian pelet juga harus hanya yang berkualitas agar perkembangan ikan konsumsi akan semakin baik.

5. Penumpasan Hama

Penumpasan Hama Budidaya Pembesaran Gurame
marioqqlounge.com

Biasanya gulma dan hama lain akan muncul ketika budidaya ikan berlangsung dan ini akan mengganggu jalannya perkembangan ikan.

Misalnya saja budidaya ikan gurame pada tambak atau media kolam tanah dekat perairan lainnya akan mendapat serangan hama lain. Hama lain seperti kepiting atau ular air bisa saja masuk ke dalam kolam dan memakan benih budidaya ikan dan ini bisa menghasilkan kerugian.

Maka dari itu perlu diadakan adanya inspeksi khusus terhadap kesehatan dan penumpasan hama yang ada agar perkembangan tidak terganggu.

Pemusnahan hama harus dilakukan dengan berkala, kontrollah daerah kolam setiap hari untuk memastikan keberadaan hama. Hama yang berlebih bisa saja menurunkan produktivitas ikan untuk berkembang dan akhirnya jumlah panen yang diharapkan tidak akan sesuai hasil.

BACA JUGA  Cara Budidaya Ikan Mas Komet

Tanya Jawab Seputar Cara Budidaya Pembesaran Ikan Gurame

1. Pertanyaan: Bagaimana langkah-langkah awal dalam mempersiapkan kolam untuk budidaya pembesaran ikan gurame?

Jawaban: Langkah awal meliputi pembersihan kolam dari material organik dan lumpur, memastikan sistem air mengalir dengan baik, memperbaiki struktur kolam yang rusak, dan mengukur parameter air seperti suhu dan pH.

2. Pertanyaan: Apa jenis pakan yang paling cocok untuk pembesaran ikan gurame?

Jawaban: Ikan gurame membutuhkan pakan berupa pelet ikan yang mengandung nutrisi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Pemilihan pelet dengan kualitas yang baik akan memastikan pertumbuhan yang optimal.

3. Pertanyaan: Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membesarkan ikan gurame sebelum panen?

Jawaban: Waktu pemeliharaan sebelum panen tergantung pada ukuran panen yang diinginkan dan kondisi lingkungan. Biasanya, ikan gurame dipelihara selama 6 hingga 9 bulan sebelum mencapai ukuran panen yang optimal.

4. Pertanyaan: Apakah ada teknik khusus yang dapat digunakan untuk mempercepat pertumbuhan ikan gurame?

Jawaban: Beberapa teknik seperti pemberian pakan yang teratur, penggunaan pelet yang berkualitas tinggi, pemantauan kondisi air yang optimal, serta pemilihan bibit unggul dapat membantu mempercepat pertumbuhan ikan gurame.

5. Pertanyaan: Bagaimana cara mengatasi masalah seperti penyakit dan stres pada ikan gurame selama masa pembesaran?

Jawaban: Menghindari overstocking, menjaga kebersihan kolam, memberikan pakan yang berkualitas, serta memantau kondisi air secara teratur dapat membantu mencegah penyakit dan stres pada ikan gurame. Pemberian vaksinasi juga bisa dipertimbangkan untuk meningkatkan kekebalan ikan.

Diatas adalah ulasan mengenai tips dan cara budidaya pembesaran ikan gurame untuk hasil yang baik. Berbagai point diatas perlu diperhatikan untuk menghasilkan hasil budidaya yang berkualitas dan mumpuni tentunya. Jangan malas untuk melakukan sidak hama, pemberian pakan dan nutrisi yang cukup untuk menunjang perkembangan ikan konsumsi.

Cara Budidaya Pembesaran Ikan Gurame

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *