Keuntungan Budidaya Ikan Gurame

Keuntungan Budidaya Ikan Gurame – Meningkatnya permintaan ikan gurame di pasaran membuat usaha budidaya ikan gurame semakin mendatangkan keuntungan untuk dijalankan. Keuntungan budidaya ikan gurame ini nampak sangat menjanjikan karena stok ikan gurame yang tersedia belum mencukupi kebutuhan pasar.

Peluang bisnis ini masih terbuka lebar bagi para pebisnis. Di samping itu, bisnis yang satu ini bisa dijalankan oleh siapapun. Anda tidak harus memiliki latar belakang keilmuan dalam hal bertani dan beternak atau berasal dari keluarga peternak untuk bisa merintis usaha budidaya ikan gurame.

Sebelum melakukan budidaya ikan gurame, Anda bisa melakukan analisis terlebih dahulu terhadap peluang usaha, modal, pengeluaran dan juga keuntungan yang akan diraih. Dengan begitu Anda akan mendapatkan gambaran berapa dana yang harus Anda siapkan.

Selain itu, Anda juga akan mengetahui apa saja yang harus dilakukan mulai dari persiapan kolam, tebar benih, pemeliharaan sampai dengan masa panen tiba.

Keuntungan Budidaya Ikan Gurame

Keuntungan Budidaya Ikan Gurame
juraganterpal.com

Beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan saat melakukan budidaya ikan gurame adalah sebagai berikut:

Harga Jual yang Cukup Tinggi

Dengan proses perawatan dan pemeliharaan yang tepat dan secara intensif, Anda akan bisa menjual ikan gurame dengan harga yang cukup tinggi di pasaran.

Perawatan Mudah

Dibandingkan dengan ikan air tawar yang lain, budidaya ikan gurame ini lebih mudah dalam hal perawatannya. Secara garis besar, Anda hanya perlu mencukupi kebutuhan pakan dan juga kebersihan kolam ikan gurame saja.

Daya Tahan Ikan Gurame Kuat

Ikan gurame memiliki daya tahan atau kekebalan tubuh lebih kuat jika dibandingkan dengan jenis ikan air tawar yang lain. Selain itu, ikan gurame juga tidak mudah mati seperti ikan air tawar lainnya. Namun dengan catatan, Anda harus memperhatikan kualitas kebersihan kolam dan juga pemberian pakan berkualitas yang teratur agar ikan gurame tidak mudah terserang hama atau penyakit.

Pemberian Pakan Lebih Hemat

Ikan gurame merupakan omnivora atau pemakan segala. Secara alami, gurame bisa memakan serangga dan tumbuhan lunak. Selain pelet, gurame juga bisa diberi pakan daun kangkung, daun talas, daun sente dan tanaman air yang banyak tersedia di pasar dengan harga yang murah. Dengan kata lain, pemberian pakan ikan gurame lebih hemat jika dibandingkan dengan jenis ikan air tawar lainnya.

Artikel Terkait: Analisa Usaha Budidaya Ikan Gurame

Hambatan Budidaya Ikan Gurame

Hambatan Budidaya Ikan Gurame
youtube.com

Adapun kendala atau hambatan dalam budidaya ikan gurame adalah sebagai berikut:

Masa Panen yang Lama

Untuk bisa menikmati keuntungan dalam budidaya ikan gurame, Anda harus bersabar. Karena mulai dari tebar benih sampai dengan masa panen membutuhkan waktu antara 10 sampai 12 bulan. Untuk proses panen ikan gurame tergolong lebih lama jika dibandingkan dengan jenis ikan air tawar lainnya.

Rentan Terkena Penyakit Bintik Putih dan Jamur

Walaupun daya tahan tubuh ikan gurame kuat, namun jika proses pemeliharaan dan perawatannya tidak dijaga akan rentan terkena penyakit bintik putih dan juga jamur. Hal ini tentu akan mengurangi harga jual ikan gurame tersebut. Bahkan jika tidak segera dipisah dan diobati bisa menular ke ikan lainnya atau mengalami kematian.

Dalam menjalankan suatu usaha pasti ada kelebihan dan kekurangannya, begitu pula dengan budidaya ikan gurame. Selain merasakan keuntungan budidaya ikan gurame, Anda juga perlu mengetahui kendala selama masa pembudidayaan tersebut. Namun jika dikerjakan dengan tekun dan sabar pasti hasil yang diperoleh juga akan memuaskan.

Keuntungan Budidaya Ikan Gurame

Categories Gurame

Leave a Comment