Budidaya Ikan Gurame di Kolam Kecil

Budidaya Ikan Gurame di Kolam Kecil – Permintaan ikan gurame di pasaran saat ini semakin meningkat. Hal ini membuat harga ikan gurame juga cenderung naik sehingga tidak semua orang mampu membelinya. Namun ada cara mudah untuk mengatasi hal ini, terutama jika Anda memiliki modal yang kecil.

Cukup dengan memanfaatkan lahan yang sempit Anda sudah bisa menikmati daging ikan gurame yang gurih dan nikmat. Caranya adalah dengan membuat budidaya ikan gurame di kolam kecil, misalnya saja di pekarangan rumah Anda.

Manfaatkan Pekarangan Rumah, Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Kecil

Manfaatkan Pekarangan Rumah, Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Kecil
carabudidayaikan9.blogspot.com

Selain bisa dimanfaatkan sebagai lauk bagi keluarga, Anda juga bisa menjual ikan gurame kepada tetangga, pasar atau warung makanan yang ada di sekitar rumah Anda. Cara mudah membudidayakan ikan gurame di kolam kecil adalah sebagai berikut:

Tentukan Jenis Kolam Budidaya Ikan Gurame

Tentukan Jenis Kolam Budidaya Ikan Gurame
contohternak.blogspot.com

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan jenis atau metode kolam. Untuk pembuatan kolam kecil ini Anda bisa menggunakan metode kolam terpal, kolam tembok atau akuarium sebagai media budidaya ikan gurame. Pilih jenis kolam yang sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar lokasi pembuatan kolam tersebut. Jangan lupa sesuaikan juga dengan budget yang Anda miliki.

Proses Pembuatan Kolam

Proses Pembuatan Kolam Budidaya Ikan Gurame
bisnisusahaonline.com

Setelah menentukan kolam, langkah selanjutnya adalah merancang jalan untuk masuknya air bersih serta merancang saluran pembuangan air kotor. Jika Anda menggunakan media terpal, letakkan pemberat seperti batu bata di bagian pinggir kolam agar tidak mudah bergeser.

Kolam kecil yang sudah Anda buat harus dijemur terlebih dahulu sebelum diisi air. Jangan lupa untuk menaburkan garam grasak untuk mencegah timbulnya jamur pada kolam.

Siapkan Benih Ikan Gurame

Siapkan Benih Ikan Gurame
kabardepok.co.id

Saat kolam sudah diisi air dan siap untuk digunakan, langkah berikutnya adalah menyiapkan benih ikan gurame. Untuk benih ikan gurame sendiri, Anda bisa membelinya pada peternak ikan atau para pedagang yang khusus menjual bibit ikan. Pastikan benih yang Anda beli adalah benih ikan gurame dari bibit unggul dan dalam kondisi sehat.

Tebar Benih Ikan Gurame

Bibit Ikan Gurame
tokopedia.com

Untuk langkah selanjutnya adalah tebar benih. Ada cara tersendiri untuk memasukkan benih ikan gurame pada kolam pembibitan yang sudah siap tersebut. Caranya adalah, siapkan bejana berisi air bersih dan masukkan benih ikan pada bejana tersebut terlebih dahulu selama kurang lebih 15 menit.

Artikel LainBudidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok

Kemudian masukkan benih tersebut ke dalam kolam bersama dengan air dalam bejana. Hal ini dimaksudkan agar benih tersebut bisa beradaptasi dengan suhu air yang ada pada kolam kecil.

Berikan Pakan Berkualitas secara Teratur

Pakan Ikan Gurame
youtube.com

Setelah proses pemindahan selesai, yang harus Anda perhatikan adalah jenis pakan yang akan Anda berikan kepada benih ikan gurame. Anda bisa memberikan pelet atau pakan alami yang lebih murah. Misalnya saja daun kangkung, tauge dan daun keladi. Pemberian pakan yang baik adalah dua kali sehari setiap pagi dan sore hari. Untuk banyaknya jumlah pakan yang diberikan adalah sekitar 10% dari total berat tubuh benih ikan gurame.

Perawatan Kolam

Perawatan Kolam Budidaya Ikan Gurame
cyberspaceandtime.com

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah merawat kolam tersebut dengan sebaik-baiknya. Caranya dengan pemberian pakan secara teratur, menjaga kebersihan air kolam, mengecek suhu air, memberikan nutrisi tambahan dan mengganti air kolam secara teratur.

Dengan menggunakan metode budidaya ikan gurame di kolam kecil, Anda bisa memanfaatkan lahan sempit yang Anda miliki. Dengan cara ini pula Anda akan bisa menikmati lezatnya daging ikan gurame saat masa panen tiba.

Budidaya Ikan Gurame di Kolam Kecil

Categories Gurame

1 thought on “Budidaya Ikan Gurame di Kolam Kecil”

Leave a Comment