Analisa Usaha Budidaya Ikan Gurame

ANALISA USAHA BUDIDAYA IKAN GURAME – Ikan merupakan bahan makanan yang paling dicari oleh masyarakat untuk dikonsumsi sebagai menu sehari-hari.

Salah satu ikan yang paling banyak peminatnya adalah ikan gurame. Hal ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan, apalagi harga ikan gurame cenderung meningkat seiring melonjaknya permintaan pasar.

Bagi Anda yang berniat untuk berbisnis di bidang ini, bisa melakukan analisa usaha budidaya ikan gurame terlebih dahulu untuk mengetahui berapa modal yang harus disiapkan. Dan dengan melakukan analisa, Anda akan mengetahui berapa perkiraan keuntungan yang akan Anda peroleh saat masa panen tiba.

Contents

Keuntungan Budidaya Ikan Gurame

Keuntungan Budidaya Ikan Gurame
goodnewsfromindonesia.id

Berdasarkan data Laporan Tahunan Direktorat Produksi Tahun 2013 dari Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (KKP), komoditas utama yang menjadi sasaran produksi pemerintah Indonesia adalah ikan patin, lele, nila, bandeng, ikan mas, gurame, kerapu, dan kakap.

Bahkan di tahun 2018 pertumbuhan ikan gurame lah yang paling tinggi, yaitu 68,15%. Disusul dengan ikan-ikan budidaya lainnya, seperti lele (56,32%), patin (31,76%), udang (30,02%), dan nila (7,62%).*

Melihat pertumbuhan tersebut berarti kini semakin banyak orang yang melirik budidaya ikan gurame sebagai suatu bisnis yang menguntungkan. Memang benar, jika melakukan analisa usaha budidaya ikan gurame, maka hasilnya cukup memberikan profit yang menjanjikan. Selain itu, inilah keuntungan lainnya yang didapat:

1. Harga Jual Cenderung Tinggi

Banyaknya permintaan terhadap ikan gurame dari hari ke hari menyebabkan harga jual ikan ini cukup tinggi di pasar. Dibandingkan ikan air tawar lainnya, ikan gurame harganya jarang sekali turun bahkan seringnya stabil.

Jika seseorang mempraktekkan cara budidaya dengan baik, maka hasil yang didapat pun akan banyak dan berkualitas. Tentu saja hal ini akan membuat harga tawarnya semakin tinggi.

2. Kelas Pasar Menengah ke Atas

Pangsa pasar ikan gurame tergolong premium. Umumnya, kelompok masyarakat dengan ekonomi menengah ke atas adalah orang-orang yang mengonsumsi ikan ini.

Maka tak heran kalau harganya pun di atas rata-rata ikan pasar pada umumnya. Meskipun mahal dan dikonsumsi golongan masyarakat tertentu, pasar ikan gurame terbilang luas. Peternak bisa menjadi pemasok ikan gurame di sejumlah restoran ternama yang kian hari kian banyak dibuka di berbagai tempat.

3. Perawatan Mudah

Salah satu alasan ikan gurame menguntungkan adalah karena biaya perawatannya murah dan untuk melakukan budidaya pun mudah. Memang ini ditentukan dari seberapa besar kolam atau usaha yang dilakukan. Semakin besar usahanya tentu saja semakin memakan banyak biaya dan tenaga.

Namun, bagi pemula, bisnis budidaya ikan gurame patut dicoba karena tidak membutuhkan banyak modal. Untuk lebih detailnya, bisa melihat analisa usaha budidaya ikan gurame di bawah dan membandingkannya dengan hasil bisnis ikan tawar lainnya.

4. Kompetisi Pasar Belum Banyak

Beberapa orang merasa kalau waktu panen ikan gurame cukup lama. Kalau dibandingkan ikan lainnya, peternak ikan gurame dibutuhkan kesabaran lebih. Namun hal ini akan terbayar begitu masa panen tiba apalagi hasil panen ditawar dengan harga tinggi.

Tak banyak orang yang mau menanti selama waktu panen ikan gurame sehingga membuat persaingan antara peternak ikan gurame semakin sedikit. Ini sebenarnya adalah peluang bagus yang bisa dimanfaatkan kalau tekun menjalani bisnis ini.

Jenis-Jenis Ikan Gurame yang Biasa Dibudidayakan

Jenis-Jenis Ikan Gurame yang Biasa Dibudidayakan

Sebenarnya ada banyak jenis ikan gurame, namun tak jarang orang-orang menganggapnya hanya ada satu jenis ikan gurame. Memang sekilas ikan ini tampak sama antara jenis satu dengan lainnya. Berikut adalah jenis-jenis ikan gurame yang sering dibudidayakan dan dijadikan bisnis:

1. Gurame Soang

Gurame soang banyak dibudidayakan karena waktu panennya lebih cepat dibandingkan jenis gurame lainnya. Waktu panen gurame soang adalah 9 bulan, sedangkan gurame lainnya bisa mencapai 1 tahun.

Oleh sebab itu, banyak peternak yang memilih gurame ini untuk dijadikan bisnis. Nama gurame soang dikenal juga sebagai gurame Jawa Barat karena jenis gurame ini banyak ditemukan di daerah tersebut.

2. Gurame Jepang

Ukurannya tidak sebesar gurame soang, namun gurame jenis ini pun memberikan keuntungan yang besar. Paling panjang ukurannya adalah 45 cm dan beratnya hanya sekitar 4 kg.

Orang-orang senang membudidayakan gurame Jepang karena sekali bertelur jumlahnya cukup banyak, yakni bisa mencapai 2.000 – 3.000 butir telur. Sama seperti gurame soang, gurame Jepang pun memiliki nama lain, yaitu gurame Jawa Tengah.

3. Gurame Porselen

Dibandingkan dengan dua jenis gurame sebelumnya, gurame porselen memiliki warna tubuh yang lebih cerah dan kepalanya kemerahan serta ukurannya kecil. Gurame jenis ini pun banyak diminati karena dianggap mampu lebih bisa beradaptasi dengan lingkungan.

Selain itu, gurame porselen lebih suka hidup di perairan yang tenang dan jernih sehingga peternak tidak perlu banyak melakukan pemeliharaan terhadap kolam. Tak hanya itu, gurame porselen sekali bertelur bisa menghasilkan 10.000 butir telur.

Analisa Usaha Budidaya Ikan Gurame pada Kolam Terpal

Analisa Usaha Budidaya Ikan Gurame pada Kolam Terpal
hobidanusaha.blogspot.com

Langkah pertama dalam budidaya ikan gurame adalah menentukan metode kolam yang digunakan. Bagi Anda yang masih pemula dan mempunyai lahan terbatas, sebaiknya memilih metode budidaya ikan gurame dengan menggunakan kolam terpal.

Karena jika dibandingkan dengan kolam yang terbuat dari tembok, biaya pembuatan kolam terpal tidak terlalu mahal. Maka, untuk analisa usaha budidaya gurame adalah sebagai berikut:

Artikel Lain: Ukuran Kolam Gurame 1000 Ekor

1. Perkiraan Modal Budidaya Ikan Gurame

Perkiraan Modal Budidaya Ikan Gurame
writinginadeadworld.com

Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan budidaya ikan gurame sebesar:

  • Siapkan Kolam terpal dengan ukuran sekitar 8 x 10 x 1 = 80 m2
  • Siapkan bibit ikan gurame sebanyak 1.500 ekor dengan harga @Rp1.500,- per ekor
  • Siapkan pakan ikan gurame berupa pelet sebanyak 25 sak, dengan estimasi harga sekitar Rp250.000,- per sak, dengan asumsi, untuk 200 ekor ikan gurame akan memerlukan sekitar 2 sak pelet.
  • Siapkan juga obat bagi ikan gurame untuk mengantisipasi ikan gurame yang terkena penyakit sekitar Rp500.000,-

2. Analisa Usaha Budidaya Gurame

Analisa Usaha Budidaya Gurame
bibitikan.net

Pengeluaran

Bibit Rp1.500,- x 1.500 ekor = Rp2.250.000,-

Pakan Rp250.000,- x 25 sak = Rp6.250.000,-

Obat-obatan Rp500.000,- x 1 masa panen = Rp500.000,-

Total pengeluaran = Rp9.000.000,-

3. Estimasi Waktu Panen

Estimasi Waktu Panen
Dalam 10 bulan berat dari ikan gurame akan mencapai 1 kg dengan kisaran harga Rp25.000,- ;per ekor.

Angka kematian ikan gurame sekitar 15%.

Maka untuk perhitungannya adalah sisa ikan yang bisa dipanen, yaitu:

1.500 ekor – (15% x 1.500 ekor) = 1.275 ekor (jumlah ikan gurame yang bisa dipanen)

Penghasilan kotor yang Anda terima adalah,

1.275 ekor x Rp25.000,- = Rp31.875.000,-

Jadi, hasil panen dikurangi dengan pengeluaran adalah keuntungan yang Anda dapatkan dalam budidaya ikan gurame, yaitu:

Rp31.875.000,- – Rp9.000.000,- = Rp22.875.000,-

Perhitungan tersebut di atas merupakan estimasi atau perkiraan saja sebagai contoh cara melakukan analisa budidaya ikan gurame ini. Untuk hasil aslinya tinggal menyesuaikan dengan proses pemeliharaan yang Anda lakukan.

Karena data di atas belum termasuk makanan tambahan yang berasal dari nabati dan hewani, seperti daun talas, daun singkong, daun pepaya, dedak, ampas tahu, cacing sutra, cacing tanah dan makanan tambahan lainnya.

Untuk harga bibit ikan gurame, harga pakan ikan tentu akan berbeda pada setiap daerah. Begitu pula dengan dana yang harus disiapkan untuk pembelian obat-obatan dan vitamin bagi ikan gurame tersebut.

Pelajari dan lakukan analisa usaha budidaya ikan gurame pada kolam terpal terlebih dahulu untuk mengetahui estimasi biaya, waktu dan keuntungan yang akan diperoleh. Jika Anda menjalankan budidaya ikan gurame dengan tekun dan sabar, maka Anda akan bisa meraih keuntungan yang besar sesuai dengan target yang ingin Anda capai.

ANALISA USAHA BUDIDAYA IKAN GURAME

Leave a Comment