Cara Budidaya Belut

Budidaya Belut – Sebagian orang mungkin mengenal ikan belut sebagai ikan yang menakutkan dan geli. Fisiknya yang hampir mirip dengan ular adalah salah satu sebab banyak yang takut bahkan geli dengan ikan ini. Meskipun menakutkan, nyatanya budidaya belut saat ini makin digemari saja dan terbilang menggiurkan.

Cara Budidaya Belut dengan Mudah untuk Pemula

Cara Budidaya Belut dengan Mudah untuk Pemula
budidayaperawatan.blogspot.com

Sebelum menyimak lebih dalam tentang budidaya ikan ini, mari berkenalan lebih dekat dengan ikan belut dan awal budidayanya. Simak uraian di bawah ini, ya:

Morfologi Ikan Belut

Morfologi Ikan Belut
sipendik.com
  • Belut adalah salah satu ikan yang dikenal sebagai predator ganas. Habitat ikan ini biasanya berada di sawah atau rawa. Makanan ikan belut adalah ikan-ikan kecil dan termasuk hewan nokturnal yang hanya aktif ketika malam tiba.
  • Ajaibnya ikan ini adalah mampu bertahan di lingkungan yang tidak berair selama berbulan-bulan dengan syarat tempat tersebut tetap basah.
  • Secara fisik belut mempunyai tubuh yang penuh dengan lendir dan tidak mempunyai sirip layaknya ikan yang lain. Karena bentuk tubuhnya yang memanjang dan adanya lendir pada tubuh memudahkan ikan belut untuk berenang.
  • Warna ikan ini umumnya coklat kehitaman pada bagian atas tubuhnya. Sedangkan bagian bawah tubuhnya berwarna coklat kemerahan.
  • Ikan mempunyai gigi yang tajam dan mata yang kecil.

Sejarah Budidaya Belut

Sejarah Budidaya Ikan Belut
gdmorganic.com

Budidaya belut di Indonesia sendiri telah dimulai sejak lama. Tercatat ketika Indonesia mengalami krisis moneter pada tahun 1997, banyak orang yang mulai tertarik untuk membudidayakan ikan ini sebab jika diperhitungkan keuntungan budidaya ikan ini sangatlah menggiurkan.

Hingga kini budidaya ikan belut semakin digemari. Apalagi kini banyak juga yang menyukai olahan ikan belut. Wajar jika kemudian budidaya ikan ini semakin besar dan banyak mengalami inovasi.

Yang Dibutuhkan untuk Budidaya Belut

Yang Dibutuhkan untuk Budidaya Ikan Belut
abahtani.com

Untuk melakukan budidaya ikan ini bisa dikatakan tidaklah sulit. Jika dahulu hanya bisa mendapati ikan ini di rawa atau sawah, maka jangan heran apabila saat di banyak rumah akan mudah didapati budidaya ikan belut.

Karena dipandang budidaya ikan ini sangat menguntungkan, orang pun banyak yang kian tertarik. Untuk budidaya ikan ini hanya dibutuhkan media baik alami atau buatan, bibit unggul serta pakan yang berkualitas.

Pangsa Pasar Belut

Pangsa Pasar Ikan Belut
jatayu.or.id

Jangan terlalu risau memikirkan pemasaran ikan belut apabila telah berniat melakukan budidaya ikan belut. Pangsa pasarnya kini semakin luas, sebab makin banyak pula yang menggemari olahan ikan ini. rasa daging ikan belut yang gurih ditambah manfaatnya yang banyak, jadi alasan banyak yang suka menyantap ikan ini.

Analisa Usaha Budidaya Belut

Analisa Usaha Budidaya Belut
jatayu.or.id

Bagaimana tentang perhitungan keuntungan budidaya ikan ini? Cukup menggiurkan. Bayangkan saja, hanya butuh bibit ikan belut dengan harga yang tidak terlalu mahal, Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Untuk perawatan serta pakan ikan ini pun tidak banyak memakan biaya. Harga ikan belut lumayan tinggi di pasaran. Apalagi jika keberadaan ikan ini langka di pasaran, maka harganya akan semakin mahal.

Dari segi keuntungan dan mudahnya perawatan, budidaya ikan belut bisa menjadi ide bisnis yang amat menjanjikan di masa depan. Jika pun terkendala lahan, saat ini media budidaya ikan ini sangatlah beragam. Tidak harus menggunakan kolam besar, bahkan dengan media terpal atau drum saja, budidaya sudah bisa dilakukan.

5 Alasan Melakukan Budidaya Belut

5 Alasan Melakukan Budidaya Belut
gdmorganic.com

Pastinya banyak yang bertanya-tanya mengapa ada orang yang tertarik untuk melakukan budidaya belut. Padahal melihat ikannya saja, kadang bikin orang merinding dan takut. Tentu ada beberapa alasan yang mendasari mengapa kini semakin banyak orang yang gemar melakukan budidaya ikan belut. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa membudidayakan ikan ini:

Budidayanya Mudah

Bisnis budidaya ikan apa yang menguntungkan? Jawabannya tentu saja budidaya ikan belut. Selain perhitungan keuntungannya yang menggiurkan, budidaya ini juga dikatakan relatif mudah.

Sebab dalam perawatannya, ikan ini tidak terlalu membutuhkan air bersih. Ikan ini bahkan bisa hidup di tempat yang kotor sekalipun. Tentu saja, karena habitat asli ikan ini adalah sawah dan rawa. Bahkan untuk media buatan seperti terpal dan drum bisa menggunakan lumpur untuk media hidup ikan belut.

Bisa Dikerjakan di Rumah

Bingung ingin melakukan bisnis apa? Mengapa Anda tidak mencoba untuk melakukan usaha budidaya belut.

Budidaya ikan ini sedang booming dan banyak disukai peternak ikan. Melakukan ide bisnis budidaya ikan ini tidak dibutuhkan modal yang besar dan bisa dikerjakan di rumah. Cocok sekali jika Anda ingin mempunyai usaha rumahan yang mudah dan menguntungkan.

Media Budidaya Mudah Sekali

Yang perlu diketahui adalah untuk melakukan budidaya ikan ini, tidak membutuhkan media yang rumit dan sulit. Ikan belut adalah salah satu ikan yang mudah sekali perawatannya. Jika tidak mempunyai lahan yang besar dan luas, Anda bisa membuat media buatan yang mudah untuk didapatkan.

Contohnya adalah ember, drum atau terpal. Anda bisa mengisi media tersebut dengan lumpur sesuai habitat asli ikan belut atau menggunakan air bersih saja. Cukup mudah dan simple bukan?

Keuntungannya Besar

Ini nih, yang membuat banyak orang tergiur membudidayakan ikan belut. Apalagi jika bukan karena keuntungannya yang besar. Untuk memulai budidaya belut tidak diperlukan modal yang cukup besar. Anda pun bisa mendapatkan bibit ikan belut dengan harga terjangkau.

Ditambah lagi ikan ini tidak membutuhkan media budidaya yang mahal. Medianya cukup mudah didapatkan di lingkungan sekitar dan murah meriah.

Mudah dalam Perawatan dan Masa Panen yang Cepat

Layaknya budidaya ikan lainnya, budidaya ikan belut pun membutuhkan perawatan. Hanya saja perawatan ikan ini lumayan mudah. Pakan yang dibutuhkan ikan belut amat mudah didapatkan. Pemberian pakan bisa dilakukan pagi dan sore.

Untuk perawatan ikan belut yang menggunakan air bersih, perawatannya pun tidak harus melakukan pengurasan air setiap hari. Sebab ikan belut pun bisa hidup di tempat yang kotor. Masa panen ikan ini pun lumayan singkat. Empat bulan sekali, Anda bisa memanennya.

Beberapa alasan di atas lah yang menguatkan banyak orang dan yakin untuk terus mengembangkan budidaya ikan belut. Budidaya ikan ini mungkin tidak serumit budidaya ikan lainnya. Namun, tetap saja kesehatan ikan ini harus diperhatikan. Apalagi habitat ikan ini adalah lumpur.

Untuk media yang menggunakan air bersih saja, kadang masih berpotensi terjangkit penyakit, apalagi di tempat yang kotor. Selalu perhatikan kesehatan ikan jika ingin mendapatkan panen yang melimpah.

Bahan yang Dibutuhkan dalam Budidaya Belut

Budidaya Belut Media Tong
urbanina.com

Bukan hanya media saja yang dibutuhkan dalam budidaya ikan belut. Terdapat beberapa bahan dan alat yang dibutuhkan untuk melakukan budidaya ikan belut. Apa saja bahan yang diperlukan? Simak uraiannya di bawah ini:

Media Tanah Lumpur

Meskipun sekarang budidaya belut ada yang menggunakan air bersih, media lumpur rupanya tetap digunakan dalam budidaya. Lumpur adalah habitat asli ikan ini sekaligus tempat terbaik karena lumpur adalah penahan suhu udara agar belut tidak merasa panas. Lumpur yang baik sebaiknya tidak lengket karena akan membuat ikan belut kesulitan membuat lubang. Lumpur bisa didapatkan di sawah atau rawa di sekitar Anda.

Pupuk Kompos

Bahan yang satu ini dapat membantu proses perkembangbiakan ikan belut. Untuk memperoleh pupuk ini sangat mudah. Bisa dengan menimbun berbagai macam dedaunan atau jerami.

Humus

Bahan utama dalam budidaya ikan belut ini bisa didapatkan dari sisa tumbuhan, daun kering atau batang tumbuhan yang mengalami pembusukan.

Jerami

Jerami ini digunakan sebagai bahan organik yang dapat membantu menyuburkan media budidaya. Belut yang diberi media ini akan merasa terlindungi dan merasa hangat. Ingat, bahwa ikan belut tidak suka dengan suhu udara yang panas.

Bahan-bahan di atas adalah beberapa bahan yang harus Anda persiapkan dengan baik. Sebab keadaan media juga mempengaruhi pertumbuhan ikan belut, kelangsungan dan kesuksesan usaha budidaya ikan ini.

Tips Sukses Budidaya Ikan Belut Untuk Pemula

Walaupun budidaya ikan ini dikatakan mudah, terdapat beberapa hal yang harus tetap diperhatikan sehingga Anda bisa menuai kesuksesan dalam melakukan budidaya ikan ini. di bawah ini adalah beberapa tips sukses budidaya ikan belut yang bisa Anda terapkan:

Perhatikan Kondisi Kesehatan Ikan Belut

Terkenal sebagai ikan yang suka hidup di lumpur yang kotor, bukan berarti Anda tidak wajib untuk memperhatikan kesehatan ikan ini. Ikan belut pun berpotensi untuk terkena penyakit. Untuk itu media budidaya harus diperhatikan. Jika menggunakan lumpur, pilih lumpur yang baik dan berkualitas. Jika menggunakan air, perhatikan suhu air serta kebersihannya.

Pemberian Pakan yang Berkualitas

Ikan belut bisa memakan ikan-ikan kecil. Selain itu Anda juga bisa memberikan makanan tambahan dan vitamin untuk menunjang kesehatan ikan belut. Pemberian pakan yang berkualitas juga akan berpengaruh pada bobot ikan belut.

Perhatikan Kualitas Media

Kualitas media budidaya juga harus Anda perhatikan dengan baik. Jangan sampai karena lalai memperhatikannya, belut akan terjangkit penyakit dan membuatnya tidak bisa berkembang atau bahkan mati.

Pemilihan Bibit yang Benar-Benar Unggul

Untuk mendapatkan hasil panen ikan belut yang berlimpah dan sukses, sejak awal budidaya semua aspek harus diperhatikan. Salah satunya adalah pemilihan bibit unggul. Bibit yang unggul akan menghasilkan ikan belut yang sehat dan berkualitas.

Ikut Komunitas

Untuk menunjang pengetahuan tentang budidaya ikan ini, ada baiknya tidak hanya membaca dari buku atau informasi online saja. Anda bisa mendapatkan banyak ilmu baru dengan ikut komunitas budidaya ikan belut atau bertukar pikiran dengan orang yang telah lama berkecimbung dalam bisnis ini. Ikut komunitas juga akan menambah jaringan yang luas bagi Anda.

Siapa pun pasti ingin merasakan sukses dalam melakukan budidaya ikan belut. Melakukan bisnis budidaya ini tidak bisa hanya dibekali dengan niat dan modal saja. Anda pun butuh ilmu untuk menambah pengetahuan tentang ikan belut.

Artikel Lain: Cara Budidaya Ikan Nila

Video Budidaya Belut Air Bersih Tanpa Lumpur di Kolam Terpal

Tips di atas bisa Anda coba untuk mengembangkan budidaya belut sehingga bisa menikmati kesuksesan dalam bisnis ini dan mendapatkan banyak keuntungan. Selamat mencoba.

Budidaya Belut

Categories Belut

Leave a Comment