Cara Menanam Bunga Rosemary

Posted on

Cara Menanam Bunga Rosemary – Bunga Rosemary merupakan salah satu tanaman yang masih berada dalam keluarga mint dan juga lavender. Tanaman satu ini dipercaya juga bisa mengusir nyamuk dan dimanfaatkan untuk berbagai hal dan kebutuhan.

Dengan baunya yang harum dan warna perpaduan ungu putih nan cantik ini, maka tidak heran jika banyak orang menggemarinya untuk dijadikan tanaman peliharaan di rumah. Namun sebelum berencana melakukannya, pastikan untuk mengetahui bagaimana cara menanam bunga rosemary terlebih dahulu ya.

Kebanyakan orang akan menanam bunga rosemary di dalam rumah atau di kebun pekarangan rumah. Hal ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan alami sekaligus mengusir nyamuk yang ada loh.

Selain itu, tanaman satu ini bisa pula dimanfaatkan sebagai pengharum alami pada kue atau makanan, serta menjadi obat dari berbagai penyakit. Dengan banyak manfaat yang di punya, tentunya setiap orang setidaknya bisa menanamnya sendiri di rumah bukan? berikut ulasannya.

Mengenal Bunga Rosemary

Gambar Bunga Rosemary
wikipedia.org

Bunga Rosemary merupakan salah satu tanaman yang berasal dari Mediterania, yaitu berbentuk daun lonjong dan juga meruncing berukuran sekitar 5-8 cm.

Tanaman ini termasuk dalam jenis rempah-rempah yang sekaligus digunakan untuk memasak di berbagai daerah di Eropa. Bunga rosemary sendiri memiliki warna keunguan yang tumbuh pada ketiak daun tanaman yang berwarna hijau kecokelatan ini.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Gelombang Cinta

Tanaman satu ini memiliki banyak nutrisi, seperti antioksidan, zat besi, vitamin B6, kalsium dan juga anti radang yang baik untuk kesehatan tubuh. Biasanya kebanyakan orang akan menggunakan rosemary sebagai pengharum makanan dan menjadikannya teh untuk mengatasi flu ataupun demam.

Tidak hanya itu, tanaman ini pun bisa mencegah kerontokan rambut, meningkatkan daya ingat, serta menjadikannya aroma terapi untuk mengurangi stres dan penat yang ada.

Fakta Unik Bunga Rosemary

Fakta Unik Bunga Rosemary
amazon.in

Sebelum mengetahui bagaimana cara menanam bunga rosemary yang mudah di rumah, ada baiknya untuk mengetahui fakta-fakta uniknya terlebih dahulu seperti berikut ini.

1. Simbol Kesucian

Bunga rosemary seringkali dianggap sebagai simbol kesucian, terutama bagi bangsa Mesir Kuno, Romawi dan juga Yunani.

BACA JUGA  Cara Menanam Pohon Zaitun

Bangsa Romawi menggunakan rosemary sebagai dupa dalam upacara pemakaman hingga keagamaan, pasalnya dipercaya bahwa Bunda Maria dan juga bayi Yesus berlindung dan bersembunyi di bawah semak-semak tanaman satu ini. Bahkan juga digunakan untuk mengawetkan dan pembalseman pada jenazah loh.

2. Bisa Dipanen Kapanpun

Bunga rosemary memiliki perawatan yang cukup mudah, bahkan seperti kebanyakan tanaman asal Mediterania, tanaman satu ini tidak membutuhkan banyak air loh. Namun masih tetap membutuhkan air secukupnya saja dengan penyiraman secara teratur tiap harinya. Bahkan tanaman ini bisa dipanen kapan pun dan musim apapun loh.

3. Menjadi Bumbu Makanan

Selain menjadi pengharum ruangan alami, rosemary juga kerap kali menjadi bahan bumbu makanan. Daun pada rosemary memiliki banyak khasiat untuk menyedapkan makanan khas daerah Italia, Mesir, atau daerah lain yang masih berada di Mediterania.

Beberapa makanan yang menggunakan bumbu ini adalah seperti olahan daging ayam, domba ataupun koktail yang sangat lezat.

4. Minyaknya Harum dan Kaya Manfaat

Tidak hanya itu, rosemary juga bisa dimanfaatkan sebagai minyak yang kaya akan manfaat. Biasanya dimanfaatkan dalam bidang kesehatan dan kecantikan, yaitu dapat menyembuhkan gangguan pencernaan, menambah nafsu makan, hingga menangkal radikal bebas penyebab kulit kusam.

Cara Menanam Bunga Rosemary di Rumah

Cara Menanam Bunga Rosemary di Rumah
sabai-arom.com

Setelah mengetahui berbagai informasi menarik di atas tentunya banyak orang yang ingin menanam bunga ini. untuk itu berikut inilah cara menanam bunga rosemary yang cukup mudah dilakukan di rumah, antara lain sebagai berikut.

1. Menyiapkan Lokasi Tanam

Hal pertama yang harus dilakukan sebagai cara menanam bunga rosemary yang mudah dilakukan di rumah adalah dengan menyiapkan lokasi tanam yang tepat. Tanaman satu ini terbilang tidak terlalu besar, jadi pilihlah pot yang berukuran sedang dan sesuaikan dengan lahan yang ada.

Jika memiliki lahan kecil, jangan memaksakan untuk menanam banyak, secukupnya saja. Jangan lupa pula meletakkan pot di tempat dengan sinar matahari yang cukup.

Setelah memilih pot, pastikan untuk menyediakan media tanam seperti campuran tanah, pasir, dan lumut gambut yang sesuai untuk penanaman rosemary. Masukkan campuran ini ke dalam pot dan dijamin akan mengoptimalkan pertumbuhan tanaman dengan baik dan juga cepat.

2. Mulai Menanam

Langkah selanjutnya sebagai cara menanam bunga rosemary adalah dengan mulai menanamnya. Pastikan sudah memiliki potongan tanaman rosemary atau bibit tanaman ini terlebih dahulu ya. Kemudian barulah letakkan ke dalam pot, setidaknya 2 hingga 3 potongan.

BACA JUGA  Cara Menanam Serai

Bisa pula dengan memasukkan pot tersebut ke dalam kantung plastik yang sudah dilubangi untuk menjaga kelembapan tanaman pada musim kemarau yang sangat panas ini.

Artikel Lain: Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Bunga rosemary membutuhkan sinar matahari yang cukup, namun jika kebanyakan bisa berimbas pada tanaman yang cepat kering dan jadi layu loh.

Tunggu proses penanaman hingga kurang lebih 3 minggu dan tunggu munculnya akar, kemudian barulah pindahkan ke tempat lainnya. Namun alangkah lebih baik jika tetap membiarkannya di pot agar proses perawatan lebih mudah dan bisa di awasi dengan baik.

3. Perawatan Tanaman

Cara menanam bunga rosemary selanjutnya adalah dengan melakukan perawatan yang cepat. Biarkan rosemary berada di tanah yang kering dan lakukan penyiraman secukupnya untuk membiarkannya tumbuh dengan baik.

Terutama jika tanah cenderung basa, maka bisa membuatnya semakin harum menyerbak. Hal ini sangat menarik para pecinta nya dan bisa menjadi lahan bisnis di rumah yang menguntungkan loh.

Tanaman satu ini memiliki perawatan yang cukup mudah, yaitu tidak memerlukan pupuk, namun pemberian kapur menjadi pengganti yang lebih baik.

Jika musim penghujan tiba, maka pastikan untuk memasukannya ke dalam rumah agar tanaman bisa selalu dalam keadaan hangat dan terjaga kondisinya. Serta, lakukan pemangkasan secara berkala untuk merapikan cabang-cabang rosemary yang layu atau bahkan terlalu rimbun.

4. Pemanenan

Hal selanjutnya dalam cara menanam bunga rosemary adalah melakukan panen. Jika tanaman sudah dirasa tumbuh cukup besar dan menyebarkan harum yang semerbak, maka bisa dipanen kapan pun ingin digunakan. Bunga rosemary bisa digunakan untuk menangkal serangga seperti nyamuk dan lain sebagainya.

Cara memanen nya cukup mudah, yaitu cukup potong batang atau bunga dengan gunting, kemudian bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang bermanfaat.

5. Pemanfaatan Rosemary

Setelah proses pemanenan, ada baiknya untuk mengetahui tips apa saja yang perlu dilakukan untuk memanfaatkan tanaman satu ini. Pertama, pastikan untuk menyimpannya di tempat yang dingin dan kering untuk penggunaan rosemary dalam waktu yang lama hingga beberapa bulan ke depan.

Apabila dibutuhkan, tanaman satu ini juga bisa digunakan sebagai pengharum lemari ataupun sabun alami yang aman untuk kulit sensitif. Namun pastikan sudah melakukan konsultasi pada dokter agar tidak menimbulkan gatal ya.

Nah itulah informasi mengenai bagaimana cara menanam bunga rosemary di rumah yang sangat mudah. Selain memiliki warna yang indah dan harum yang mewangi, menanam bunga satu ini di rumah bisa sekaligus mengusir nyamuk secara alami loh.

BACA JUGA  Cara Menanam Strawberry

Hal ini juga akan melindungi pemilik rumah dari serangan berbagai serangga yang mengganggu. Jadi tidak ada salahnya untuk merawat tanaman yang kaya manfaat ini bukan? Tunggu apalagi? semoga bermanfaat dan selamat bercocok tanam ya!

Cara Menanam Bunga Rosemary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *