Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Posted on

Cara menanam bunga sedap malam memang tergolong mudah untuk dilakukan. Merupakan jenis tumbuhan yang mampu mengeluarkan aroma semerbak di malam hari ini memang disukai oleh banyak orang.

Maka tidak heran jika budidaya bunga sedap malam kini sudah banyak yang menggelutinya. Karena keharumannya, bunga sedap malam sering digunakan sebagai pewangi alami.

Bunga sedap malam merupakan jenis tanaman yang berasal dari negara Meksiko. Mempunyai nama latin Polianthes tuberosa, bunga sedap malam tidak hanya dimanfaatkan ekstraknya saja sebagai parfum, namun kandungan dalam bunga sedap malam juga baik untuk kesehatan tubuh.

Di Indonesia, populasi bunga sedap malam paling banyak ditemukan di provinsi Jawa Timur. Simak informasi cara menanam bunga sedap malam berikut ini:

Ciri Khas Bunga Sedap Malam

Ciri Khas Bunga Sedap Malam
bukalapak.com

Sebelum menerapkan cara menanam bunga sedap malam, alangkah baiknya mengetahui ciri khas yang dimiliki tanaman ini terlebih dahulu. Kondisi iklim yang cocok untuk menanam bunga sedap malam adalah subtropis atau tropis. Meskipun fotosintesis pada bunga sedap malam dilakukan pada kondisi gelap, namun cahaya matahari tetap dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhannya.

1. Bagian Akar

Bunga sedap malam mempunyai bagian akar yang posisinya keluar melewati batang inti. Warna dari akarnya sendiri mempunyai gradasi putih dan coklat, dengan panjang akar mampu mencapai ukuran hingga enam puluh sentimeter. Bagian akar pada bunga sedap malam sering dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit, misalnya saja seperti rematik dan katarak.

2. Bagian Batang

Pada bagian batang, tumbuhan bunga sedap malam tersusun atas umbi yang berinduk. Bagian ini dimanfaatkan bunga sedap malam untuk menyimpan cadangan makanan yang dibutuhkan sebagai pemenuhan nutrisi untuk terus tumbuh dan berkembang. Batang bunga sedap malam mempunyai warna hijau cerah secara menyeluruh dengan tinggi yang mampu mencapai satu setengah meter.

3. Bagian Daun

Bagian daun bunga sedap malam mempunyai ciri khas bentuk yang pipih serta memanjang, dengan gradasi warna hijau yang menarik. Pada bagian atas daun, akan terlihat warna hijau dan memberikan pantulan cahaya seperti kilat. Namun pada bagian bawah daun mempunyai warna hijau yang lebih lembut dan panjangnya bisa mencapai puluhan sentimeter.

4. Bagian Tangkai

Tangkai dari bunga sedap malam mempunyai bentuk memanjang yang tegak serta beruas. Posisi dari tangkainya pun terdapat di bagian ujung tanaman bunga sedap malam. Pada setiap tangkai biasanya ditumbuhi bunga dengan kisaran jumlah hingga dua belas kuntum. Ketika sudah mulai memasuki masa pemekaran, kuntum-kuntum tersebut akan menjadi bunga yang indah.

BACA JUGA  Cara Menanam Jahe Merah di Tanah

5. Bagian Bunga

Ada satu keunikan yang ada pada bunga sedap malam. Dalam proses pemekarannya, tiap kuntum yang tumbuh di tangkai tidak bermekaran dalam waktu yang bersamaan. Artinya setiap bunga sedap malam mempunyai waktunya masih-masing untuk berkembang. Biasanya kuntum yang mempunyai posisi rendah akan terlebih dahulu mekar, barulah kuntum bagian lainnya akan bermekaran.

Khasiat Bunga Sedap Malam

Khasiat Bunga Sedap Malam
gramha.net

Setelah mengetahui ciri khas dari bunga sedap malam, selanjutnya adalah mengetahui khasiat yang terkandung pada tanaman ini. Salah satu alasan mengapa banyak orang-orang mulai menerapkan cara menanam bunga sedap malam karena dapat dikonsumsi dan baik untuk kesehatan. Berikut ini khasiat dari bunga sedap malam yang mampu mengobati berbagai penyakit:

1. Bisul

Bisul merupakan pembengkakan pada kulit dan menimbulkan rasa nyeri yang mengganggu. Untuk mengobatinya dapat memanfaatkan akar dari bunga sedap malam. Pengolahan sebagai obatnya pun juga sangat mudah dilakukan. Caranya adalah ambil akar tersebut lalu tumbuk hingga halus. Setelah itu taruh akar yang sudah ditumbuk pada permukaan kulit yang mengalami bisul.

2. Katarak

Penyakit katarak menyerang penglihatan seseorang sehingga memberikan efek berkabut dan mampu mengakibatkan kebutaan. Masih memanfaatkan akar dari bunga sedap malam, cara pengolahannya adalah menggunakan air rebusannya. Rebus akar dalam waktu beberapa menit, lalu diamkan sampai suhunya tidak begitu panas. Gunakan air tersebut untuk mengkompres atau mencuci mata yang terkena katarak.

3. Anemia

Seseorang yang mengalami anemia dapat terganggu aktivitasnya. Hal ini disebabkan oleh rasa lemas dan sulit fokus, sehingga tidak dapat melakukan kegiatan yang menggunakan banyak tenaga. Faktor dari anemia sendiri adalah kurangnya kadar darah dalam tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi bunga sedap malam mampu mencegah anemia karena dapat menambah kadar darah.

4. Insomnia

Faktor stress menjadi penyebab seseorang mengalami insomnia. Penyakit insomnia merupakan kondisi dimana orang tersebut tidak mampu tidur lelap dan terus terjaga sepanjang malam hingga memasuki waktu pagi. Dengan memanfaatkan aroma dari bunga sedap malam, hal tersebut mampu membantu merilekskan pikiran dan membuat tidur menjadi nyaman dan nyenyak saat malam hari.

5. Influenza

Influenza merupakan penyakit yang menyerang sistem pernapasan ini menjadikan penderitanya mengalami kesulitan saat bernafas. Terganggunya sistem pernapasan pada penderita influenza disebabkan oleh penyumbatan lubang oleh cairan berbentuk lendir. Untuk mengobatinya dapat mengkonsumsi bunga sedap malam secara rutin. Aromanya yang semerbak mampu menjadikan pernapasan lebih lega dan lendir dapat berangsur-angsur menghilang.

6. Diare

Bunga sedap malam juga bisa digunakan untuk mengobati orang yang menderita diare. Dalam bunga ini terdapat kandungan zat-zat kimia yang bersifat meredakan atau sedative. Selain itu, jika sudah diolah menjadi essensial oil, efek hangat bisa membantu penderita diare menghangatkan perutnya.

BACA JUGA  Cara Menanam Bunga Puring

Artikel LainCara Menanam Lidah Buaya

Pemanfaatan Bunga Sedap Malam

Cara Menanam Bunga Sedap Malam
bibit tanaman-bunga sedap malam – bibittanamanngawi.com

Tergolong sebagai tanaman hias, sedap malam banyak dibudidayakan di Indonesia. Selain karena keindahannya, ada nilai ekonomis dari bunga cantik ini. Menurut data tahun 2018, bunga sedap malam tergolong digunakan untuk tanaman potong dengan luas area produksi/panen 309,67 hektar. Hasil yang bisa diproduksi dengan luasan ini adalah sekitar 116.909.674 tangkai.

Budidaya bunga sedap malam sendiri di Indonesia cenderung mengalami peningkatan produksi. Menempati urutan ketiga untuk kategori produksi bunga hias, sedap malam memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Bunga ini juga menjadi komoditas ekspor. Maka, bertani sedap malam bisa dijadikan sebagai pilihan usaha.

Sebagai tanaman hias, bunga sedap malam sering ditemui ketika ada acara-acara spesial seperti pernikahan, lamaran, lebaran, dan bahkan sebagai dekorasi acara-acara kenegaraan. Selain itu, bunga ini juga sering dimanfaatkan untuk keperluan kecantikan dan kesehatan.

Di bidang kecantikan, bunga ini sering diambil ekstraknya untuk dijadikan bahan baku parfum. Di bidang kesehatan, masyarakat banyak menggunakan bunga ini untuk berbagai pengobatan tradisional. Khasiat-khasiat dari bunga ini telah dijelaskan di atas.

Bunga sedap malam juga sering digunakan untuk mendekorasi rumah atau kantor. Keharumannya bisa bertahan hingga 10 hari walaupun batang sudah dipotong sangat pendek. Jika dibeli dalam keadaan sudah dipotong, umumnya bunga ini akan diletakkan di dalam vas. Namun jika di dalam pot, bunga ini bisa bertahan lama sebagai indoor plant.

Cara Menanam Bunga Sedap Malam

cara menanam bunga sedap malam
balithi.litbang.pertanian.go.id

Karena sudah banyak yang membudidayakan jenis bunga yang satu ini, tidak ada salahnya untuk menerapkan cara menanam bunga sedap malam. Langkah-langkah yang harus dilakukan pun ternyata sangatlah mudah, sehingga dapat dipraktikkan oleh siapa saja, bahkan untuk pemula sekalipun. Untuk penjelasan lebih lanjut, berikut ini langkah-langkah menanam yang perlu untuk dilakukan.

1. Pemilihan Bibit

Bibit merupakan kunci utama dalam menghasilkan tanaman yang berkualitas dan mampu tumbuh dengan subur saat proses penanaman. Pilihlah bibit bunga sedap malam yang sudah memasuki usia di atas satu tahun, serta mempunyai diameter sebesar dua sentimeter. Pastikan jika kondisi umbi pada bibit bunga sedap malam dalam keadaan sehat sebelum ditanam.

Bibit sebaiknya diambil dari umbi sedap malam yang sudah didiamkan dan dikeringkan selama kurang lebih 1 bulan. Umbi ini bisa berasal dari tanaman induk yang sering berbunga. Dari induk jenis ini, anakan akan berbunga lebat juga.

2. Penyediaan Alat

Alat yang dibutuhkan dalam proses penanaman bunga pun juga sangat mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA  Cara Menanam Jeruk Nipis

Bisa memanfaatkan berbagai macam tempat seperti polybag ataupun pot berukuran sedang sebagai wadah tanah dan bertumbuhnya bibit bunga untuk kedepannya. Gunakan sekop yang nantinya akan digunakan untuk membuat lubang pada tanah sebagai tempat menanam bibit.

3. Persiapan Tanah

Mempersiapkan tanah sebagai media penanaman bibit bunga sedap malam juga hal yang penting untuk diperhatikan. Harus dipastikan jika tanah yang digunakan mengandung nutrisi cukup untuk pertumbuhan bibit bunga sedap malam.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Melati

Maka dari itu, menyediakan bahan pendamping seperti arang sekam dan pupuk kompos yang mampu meningkatkan kualitas dari tanah yang digunakan.

Kondisi tanah untuk bunga sedap malam harus ber-pH netral. Akar bunga bisa rusak jika ditanam pada tanah ber-pH asam, dan bunga akan memiliki kualitas buruk jika tanah ber-pH basa. Selain itu, usahakan juga tanah memiliki porositas yang tinggi agar sirkulasi air lancar.

4. Penanaman Bunga Sedap Malam

Dimulai dengan menyediakan polybag atau pot, letakan tanah yang sudah diberikan arang sekam dengan jumlah yang sudah ditakarkan. Setelah itu gunakan sekop dan buatlah lubang sedalam lima sentimeter, lalu taruh bibit bunga sedap malam lalu timbun dengan tanah. Setelah sudah tertimbun dengan sempurna, beri pupuk kompos lalu melakukan penyiraman air.

Proses Perawatan

Proses Perawatan Bunga Sedap Malam
bukalapak.com

Sehari setelah bibit bunga sedap malam ditanam, penyiraman harus dilakukan secara rutin, yaitu di waktu pagi dan sore hari. Lakukan hal tersebut secara rutin hingga muncul tunas dari dalam tanah. Saat sudah memasuki usia enam bulan pertumbuhan, berikan pupuk kompos untuk menambah nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman bunga sedap malam.

Cara menanam bunga sedap malam juga harus diiringi dengan penyiangan pada tanaman. Siangi tanaman supaya ruang gerak, nutrisi, dan kebutuhan air dapat tercukupi dengan baik. Jika ada tanaman yang tumbuh di sekitar tanaman bunga sedap malam, maka bisa terjadi persaingan untuk hal-hal tadi.

Pastikan umbi bunga sedap malam berdiri tegak dan ke atas. Jika tidak sepert ini, maka pertumbuhan bunga bisa bengkok ataupun tidak teratur. Pertumbuhan yang tidak teratur akan menyulitkan perawatan pada tanaman itu sendiri. Jika ada umbi yang busuk, segera buang agar tidak mengganggu perkembangan umbi yang lain.

Pada proses perawatan ini juga jangan lupakan tentang penanganan hamanya. Umumnya, ulat dan belalang adalah hama yang sering menyerang tanaman bunga sedap malam. Hama ini bisa ditangani secara alami dengan membersihkan lingkungan tempat tumbuh tanaman. Selain itu bisa juga dengan menyemprotkan pestisida.

Ulat biasanya menyerang bagian daun. Maka, jaga kebersihan daun dari lalat ini agar tanaman bisa tumbuh dengan baik. Sedangkan belalang biasanya menyerang batang dan juga daun. Tanaman bisa rusak jika belalang dibiarkan menggerogoti batang.

Cara menanam bunga sedap malam ternyata tidak sesulit yang dipikirkan. Dengan ketekunan dan kesabaran dalam proses penanamannya akan menghasilkan kumpulan bunga sedap malam yang tidak hanya indah namun kaya manfaat. Permintaan dan nilai ekonomis yang cukup tinggi membuat budidaya bunga ini bisa dijadikan pilihan usaha.

Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *