Cara Menanam Bunga Gelombang Cinta

Cara Menanam Bunga Gelombang Cinta – Siapa yang tidak tahu bunga gelombang cinta yang sempat menggemparkan dengan harganya yang selangit? tanaman satu ini memang cukup terkenal pada tahun 1990 hingga 2000 an yang lalu.

Dengan harganya yang berjuta-juta membuatnya jadi salah satu tanaman mahal yang digilai banyak orang dari berbagai kalangan loh. Bunga gelombang cinta ini sangat cantik sebagai hiasan dalam rumah maupun teras rumah.

Bahkan kini sudah banyak yang mulai merawatnya sendiri, tentunya berbekal pengetahuan tentang cara menanam bunga gelombang cinta yang tepat.

Tren tanaman hias satu ini memang sempat meredup, namun bukan berarti nantinya tidak bisa meningkat lagi bukan? maka dari itu ada baiknya untuk mulai menanam dan merawatnya sendiri di rumah sebagai bentuk investasi sekaligus menghilangkan stres.

Dalam segi perawatan, tanaman satu ini pun terbilang cukup mudah dan tidak merepotkan. Jadi apa salahnya untuk mencoba menanamnya? berikut ulasan mengenai cara menanam bunga gelombang cinta yang bisa disimak sebagai referensi.

Mengenal Bunga Gelombang Cinta

bunga gelombang cinta
balebengong.id

Bunga gelombang cinta merupakan salah satu tanaman yang unik dan menarik, pasalnya memiliki bentuk daun yang lebar dan berbeda dari tanaman hias lainnya. Tanaman ini memiliki ciri berupa daun berwarna hijau tua, memiliki urat dan juga tulang daun yang cukup menonjol.

Bernama lain bunga anthurium, bisa dibilang gelombang cinta membawa kesan mewah dan warna merah pada bunga pun mampu menjulang ke langit dengan indah.

Tidak hanya itu, tanaman ini juga mampu membantu meningkatkan kandungan O2 yang ada di dalam ruangan. Hal ini akan berfungsi baik dalam menyegarkan ruangan serta memperbaiki sirkulasi udara yang baik di rumah.

Maka tidak heran jika para kolektor bunga berbondong-bondong ingin memilikinya sekaligus untuk mempercantik ruangan di rumah. Dengan harganya yang cukup mahal, ada baiknya untuk menanam dan merawatnya sendiri agar lebih hemat, serta mendapatkan manfaat yang baik.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Iris Kuning

Manfaat Bunga Gelombang Cinta

manfaat bunga gelombang cinta
insvira.com

Sebelum mengetahui bagaimana cara menanam bunga gelombang cinta yang benar dan tepat, berikut inilah manfaat menanam bunga satu ini di rumah, antara lain:

1. Hiasan Rumah

Bunga gelombang cinta bisa dimanfaatkan untuk mempercantik ruangan di rumah, pasalnya bentuknya yang unik dan warnanya yang indah sangat menarik mata. Hal ini menjadi solusi terbaik tanpa perlu melakukan dekorasi yang ribet di rumah. Cukup berikan sentuhan tanaman satu ini dijamin ruangan akan semakin mempesona.

2. Menyegarkan Udara di Dalam Rumah

Tidak hanya sebagai hiasan rumah saja, namun bunga gelombang cinta bisa menyegarkan udara yang ada di dalam rumah.

Hal ini karena tanaman satu ini bisa memasak makanannya sendiri dalam proses fotosintesis dan melepaskan gas O2 yang sangat penting bagi manusia. Tentunya akan membuat ruangan terasa lega dan sirkulasi udara menjadi lebih baik.

3. Menghilangkan Stress

Selain itu, menanam bunga gelombang cinta bisa menghilangkan penat atau stress setelah bekerja. Hal ini karena bentuk dan warnanya sangat indah dipandang mata. Kemudian memberikan kesan nyaman dan rileks pada tubuh maupun pikiran, sehingga terhindar dari stress.

4. Menjadi Hobi

Menanam tanaman hias bunga gelombang cinta ini bisa pula dijadikan hobi yang menyenangkan. Tentunya akan mengisi waktu luang yang ada dengan hal-hal positif, serta bisa membuat pemilik tanaman jauh lebih tenang dan keadaan psikologis yang lebih baik.

Cara Menanam Bunga Gelombang Cinta Paling Mudah

cara menanam bunga gelombang cinta
pasberita.com

Setelah mengetahui begitu banyak manfaat yang ada dari bunga ini tentunya membuat banyak orang memilih menanamnya. Berikut inilah adalah cara menanam bunga gelombang cinta yang paling mudah, antara lain sebagai berikut:

1. Memilih Indukan Tanaman Berkualitas

bunga anthurium gelombang cinta
boombastis.com

Hal pertama sebagai cara menanam bunga gelombang cinta adalah memilih indukan yang berkualitas baik, maka hasil tanaman pun akan berkualitas baik pula.

Pilihlah tanaman yang sehat, memiliki daun yang hijau nan segar, bonggol yang sehat, dan juga banyak rumpun. Kemudian tempatkan indukan tanaman tersebut di tempat yang teduh dan tidak terkena paparan sinar matahari yang terlalu panas.

Setelah itu barulah lakukan metode split, yaitu memperbanyak indukan dengan cara memisahkan anakan pada bonggol tanaman satu ini.

Pilihlah bagian bonggol yang sudah muncul tunas dan potong bagian tersebut. Selanjutnya rendam dengan larutan fungisida dan siapkan media tanam berupa pot berukuran sedang berisikan humus, pasir dan pupuk organik. Barulah tanam bonggol tanaman dan tambahkan media tanam hingga padat dan akar bisa tertutup dengan baik.

2. Pilih Peletakan Lokasi Tanam

tanaman gelombang cinta
ilmubudidaya.com

Selanjutnya, barulah pilih lokasi tanam yang tepat, seperti di tempat yang teduh dan tidak terkena cahaya matahari langsung. Pastikan tanaman tersebut mendapat intensitas cahaya sekitar 40% saja, yaitu seperti di teras rumah, halaman rumah dengan pelindung pohon besar, dan lain sebagainya.

Hal ini akan membantu bunga gelombang cinta mendapatkan warna gelombang cinta menjadi lebih segar dan juga cerah. Intensitas matahari yang berlebihan justru akan membuat tampilannya rusak dan tidak menarik.

3. Penyiraman Tanaman

tanaman gelombang cinta adalah
mylizanuury.wordpress.com

Jangan lupa pula untuk melakukan penyiraman tanaman yang teratur dan rutin agar kebutuhan air pada tanaman bisa terpenuhi dengan baik. Lakukan hal tersebut untuk menjaga tingkat kelembapan, namun jangan terlalu banyak karena bisa berakibat buruk dan menyebabkan tanaman mengalami kebusukan pada akar.

Pastikan untuk menyiramnya secara rutin setidaknya 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Tidak lupa pula, siramkan air bersih pada media tanam saja agar tidak merusak tanaman.

4. Pemupukan Tanaman

arti bunga cinta
bukalapak.com

Pemupukan tanaman merupakan salah satu langkah dalam cara menanam bunga gelombang cinta selanjutnya yang harus dilakukan.

Berikan pupuk sesuai dengan tahapan pertumbuhan tanaman, yaitu pupuk NPK secara rutin setiap 6 bulan sekali. Selain itu, gunakan pula pupuk organik atau pupuk kandang tiap satu tahun sekali agar bisa tumbuh dengan baik.

5. Sanitasi Tanaman

cara budidaya bunga gelombang cinta
inhilklik.com

Sanitasi pada tanaman cukuplah penting, pasalnya jika tidak dijaga dengan baik menyebabkan tanaman akan mudah terserang hama dan penyakit. Terutama pada saat musim penghujan, pastikan untuk menggunakan media tanam yang steril dan melakukan penggantian pot secara rutin ketika tanaman semakin tumbuh membesar.

6. Menanggulangi Hama dan Penyakit Tanaman

cara pembibitan bunga gelombang cinta
ilmubudidaya.com

Penanggulangan hama dan penyakit pada tanaman bunga gelombang cinta ini terletak pada kebusukan akar yang patut untuk di waspadai.

Hal ini biasa terjadi pada saat tanaman mengalami peningkatan kelembapan akibat dari musim penghujan. Pastikan untuk memberikannya fungisida dan menyemprotkannya pada tanaman setidaknya 2 bulan sekali.

7. Perawatan Tanaman

cara merawat bunga gelombang cinta agar cepat besar
bukalapak.com

Bunga gelombang cinta memiliki pesona utama yaitu pada daunnya, jadi pastikan untuk melakukan perawatan yang lebih mendetail pada bagian tersebut ya.

Lap daun bunga gelombang cinta secara rutin menggunakan spons yang dicelupkan ke susu cair dengan hati-hati agar daun tidak rusak. Dengan begitu, tampilan tanaman akan selalu nampak cantik dan mempesona banyak orang yang memandangnya.

Nah itulah informasi mengenai bagaimana cara menanam bunga gelombang cinta yang mudah dan bisa dilakukan oleh pemula sekalipun. Cukup luangkan waktu tiap harinya dan disertai kesabaran dalam merawatnya, dijamin akan menghasilkan bunga gelombang cinta yang berkualitas tinggi.

Terutama jika tanaman satu ini mulai menuju masa keemasannya lagi, tentunya akan memberikan keuntungan dan menjadi lahan bisnis yang sangat menjanjikan loh. Selamat mencoba dan semoga informasi tersebut bermanfaat ya!

Cara Menanam Bunga Gelombang Cinta

Categories Menanam

Leave a Comment