Cara Menanam Bawang Putih

Cara Menanam Bawang Putih – Siapa yang tidak tahu bawang putih? Benar, bawang putih merupakan salah satu bumbu yang herus ada di dapur dan dalam setiap masakan. Hal inilah yang membuat permintaan bawang putih selalu ada. Maka dari itulah, penanaman bawang putih banyak dilakukan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan cara menanam bawang putih yang mudah.

Selain cara penanamannya yang cukup mudah, untuk menanam bawang putih juga tidak membutuhkan biaya yang mahal. Untuk menyiasati harga jual bawang putih yang melonjak tinggi, tidak ada salahnya untuk mencoba menanam bawang putih sendiri.

Seperti apakah cara menanam bawang putih yang mudah dan cocok untuk pemula? Yuk, simaklah informasi lengkap terkait penanaman bawang putih dalam ulasan berikut ini.

Persiapan Saat Menanam Bawang Putih

Persiapan Saat Menanam Bawang Putih
tanamanbawangmerah.blogspot.com

Memang cara menanam bawang putih itu cukup mudah, namun tidak boleh langsung tanam begitu saja. Perlu diperhatikan persiapan apa saja yang dibutuhkan untuk menanam bawang putih. Yang harus disiapkan dalam menanam bawang putih antara lain:

1. Mengetahui Musim yang Tepat

Persiapan pertama untuk menanam bawang putih adalah dengan memperhatikan musim yang tepat untuk tanam. Umumnya, musim yang tepat untuk menanam bawang putih adalah pada awal musim semi. Bisa juga mulai menanam di pertengahan dari musim gugur.

Perlu diketahui bahwa bawang putih memang bisa tumbuh di semua musim dan cuaca. Namun, dalam musim yang terlalu panas dengan kelembapan yang tinggi, tanaman bawang putih akan tumbuh dengan kurang baik. Bawang putih juga kurang cocok jika ditanam di daerah yang memiliki curah hujan cukup tinggi.

2. Pemilihan Lahan Tanam

Selain mengetahui musim yang tepat untuk menanam, memilih lahan tanam yang baik dan tepat merupakan sebuah kunci. Sinar matahari yang banyak akan membuat pertumbuhan bawang putih menjadi baik. Bagaimana dengan tempat yang tertutut dan kurang pasokan sinar matahari? Dalam tempat seperti itu, bawang putih tetap dapat bertahan tumbuh namun kurang baik.

Perlu diperhatikan juga tanah untuk menanam. Bawang putih akan tumbuh dengan baik jika ditanam di tanah yang gembur dan sudah digarap. Jenis tanah yang baik untuk menanam bawang putih adalah tanah dengan tekstur berpasir. Pastikan juga bahwa tanah tidak bermasalah dengan proses pengairan.

Sebelum tanah ditanami bawang putih, sebaiknya perlu diberi pupuk kandang dan pupuk kompos. Hal ini dilakukan untuk menutrisi tanah dan menyiapkan tanah agar siap ditanami.

3. Memilih Bawang Putih yang Segar

Untuk menanam bawang putih, sebaiknya pilihlah bawang putih segar dengan kualitas yang bagus. Kalau bisa, pilihlah bawang putih organik yang tidak disemprot bahan kimia. Untuk mendapatkan bawang putih yang berkualitas, belilah di toko khusus yang menjual hasil pertanian.

Perlu diingat untuk tidak memilih bawang putih yang telah lunak. Bawang putih yang lunak menunjukkan bahwa bawang putih tersebut tidak segar dan tidak berkualitas.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penanaman Bawang Putih

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penanaman Bawang Putih
kampustani.com

Cara menanam bawang putih memang terbilang mudah. Namun dibalik itu semua, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penanaman bawang putih. Berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan dalam penanaman bawang putih.

1. Jangan Memilih Tanah Basah

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam menanam bawang putih adalah pemilihan tanah. Perlu diketahui bahwa bawang putih akan tumbuh dengan kurang baik jika ditanam di tanah yang basah. Maka dari itulah, pastikan untuk memperhatikan kadar air dalam tanah sebelum mulai menanam bawang putih.

2. Pentingnya Sinar Matahari

Sama seperti makhluk hidup lainnya, bawang putih membutuhkan sinar matahari. Fungsi sinar matahari ini sangatlah penting. Untuk fotosintesis dan juga untuk bertahan hidup. Karena hal itulah, pastikan untuk memilih area yang sinar mataharinya bagus. Baik itu saat pagi, siang, dan sore.

Artikel Lain: Cara Menanam Markisa

Jika intensitas dari sinar matahari yang didapat tanaman banyak, maka bawang putih dapat tumbuh dengan baik dan cepat. Dengan demikian, semakin cepatlah bawang putih siap untuk dipanen.

3. Tanaman Liar

Apakah perlu menyiangi tanaman liar yang tumbuh di sekitar tanaman bawang putih? Jika tanaman liar tersebut tidak mengganggu, maka tidak akan berdampak pada bawang putih. Namun jika tanaman liar mengganggu tanaman bawang putih untuk menerima asupan sinar matahari, maka tanaman liar tersebut perlu dibasmi.

Cara Menanam Bawang Putih dengan Pot / Polybag

Cara Menanam Bawang Putih dengan Pot / Polybag

Menanam bawang putih bisa dilakukan di rumah atau di pekarangan. Bahkan pemula pun bisa mencoba untuk menanam tanaman yang kaya akan manfaat ini. Cara menanam bawang putih yang mudah dan bisa dilakukan oleh pemula adalah sebagai berikut.

1. Menyiapkan Bibit Bawang Putih

Untuk menanam bawang putih, langkah pertama yang harus disiapkan adalah menyiapkan bibit. Bawang putih yang akan dijadikan bibit ini haruslah bawang putih yang berkualitas bagus. Hal ini dilakukan agar hasilnya baik. Untuk menyiapkan bibit bawang putih ini, ada dua cara yang bisa dilakukan.

Pertama, menggunakan bibit bawang putih yang tunasnya sudah muncul. Untuk membuat bawang putih bertunas, simpanlah bawang putih yang sudah dipilih di dalam kulkas. Tunggu bawang putih sampai kecambah tunasnya tumbuh. Sekitar 1 sampai 2 minggu masa tunggu untuk menumbuhkan tunas.

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan bawang putih tanpa tunas. Bawnag putih tanpa tunas bisa dijadikan bibit setelah kulit luar dari bawang putih dikupas. Kupas kulitnya seperti saat bawang putih akan digunakan sebagai bumbu masakan.

2. Menyiapkan Media Untuk Tanam

Cara menanam bawang putih yang kedua adalah dengan menyiapkan media tanam. Untuk media tanam yang baik, bisa menggunakan tanah yang dicampur dengan sedikit pasir. Ingat, jangan menanam bawang putih dengan menggunakan tanah liat dan tanah yang terlalu basah. Hal ini akan membuat pertumbuhan bawang putih menjadi kurang baik.

Jika ingin media tanam yang baik, bisa juga dengan menggunakan tanah berpasir dengan tambahan pupuk kandang. Setelah tanah untuk menanam siap, siapkanlah wadah untuk menanam. Wadah untuk menanam yang bisa digunakan adalah pot atau polybag. Bisa juga menanam bawang putih secara langsung di tanah tanpa adanya wadah.

3. Melakukan Penanaman

Langkah pertama dalam proses menanam adalah dengan memasukkan tanah pada pot atau polybag. Setelah itu, tanamlah bawang putih dengan kedalaman 2 sampai 3 cm dalam tanah. Jangan lupa untuk memastikan bahwa ujung bawang putih yang runcing sudah menghadap sempurna ke atas. Hal ini dilakukan agar bawang putih bertumbuh ke atas.

Setelah memastikan ujung bawang putih sudah menghadap ke atas, tutuplah bawang putih dengan tanah. Untuk bibit bawang putih yang menggunakan bawang putih bertunas, tanamlah bawang putih dengan membiarkan tunas bawang putih berada di atas permukaan dari media tanam.

Setelah bawang putih selesai ditanam, lakukan penyiraman dengan kadar yang wajar. Jangan sampai tanah menjadi terlalu basah dan juga terlalu kering. Berikan juga asupan pupuk sekitar satu minggu sekali. Pastikan bahwa bawang putih terkena paparan sinar matahari dengan cukup dan tidak kekurangan.

Video Tutorial Menanam Bawang Putih di Polybag atau Pot

Itulah informasi lengkap segala hal yang berkaitan dengan cara menanam bawang putih. Cukup mudah bukan? Cara tersebut bisa dilakukan untuk pemula yang ingin mencoba menanam bawang putih, baik dalam skala besar maupun skala kecil. Semoga bermanfaat.

Cara Menanam Bawang Putih

Categories Menanam

Leave a Comment