Cara Menanam Glodokan Tiang

Cara Menanam Glodokan Tiang – Saat ini, banyak sekali para pengusaha dibidang tanaman sedang memberdayakan salah satu jenis pohon-pohonan yang bernama glodokan tiang.

Dimana, cara menanam glodokan tiang tersebut, sejatinya sangatlah mudah dan tidak terlalu sulit untuk dipraktekan. Apalagi, jenis pohon ini, perawatannya juga sangat mudah, dan pupuk yang digunakan tidak dengan harga yang ekspensive.

Adapun jenis tanaman glodokan tiang ini banyak sekali ditemui di ditepi-tepi taman kota atau depan rumah. Dikarenakan, bentuknya sangat indah dan cantik sekali, apabila daun-daunnya telah tumbuh dengan sangat rimbun.

Disebut dengan taing, karena tumbuhan ini memiliki pertumbuhan yang meruncing keatas dan akan terus semakin tinggi mirip sekali dengan tiang.

Sejarah Tumbuhan Glodokan Tiang

pohon glodokan tiang
pinterest.com

Tanaman Glodokan Tiang, adalah tanaman yang berasal dari dataran India, yang mempunyai sebutan nama ilmiah, Polyalthia longifolia.

Ini adalah tanaman yang tumbuh diseluruh dataran rendah Indonesia. Dari arti bahasa Yunani sendiri, bahwasannya Polyalthia memiliki arti banyak menyembuhkan. Ditinjau dari sejarahnya, di zaman dahulu tumbuhan ini bermanfaat sebagai obat menyembuhkan penyakit.

Klasifikasi Pohon Glodokan Tiang

glodokan tiang (polyalthia longifolia)
flickr.com

Sebelum mengetahui cara yang benar dalam menanam pohon Glodokan Tiang, maka terlebih dahulu harus mengetahui, sebenarnya termasuk jenis klasifikasi pohon jenis Glodokan Tiang ini.

Terutama sebagai sumber ilmu pengetahuan. Ini penting bagi sarjana Pertanian yang ingin menjadi pengusaha tanaman hias untuk menciptakan jenis baru dari pohon Glodokan Tiang yang ada.

Pengklasifkasian dari tanaman pohon Glodokan Tiang adalah mempunyai kingdom yang bernama Plantae. Filumnya bernama Magnolyophyta. Jenis Kelasnya adalah Magnoliopsida.

Jenis ordo yang dimiliki pohon Glodokan Tiang adalah Magnoliales. Familie pada tanaman ini adalah Annanocae. Jenis Genus tanaman ini adalah Polyalthia, dan terakhir Spesies pada tanaman Glodokan Tiang adalah Polyalthia longifolia.

Manfaat Glodokan Tiang Untuk Kehidupan Sehari-hari

budidaya glodokan tiang
pixabay.com

Ternyata, alasan dari masyarakat yang banyak menanam tumbuhan Glodokan Tiang di depan rumahnya, bukan hanya bentuk dari tumbuhan ini yang indah dan unik, namun ternyata karena tumbuhan tersebut menyimpan banyak sekali manfaat luar biasa didalam kehidupan sehari-hari untuk kesehatan maupun lingkungan sekitar.

Berikut ini manfaat dari tumbuhan Glodokan Tiang tersebut:

1. Mengurangi Polusi Udara

Manfaat pertama dari menanam tumbuhan Glodokan Tiang bagi lingkungan sekitar, adalah dapat membantu mengurangi polusi udara.

Ini didasari dari bentuk dedaunan yang dimiliki oleh pohon ini sangat lebat sekali, hingga menutupi seluruh dahan. Pohon ini efektif sekali sebagai pohon yang dapat meneduhkan jalan, serta memberikan banyak udara bersih dan segar .

2. Mampu Mengobati Kanker dan Leukimia

Manfaat kedua yang dimiliki tumbuhan ini memiliki kandungan antioksidan didalamnya yang sangat tinggi. Yang mana, daun pada pohon ini dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Baca Juga: Cara Menanam Hairgrass

Terlebih lagi, daun pada pohon ini mengandung 3 jenis senyawa yang bernama Olide, Hidroksi Cleroda, dan asam polyalthialdoat, yang terbukti dapat menyembuhkan penyakit kanker dan leukimia.

3. Menurunkan Demam, Tekanan Darah, dan Diabetes

Manfaat ketiga yang diperoleh dari menanam pohon Glodokan Tiang adalah daun pada pohon ini dapat membantu menurunkan demam, tekanan darah, dan diabetes, berdasarkan penelitian, ekstrak kulit akar glodokan mempunyai 50% metanol yang dapat menurunkan hipertensi, untuk penyakit demam, yang dimanfaatkan adalah ekstra daunnya. Dan diabetes, adalah kulit kayunya.

4. Ampuh Menangkal Racun

Manfaat terakhir mengapa penting sekali tanaman Glodokan Tiang ditanam adalah karena tumbuhan ini mampu menangkal racun dalam tubuh, yaitu terdapat apda bagian bijinya, dengan dibaut dalam bentuk bubuk agar saat diseduh dan diminum tidak terasa pahit.

Namun, ini belum pernah dilakukan karena masih belum familiar dan masih sangat terdengar asing.

Cara Menanam Glodokan Tiang dengan Baik dan Benar

manfaat glodokan tiang
amazon.in

Setelah begitu banyak informasi mengenai pohon glodokan tiang di atas tentunya akan mempermudah proses penanaman. Jadi setelah ini cukup mengikuti setiap langkah dalam menanam tanaman pohon glodokan. Berikut ini, cara menanam Glodokan Tiang yang baik dan benar, yaitu :

1. Pilih Biji Bibit yang Kering

daun glodokan tiang
snapdeal.com

Langkah pertama cara menanam Glodokan Tiang adalah dengan memilih biji – biji yang kering dan tidak lembab. Artinya, sebelum proses penanaman, biji-biji tersebut harus dijemur dan dikeringkan dibawah penyinaran matahari.

Sehingga, biji tersebut tidak mudah rapuh saat ditanam. Dan diamkan didalam ruangan yang kering agar tidak tumbuh jamur .

2. Lakukan Pembibitan

deskripsi glodokan tiang
youtube.com

Langkah pertama cara menanam glodokan tiang adalah melakukan pembibitan dengan baik dan tepat. Yaitu, melakukan penyemaian pada bijinya di sebuah pot atau polibet, yang tidak kedap udara.

Setelah itu, campurkan tanah yang mengandung banyak humus hitam, dan juga pupuk kompos dari tumbuhan dan pupuk kandang agar hasilnya baik dan subur.

3. Campurkan Pupuk Kompos dan Pupuk Kandang

tanaman glodokan tiang
palmco.com

Setelah media siap, campurkan pupuk kandang dan pupuk kompos, serta tanah hitam. Perbandingan yang digunakan dalam pemupukan adalah 1:1. Kemudian, aduk tanah beserta pupuk tersebut agar tercampur rata, dan mauskkan biji ke dalamnya. Lakukan penyemaian selama 3 minggu sampai tumbuh tunas baru yang memiliki panjang 15 cm. Barulah, pindahkan ke tanah.

4. Membuat Lobang yang Dalam

harga glodokan tiang
youtube.com

Cara menanam Glodokan Tiang yang harus diperhatikan adalah jangan lupa membuat lobang pada tanah. Dimana lobang yang dibuat tentu saja harus sedikit dalam, agar pohon tetap bertahan kuat dan tidak mudah tumbang. Pilihlah tanah dengan kadar humus yang baik, dan jangan pilih tanah liat, karena ini membuat pohon menjadi kerdil.

5. Atur Penanaman Pohon dengan Jarak yang Sama

klasifikasi glodokan tiang
projectnoah.org

Selanjutnya, yang perlu diperhatikan lagi dalam cara menanam Glodokan Tiang adalah saat penanam pohon ketika dipindahkan ke tanah, atur penanaman tersebut dengan jarak yang sama.

Tujuannya, agar antara satu pohon dengan pohon lainnya, akar tumbuhan tersebut tidak mengganggu pertumbuhan antara satu dengan yang lainnya. Dikarenakan, akarnya sangat kuat dan menyebar

6. Lakukan Penyiraman Awal Setelah Ditanam

Setelah pohon glodokan tiang ditanam di tanah, dan telah diatur bentuk penanamannya secara teratur dan rapi, maka lakukanlah penyiraman awal pada tumbuhan glodokan tiang yang beru ditanam tersebut.

Ini berguna untuk memberikan protein kepada tanaman pohon tersebut agar mendapat nutrisi tambahan di awal pertumbuhan pohon tersebut. Sehingga, pohon tidak akan mati.

7. Penyiraman Rutin Saat Sore Hari

harga pohon glodokan tiang 1 meter

Langkah terakhir yang harus dipertahankan agar mendapatkan kualitas tanaman pohon glodokan tiang yang bevarietas bagus dan terbaik, maka lakukan penyiraman secara rutin di sore hari.

Dimana, pohon ini adalah jenis tanaman yang membutuhkan banyak air pada pertumbuhannya, sehingga jika pohon ini tumbuh besar akan berdaun sangat lebat dan sangat rindang.

Oke, itu tadi informasi akurat dari hal-hal apa saja yang akan dilakukan jika ingin belajar cara menanam glodokan tiang di rumah ataupun sebagai investasi awal di bidang tanaman hias. Sehingga, jika informasi yang dibagi ini dapat dilakukan secara seksama dan telaten dalam mempraktekkannya, maka hasilnya akan baik dan kaya manfaat.

Apalagi, ini adalah tanaman hias yang paling banyak dicari oleh para pecinta tanaman. Pohon ini adalah pohon yang sangat rindang dan aman bagi kesehatan.

Terlebih lagi, perawatannya juga tidak membutuhkan biaya yang mahal. Selamat mencoba, semoga informasi ini bermanfaat di manapun dan kapanpun, terutama bagi yang ingin menjadi pengusaha glodokan tiang.

Cara Menanam Glodokan Tiang

Categories Menanam

Leave a Comment