Cara Budidaya Ikan Mas Komet

Posted on

Cara Budidaya Ikan Mas KometCarrassius Auratus yang di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan ikan mas komet. Bermacam warna, seperti; merah, putih, kuning, hitam dan lain sebagainya membuat penampilan ikan ini  sangat menyenangkan.

Pertama kali dikembangbiakan di Amerika serikat di akhir tahun 1800-an. Dan semenjak saat itu cara budidaya ikan mas komet mulai berkembang di kalangan para penggemar ikan hias.

Potensi Alam Untuk Berkembangbiak Komet

Potensi Alam Untuk Berkembangbiak Ikan Hias Komet
youtube.com

Potensi alam yang di miliki Indonesia sangat mendukung proses perkembangbiakkan ikan air tawar ini. Kemampuan ikan ini untuk beradaptasi dengan lingkungan sangat luar biasa.

Sehingga banyak menarik perhatian para pecinta ikan hias untuk mengkomersilkannya. Banyak cara budidaya ikan mas komet untuk dijadikan makanan ikan hias predator, seperti;  arwana, Oscar, red devil, dan lain sebagainya.

Keeksotisan warna tubuh dan gerakannya yang lincah serta cukup jinak, menjadikan ikan komet ini menarik untuk dipelihara. Selain itu mudahnya perawatan dan pemeliharaan, menjadikan ikan hias kegemaran banyak orang, terutama anak-anak kecil.

Dan tentunya ini menarik perhatian para peternak untuk ikut menikmati keuntungan dengan cara budidaya ikan mas komet.

Ikan yang dikenal sangat produktif  ini sangat mudah dijumpai di banyak penjual atau pedagang ikan hias. Jika ikan komet ini dipelihara dengan layak dan baik, maka panjang tubuhnya bisa mencapai sekitar 30-an cm. Sedangkan kemampuan hidup di habitatnya dapat mencapai 15 tahunan.

Cara Budidaya Komet yang Menguntungkan

Cara Budidaya Komet yang Menguntungkan
youtube.com

Untuk mendapatkan hasil yang baik dan bisa memberikan keuntungan, maka diperlukan cara budidaya ikan mas komet yang tepat. Apalagi dengan jenis ikan yang produktivitas telurnya tinggi seperti komet ini. Dan telur ikan komet ini suka berserakan di sembarang tempat, untuk itu diperlukan strategi dan cara yang tepat.

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Mujair di Kolam Terpal

Pentingnya menjaga kepadatan, sehingga pertumbuhan ikan tersebut bisa lebih dimaksimalkan. Selain itu juga untuk mengurangi penyebaran bakteri dan virus yang biasa terjadi akibat luka karena tingkat kepadatan yang tinggi. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk pembudidayaan ikan komet, antara lain:

BACA JUGA  Cara Budidaya Udang Air Tawar di Aquarium

1. Memilih Tempat dan sarana Pembudidayaan

Sebetulnya banyak cara budidaya ikan mas komet yang bisa dikombinasikan dengan tempat maupun sarana yang ada. Tanpa harus mengeluarkan modal maupun biaya tambahan lagi, sehingga bisa lebih dihemat. Beberapa tempat yang layak untuk dijadikan lokasi pembudidayaan, antara lain:

  • Pemanfaatan kolam air deras.yang lokasinya bisa berada di dekat saluran irigasi, sungai dan sumber air Yang perlu diperhatikan adalah kualitas air dan debitnya minimal 100 liter per menit. Sehingga kebutuhan oksigen serta kesehatan ikan data terpantau dengan baik.
  • Menggunakan Keramba jaring apung atau KJA yang banyak dijumpai di areal waduk, embung, danau dan lain sebagainya. Selain cukup praktis, dengan menggunakan KJA para pertenak bisa lebih hemat dan santai. Yang perlu diwaspadai adalah perubahan suhu yang terlalu drastic bisa menyebabkan ikan stress dan mati.
  • Memanfaatkan kolam semen untuk   pembesaran ikan mas komet juga bisa dilakukan. Tentunya biaya pembuatan untuk kolam permanen membutuhkan biaya yang cukup besar. Tetapi di sisi lain bisa digunakan untuk jangka panjang. yang perlu diwaspadai untuk kolam permanen dari semen adalah kualitas, suhu dan sirkulasi airnya
  • Menggunakan kolam terpal juga bisa dilakukan. Sama seperti penggunaan kolam permanen yang perlu diperhatikan adalah suhu, kualitas dan sirkulasi air kolam tersebut.
  • Akuarium juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat pemijahan sekaligus pendederan. Sebelum benih ikan komet tersebut di tebarkan pada kolam-kolam pembesaran.

2. Saat Terbaik Penebaran Benih Ikan

Agar cara budidaya ikan mas komet dapat memberikan hasil yang maksimal. Tentunya diperlukan langkah yang tepat saat penebaran benih ikan tersebut.

Sehingga benih yang ditebar tersebut tidak stress dan cepat beradaptasi dengan kolam pembesaran tersebut.waktu yang sebaiknya dipilih  adalah pagi antara jam 08.00 hingga 10.00 atau di sore hari berkisar 15.00 hingga 17.00.

3. Pemeliharaan, Perawatan dan Pembesaran

Ikan komet cukup sensitif ketika ada perubahan kandungan oksigen. Untuk itu kondisi dari suhu dan kualitas air patut dijaga dengan baik. Apalagi cara budidaya ikan mas komet tersebut menggunakan kolam permanen atau terpal, tentunya sirkulasi air menjadi penting sekali.

Menjaga kadar oksigen dan membersihkan sisa-sisa makanan yang bisa menjadi racun juga menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri penyakit.

Pemberian makanan yang tepat akan menjaga kondisi dan tingkat pertumbuhan ikan mas komet. Pola makan yang teratur dengan makanan yang berprotein tinggi seperti; cacing darah untuk anakan ikan komet. Dan pellet berprotein tinggi  serta mengandung mineral juga multivitamin untuk komet yang dewasa.

BACA JUGA  Cara Budidaya Burung Merpati Pedaging

4. Penyortiran Untuk Indukan Berkualitas

Memilih indukan berkualitas merupakan salah satu  cara budidaya ikan mas komet yang tepat.  Sehingga kedepannya akan menghasilakan anakan ikan komet yang terbaik dan bernilai jual cukup tinggi.

Untuk memilih indukan, gunakan ikan mas komet yang usianya lebih dari 3 tahun. agar bisa lebih optimal maka bakal indukan tersebut dipisahkan dan dijaga pola makanannya.

Agar tidak terlalu gemuk dan tetap sehat, sehingga kualitas telur dan spermanya meningkat dengan baik. Perbedaan ikan mas komet jantan dan betina dapat dicirikan sebagai berikut:

  • Komet jantan memiliki tubuh yang ramping dengan dubur berbentuk oval merata. Selain itu pada siripnya terdapat bercak putih.
  • Ikan komet betina memiliki tubuh yang bulat dan tambun dengan dubur berbentuk bulat serta menonjol.

5. Waktu Cara Klasifikasi Pemanenan

Ikan komet ini selain dijadikan ikan hias untuk kompetisi maupun koleksi juga bisa dimanfaatkan sebagai makanan bagi ikan hias berjenis predator. Untuk itu perlu dilakukan kalsifikasi baik dari ukuran, usia dan warna-warni yang menghias tubuhnya. Sehingga peternak bisa memperoleh keuntungan dari berbagai klasifikasi yang dihasilkannya.

Artikel Lain: Cara Budidaya Ikan Zebra Pink

Anakan komet dengan ukuran panjang 3 cm lebih cocok dijadikan umpan atau makanan ikan hias predator. Sementara untuk yang tubuhnya memiliki warna-warni bisa dijadikan ikan hias untuk kompetisi keindahan atau bsa juga dijadikan indukan. Sehingga menghasilkan keturunan yang lebih berwarna lagi.

Menjaga Kesinambungan Budidaya dengan Pembiakan Komet

Menjaga Kesinambungan Budidaya dengan Pembiakan Komet
speakwoods.blogspot.com

Untuk menjaga kesinambungan diperlukan cara budidaya ikan mas komet dengan pembiakan dari indukan yang berkualitas. Langkah awalnya adalah dengan memisahkan antara indukan jantan dengan betinanya hingga masa pemijahan tiba.

Yang perlu diperhatikan adalah suhu kolam atau akuarium pemijahan berkisar 21 derajat, agar terlur hasil pemijahannya nanti  tidak mati. Siapkan genting atau tanaman air sebagai tempat untuk menempelnya telur hasil pemijahan.

Biasanya setelah kejar-kejaran antara induk betina dan jantan, betina langsung menyemprotkan telur-telurnya untuk dibuahi. Setelah masa pemijahan selesai, segera ambil indukan tersebut dari kolam pemijahannnya.

Dan dalam waktu  1 hari hingga 2 hari berikutnya teler-telur tersebut akan menetas menjadi burayak. Selanjutnya diberi makananan burayak yang juga sudah banyak beredar di pasaran.

Demikian cara budidaya ikan mas komet yang layak untuk dikembangkan. Sehingga bisa memberikan manfaat dan keuntungan bagi para peternak. Apalagi ikan mas komet ini termasuk jenis dengan tingkat produktivitas tinggi serta bisa dilakukan oleh peternak pemula. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA  Cara Budidaya Mentok

Cara Budidaya Ikan Mas Komet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *