wallpaperkeren.pro

Cara Merawat Bunga Lily Putih

Posted on

Cara Merawat Bunga Lily Putih – Siapa yang tidak tahu bunga lily putih yang sangat indah ini? bunga yang banyak dicari orang sebagai hiasan di rumah atau hadiah untuk orang tersayang ini ternyata bisa ditanam sendiri di rumah loh.

Tanpa perlu membelinya di florist, kini banyak orang bisa menanamnya dengan mudah. Namun tentunya harus dibekali dengan pengetahuan mengenai cara merawat bunga lily putih yang tepat.

Bunga lily putih membuat banyak orang yang melihatnya merasa kagum dan bahagia loh. Bahkan bunga satu ini menjadi salah satu bunga yang harus ada pada dekorasi pernikahan yang sakral dan memorable ini, tentunya dipadukan dengan berbagai jenis bunga nan cantik lainnya.

Jika ingin menanamnya sendiri di rumah, pastikan untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara menanamnya yang mudah dan tepat berikut ini.

Sejarah Bunga Lily Putih

Sejarah Bunga Lily Putih
karyacombirayang.blogspot.com

Sebelum mengetahui bagaimana cara merawat bunga lily putih, ada baiknya untuk mengenalnya terlebih dahulu. Bunga lily putih dikenal sebagai bunga Bakung yang berasal dari Eropa, namun penyebarannya juga ada di kawasan Asia.

Dengan tinggi kurang lebih 60 – 180 cm dan batang daun yang ramping namun kokoh, tanaman satu ini memiliki daya tarik tersendiri bagi pecinta tanaman dan bunga.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Ros

Bunga lily putih atau bunga Bakung ini memang berwarna putih secara umum, namun sebenarnya banyak sekali warna lainnya yang tidak kalah mempesona loh.

Beberapa warna tersebut yaitu merah, ungu, jingga, kuning, corak bintik hingga berwarna kehitaman yang terlihat cukup unik. Para pecinta bunga dan tanaman hias bahkan memburunya untuk menjadikannya hiasan rumah yang cantik.

Fakta Unik Bunga Lily Putih

Fakta Unik Bunga Lily Putih
wallpaperkeren.pro

Bunga lily putih sangat indah dipandang mata, serta baunya yang wangi semerbak membuat banyak orang tertarik untuk merawatnya.

Apalagi sangat cocok untuk diberikan pada orang-orang terkasih di hari yang spesial. Namun dibalik itu semua, bunga lily putih memiliki beberapa fakta unik yang tidak banyak orang tahu, antara lain sebagai berikut.

BACA JUGA  Cara Merawat Tanaman Anthurium

1. Simbol Kepolosan

Bunga lily putih merupakan simbol dari kepolosan atau keagungan, pasalnya karena sangat erat kaitannya dengan istilah era Victoria, yaitu Virgin Mary yang cukup populer. Maka tidak heran jika bunga satu ini seringkali menghiasi acara-acara sakral seperti pernikahan dan lain sebagainya.

2. Memiliki Banyak Jenis

Selain menjadi simbol dari kepolosan, bunga lily putih satu ini memiliki banyak jenis. Terdapat lebih dari 108 jenis yang ada di seluruh dunia loh, terutama ditemukan di Jepang dengan berbagai varietas yang tersebar luas di berbagai daerah yang ada.

Maka tidak heran jika bunga lily putih menjadi bunga paling populer di dunia dengan berbagai jenis yang di punya.

3. Ada Bunga Lily Beracun

Selain dikenal karena keindahannya, namun ternyata bunga lily menyimpan fakta unik yang mencengangkan loh. Terdapat salah satu varian dari bunga lily yang terbilang membahayakan manusia dan juga hewan karena racun yang dikandungnya.

Jenis varian tersebut adalah Valley Lily, pasalnya bunga tersebut bisa menyebabkan perut mual, gagal jantung, hingga berujung kematian yang tentunya menakutkan bukan?

4. Dijadikan Parfum

Dengan keindahan warna dan juga harum yang wangi semerbak, maka tidak heran jika bunga satu ini kerap kali dijadikan sebuah parfum. Ekstrak bunga lily putih pun bahkan dijadikan bahan dasar berbagai parfum premium loh.

Cara Merawat Bunga Lily Putih Paling Mudah

Cara Merawat Bunga Lily Putih Paling Mudah
hargabulanini.com

Setelah mengetahui sejarah dan juga fakta unik yang dimiliki oleh bunga oleh lily putih, maka yang harus diketahui berikutnya adalah bagaimana cara merawat bunga lily putih yang mudah dan juga tepat. Berikut inilah informasi yang bisa disimak, antara lain:

1. Temukan Tempat yang Tepat

Menemukan tempat atau lokasi yang tepat merupakan hal pertama yang harus dilakukan sebagai cara merawat bunga lily putih paling mudah. Pastikan untuk memilih lokasi dengan drainase yang baik dan sinar matahari yang cukup.

Pilihlah area di kebun yang paling cepat kering jika telah terkena hujan, dijamin tempat satu ini sangat cocok untuk tanaman lily. Jangan lupa pula membuat drainase yang baik, yaitu dengan cara membuat gundukan bunga dengan tanah pot dan berada setidaknya 13 cm di atas permukaan tanah tempat menanam.

2. Beri Pupuk Secara Rutin

Cara merawat bunga lily putih selanjutnya adalah dengan memberinya pupuk secara rutin. Pada saat akar lily sudah tumbuh, maka berikan pupuk secukupnya ke dalam tanah untuk tumbuh kembangnya.

BACA JUGA  Cara Mengatasi Hama Gurem Pada Ayam

Bunga satu ini terbilang cukup kuat dan tidak memerlukan banyak pupuk, pasalnya terlalu banyak nitrogen yang ada malah akan membuat batangnya lemah dan membusuk.

Artikel Lain: Cara Membuat Pupuk Booster

Pilihlah pupuk yang biasa digunakan untuk tanaman kentang untuk menghasilkan tanaman bunga lily putih yang berkualitas bagus. Berikan pupuk secara rutin, yaitu pada saat pertama kali akar tumbuh dan juga untuk selanjutnya lakukan setidaknya sebulan sekali.

3. Berikan Lily Air

Tidak hanya memberikan pupuk saja, namun pemberian air juga sangat penting sebagai cara merawat bunga lily putih yang tepat.

Meskipun pada dasarnya tanaman satu ini tidak membutuhkan banyak air, namun tetap saja berikan sedikit air dan sesuai kebutuhannya. Pada saat cuaca panas, berikan pula mulsa yang akan membantu mendinginkan umbi agar tidak membutuhkan banyak air.

4. Lindungi Dari Suhu Dingin

Bunga lily putih agak rentan dengan suhu yang terlalu dingin, pasalnya hal tersebut akan membuat umbi jadi membeku dan menghambat pertumbuhannya. Maka dari itu pastikan untuk menutupinya dengan jerami atau dahan tanaman hijau lain yang ada di sekitarnya. Dijamin tanaman tidak akan membeku dan bisa tumbuh semestinya.

5. Potong Bagian Bawah Tanaman

Pada saat musim berbunga, maka pastikan untuk selalu memotong bagian bawah tanaman bunga lily putih. Jika ingin memangkasnya, potonglah sepertiga batang beserta bunga dan biarkan 2/3 bagian yang tersisa tetap tumbuh dengan baik di tanah.

Hal tersebut akan membuat bunga tetap mendapatkan nutrisi yang cukup dan menghasilkan bunga dengan kualitas bagus nantinya selama bertahun-tahun.

6. Cek Kondisi Tanaman Secara Teratur

Hal terakhir sebagai cara merawat bunga lily putih yang tepat adalah dengan memeriksa keadaan nya secara teratur. Pastikan bahwa tanaman terhindar dari hama seperti belatung di batang muda lily.

Belatung sangat mengincar akar tanaman yang bernutrisi, jadi ketika hewan satu ini menyerang akan menyebabkan tanaman mati bahkan sebelum berbunga loh. Tentunya akan menyedihkan bukan?

Nah itulah beberapa informasi mengenai tips mudah bagaimana cara merawat bunga lily putih yang tepat dan juga mudah. Sebagai tanaman hias, bunga lily putih satu ini sangat cocok ditanam di lingkungan rumah dan sekaligus untuk mempercantik ruangan yang ada di rumah.

Bunga satu ini sangat mudah tumbuh asalkan mendapatkan perawatan yang tepat. Jangan lupa untuk selalu memberinya pupuk dan air yang cukup agar bunga bisa tumbuh dengan baik ya. Semoga informasi ini bermanfaat dan memberikan inspirasi pada banyak orang yang menyukai bunga lily putih untuk merawatnya sendiri di rumah.

BACA JUGA  Cara Merawat Tanaman Adenium Obesum (Kamboja Jepang)

Cara Merawat Bunga Lily Putih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *