Makanan Ikan Gurame

Makanan Ikan Gurame – Salah satu penunjang suksesnya budidaya ikan gurame yang Anda jalankan adalah pemberian pakan yang tepat bagi ikan gurame tersebut. Selain melakukan pemeliharaan terhadap kolam, pemberian pakan sesuai dengan kebutuhan bisa menjadikan ikan gurame cepat besar yang secara otomatis akan membuat masa panen juga cepat datang. Makanan ikan gurame ini pada umumnya adalah pelet yang mengandung protein 25% sampai 30%.

Cara Sederhana Membuat Makanan Ikan Gurame

Cara Sederhana Membuat Makanan Ikan Gurame
budidayaperawatan.blogspot.com

Pemberian pakan sendiri sebaiknya dilakukan 2 sampai 3 kali sehari, yaitu pada pagi, siang dan sore hari. Akan lebih baik jika frekuensi pemberian pakan tersebut dalam jumlah sedikit tapi lebih sering jika dibandingkan memberinya dalam jumlah banyak sekaligus.

Gurame merupakan ikan jenis omnivora yang cenderung herbivora. Selain pelet, Anda bisa menambahkan makanan untuk gurame dengan daun-daunan dan juga sayuran. Pada fase larva, benih gurame diberi pakan berupa rotifera, cacing sutra dan infusoria. Kemudian meningkat ke zooplankton, crustacea dan larva insekta setelah berumur beberapa hari.

Setelah gurame menginjak usia beberapa bulan, barulah pakan gurame bisa diganti dengan pakan lain berupa tumbuhan air yang lunak dan juga dedaunan. Misalnya daun lamtoro, daun singkong, daun talas dan daun pepaya. Selain itu gurame juga bisa memakan pakan organik lainnya yang ada di dasar kolam. Untuk makanan tambahan, Anda bisa memberikan ampas tahu, dedak, dan bungkil kedelai.

Pakan Gurame dari Tumbuhan (Nabati)

Pakan Gurame dari Tumbuhan (Nabati), Makanan Ikan
lintasusaha.com

Untuk pakan yang berasal dari daun-daunan, akan lebih bagus jika diolah bersama bahan-bahan lain agar mendapat tambahan kandungan nutrisi. Pakan gurame yang berasal dari tumbuhan diantaranya adalah:

  • Ampas tahu, ampas kelapa dan ampas kedelai.
  • Bekatul atau dedak kasar.
  • Daun lamtoro, daun sente, daun singkong, daun talas dan daun pepaya.
  • Gedebok pisang yang dicincang halus dan daun pisang.
  • Azolla microphylla dan rumput kering yang difermentasi.
  • Kotoran hewan yang kering, seperti kotoran sapi dan ayam.

Pakan Gurame dari Hewan (Hewani)

Pakan Gurame dari Hewan (Hewani), Makanan Ikan
ndwithoutwax.wordpress.com

Untuk pakan gurame yang berasal dari hewani terdiri dari:

  • Bekicot, siput dan keong.
  • Ikan rucah, ikan teri dan ikan jenis lainnya.
  • Limbah udang dan limbah ikan.
  • Cacing tanah, cacing sutra, belalang dan hewan kecil lainnya.

Cara Membuat Pakan Gurame

Cara Membuat Pakan Ikan Gurame
rumahmesin.com

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan wadah untuk mencampur bahan pakan gurame. Haluskan bahan-bahan seperti daun-daunan digiling atau dicacah sampai halus, minimal ukurannya menjadi kecil-kecil. Sedangkan bahan hewani bisa Anda giling. Setelah itu angin-anginkan bahan dedaunan tersebut hingga layu. Untuk bahan pakan yang berair seperti ampas tahu atau ampas kelapa harus dalam kondisi kering.

Baca Juga: Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tanah

Campur semua bahan dan aduk sampai merata, tambahkan bahan fermentor dan aduk lagi. Masukkan bahan pakan tersebut ke dalam drum plastik dan padatkan. Jangan sampai terdapat rongga udara di dalam drum tersebut. Kemudian tutup drum dengan rapat dan simpan selama 5 sampai 10 hari.

Setiap dua hari sekali buka tutup drum untuk membuang uap yang ada dalam drum. Setelah hari ke 10, pakan tersebut siap untuk diberikan kepada ikan gurame. Caranya dengan menaburkan pakan tersebut ke dalam kolam. Jangan lupa tutup kembali drum tersebut setiap kali selesai mengambil pakan.

Selain pelet, Anda juga bisa membuat makanan ikan gurame sendiri secara organik. Campurkan bahan pakan yang berasal dari tumbuhan dan hewan kecil, kemudian olah hingga menjadi pakan yang kaya akan protein dan nutrisi yang baik untuk ikan gurame.

Makanan Ikan Gurame

Leave a Comment