rumahmesin.com

Makanan Ikan Gurame

Posted on

MAKANAN IKAN GURAME –Produksi ikan di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, termasuk produksi ikan gurame.

Menurut data terbaru pada tahun 2023, produksi ikan gurame mengalami peningkatan yang signifikan, mencapai 72,5%. Angka ini menunjukkan tren pertumbuhan yang positif dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebagai perbandingan, dalam periode 2014 hingga 2018, pertumbuhan rata-rata produksi ikan gurame adalah sekitar 21,3% per tahun.*

Salah satu faktor kunci dalam kesuksesan budidaya ikan gurame adalah pemberian pakan yang sesuai dengan kebutuhan ikan tersebut.

Selain menjaga kualitas kolam, pemberian pakan yang tepat dapat mempercepat pertumbuhan ikan gurame dan menghasilkan panen yang lebih cepat. Umumnya, pakan yang diberikan berupa pelet dengan kandungan protein antara 25% hingga 30%, sesuai dengan kebutuhan nutrisi ikan gurame.

Cara Sederhana Membuat Makanan Ikan Gurame

Cara Sederhana Membuat Makanan Ikan Gurame
budidayaperawatan.blogspot.com

Pemberian pakan sendiri sebaiknya dilakukan 2 sampai 3 kali sehari, yaitu pada pagi, siang dan sore hari. Akan lebih baik jika frekuensi pemberian pakan tersebut dalam jumlah sedikit tapi lebih sering jika dibandingkan memberinya dalam jumlah banyak sekaligus.

Gurame merupakan ikan jenis omnivora yang cenderung herbivora. Selain pelet, Anda bisa menambahkan makanan untuk gurame dengan daun-daunan dan juga sayuran.

Pada fase larva, benih gurame diberi pakan berupa rotifera, cacing sutra dan infusoria. Kemudian meningkat ke zooplankton, crustacea dan larva insekta setelah berumur beberapa hari.

Setelah gurame menginjak usia beberapa bulan, barulah pakan gurame bisa diganti dengan pakan lain berupa tumbuhan air yang lunak dan juga dedaunan.

Misalnya daun lamtoro, daun singkong, daun talas dan daun pepaya. Selain itu gurame juga bisa memakan pakan organik lainnya yang ada di dasar kolam. Untuk makanan tambahan, Anda bisa memberikan ampas tahu, dedak, dan bungkil kedelai.

Pakan Gurame dari Tumbuhan (Nabati)

Pakan Gurame dari Tumbuhan (Nabati), Makanan Ikan
lintasusaha.com

Untuk pakan yang berasal dari daun-daunan, akan lebih bagus jika diolah bersama bahan-bahan lain agar mendapat tambahan kandungan nutrisi. Pakan gurame yang berasal dari tumbuhan diantaranya adalah:

  • Ampas tahu, ampas kelapa dan ampas kedelai.
  • Bekatul atau dedak kasar.
  • Daun lamtoro, daun sente, daun singkong, daun talas dan daun pepaya.
  • Gedebok pisang yang dicincang halus dan daun pisang.
  • Azolla microphylla dan rumput kering yang difermentasi.
BACA JUGA  Budidaya Ikan Gurame di Kolam Kecil

Khasiat Spesial dari Pakan Tumbuhan (Nabati)

Khasiat Spesial dari Pakan Tumbuhan (Nabati) Untuk Makanan Ikan Gurame

Beberapa makanan ikan gurame dari tumbuhan (nabati) telah disebutkan di atas. Sebenarnya pakan-pakan tersebut tidak hanya sekedar makanan yang mau disantap oleh ikan gurame saja. Ada beberapa manfaat khusus yang bisa diperoleh oleh ikan gurame, seperti:

1.  Daun Sente

Daun ini memiliki kandungan senyawa seperti saponin, flavonoid, dan polifenol yang ada pada tangkainya juga. Kandungan-kandungan tersebut mampu meningkatkan imunitas ikan terhadap penyakit, terutama serangan penyakit bisul dan mata belo.

Selain itu, daun ini pun tinggi akan serat sehingga memperlancar pencernaan ikan. Buat yang ingin ikannya cepat besar, maka daun sente wajib dimasukkan dalam jadwal pemberian pakan.

2. Ampas Tahu

Protein pada tahu tidak hanya bermanfaat bagi manusia saja. Protein ini pun membantu pertumbuhan ikan gurami, apalagi ditambah dengan kandungan lemak di dalamnya sebesar 18-22%.

Namun jumlah protein ini dapat bervariasi sebab tergantung pada proses pembuatan tahunya. Jika tahu dibuat dengan cara tradisional, maka kandungan proteinnya akan semakin tinggi.

3. Daun Pepaya

Memberi pakan ikan gurame dari daun pepaya harus memperhatikan beberapa hal. Pertama, bagian yang diberi hanya daunnya saja dan apabila masih mengandung getah harus dilayukkan dahulu.

Menghilangkan getah ini berlaku untuk daun lainnya juga, seperti daun singkong dan talas, karena bisa mengganggu kesehatan ikan. Lalu, satu lembar daun pepaya bisa untuk 50 ekor ikan gurame.

Daun yang sudah berumur 3,5 bulan di pohon bisa diberikan untuk ikan gurame berukuran 3,5 cm. Untuk beberapa ikan, daun pepaya dapat meredam stres atau penenang.

4. Ciasin dan Kangkung Darat

Dibandingkan dengan daun sente, caisin dan kangkung darat lebih ekonomis serta cepat pertumbuhannya. Secara khasiat kedua daun-daunan ini tak kalah berkualitas dari daun sente.

Caisin dan kangkung darat dapat mempertahankan kesehatan ikan gurame. Dari sisi si peternak, menanam kangkung darat pun lebih mudah sehingga sering menjadi alternatif pengganti daun sente.

Pakan Gurame dari Hewan (Hewani)

Pakan Gurame dari Hewan (Hewani), Makanan Ikan
ndwithoutwax.wordpress.com

Untuk pakan gurame yang berasal dari hewani terdiri dari:

  • Bekicot, siput dan keong.
  • Ikan rucah, ikan teri dan ikan jenis lainnya.
  • Limbah udang dan limbah ikan.
  • Cacing tanah, cacing sutra, belalang dan hewan kecil lainnya.
  • Kotoran hewan yang kering, seperti kotoran sapi dan ayam.

Khasiat Spesial dari Pakan Hewan (Hewani)

Khasiat Spesial dari Pakan Hewan (Hewani) Untuk Makanan Ikan Gurame
id.wikipedia.org

Setelah mengetahui khasiat-khasiat yang bisa didapat dari pakan tumbuhan (nabati), kini saatnya membahas manfaat dari pakan hewan (hewani). Perlu diketahui bahwa dalam memberikan makanan ikan gurame harus bervariasi. Maka dari itu, simak beberapa manfaat dari hewan-hewan berikut sebagai pakan:

BACA JUGA  Analisa Usaha Budidaya Ikan Gurame

1. Maggot

Maggot adalah larva lalat yang muncul dari perpaduan ampas tahu dan ikan kering. Protein yang dikandungnya cukup tinggi, yaitu mencapai 44%. Jika dibandingkan dengan pelet, protein maggot lebih tinggi karena protein pada pelet hanya 40% saja.

2. Bekicot

Bekicot pun menjadi salah satu sumber protein bagi ikan gurame. Bahkan dibandingkan dengan maggot, kandungan proteinnya jauh lebih tinggi, yaitu sekitar 60%, ditambah dengan lemak sekitar 6%.

Saat memberikan bekicot untuk ikan gurame, harus dikeluarkan terlebih dahulu dari kandangnya barulah dipotong-potong kecil atau dimasukkan ke mesin penggilingan.

3. Cacing Tanah

Hewan ini terkenal sebagai pakan untuk binatang peliharaan atau yang sedang dibudidayakan. Dalam cacing tanah terdapat 60-72% kandungan protein yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan ikan gurame.

Baca Juga:

Cara Membuat Pakan Gurame

Cara Membuat Pakan Ikan Gurame
rumahmesin.com

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan wadah untuk mencampur bahan pakan gurame. Haluskan bahan-bahan seperti daun-daunan digiling atau dicacah sampai halus, minimal ukurannya menjadi kecil-kecil. Sedangkan bahan hewani bisa Anda giling.

Setelah itu angin-anginkan bahan dedaunan tersebut hingga layu. Untuk bahan pakan yang berair seperti ampas tahu atau ampas kelapa harus dalam kondisi kering.

Campur semua bahan dan aduk sampai merata, tambahkan bahan fermentor dan aduk lagi. Masukkan bahan pakan tersebut ke dalam drum plastik dan padatkan. Jangan sampai terdapat rongga udara di dalam drum tersebut. Kemudian tutup drum dengan rapat dan simpan selama 5 sampai 10 hari.

Setiap dua hari sekali buka tutup drum untuk membuang uap yang ada dalam drum. Setelah hari ke 10, pakan tersebut siap untuk diberikan kepada ikan gurame. Caranya dengan menaburkan pakan tersebut ke dalam kolam. Jangan lupa tutup kembali drum tersebut setiap kali selesai mengambil pakan.

Selain pelet, Anda juga bisa membuat makanan ikan gurame sendiri secara organik. Campurkan bahan pakan yang berasal dari tumbuhan dan hewan kecil, kemudian olah hingga menjadi pakan yang kaya akan protein dan nutrisi yang baik untuk ikan gurame.

Jenis Makanan Ikan Gurami Berdasarkan Usianya

Sebagai peternak, hal lain yang harus diperhatikan dalam memberi makanan ikan gurame adalah usia ikan tersebut. Pakan untuk anakan akan berbeda dengan ikan gurame dewasa. Ikan yang masih berbentuk larva tidak perlu diberi makan hingga usia 10 hari. Selanjutnya, bisa diberi cacing sutra hingga ikan mencapai ukuran 4 cm.

BACA JUGA  Cara Budidaya Ikan Gurame

Semakin membesar ukuran ikan gurame, mereka mulai bisa makan pelet. Pakan ini cocok diberikan mulai ikan berukuran 4 cm hingga 10 cm. Ikan gurame pada usia ini membutuhkan protein tinggi untuk pertumbuhannya. Bisa juga dikombinasikan dengan daun pepaya atau daun talas.

Untuk ikan berukuran di atas 10 cm biasanya sudah siap-siap dipanen. Ikan ini sudah bisa diberi berbagai macam makanan.

Sedangkan makanan ikan gurame untuk yang indukan lebih diperhatikan kualitasnya daripada banyak porsinya. Antara pakan alami dan buatan harus dikombinasikan, namun porsi pakan alami harus lebih banyak. Pakan buatan hanyalah selingan yang bisa diberikan seminggu sekali atau dua kali.

Sangat penting memperhatikan makanan ikan gurame, apalagi tujuannya untuk dibudidayakan dan dijual. Seseorang harus menghasilkan ikan gurame yang besar dan berkualitas. Ada banyak jenis pakan yang bis dipilih dan disesuaikan dengan budget si peternak tersebut.

MAKANAN IKAN GURAME

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *