satujam.com

Ukuran Kolam Gurame 1000 Ekor

Posted on

UKURAN KOLAM GURAME 1000 EKOR – Dalam praktik budidaya ikan gurame, persiapan makanan, air bersih, dan bibit ikan gurame menjadi penting.

Selain itu, dimensi kolam juga merupakan aspek yang krusial. Merancang kolam tanpa mempertimbangkan jumlah bibit yang akan ditanam tidaklah bijaksana. Ini karena hubungannya dengan kepadatan bibit per meter persegi dan ukuran kolam yang dibutuhkan.

Contohnya, kolam untuk 1000 ekor gurame pasti memerlukan pendekatan yang berbeda dengan kolam untuk 100 ekor. Kepadatan yang terlalu tinggi dapat memperlambat pertumbuhan ikan gurame.

Macam-Macam Kolam Untuk Budidaya Ikan Gurame

Macam-Macam Kolam Untuk Budidaya Ikan Gurame
mbledooz.blogspot.com

Setiap peternak memiliki tujuannya masing-masing. Namun hal yang terpenting diperhatikan adalah lahan yang dimiliki oleh peternak tersebut. Ada tiga jenis kolam yang umumnya dibuat untuk budidaya ikan gurame. Secara garis besar, berikut adalah jenis-jenisnya:

1. Kolam Semen

Kolam ini termasuk kolam non-alami sehingga seseorang perlu melakukan pemeliharaan khusus agar ikan gurame benar-benar merasa di alam.

Misalnya, pada saat kolam baru jadi seluruh permukaannya harus digosok-gosok dengan daun pepaya, terutama bagian dasar kolam. Setelah itu, kolam diisi dengan air dan taburan garam kurang lebih sebanyak 2 kg lalu diamkan selama 2 minggu.

Tujuannya dilakukan hal-hal tersebut agar lumut cepat tumbuh dan bau semen cepat hilang. Ikan gurame bisa stres dengan bau semen yang tidak alami.

Terlebih mereka hidup dan berkembang biak di dalamnya. Setelah 2 minggu, jangan langsung masukkan ikan ke kolam. Buang dulu airnya dan ganti dengan air baru. Diamkan lagi selama 3 hari lalu tebar benih ke kolam tersebut.

2. Kolam Tanah

Jenis kolam ini banyak dipilih oleh sejumlah peternak ikan gurame. Walau bentuknya alami, tetap ada sedikit treatment yang harus dilakukan terhadap permukaan kolam.

Kolam yang berasal dari tanah mengandung organisme lain dan bisa menimbulkan penyakit. Oleh sebab itu, kolam harus diberi taburan kapur untuk mensterilkannya. Beberapa orang ada juga yang membiarkan kolam hingga kering dan tanahnya retak.

BACA JUGA  Keuntungan Budidaya Ikan Gurame

Jika sudah, aliri air ke dalam kolam dan diamkan selama 3 hari. Setelah itu, barulah benih bisa dipindahkan ke dalam kolam dan budidaya ikan gurame dimulai.

3. Kolam Terpal

Kolam terpal cocok untuk di lahan yang tidak begitu luas. Selain itu, pembuatan kolam ini cukup mudah dan bisa diaplikasikan di tempat yang susah air. Air yang dibutuhkan tidak begitu banyak, namun begitu tentunya jumlah ikan di dalamnya pun harus disesuaikan.

Saat membuat kolam terpal, jangan lupa melakukan persiapan layaknya kolam semen. Alasannya sama, yakni kolam terpal bukanlah kolam alami sehingga peternak harus mempersiapkannya sealami mungkin bagi ikan gurame.

Pemeliharaan Kolam Ikan Gurame

Pemeliharaan Kolam Ikan Gurame
sudut-pandang.id

Sebelum menentukan ukuran kolam gurame 1000 ekor atau jumlah tertentu, satu hal lain yang harus diketahui adalah pemeliharaan kolam tersebut.

Tak dapat dipungkiri kalau kondisi kolam yang baik mampu menghasilkan panen ikan gurame yang banyak dan berkualitas. Sejumlah peternak ikan gurame di Indonesia telah mengaplikasikan ini dengan baik.

Buktinya, dari tahun ke tahun Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat jumlah produksi ikan gurame yang selalu bertambah. Misalnya, selama periode tahun 2009 ke 2013 pertumbuhannya cukup signifikan.

Di tahun 2009, produksi ikan gurame adalah 46.254 ton hingga di tahun 2013 tercatat 94.505 ton.* Bagi peternak pemula yang ingin sukses budidaya ikan gurame, perhatikan hal-hal berikut:

1. Kebersihan Kolam

Kebersihan kolam tentunya faktor utama dari kesehatan ikan gurame sebab di sanalah mereka hidup. Cara membersihkan kolam yang menggunakan terpal menggunakan teknik penyedotan. Sedot air dan buang kotoran-kotoran yang ada di permukaan dan dasar kolam.

Jika menggunakan kolam tanah, maka bisa membersihkan permukaan air dari kotoran-kotoran. Ukuran kolam gurame 1000 ekor yang tidak pas akan menumpukkan kotoran di bawahnya. Maka ukuran kolam dan jumlah ikan perlu disesuaikan untuk menjaga kebersihan kolam juga.

2. Tanam Pohon di Sekitar Kolam

Tanaman eceng gondok adalah yang paling sering ditemukan pada kolam ikan gurame. Fungsinya untuk mencegah sorot sinar matahari yang berlebihan. Selain eceng gondok, bisa juga menanam tumbuhan lainnya.

Namun perlu diperhatikan pohon-pohon yang ada di sekitar kolam. Jangan sampai justru menutupi keseluruhan permukaan kolam. Kolam yang terlalu gelap akan mengakibatkan kelembapan menjadi tinggi dan ikan gurame menjadi tidak sehat.

3. Sirkulasi Air

Sirkulasi air diperlukan agar ikan merasa nyaman, baik di kolam semen, tanah, maupun terpal. Harus ada lubang yang memberikan saluran air keluar serta ada juga sumber pasokan air.

Untuk ikan yang masih muda apalagi masih dalam bentuk bibit, jangan buat aliran terlalu deras. Jaga ketenangan air dan jangan sering mengganti air. Cukup satu atau dua kali seminggu saja.

BACA JUGA  Cara Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar

Berbeda untuk ikan yang sudah besar. Aliran air boleh dibuat agak deras tapi ingat jangan terlalu sering diganti juga. Kalau mau menambahkan antibiotik, bisa diberikan antibiotik organik buatan sendiri. Bahannya adalah daun pepaya yang dicampur dengan air lalu disaring.

4. Kadar Keasaman Air

Terakhir, inipun harus diperhatikan dari kondisi kolam. Untuk pengguna kolam tanah bisa agar tenang karena tanah membantu menjaga keseimbangan ion dalam air. Apabila ion tinggi, maka tanah akan mengikatnya. Sebaliknya, jika tingkat ion rendah, maka tanah akan melepaskan ion-ionnya untuk menyeimbangkan ion dalam air.

Ikan budidaya cenderung suka hidup pada kondisi air basa, yakni dengan PH 6.5 – 9. Apabila kondisi air dalam keadaan asam, yakni PH < 7, dalam waktu lama, maka berbahaya bagi ikan karena penyakit berkembang di PH yang rendah.

Ukuran Kolam Gurame 1000 Ekor yang Ideal

Ukuran Kolam Gurame 1000 Ekor yang Ideal
nyaribisnis.com

Bahkan, budidaya ikan gurame antara kolam pemijahan dengan kolam pembesaran atau pendederan memiliki ukuran yang berbeda.

Belum lagi jenis kolam yang digunakan juga akan berpengaruh pada hasil analisa untuk pembuatan kolam. Sebut saja kolam ikan gurame terpal, tembok atau tanah. Terkait dengan hal tersebut di atas, berikut ini ukuran kolam gurame berdasarkan fungsi dan jenisnya :

Baca Juga:

1. Ukuran Kolam Penyimpanan Indukan

Ukuran Kolam Penyimpanan Indukan Budidaya Ikan Gurame
tipsbudidayagurame.blogspot.com

Kolam yang satu ini berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan induk yang akan dipersiapkan untuk kematangan telur dan kesehatan indukan tersebut.

Untuk ukuran idealnya, sebuah kolam dengan luas 10 m2 dengan kedalaman 50 cm bisa digunakan untuk 30 induk ikan gurame. Yaitu 20 ekor induk betina dan 10 ekor pejantan. Jadi, jika Anda berencana akan membuat kolam untuk tebar 1000 ekor indukan, Anda tinggal menambahkan kelipatan dari ukuran idealnya tersebut.

2. Ukuran Kolam Pemijahan Ikan Gurame

Ukuran Kolam Pemijahan Ikan Gurame
infoagribisnis.com

Untuk ukuran kolam pemijahan, dalam 1 ekor induk ikan gurame membutuhkan 2-10 m2. Namun hal ini tergantung dari sistem pemijahan yang Anda lakukan. Jika Anda memiliki 20 ekor induk gurame, maka dibutuhkan kolam pemijahan yang berukuran 200 m2.

3. Ukuran Kolam Pendederan / Pemeliharaan Benih

Ukuran Kolam Pendederan / Pemeliharaan Benih Ikan Gurame
bp4kgresik.wordpress.com

Untuk kolam yang satu ini Anda akan membutuhkan kolam dengan luas 50-100 m2 dengan kedalaman 30-50 cm. Untuk tingkat kepadatannya maksimal berisi 50 ekor per m2. Jika memiliki benih sampai 1000 ekor, Anda tinggal menjumlahkan berapa ukuran kolam pendederan yang ideal bagi benih ikan gurame yang Anda miliki.

BACA JUGA  Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal

4. Ukuran Kolam Pembesaran Ikan Gurame

Ukuran Kolam Pembesaran Ikan Gurame
satujam.com

Untuk memaksimalkan fungsi kolam pembesaran gurame ini, sebaiknya tidak memasukkan ikan lebih dari 10 ekor per m2 setelah dari kolam pendederan. Ada Kalanya dalam proses pemeliharaan ini, Anda akan membutuhkan beberapa kolam jaring dengan ukuran jaring sekitar 1,25 sampai 1,5 cm.

5. Ukuran Kolam Pemberokan Gurame

Ukuran Kolam Pemberokan Gurame
zonaikan.wordpress.com

Kolam pemberokan ini berfungsi sebagai tempat pembersihan ikan gurame sebelum dipasarkan. Tujuannya adalah agar kualitas ikan bisa maksimal. Diantaranya tidak berbau tanah, bersih dan tidak terdapat luka pada tubuh ikan gurame. Dasar kolam ini biasanya dibuat miring ke arah pintu keluar air. Untuk ukuran idealnya adalah 100 m2.

Ukuran Ideal Kolam Gurame

Ukuran Ideal Kolam Gurame
perikananbojongsari.id

Berdasarkan perhitungan masing-masing kolam dengan berbagai ukuran dan fungsinya tersebut di atas, Anda bisa mengalkulasi ukuran ideal yang dibutuhkan untuk bisa menampung 1000 ekor ikan gurame.

Agar pengawasan dan juga pemberian pakan bisa maksimal, Anda bisa membuatnya dalam bentuk sekat-sekat. Atau bisa juga dengan membuat beberapa kolam pada lokasi yang sama.

Tanya Jawab Seputar Ukuran Kolam Gurame 1000 Ekor

1. Pertanyaan: Berapa ukuran ideal kolam untuk budidaya 1000 ekor ikan gurame?

Jawaban: Ukuran kolam yang ideal tergantung pada faktor-faktor seperti kepadatan populasi yang diinginkan, kondisi lingkungan, dan tujuan budidaya. Namun, secara umum, kolam dengan luas sekitar 500 hingga 1000 meter persegi sering digunakan untuk budidaya 1000 ekor ikan gurame.

2. Pertanyaan: Apa yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan ukuran kolam untuk budidaya 1000 ekor ikan gurame?

Jawaban: Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan termasuk kebutuhan ruang per ekor ikan, kebutuhan oksigen dan sirkulasi air, serta kemampuan pengelolaan dan perawatan kolam.

3. Pertanyaan: Bagaimana menghitung kepadatan populasi yang tepat untuk kolam budidaya 1000 ekor ikan gurame?

Jawaban: Kepadatan populasi yang tepat tergantung pada pertumbuhan ikan, ketersediaan pakan, dan sistem manajemen kolam. Sebagai panduan umum, kepadatan populasi yang direkomendasikan untuk budidaya ikan gurame adalah sekitar 2-5 ekor per meter persegi.

4. Pertanyaan: Apakah ukuran dan kedalaman kolam mempengaruhi pertumbuhan ikan gurame?

Jawaban: Ya, ukuran dan kedalaman kolam mempengaruhi pertumbuhan ikan gurame. Kolam yang lebih luas dan dalam cenderung memberikan ruang yang lebih besar bagi ikan untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.

5. Pertanyaan: Bagaimana menjaga kualitas air dan keseimbangan ekosistem dalam kolam budidaya 1000 ekor ikan gurame?

Jawaban: Untuk menjaga kualitas air yang baik, penting untuk memperhatikan sistem sirkulasi air, aerasi, dan filtrasi. Selain itu, menjaga keseimbangan ekosistem dengan menjaga keberagaman hayati, mengurangi limbah organik, dan memantau parameter air secara rutin juga sangat penting.

Dengan memperhatikan hal-hal yang dibutuhkan untuk budidaya dengan ukuran kolam gurame 1000 ekor, Anda bisa membuat kolam dengan ukuran sesuai dengan fungsi dan jenisnya. Sehingga hasil produksi ikan gurame yang Anda budidayakan bisa mengalami peningkatan.

UKURAN KOLAM GURAME 1000 EKOR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *