tanamancantik.com

Jenis Tanaman Hias Merambat Untuk Kanopi

Posted on

Jenis Tanaman Hias Merambat Untuk Kanopi – Menghias rumah adalah aktivitas yang sangat menyenangkan. Akan tetapi jika tidak tahu caranya hasil riasan justru membuat rumah terlihat jelek.

Terutama hiasan untuk kanopi rumah. Nah, di bawah ini akan dijelaskan tentang jenis tanaman hias merambat untuk kanopi yang membuat kanopi terlihat cantik.

Manfaat Menghias Kanopi

Manfaat Menghias Kanopi
rumahlia.com

Selain halaman, kanopi juga perlu dihias. Biasanya untuk hiasannya digunakan tanaman merambat yang diikatkan di setiap ujungnya. Sehingga lama kelamaan bunga hias tersebut akan menutup seluruh kanopi dan sebagian ujung daunnya akan berjuntai ke bawah.

Biasanya hiasan semacam ini digunakan pada kanopi garasi mobil atau teras rumah. Sekalipun terlihat tidak rapi tetapi dari luar kelihatan unik dan cantik. Maka dari itu, banyak orang yang menghias kanopi rumahnya dengan memakai bunga hias yang merambat.

Jenis Tanaman Hias Merambat Untuk Kanopi

Jenis Tanaman Hias Merambat Untuk Kanopi
tanamancantik.com

Tidak semua tanaman hias bisa digunakan untuk menghias kanopi. Maka dari itu, perlu dipilih yang memang tepat supaya kanopi terlihat lebih indah. Atas dasar itu, di bawah ini ada beberapa jenis tanaman hias merambat yang biasa dijadikan hiasan untuk kanopi rumah. Ini dia jenisnya:

1. Bunga Melati Belanda

Jenis tanaman hias merambat untuk kanopi yang pertama adalah bunga melati Belanda. Sekalipun namanya adalah Melati Belanda, tetapi bunga ini juga bisa ditemukan di Indonesia.

Maka dari itu, tidak perlu terbang ke Netherland untuk membelinya. Bunga Melati Belanda memiliki ciri khas aroma yang wangi. Selain itu, warna bunga dengan daunnya terlihat kontras sehingga bagus dijadikan sebagai bunga hias.

Daun Melati Belanda berwarna hijau. Sedangkan bunganya berwarna merah. Jika sedang mekar warna merahnya semakin terang sehingga terlihat lebih anggun. Lama kelamaan warna bunganya akan berubah menjadi pink. Jika akan rontok warnanya berubah menjadi putih.

2. Bunga Wisteria

Mungkin bunga Wisteria masih asing di telinga. Padahal bunga ini paling cantik jika dijadikan hiasan kanopi. Makanya harga bunga hias merambat ini lebih mahal dibandingkan jenis bunga hias yang lain. Warna daunnya tidak istimewa bahkan serupa dengan warna daun kebanyakan.

BACA JUGA  Cara Menanam Bunga Lavender

Tetapi yang spesial adalah warna bunganya yang kontras dan terang yaitu violet atau ungu. Selain itu, bentuknya yang bergerumbul dan tebal membuat bunga ini terlihat indah.

Bunga Wisteria bukan bunga asli Indonesia melainkan dari Asia timur seperti Jepang, Cina dan Korea. Sedangkan yang paling banyak dibudidayakan di tanah air adalah bunga Wisteria yang dari Tiongkok.

3. Bunga English Ivy

Bunga English Ivy juga jenis bunga hias kanopi yang cantik. Selain itu, bunga ini memiliki masa pertumbuhan yang sangat cepat sehingga tidak perlu menunggu lama untuk perambatannya. Selain membuat kanopi terlihat anggun, bunga ini juga memiliki manfaat kesehatan loh.

Salah satunya  adalah menetralisir polusi udara di sekitar rumah. Maka dari itu, bunga English Ivy bagus jika ditempatkan di luar ruangan seperti di kanopi, garasi atau di teras rumah.

Sayang dibalik pertumbuhannya yang sangat cepat, bunga ini rentan mati. Maka dari itu, diperlukan perawatan yang bagus termasuk penyiramannya. Sinar matahari yang cukup juga syarat bunga ini bisa tumbuh dengan baik.

4. Bunga Morning Glory

Bunga Morning Glory adalah bunga merambat yang paling banyak dijadikan hiasan kanopi. Bahkan di Indonesia bunga ini juga mudah ditemukan. Karena bunga ini bisa hidup di semua negara tanpa memperhatikan iklim dan cuaca.

Baca Juga: Jenis Tanaman Merambat Tahan Panas

Di Eropa, bunga Morning Glory justru dijadikan hiasan pada taman. Karena rambatannya unik yaitu bergerumbul di tengah sehingga pemodelannya lebih mudah. Sekalipun demikian, dijadikan hiasan kanopi juga bagus karena tinggal dibentuk saja sesuai keinginan.

Bunga Morning Glory memiliki warna yang acak tapi cantik. Sedangkan yang dominan adalah warna putih dan ungu. Namun jika beruntung di antara rimbunannya juga muncul bunga berwarna orange dan merah. Perpaduan warna inilah yang membuat bunga Morning Glory terlihat indah dan mencolok.

5. Tanaman Buah Anggur

Di Indonesia, yang sering kali dijadikan bunga hias merambat adalah tanaman buah anggur. Ini selain untuk mempercantik kanopi tetapi buahnya yang matang bisa dimakan karena rasanya manis.

Tanaman buah anggur yang sering digunakan adalah yang jenis buahnya berwarna hijau. Sedangkan yang berwarna hitam sukar ditemukan karena pertumbuhannya sulit dan memilih iklim serta cuaca.

Nah untuk tanaman hias yang ke lima ini perawatannya harus benar-benar maksimal. Karena tanaman buah anggur rentan mati terutama saat cuaca ekstrem. Jadi perlu penyiraman yang bagus dan pemupukan yang teratur.

BACA JUGA  Cara Membuat Pupuk SP 36

6. Bunga Clematis

Jenis tanaman hias merambat untuk kanopi yang ke enam adalah Bunga Clematis. Ini merupakan jenis bunga hias yang memiliki banyak varian. Maka dari itu, pastikan dipilih yang daun dan bunganya menarik. Yang paling sering digunakan untuk hiasan adalah bunga clematis yang berwarna ungu.

Selain bentuk daunnya kecil-kecil, bentuk kelopak bunganya justru besar-besar. Sehingga yang terlihat ke permukaan adalah bunga yang seakan terus mekar.

Kekurangan dari bunga Clematis ialah rawan mati terutama ketika kekurangan air. Maka dari itu, jangan sampai bunga ini layu dan batangnya menghitam. Karena itu pertanda kurang cairan sehingga durasi penyiraman harus ditingkatkan.

7. Mawar Menjalar

Bunga hias merambat yang juga sering digunakan sebagai hiasan adalah bunga mawar menjalar. Sekalipun jumlah bunga yang mekar tidak terlalu banyak, tetapi warna yang terang membuat kanopi terlihat lebih anggun.

Apalagi jika yang digunakan percampuran jenis mawar tentu hasilnya lebih elegan. Karena ketika mawar mekar akan muncul bunga dengan berbagai macam bentuk dan warna. Desain hiasan semacam ini biasanya ada di taman-taman atau di hotel yang ada tamannya.

Artikel Terkait: Jenis Tanaman Pagar Hidup

Sekadar saran, pastikan bunga ini mendapatkan pasokan sinar matahari yang cukup. Karena ini yang membantunya tumbuh dengan baik. Maka dari itu, jika ingin menggunakan hiasan mawar menjalar, bangun kanopi di ruang yang sinar matahari bisa masuk dengan bebas.

8. Bunga Kamperfuli

Bunga Kamperfuli  adalah bunga hias yang juga bagus untuk kanopi. Untuk bunga ini, tidak perlu dilakukan pemodelan khusus. Karena bunga akan melilit dengan sendirinya. Yang dibutuhkan hanya tonggak sebagai tempat lilitan. Bunga kamperfuli adalah bunga hias merambat jenis semak.

Maka dari itu, perlu dilakukan pemotongan jika dirasa perimbunannya sudah tidak enak dilihat. Sekalipun demikian tidak usah khawatir, semakin sering dipangkas bunga justru tumbuh lebih cepat.

Ciri-ciri bunga ini ialah memiliki warna yang acak dan bentuk kelopaknya kecil-kecil. Tidak ada warna yang dominan di bunga ini kecuali ketika mau rontok biasanya warnanya berubah menjadi merah muda.

9. Tanaman Terompet

Tanaman terompet juga sering dijadikan bunga hias kanopi. Hasilnya juga elegan tidak kalah dengan bunga hias jenis yang lain. Bunga ini diberi nama terompet karena bentuknya memang mirip alat musik tersebut.

Sedangkan ukurannya cukup besar dan berwarna terang. Keunikan inilah yang membuat kanopi juga terlihat elegan jika dihias menggunakan bunga ini.

BACA JUGA  Jenis Tanaman Hias yang Tidak Memerlukan Sinar Matahari

Tanaman terompet tumbuh subur di daerah yang cahaya mataharinya cukup. Maka dari itu, bunga ini bisa dijadikan hiasan untuk ruang out door dibandingkan di dalam ruangan. Jika perawatannya bagus bunga akan muncul dengan cepat. Sedangkan untuk daunnya, di tempat teduh sekalipun bisa menjalar dengan cepat.

Demikian jenis tanaman hias merambat untuk kanopi yang indah dan instagenik. Silakan dipilih salah satu yang sekiranya paling cantik dan anggun. Setelah itu, pastikan perawatannya maksimal. Jangan sampai beli bunga mahal, tetapi akhirnya mati tanpa bisa dinikmati keindahannya.

Jenis Tanaman Hias Merambat Untuk Kanopi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *