Jenis Tanaman Merambat Tahan Panas

Jenis Tanaman Merambat Tahan Panas – Suka dengan jenis tanaman yang merambat? Tanaman merambat memang memberikan estetika tersendiri khususnya pada hunian seseorang.

Jenis tanaman perennial ini biasanya ditanaman di dekat pagar. Namun ternyata tidak semua tanaman perennial cocok untuk Indonesia yang cenderung panas. Untuk itu akan diulas mengenai jenis tanaman merambat tahan panas berikut ini.

Keunggulan Tanaman Rambat yang Tahan Panas

Keunggulan Tanaman Rambat yang Tahan Panas
dekoruma.com

Ada berbagai tanaman rambat yang ada dan bisa ditanam di pagar atau halaman rumah, namun tanaman rambat yang tahan panas yang paling unggul. Dengan memilih tanaman rambat yang tahan panas artinya menanam tanaman yang tidak mudah mati, dan bisa bertahan di pagar atau halaman rumah meski pun terkena panas.

Apalagi Indonesia adalah negara tropis yang saat kemarau matahari sangat terik dan cuaca panas. Inilah keunggulan tanaman rambat yang tahan panas, bisa bertahan di berbagai keadaan cuaca di Indonesia.

Jenis-Jenis Tanaman Rambat yang Tahan Panas

Jenis-Jenis Tanaman Rambat yang Tahan Panas
farming.id

Ada banyak jenis tanaman rambat yang tahan panas dan semuanya memiliki daya tarik dan keindahan masing-masing. Berikut ini adalah contoh jenis tanaman hias yang tahan terhadap panas:

1. Allamanda

Tanaman Rambat Allamanda
tropical.theferns.info

Jenis tanaman merambat tahan panas yang pertama adalah Allamanda atau yang lebih dikenal dengan bunga terompet emas. Allamanda ini sangat cocok dengan iklim Indonesia yang cukup panas. Meskipun begitu, ternyata ini juga bisa ditanam dan tumbuh dengan baik di wilayah yang memiliki suhu yang dingin sekalipun.

Alamanda berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan bahkan ada juga di Brasil. Tanaman ini harus ditanam pada kondisi yang mirip dengan habitat aslinya yang cenderung panas.

Alamanda harus ditanam pada tempat – tempat yang menerima cahaya matahari dalam intesitas yang tinggi. Selain itu kombinasi tanah dengan kelembaban yang cukup akan membuat bunga ini subur.

Pengembangbiakan Allamanda bisa dilakukan dengan cara stek pada bunga yang sudah matang. Perlu untuk selalu berhati – hati saat memangkas batang tanaman ini karena Allamanda memiliki getah susu. Getah susu ini bisa saja memancar saat proses pemangkasan dan membuat kulit iritasi.

2. Ipomoea

Tanaman Rambat Ipomoea
chhajedgarden.com

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman Morning Glory? Tanaman yang memiliki warna ungu yang cantik ini ternyata merupakan salah satu jenis tanaman merambat tahan panas.

Sebenarnya Ipomoea bisa tumbuh dimanapun, namun akan tumbuh dengan subur pada wilayah yang menerima cahaya matahari dalam intensitas yang tinggi dan banyak air pada musim tanam.

Untuk itu, jika tertarik menanam tanaman ini maka tanamlah pada tempat yang memiliki drainase yang baik. Morning Glory dapat dengan mudah tumbuh dan berkembang sehingga harus dipotong setelah berbunga.

Pengembangbiakannya bisa dilakukan melalui biji sedangkan pada jenisnya yang lain bisa melalui stek setengah lunak atau lunak.

3. Campsis Radicans (Trumpet Creeper)

Tanaman Rambat Campsis Radicans (Trumpet Creeper)
pinterest.com

Jenis tanaman merambat yang satu ini memiliki pertumbuhan yang cukup cepat. Campsis Radicans dengan bunga berwarna orange kekuningan ini bisa tumbuh dan menempel sendiri pada media yang ada didekatnya. Bahkan pertumbuhannya bisa mencapai 20 sampai 40 kaki dalam satu tahun.

Tanaman ini juga memiliki daun yang lebat dan akar yang bisa menempel pada dinding, pohon dan pagar rumah. Trumpet Creeper merupakan tanaman yang kuat sehingga harus ditanam pada wadah yang lebih besar dan luas didekat pagar, dinding atau teralis.

Tanaman merambat yang satu ini juga bisa tumbuh pada berbagai kondisi tanah. Bahkan pada kondisi panas dan dingin yang ekstrem sekalipun tanaman ini bisa tumbuh. Pada musim panas, Campsis Radicans hanya memerlukan pasokan air dalam jumlah sedang.

4. Clematis Jackmanii

Tanaman Rambat Clematis Jackmanii
hirts.com

Penamaan tanaman merambat yang satu ini berasal dari George Jackman, seorang pemburu berkebangsaan Inggris. Clematis Jackmani bisa tumbuh dengan cepat apabila memperoleh perawatan yan baik dan benar. Bahkan pada wilayah yang memiliki iklim panas dan kering, tanaman merambat ini juga bisa tumbuh.

Penanamannya bisa dilakukan dengan menempatkannya pada jeruji di sudut – sudut yang terlindungi. Selain itu, jaga kondisi akar tanaman ini agar tetap dingin dan lembab.

Sedikit tips, jika menanam tanaman ini, letakkan ubin di atas zona akar agar suhu tanah di bawahnya tetap dingin. Pehatikan juga pasokan airnya, karena Clematis membutuhkan banyak air.

Baca Juga: Jenis Tanaman Hias yang Tidak Memerlukan Sinar Matahari

5. Western White Clematis (Clematis Ligusticifolia)

Tanaman Rambat Western White Clematis (Clematis Ligusticifolia)
nativeplantandseed.com

Masih dari jenis yang sama, tanaman yang memiliki bunga berwarna putih dan mungil ini identik dengan akhir musim panas. Hal ini karena bunga Western White Clematis biasanya akan muncul pada akhir musim saja.

Tanaman ini suka tumbuh pada tempat yang terang dan tanah yang basah atau lembab. Meskipun begitu, tanaman ini juga bisa toleran terhadap kekeringan.

Western White Clematis bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 5 meter dan toleran terhadap beberapa kondisi tanah. Ini karena kemampuannya untuk mencukupi kebutuhan airnya sendiri. Tanaman ini sangat cocok untuk yang ingin tampilan rumah yang lebih fresh.

Hal unik dari tumbuhan ini adalah dulu di Amerika Barat Lama, tanaman ini digunakan sebagai pengganti lada. Sedangkan masyarakat asli Amerika menggunakannya sebagai obat migrain, iritasi kulit bahkan dipercaya bisa mengusir roh jahat.

6. Passiflora

Tanaman Rambat Passiflora
cgtrader.com

Nama lain dari Passiffora adalah Passionflower yang juga merupakan jenis tanaman merambat tahan panas. Tanaman ini merupakan tanaman yang pertumbuhan terbilang cepat dan bisa mengcover tampilan rumah atau taman yang tidak terlalu menarik.

Passiflora merupakan tanaman hijau abadi atau bisa tumbuh dan berbunga kapanpun namun lebih suka bulan hangat.

Bunga yang muncul pada tanaman ini memiliki variasi warna yang beragam, mulai dari kuning pucat, ungu kemerahan dan merah muda.

Saran penanaman bisa dilakukan dengan meletakkanya di bawah terpaan cahaya matahari penuh dan kedalaman tanah sedang atau penuh. Selain itu kondisi tanahnya juga harus lembab dan dilengkapi drainase yang bagus.

7. Lady Banks Rose

Tanaman Rambat Lady Banks Rose
pinterest.com

Bagi yang suka kesan klasik dan elegan pada area hunian bisa menambahkan tanaman yang satu ini sebagai penunjangnya. Tanaman yang biasa juga disebut Rosa Banksiae merupakan salah satu jenis mawar yang sedikti berbeda dengan bunga mawar pada umumnya. Lady Banks Rose tidak memiliki duri seperti kebanyakan jenis mawar.

Tanaman ini juga lebih toleran dengan kondisi panas dan tanah kering. Tampilannya sangat elegan dengan cabang panjang berwarna hijau yang merambat di pagar – pagar rumah dan bangunan bahkan di pohon.

Lady Banks Rose suka muncul pada musim semi dengan bunga ganda yang berwarna kuning dengan aroma seperti violet putih.

8. Skundus Celatrus (Amerika Bittersweet)

Tanaman Rambat Skundus Celatrus (Amerika Bittersweet)
commons.wikimedia.org

Tanaman merambat ini memiliki struktur tubuh yang kokoh. Skundus Celatrus bahkan bisa tumbuh hingga ketinggian 3 sampai 6 meter dan lebih dipilih orang – orang dibanding jenisnya yang lain yaitu Celastrus Orbiculatus karena invasif. Tanaman ini lebih suka hidup di tempat yang diterpa cahaya matahari penuh hingga tempat yang teduh.

Bagi yang tertarik untuk membudidayakan Skundrus Celatrus bisa dilakukan dengan dua cara yang tidak terlalu sulit. Pertama, pembudidayaan bisa dilakukan melalui rooting. Sedangkan pilihan kedua bisa dilakukan dengan menanam biji tanaman ini secara langsung.

9. Hoya

Tanaman Rambat Hoya
carnivorousockhom.blogspot.com

Tanaman merambat yang satu ini sangat cocok untuk kebun atau rumah karena mudah tumbuh, menarik dan struktur yang kuat.

Selain bisa tumbuh di luar ruangan, ternyata tanaman ini juga bisa tumbuh dalam ruangan. Jenis yang paling sering ditanam adalah Hoya jenis lilin atau Hoya Carnosa yang memiliki daun waxy dan batang tanaman mirip kayu.

10. Virginia Creeper

Tanaman Rambat Virginia Creeper
turbosquid.com

Jenis tanaman merambat tahan panas yang terakhir adalah Virginia Creeper. Tanaman ini bisa tubuh mencapai 15 meter pada pagar atau tiang.

Virginia juga memiliki daun yang lebar dengan warna yang bisa berubah-ubah. Daunnya berwarna ungu pada musim semi dan berubah menjadi hijau pudar pada musim tanam, lalu pada musim gugur warnanya berubah menjadi merah

Demikianlah pembahasan mengenai jenis tanaman merambat tahan panas yang bisa menjadi pilihan untuk mempercantik rumah. Penempatan pada kondisi yang tepat serta perawatan yang baik akan membuat tanaman ini tumbuh dengan baik dan menarik.

Jenis Tanaman Merambat Tahan Panas

Categories Info

Leave a Comment