seedcorner.com

Cara Menanam Bunga Krokot

Posted on

Cara Menanam Bunga Krokot – Bunga krokot yang tumbuh liar jika di daerah pedesaan, dibiarkan begitu saja di jalan. Berbeda saat bunga krokot berada di daerah kota. Bunga ini menjelma menjadi salah satu bunga hias yang dibudidayakan.

Sebuah kebiasaan unik yang terjadi yaitu pada pukul sembilan bunga ini mekar kemudian akan layu kembali. Akhirnya bunga krokot ini biasa disebut dengan bunga pukul sembilan atau moss rose.

Warna yang dimiliki bunga tersebut beraneka ragam seperti putih, merah muda dan kuning. Serta perpaduan warna lain yang membuat bunga ini digemari masyarakat sehingga ingin mengetahui cara menanam bungan krokot yang benar.

Budidaya tanaman krokot ini sangat mudah dilakukan. Bahkan ada beberapa tanaman krokot yang tumbuh subur tanpa adanya perawatan.

Namun, tetap saja untuk menghasilkan bunga krokot yang baik, cantik dan sehat tentu diperlukan cara menanam bunga krokot. Bunga yang bernilai estetika ini juga memiliki manfaat yang luar biasa. Oleh karena itu, jika sudah memilih bibit dan menanam bunga krokot maka sebaikanya bisa dirawat dengan baik.

Cara Menanam Bunga Krokot

Pemilihan dan Penanaman Benih

Pemilihan dan Penanaman Benih Bunga Krokot
seedcorner.com

Bunga krokot yang sebenarnya mudah untuk ditanam dan dirawat ini juga perlu dilakukan pemilihan benih. Jika ingin bunga krokot tumbuh lebih baik, subur dan awet maka memilih benih menjadi pilihan utama pada awal akan menanam bunga krokot. Memilih benih bunga krokot bisa dilakukan dengan cara berikut ini.

1. Menggunakan Stek Batang

Cara Menanam Bunga Krokot Menggunakan Stek Batang
youtube.com

Teknik pembibitan dengan Stek batang pada bunga krokot yaitu dengan cara memotong batang bunga krokot dari induk tanaman.

Dan langsung ditancapkan di media tanam. Harus diperhatikan apakah potongan batang tersebut terlihat baik atau tidak. Jika terlihat baik maka dalam beberapa hari akan tumbuh akar yang menjadi calon tumbuhan bunga krokot.

Artinya penanaman tersebut berhasil. Tinggal merawat dan menyiram secara rutin. Jika tanaman masih kecil bisa dengan menyiramnya menggunakan sprayer saja. Agar volume air yang keluar sedikit.

Dan benih krokot tetap terjaga dari kelebihan air. Karena batang dan daun bunga krokot ini sudah banyak mengandung air. Jika terlalu banyak air, bunga krokot akan cepat layu dan tidak tumbuh lagi.

BACA JUGA  Cara Menanam Padi Ciherang

2. Menggunakan Biji Bunga Krokot

Cara Menanam Bunga Krokot Menggunakan Biji Bunga Krokot
nurserypioneer.com

Cara menanam bunga krokot menggunakan biji harus memperhatikan penyemaian bibit bunga krokot terlebih dahulu. Jika media semai sudah tersedia. Maka taburkan benih bunga krokot ke dalam media tanam.

Karena bentuk benih bunga krokot sangat kecil maka diperlukan kehati-hatian dalam penyemaian. Jika benih sudah ditabur, tutup media tanam dan siram menggunakan sprayer agar benih tidak hilang terbawa air. Perhatikan kelembapan media tanam, setelah beberapa hari tumbuhan benih krokot.

Dengan melakukan penyemaian yang baik dan benar pada benih bunga krokot maka bunga krokot yang dihasilkan pun lebih baik dan menarik.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Kertas

Cara Menggunakan Media Tanam Bunga Krokot

Cara Menanam Bunga Krokot
neisha-diva.com

Setelah melakukan pemilihan benih tanaman selanjutnya pindahkan benih tersebut ke dalam media tanam. Ada dua cara dalam memakai media tanam. Gunakan pot atau pilih botol plastik bekas sebagai media tanam bunga krokot. Kedua cara tersebut sama-sama memerlukan teknik dan perhatian khusus dalam menanam bunga krokot.

1. Dengan Pot

Cara Menanam Bunga Krokot dengan Media Pot
guardian.ng

Cara menaman bunga krokot bisa dengan pot plastik, pit gerabah atau polybag. Kemudian isilah tanah ke dalam pot. Tanah yang digunakan untuk menanam bunga krokot adalah tanah humus.

Tanah humus ini bisa didapatkan dengan cara membuat sendiri, yaitu tanah digemburkan dan dicampur kotoran hewan, sisa-sisa daun kering, sekam, bubuk kayu dan tanah gembur diberi larutan EM4 kemudian diolah menjadi tanah yang siap tanam. Atau bisa juga membeli sendiri di toko tanaman hias agar lebih praktis.

Setelah tanah humus siap, maka yang harus dimasukkan ke dalam tengah pot terlebih dahulu adalah pupuk organik. Pupuk tersebut bisa didapatkan di toko pertanian.

Kemudian tutup kembali tanah humus tersebut dan siram dengan sedikit air. Selanjutnya bisa memilih menanam biji bunga krokot atau menggunakan potongan batang bunga krokot. Jika ingin hasil yang lebih baik dan bunga krokot tanah lebih lama maka pilihlah untuk menanam dengan biji.

2. Dengan Botol

Cara Menanam Krokot Dengan Media Botol Plastik
wiswais.blogspot.com

Cara menanam bunga krokot dengan botol sebenarnya hampir sama dengan menggunakan Pot. Bedanya media tanam pot terlihat biasa dibandingkan dengan menggunakan media tanam botol. Bunga krokot menjadi lebih unik dan semakin indah untuk dilihat jika di tanam dalam botol.

Teknis penamanan menggunakan botol sebenarnya hampir sama dengan menggunakan pot. Pada media tanam botol lebih terlihat nilai estetikanya. Dengan memadukan beberapa botol yang ditempel di dinding dengan cara dimiringkan menambah nilai keindahan tersendiri saat dilihat.

BACA JUGA  Cara Menanam Buah Naga

Siapkan beberapa botol lengkap dengan tutupnya. Miringkan botol tersebut dan buatlah lubang ditengah botol. Masukkan tanah humus ke dalamnya dan berikan pupuk organik ke dalam botol. Beri bibit krokot di dalamnya kemudian siram. Taruh beberapa botol dengan cara ditanggung atau disusun sejajar di dinding.

Jika ingin berkreasi dengan botol, cobalah untuk memberikan warna dengan cara mengecat botol sebelum melakukan media tanam.

Dengan tampilan bunga krokot pada botol akan menambah nilai keindahan bunga krokot dan taman di rumah terlihat lebih menarik serta menyejukkan mata.

Perawatan dan Manfaat Bunga Krokot

Perawatan dan Manfaat Bunga Krokot
seedcorner.com

Sebenarnya bunga krokot memang bisa tumbuh secara bebas tanpa adanya perawatan. Namun, jika bunga tersebut dijadikan tanaman hias maka dibutuhkan perawatan maksimal agar bunga krokot tumbuh dengan subur.

  • Siram dengan air secukupnya saja. Karena bagian dari tubuh bunga krokot seperti barang, daun dan akar sudah mengandung banyak air. Jika bunga krokot kelebihan air dikhawatirkan bunga tersebut akan layu dan membusuk. Untuk meminimalisir volume air yang keluar, bisa dengan menggunakan sprayer yang disemprotkan sedikit demi sedikit ke dalam media tanam bunga krokot.
  • Berikan pupuk organik atau bisa juga dengan menggunakan pupuk kimia. Lakukan pula dengan teknik semprot agar tidak terlalu dekat dengan Barang. Pemberian pupuk ini bisa dilakukan setiap 1-2 minggu sekali. Jika memakai pupuk kimia seperti NPK dengan dosis 1 sdm dan dilarutkan ke dalam 5 liter air. Kemudian pupuk siap digunakan.
  • Lakukan pemangkasan agar tanaman krokot lebih sering berbunga. Selain itu pemangkasan dilakukan agar terjadi regenerasi bunga krokot yang dihasilkan.

Dengan memperhatikan perawatan bunga krokot diharapkan bunga tersebut tumbuh secara maksimal dan semakin menawan untuk dinikmati sebagai tanaman hias.

Selain sebagai tanaman hias, bunga krokot ini juga memiliki manfaat yang sangat banyak. Bunga krokot bisa dijadikan teh bunga krokot yang didalamnya memiliki kandungan zat yang baik bagi tubuh.

Seperti vitamin A, C, B, kalsium, fosfor, phospat, saponin dan zat besi. Dan Manfaat lainya yaitu bunga krokot mampu mengeluarkan racun dalam tubuh, sebagai obat diare serta kelancaran peredaran darah.

Dengan memperhatikan cara menanam bunga krokot, diharapkan bunga hias tersebut tumbuh menjadi lebih subur dan indah. Selain mendapatkan nilai keindahan yang bisa dinikmati.

Budidaya krokot ini juga bisa menghasilkan pendapatan tambahan. Bagi para pecinta tanaman hias, bunga krokot bisa menambah koleksi tanaman yang ada di halaman rumahnya. Serta adanya manfaat bunga krokot yang begitu banyak menjadikan tanaman ini kaya akan manfaat jika bisa diolah dengan baik.

BACA JUGA  Cara Menanam Bunga Bambu Air

Cara Menanam Bunga Krokot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *