Jenis Pupuk Untuk Tanaman Lada

Jenis Pupuk Untuk Tanaman Lada – Lada menjadi salah satu jenis tanaman yang kaya akan manfaat.

Tidak hanya untuk bumbu dapur saja, melainkan tanaman lada ini bisa dijadikan sarana pengobatan tradisional yang sudah dikenal secara turun temurun. Namun tahukah bahwa jenis pupuk untuk tanaman lada ini terbilang berbeda?

Daya jual yang tinggi menjadikan pemupukan yang dilakukan harus benar agar mampu membuahkan hasil yang maksimal.

Dari pengolahan yang dilakukan, tanaman lada ini juga membutuhkan sebuah perawatan yang terbilang intensif. Untuk lebih lanjut mengenai hal ini, simak informasinya berikut!

Jenis Pupuk yang Digunakan Untuk Tanaman Lada

Jenis Pupuk yang Digunakan Untuk Tanaman Lada
jurnalasia.com

Seperti yang kita ketahui bahwa jenis pupuk yang digunakan akan mempengaruhi tumbuh kembang dari tanaman yang ada.

Ketika kita mengetahui jenis pupuk untuk tanaman lada apa yang paling cocok digunakan, bukan hal yang tidak mungkin akan mendapatkan hasil panen yang melimpah. Nah, berikut beberapa jenis dari pupuk tanaman lada tersebut, antara lain:

1. Menggunakan Pupuk Organik

Menggunakan Pupuk Organik untuk Tanaman Lada
peluangbisnisku.info

Jenis pupuk organik merupakan jenis pupuk yang berasal dari bahan tanaman atau dari makhluk hidup.

Seperti contoh untuk bahan organik ini yaitu berasal dari pelapukan tanaman, hewan, manusia maupun yang lainnya. Untuk pupuk organik ini bisa berupa cairan maupun benda yang padat.

Berbicara mengenai fungsi dari pupuk organik ini, akan mampu memperbaiki baik sifat fisika, kinia, maupun biologi yang ada dalam sebuah tanah.

Jenis pupuk untuk tanaman lada yang satu ini memiliki peran yang sangat baik meskipun memiliki kandungan hara yang lebih sedikit dibandingkan dengan pupuk anorganik. Untuk tanaman lada sendiri ketika menggunakan pupuk organik ini akan mampu meningkatkan produktivitas tanaman.

Mengetahui kegunaan dari pupuk organik tersebut, alangkah lebih baik ketika kita mampu mengetahui bagaimana cara membuat pupuk organik tersebut.

Pembuatan pupuk organik ini terbilang mudah karena bahan yang ada berada di dekat kita. Dengan mengambil limbah atau sisa hasil pertanian dan juga peternakan dan mendiamkannya selama beberapa hari.

2. Pemberian Jenis Pupuk KCL

Pemberian Jenis Pupuk KCL untuk Tanaman Lada
tanamanmart.com

Lain halnya dengan pupuk organik, pupuk KCL ini memiliki kandungan kalium (K2O) sebesar 60 %.

Selain itu, ada juga kandungan klorida (CL) sebanyak 46% yang mampu menghasilkan sebuah tekstur layaknya kristal. Warna dari pupuk ini yaitu merah dan putih tergantung dari kadar kandungan yang dimiliki.

Manfaat maupun fungsi Pupuk KCL ini yaitu untuk meningkatkan kualitas yang ada pada hasil panen.

Ketahanan terhadap penyimpanan dan juga pengangkutan juga menjadi salah satu dari manfaat pupuk ini. ketika tanaman lada menggunakan pupuk jenis ini, batang tanaman akan lebih kuat sehingga lebih tahan terhadap stress dan tahan terhadap serangan penyakit maupun hama.

3. Jenis Pupuk Urea

Jenis Pupuk Urea untuk Tanaman Lada
paktanidigital.com

Bagi seorang petani, pupuk urea menjadi salah satu pupuk yang paling familiar. Hal ini karena untuk berbagai tanaman, mereka menggunakan pupuk yang satu ini.

Senyawa organik yang tersusun dari karbon, hidrogen, oksigen dan juga nitrogen tentunya memiliki manfaat yang sangat baik untuk tanaman.

Meskipun pembuatan pupuk urea ini dilakukan secara kimia, namun jenis pupuk untuk tanaman lada yang satu ini memiliki fungsi membuat daun lebih hijau dan juga rimbun.

Pertumbuhan tanaman yang lebih subur dan juga meningkatkan laju fotosintesis tentunya akan menjadikan sarana yang menguntungkan. Adanya sifat ketersediaan nitrogen akan menjadi sarana memperbaki sifat kimia dalam tanah.

4. Pupuk Triple Super Phosphate

Pupuk Triple Super Phosphate untuk Tanaman Lada
indonesian.alibaba.com

Jenis pupuk yang mendapat singkatan TSP ini memiliki kadar P2O5 kisaran 44 hingga 46%. Pembuatan pupuk yang dilakukan melalui batuan alam flourapatit yang diasamkan dengan asam fosfat.

Pupuk fosfat ini memiliki fungsi untuk mempercepat pertumbuhan akar semai dan juga proses pembungaan. Batang tubuh pada tanaman juga akan lebih kuat ketika menggunakan pupuk jenis TSP tersebut. hal ini menjadikan produksi buah dan juga biji-bijian akan lebih meningkat.

5. Jenis Pupuk NPK Yang Melegenda

Jenis Pupuk NPK Yang Melegenda untuk Tanaman Lada
jendela-tani.blogspot.com

Selain pupuk tunggal layaknya Urea, KCL, dan juga TSP, terdapat juga pupuk yang sangat populer untuk tanaman lada. Pupuk tersebut yaitu pupuk NPK.

Seperti yang kita ketahui bahwa tanaman lada selain menggunakan pupuk tunggal juga menggunakan pupuk majemuk seperti NPK ini. terdapat bentuk cair dan juga p[adat ketika menggunakan jenis pupuk ini.

Unsur hara yang utama pada tanaman seperti nitrogen, fosfor, dan juga kalium dapat didapatkan ketika menggunakan pupuk NPK ini.

Berbicara mengenai manfaat yang didapatkan ketika menggunakan pupuk NPK ini, tanaman akan lebih besar dalam pertumbuhannya. Hal ini bisa digunakan untuk mengantisipasi tumbuhan berbentuk kerdil dan juga menghindari kerontokan pada bunga tanaman.

Baca Juga: Simak Dosis Pupuk NPK Mutiara yang Tepat Untuk Hasil Terbaik

Cara Penggunaan Pupuk Sesuai Jenisnya

Cara Penggunaan Pupuk Tanaman Lada Sesuai Jenisnya
sahabatpetani.com

Dari berbagai jenis pupuk untuk tanaman lada tersebut, tentu dalam dosis penggunaannya berbeda.

Kandungan yang berbeda mengharuskan untuk mengetahui bagaimana cara yang paling tepat untuk penggunaan masing-masing jenis pupuk. Berikut cara penggunaan pupuk untuk tanaman lada:

1. Menggunakan Pupuk Organik

Menggunakan Pupuk Organik Budidaya Lada
paktanidigital.com

Ketika menggunakan pupuk organik untuk tanaman lada, cara penggunaannya yaitu dengan melarutkan 1 kg gram dengan 5 liter air dan mengaduknya.

Selain menggunakan garam, bisa dengan menggunakan limbah sebagai dasar atau pendahuluan sebelum menanam lada. Tuangkan pupuk 5 hingga 10 kg pada lubang yang ingin ditanam oleh lada.

2. Pupuk KCL

Pupuk KCL untuk Lada
8villages.com

Lain halnya dengan pupuk organik yang dijadikan pendahuluan ketika menanam lada. Jenis pupuk untuk tanaman lada yang satu ini dengan memberikan pupuk sebanyak 20 gram per pohon ketika berumur 8 hingga 12 bulan.

Namun ketika usia tanaman lebih dari 1 tahun, maka naikkan jumlah pupuk menjadi 40 gram per tanaman.

3. Urea

Penggunaan Pupuk Urea untuk Tanaman Lada

Ketika menggunakan pupuk urea untuk tanaman lada, bisa dengan memberikan pada tanaman dibarengi dengan pupuk anorganik lainnya.

Ketika usia tanaman 12 bulan, berikan pupuk urea ini setidaknya 50 gram per tanaman. Sedangkan ketika tanaman sudah mencapai umur 1 atau 2 tahun, dengan menambahkan 2 kali lipat dari pupuk awal.  Begitu pula saat tahun-tahun berikutnya.

4. Pupuk Triple Super Phosphate

Pupuk Triple Super Phosphate Untuk Budidaya Lada
abahtani.com

Pupuk TSP ini juga bisa dijadikan sarana perpaduan dengan pupuk yang lainnya. Bagi tanaman lada, memberikan pupuk TSP sebanyak 25 gram per tanaman terbilang sudah cukup.

Pada usia 1 tahun diberikan 50 gram per pohon dan memberikan 100 gram pada usia 2 tahun. Ketika tanaman lada sudah mampu memproduksi makan, bisa dengan memberikan pupuk TSP sebanyak 400 hingga 500 gram per pohon.

5. Penggunaan NPK

Penggunaan NPK untuk Lada
youtube.com

Lain halnya dengan jenis pupuk yang lainnya. Penggunaan pupuk NPK ini bisa dilakukan 2 hingga 3 kali dalam setahun.

Tentunya hal tersebut disesuaikan dengan umur dari tanaman lada itu sendiri. Interval pemberian pupuk yaitu 4 bulan dengan pemberian sebanyak 25 gram, 15 gram dan juga 10 gram.

Pemberian jenis pupuk untuk tanaman lada tersebut akan memberikan dampak positif terlebih bagi pertumbuhan dan hasil panen dari tanaman lada tersebut. Ketika kita tepat dalam memilih jenis pupuk seperti apa untuk tanaman, bukan hal mustahil hasil panen akan banyak.

Jenis Pupuk Untuk Tanaman Lada

Categories Info

Leave a Comment