Cara Merawat Tanaman Sukulen

Cara Merawat Tanaman Sukulen – Tumbuhan sukulen mungkin agaknya masih asing terdengar di telinga masyarakat Indonesia, meski budidayanya sudah banyak dilakukan.

Bahkan sudah banyak masyarakat yang memiliki tumbuhan sekulen sebagai salah satu tumbuhan hias di rumahnya, jenis sukulen yang paling populer adalah kaktus. Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai cara merawat tanaman sukulen agar berkembang baik.

Memiliki salah satu jenis tanaman yang paling populer yaitu kaktus membuat tanaman sukulen sendiri memang memiliki jenis perawatan yang berbeda.

Meski pada dasarnya pemeliharaan dan merawat tanaman sukulen ini cukup mudah, karena batangnya mampu menyerap kandungan air yang banyak. Namun jika tidak memperhatikan teknik dan cara yang tepat maka tidak akan berkembang biak dengan baik.

Bagi yang saat ini sedang memiliki sukulen dirumah atau sedang ingin membeli sukulen sebagai salah satu tanaman hias dirumah, maka artikel ini sangat tepat.

Ulasan yang lugas akan dijabarkan mengenai cara merawat tanaman sukulen agar berkembang baik. Berikut adalah cara merawat tanaman sukulen agar berkembang baik dan patut ditiru dirumah.

Memahami Karakteristik Jenis Tanaman Sukulen

Memahami Karakteristik Jenis Tanaman Sukulen
amazon.com

Sebelum mengarah pada cara merawat tanaman sukulen agar berkembang baik yang pertama adalah wajib memahami karakter jenis tanaman sukulen.

Dalam kesempatan kali ini akan mengambil contoh salah satu jenis sukulen yang populer yaitu kaktus. Bagi yang ingin merawat sukulen jenis kaktus wajib untuk memahami katakteristiknya seperti tidak terlalu membutuhkan air berlebih.

Kemudian untuk media dan sinar matahari yang dibutuhkan untuk perkembangannya juga relatif beragam. Pemberian vitamin tambahan bagi tanaman sukulen ini juga perlu diperhatikan konsentrasinya karena biasanya cukup dengan air saja.

Hal-hal demikian wajib diketahui bagi yang ingin merawat sukulen agar nantinya bisa berkembang dengan baik, bukan layu dan akhirnya mati.

Memperhatikan Jenis, Media dan Perawatan Dasar Tanaman Sukulen

Memperhatikan Jenis, Media dan Perawatan Dasar Tanaman Sukulen
proflowers.com

Sukulen sendiri memiliki karakteristik tanaman yang mampu menyimpan cadangan makanan dan minumannya dalam batangnya dengan berbagai jenis yang berbeda. Kemampuan penyimpanan makanan ini jelas mampu mempengaruhi perkembangan dan produktivitas dari sukulen itu sendiri.

Media tanam yang digunakan sebagai perkembangan sukulen juga biasanya diharapkan sudah diberikan humus dan vitamin tambahan dasar untuk merangsang pertumbuhan.

Untuk perawatannya sendiri memang relatif mudah namun ada trik-trik kecil lainnya yang harus diperhatikan apalagi jika merawat jenis tertentu.

Untuk ulasan lengkapnya mengenai cara perawatan tanaman sukulen akan dijelaskan pada point selanjutnya. Meski pada dasarnya tanaman sukulen ini merupakan tanaman yang tahan air namun tetap membutuhkan air ya, jadi jangan asal dalam merawatnya.

Baca Juga: Cara Merawat Tanaman Adenium Obesum (Kamboja Jepang)

Berikut Cara Merawat Tanaman Sukulen Agar Berkembang Baik

Berikut Cara Merawat Tanaman Sukulen Agar Berkembang Baik
britannica.com

Setelah memahami karakteristik, media dan bagaimana perawatan dasar dari sukulen yang tahan akan air ini. Maka selanjutnya mari berpindah pada uraian cara merawat tanaman sukulen agar berkembang baik dan bisa dicontoh dirumah tentunya.

1. Perhatikan Media Penanamannya

Perhatikan Media Penanaman Tanaman Sukulen
cactuslimon.net

Tanaman sukulen biasanya selalu dibudidaya dalam pot-pot kecil yang biasanya sudah diberikan humus atau vitamin tanah lainnya untuk menunjang perkembangan. Gunakan dan pilih tanah yang berkualitas untuk dijadikan media penanaman sukulen. Selain itu untuk media potnya pilih yang berbahan plastik namun memiliki kualitas yang baik.

Selain itu media tanah yang digunakan untuk perkembangan sukulen wajib dipadatkan dalam kepadatan yang tepat. Kemudian area pot harus berlubang sebagai media masuknya udara untuk menunjang perkembangan sukulen. Memperhatikan media penanaman tanaman sukulen akan membantu sukulen untuk berkembang dengan baik.

2. Memilih Jenis dan Bibit Sukulen Unggulan

Memilih Jenis dan Bibit Sukulen Unggulan
stemsmarket.com

Cara merawat tanaman sukulen agar berkembang baik yang kedua adalah dengan melakukan pemilihan bibit unggulan. Namun pastikan untuk memilih jenis-jenis bibit yang unggulan dan biasanya bisa didapatkan pada toko-toko penjual bibit. Pastikan untuk membeli bibit sukulen yang jauh dari hama dan gulma dan benar-benar sehat.

Sehingga ketika diberikan asupan air, perawatan tambahan atau vitamin bisa menyerapnya dengan baik. Bibit yang unggul biasanya memiliki karaktertistik tumbuhan yang nampak segar dan tidak layu. Kemudian perkembangannya ketika mulai diberikan asupan makanan dan air akan nampak.

3. Melakukan Penyiraman Secara Tepat

Melakukan Penyiraman Secara Tepat Untuk Merawat Sukulen
adi-group.com

Meski tanaman sukulen termasuk tanaman yang bisa menyimpan banyak cairan dalam tubuhnya tidak berarti bisa mengabaikan teknik penyiramannya ya.

Cara merawat tanaman sukulen agar berkembang baik tentu salah satunya harus bijak dan tanggap soal waktu pemberian airnya. Teknik pemberian asupan air pada tumbuhan sukulen paling tepat adalah dengan teknik penyemprotan.

Teknik jenis ini ditujukan agar tanaman sukulen dapat terhindar dari adanya genangan air didalam pot medianya. Genangan air yang berlebihan akan membuat tanaman sukulen malah menjadi mudah busuk dan mati.

Kemudian jika dikemudian hari menemukan daun dari sukulen mengering atau menguning segera lakukan pemotongan daun kering itu.

4. Memperhatikan Kesehatan dan Kelembaban Bagian Bawah Pot Sukulen

Memperhatikan Kesehatan dan Kelembaban Bagian Bawah Pot Tanaman Sukulen
westcoastgardens.ca

Cara merawat tanaman sukulen agar berkembang baik selanjutnya adalah selalu menjaga kesehatan dan kelembaban dari tumbuhan sukulen itu sendiri.

Air yang mengenang dan suhu udara yang lembab akan membuat tumbuhan sukulen membusuk. Pada dasarnya hal ini dikarenakan tumbuhan sukulen tidak tahan terhadap lingkungan lembab.

Untuk mengurangi kelembaban dari pot, sekitar atau akibat genangan air dalam sukulen. Maka langkah yang paling tepat adalah dengan memperhatikan bagian bawah pot sukulen. Buatlah lubang-lubang pada bagian bawah pot yang bisa membantu pot untuk bernafas dan berkembang lebih baik.

Tentu saja lubang pada bagian bawah pot ditujukan untuk mengurangi kelembaban yang ada. Misalnya saja baru saja memberikan penyemprotan secara berlebihan, air bisa mengalir langsung lewat bawah pot. Untuk jenis potnya sendiri yang tepat untuk perawatan tanaman sukulen adalah pot yang terbuat dari tanah liat.

5. Melakukan Pemberian Cahaya Yang Cukup

Melakukan Pemberian Cahaya Yang Cukup Untuk Merawat Sukulen
ludemas.com

Sama seperti tumbuhan lainnya, bahwa tanaman sukulen juga membutuhkan cahaya yang cukup untuk perkembangan hidupnya.

Jadi jangan asal untuk menempatkan tumbuhan sukulen, apalagi pada posisi yang jauh dari cahaya matahari karena ini hanya akan mengganggu saja. Penempatan tanaman sukulen jangan terlalu terkena matahari langsung, ini perlu menjadi point yang diperhatikan.

Jangan biarkan tanaman sukulen terlalu langsung terkena sinar matahari langsung karena akan membuat tanaman menjadi cepat layu.

Kemudian jika membiarkan tanaman sukulen hidup diluar ruangan alangkah baiknya memberikan pelindung khusus atau memindahkannya ketika hujan. Jangan sampai tanaman sukulen terlalu menjadi kering atau terlalu mengalami kelembaban lebih.

6. Melakukan Pemberian Pupuk Sebagai Rangsangan Pertumbuhan

Melakukan Pemberian Pupuk Sebagai Rangsangan Pertumbuhan Untuk Tanaman Sukulen
unusualseeds.net

Meski terkesan sebagai tanaman yang mudah dan cuek dalam perawatannya, tanaman sukulen juga membutuhkan pupuk dalam perkembangannya.

Berilah pupuk yang memiliki kadar konsentrat baik untuk merangsang pertumbuhan batang dan daun dari tanaman sukulen. Pemberian pupuk sendiri bisa diberikan variatif tidak terlalu sering dan tidak terlalu jarang, misal satu kali seminggu.

Jangan lupa imbangi dengan pemberian asupan air, asupan cahaya dan penjagaan dari hama atau kelembaban sebagai cara merawat tanaman sukulen agar berkembang baik.

Jangan malas untuk mengecek kelembaban bagian bawah pot sukulen untuk menjaga perkembangannya. Tentunya juga berikan pupuk dan vitamin untuk rangsangan tambahan.

Diatas adalah cara merawat tanaman sukulen agar berkembang baik dengan berbagai point dan cara-cara mudah yang bisa ditiru. Konsepnya dari merawat sukulen adalah ada pada pemberian asupan air, cahaya dan kelembaban dari sukulen itu sendiri. Ikuti langkah-langkah diatas dan pastinya tumbuhan sukulen dirumah akan berkembang dengan baik.

Cara Merawat Tanaman Sukulen

Leave a Comment