brilio.net

Cara Budidaya Kroto Media Toples

Posted on

Cara Budidaya Kroto Media Toples – Kroto merupakan salah satu hewan yang terdengar masih asing ditelinga masyarakat dan dianggap tidak bisa dibudidayakan dengan media tertentu.

Kroto sendiri masuk dalam kelas dan jenis semut yang biasanya hidup dan berkembang biak diatas pohon. Ada banyak media dan cara budidaya kroto, salah satunya adalah cara budidaya kroto media toples mudah yang dijamin sukses.

Budidaya kroto selain menjadi alternatif pengambilan kroto di alam secara langsung juga bisa menjadi solusi menarik keuntungan yang lebih.

Kroto saat ini memang cukup naik daun diantara kalangan hewan peliharaan khususnya unggas yang membutuhkan kroto sebagai penunjang pakan peliharaannya. Cara budidaya kroto sendiri ada banyak jenis, seperti budidaya melalui alam, melalui media plastik,media paralon atau media kardus.

Namun yang paling menguntungkan dan akan diulas dalam artikel ini adalah cara budidaya kroto media toples yang mudah dan dijamin sukses.

Keuntungan dari toples ini selain media yang tergolong murah, untuk evaluasi perkembangannya juga bisa dilihat dengan jelas. Bagi yang sudah penasaran dengan cara budidaya kroto media toples mari simak ulasan berikut.

Memahami Terlebih Dahulu Karakter Kroto

Memahami Terlebih Dahulu Karakter Kroto
pixabay.com

Langkah pertama sebelum mengetahui cara-cara budidaya kroto dengan salah satu media yaitu toples, ada baiknya untuk memahami karakteristik kroto.

Karakteristik dan jenis kroto yang berbeda-beda jelas akan mempengaruhi perkembangan dan jalannya bisnis. Ada banyak jenis kroto sesuai karakteristiknya seperti kroto prajurit, ratu, pekerja dan pejantan.

Masing-masing dari jenis kroto yang sudah dijelaskan diatas memiliki peranan dan fungsi perkembangannya masing-masing dalam budidaya.

Untuk kroto prajurit sendiri memiliki tugas untuk menjaga koloni dan makanan, untuk kroto pekerja bertugas mengasuh kroto muda. Sedangkan untuk kroto ratu bertugas untuk menghasilkan telur yang dibuahi oleh kroto pejantan yang bertugas mengawini ratu.

Setelah mengetahui jenis, tugas dan karakteristik dari masing-masing kroto tentu untuk jalannya budidaya akan lebih terarah. Pembagian dan penempatan masing-masing kroto dalam toples juga tidak akan salah. Setelah mengetahui karakteristik kroto, mari berlanjut pada pembahasan bibit kroto yang unggul.

BACA JUGA  Jenis Tanaman Budidaya Dataran Rendah

Melakukan Pemilihan Bibit Unggul Kroto dari Banyaknya Jenis yang Ada

Melakukan Pemilihan Bibit Unggul Kroto dari Banyaknya Jenis yang Ada
bukalapak.com

Diatas sudah dibahas mengenai banyaknya jenis dan karakteristik dari kroto yang ada termasuk dalam pembagian tugas dan kerjanya.

Langkah selanjutnya sebelum masuk dalam cara budidaya adalah dengan melakukan pemilihan bibit unggul kroto. Budidaya kroto yang sukses dan berhasil sangat tergantung dengan ketersediaan bibit yang ada dalam kualitas yang baik dan unggul.

Pemilihan bibit unggul akan lebih mudah didapatkan dari hasil alam, tentu kroto yang didapatkan dari alam akan lebih mudah dalam perawatannya.

Meski biasanya ada produsen yang menjajakan bibit kroto, namun terkadang perawatannya akan lebih rumit dengan pakan tertentu pula. Maka dari itu lebih baik untuk pemilihan bibit unggul kroto, dengan melakukan pencarian di alam langsung.

Baca Juga: Cara Budidaya Cacing Darah

Cara Budidaya Kroto Media Toples Sangat Mudah

Cara Budidaya Kroto Media Toples Sangat Mudah
rajakrotobagus.blogspot.com

Setelah mengetahui jenis, karakteristik hingga bibit unggul dari kroto untuk budidaya maka langkah selanjutnya adalah memahami cara-cara budidaya. Berikut adalah tips,langkah dan cara budidaya kroto media toples mudah dan dijamin sukses.

1. Siapkan Media Toples yang Baik

Siapkan Media Toples yang Baik untuk Budidaya Kroto
caraternakkroto.wordpress.com

Cara budidaya kroto media toples mudah dan dijamin sukses yang pertama adalah dengan menyiapkan media toples yang baik terlebih dahulu.

Meski menggunakan media toples yang dianggap relatif lebih mudah dan murah namun tetap perlu memperhatikan beberapa pertimbangan. Lakukan pemilihan toples dengan ukuran sedang hingga besar dan hindari toples berukuran kecil yang bisa mengganggu perkembangan kroto.

Kemudian ketika sudah memilih toples yang baik, pastikan bahwa seluruh toples sudah diberi lubang sebagai ventilasi udara kroto berkembang. Lalu berilah lubang dengan diameter 5 sampai 7 cm meter pada area bawa toples. Kemudian untuk area yang dilubangi tersebut tutup kembali dengan lakban.

2. Melakukan Pengisian Bibit Kroto dengan Hati-hati

Melakukan Pengisian Bibit Kroto dengan Hati-hati Ketika Pembudidayaan
twitter.com

Cara budidaya kroto media toples lainnya adalah dengan melakukan pengisian bibit kroto dengan hati-hati. Kehati-hatian ini bertujuan untuk menghindari adanya hama atau hewan lain yang mungkin akan memangsa kroto. Masukan kroto-kroto yang sudah berusia matang pada media toples yang sudah disiapkan.

Perhatikan jumlah dan besaran media yang digunakan agar tidak terlalu berlebihan atau malah kekurangan didalam media tersebut.

Kroto yang berjumlah terlalu banyak juga akan mengganggu sirkulasi perkembangan kroto. Kemudian untuk menghindari pemangsa lain seperti semut hitam atau rangrang, media kroto memerlukan penjagaan ekstra.

BACA JUGA  Cara Budidaya Ikan Arwana

Siapkan nampan lebar yang sudah diisi air hingga setengah wadah nampan, kemudian buatlah gundukan dari pecahan batu bata pada tengah nampan. Kemudian letakan media toples berisi kroto diatas tumpukan batu bata tersebut. Air diantara bak bisa menjadi senjata untuk menghalau pemangsa lain mengganggu kroto-kroto dalam media budidaya.

3. Mempersiapkan Kandang Rak Bagi Media Kroto

Mempersiapkan Kandang Rak Bagi Media Kroto Saat Budidaya
harianmu.com

Sama halnya dengan media nampan diatas untuk menghalau pemangsa lain, media rak dan kandang ini juga bertujuan sama.

Bagi yang ingin melakukan penjagaan budidaya kroto dengan cara lain bisa memilih mempersiapkan kandang rak untuk penempatan toples kroto. Pilihlah kandang rak dari bahan sekam atau serat dan jangan terlalu banyak menumpuk toples kroto karena akan menganggu sirkulasi udara.

4. Pilihlah Lokasi Ternak yang Baik

Pilihlah Lokasi Ternak yang Baik dalam Budidaya Kroto Media Toples
danis-kroto.business.site

Cara selanjutnya budidaya kroto media toples lainnya adalah dengan melakukan pemilihan lokasi ternak yang baik. Tentu saja lokasi ternak yang tepat akan membantu budidaya kroto menjadi lebih cepat dan menghasilkan kroto unggulan. Lokasi yang baik juga jelas akan membantu produktifitas kroto.

Pemilihan lokasi kroto yang baik adalah yang jauh dari keramaian sekitar radius 50 hingga 500 meter. Kemudian untuk ketinggiannya ada pada wilayah 1500 hingga 1800 m/dpl dengan suhu normal 26 derajat celcius. Kelembaban udara juga penting diperhatikan, pastikan area budidaya memiliki kelembaban setidaknya 60 hingga 70 persen.

5. Memperhatikan Pemberian Pakan

Memperhatikan Pemberian Pakan Budidaya Kroto Media Toples
limpeza.com

Cara budidaya kroto media toples mudah dan dijamin sukses selanjutnya adalah dengan memperhatikan pemberian pakan pada kroto. Pakan yang berkualitas dan bergizi jelas akan membantu produktifitas kroto dan perkembangan kroto menjadi semakin baik. Berilah makanan yang mengandung banyak nilai gizi dan dibutuhkan kroto.

Beberapa jenis makanan yang bisa diberikan pada kroto budidaya adalah ulat hongkong,ulat pisang bahkan cacing tanah. Biasanya toko-toko penjual makanan ternak dan unggas bisa memberikan alternative makanan kroto diatas. Atau bagi pembudidaya yang kreatif bisa melakukan pencarian makanan bagi krotonya secara mandiri.

6. Melakukan Perawatan dengan Treatment Tertentu

Melakukan Perawatan dengan Treatment Tertentu Ketika Ternak Kroto Media Toples
brilio.net

Cara budidaya kroto media toples mudah dan dijamin sukses selanjutnya adalah dengan memperhatikan perawatan kroto dengan treatment yang baik.

Treatment tersebut meliputi memperhatikan kualitas makanan kroto, menjaga kelembaban udara yang ada. Kemudian memperhatikan faktor kebutuhan cahaya, pembersian kandang secara rutin dan menjaga keamanan kroto dari gangguan hewan lain.

Beberapa point dan treatment diatas wajib dilakukan dan diperhatikan dengan baik untuk menunjang pertumbuhan kroto. Jadi jangan malas untuk selalu mengecek kandang kroto, makanan kroto dan kebersihan kroto. Hingga kroto berkembang biak dengan baik dan bisa dipanen.

BACA JUGA  Cara Budidaya Walet Rumahan

Diatas adalah ulasan mengenai cara budidaya kroto media toples mudah dan dijamin sukses. Jalannya budidaya kroto harus selalu diperhatikan dengan pemberian makan terbaik, perawatan dan media yang baik. Selamat mencoba!

Cara Budidaya Kroto Media Toples

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *