Budidaya Ikan Konsumsi

Posted on

Budidaya Ikan Konsumsi – Indonesia merupakan negara yang kaya akan hasil ikan laut yang melimpah ruah. Banyak masyarakat yang membudidayakan ikan sebagai ikan hias yang tentu digemari oleh para pengkolektor ikan.

Dan ikan yang dibudidayakan untuk dikonsumsi manusia. Ikan yang dikonsumsi untuk manusia ini tentu lebih banyak penggemar. Selain enak, lezat dan penuh gizi. Ikan Konsumsi mudah dipelihara serta menjadi nilai pendapatan tersendiri bagi yang melakukan budidaya ikan konsumsi.

Apa yang Dimaksud Budidaya Ikan Konsumsi?

Apa yang Dimaksud Budidaya Ikan Konsumsi?
pasarikangarongan.com

Budidaya ikan konsumsi merupakan sebuah kegiatan untuk melakukan pemeliharaan ikan yang bisa dikonsumsi manusia dengan cara dikembangbiakan dan dirawat dengan baik untuk menghasilkan panen ikan yang banyak dan berlimpah.

Dalam melakukan budidaya ikan konsumsi tersebut menjadikan ladang bisnis yang sangat menguntungkan. Ikan yang bisa dikonsumsi ini dipelihara di tempat berupa kolam atau tempat untuk memancing, karena tujuan budidaya ini untuk memenuhi kebutuhan orang akan konsumsi ikan setiap hari.

Ikan konsumsi ini banyak macamnya. Dan orang-orang tentu banyak yang gemar mengkonsumsi ikan. Selain harganya murah dan dapat diolah dengan mudah maka ikan konsumsi menjadi favorit menu keluarga. Penyediaan ikan konsumsi tentu tak lepas dari pembudidayaan ikan yang dilakukan dengan baik dan benar.

Jenis Ikan Apa Saja yang Termasuk Budidaya Ikan Konsumsi?

Jenis IkaN yang Termasuk Budidaya Ikan Konsumsi
gambarikan.com

Ada beberapa jenis ikan yang memang menjadi konsumsi manusia sehari-hari. Ikan Konsumsi ini memang sangat lezat dijadikan lauk dan sangat digemari oleh masyarakat. Beberapa jenis ikan yang sering dikonsumsi yaitu, gurame, nila, lele, bawal, mujair, ikan mas, belut, patin dan ikan sidat.

1. Gurame

ikan konsumsi gurame
kreatifikan.blogspot.com

Jenis Ikan Gurame ini sangat diminati untuk dikonsumsi, selain itu nilai jual ikan gurame pun cukup tinggi di pasaran. Biasanya disesuaikan dengan ukuran tubuh gurame. Jika gurame berukuran besar dan diolah menjadi ikan siap konsumsi, seperti digoreng, dibakar atau menjadi menu favorit, gurame asam manis maka bisa dinikmati 5-6 orang sekaligus.

BACA JUGA  Cara Budidaya Cacing Darah

Duri dari ikan gurame ini berukuran besar, sehingga sangat mudah untuk dipilah. Dan daging yang begitu padat serta empuk ini rasanya sangat gurih dan luar biasa.

2. Lele

ikan konsumsi lele
news.kkp.go.id

Siapa yang tidak kenal pecel lele? Ya, lele menjadi menu favorit yang bisa dikonsumsi. Budidaya ikan lele juga tergolong lebih mudah dari ikan lainnya.

Lele yang sangat kuat hidup dilingkungan kolam yang biasa saja, menjadi mudah untuk dikembangbiakkan. Oleh karena itu harga ikan lele lebih murah dari ikan lainnya. Ikan lele memiliki ciri khas dengan kumis panjangnya yang jika digoreng dengan kering duri kecilnya jadi mudah dimakan. Rasanya renyah dan gurih.

3. Nila

ikan konsumsi nila
artikel.rumah123.com

Ada dua jenis ikan nila yang biasa dijadikan konsumsi yaitu ikan nila dengan sirip warna merah serta ikan nila dengan sirip warna hitam. Keduanya sama-sama memiliki manfaat yang baik bagi tubuh manusia.

Banyaknya orang yang mengkonsumsi ikan jenis nila ini. Maka menjadi peluang untuk membudidayakan ikan nila. Ikan nila merupakan ikan pemakan segala jenis makanan, jadi sangat mudah dirawat dan dikembangbiakan.

Hasil olahan ikan nila biasanya digoreng, dibakar atau dijadikan pepes nila. Tentu rasanya sangat lezat dan menjadi lauk favorit keluarga.

4. Bawal

ikan konsumsi bawal
flickr.com

Jenis Ikan bawal ini yang sering dikonsumsi manusia adalah ikan bawal air tawar dengan ciri tubuh yang terlihat lebih bulat dibandingkan dengan bawal lainnya. Kepala pada ikan bawal air tawar lebih kecil serta bibirnya lebih tebal. Warna tubuh ikan bawal jenis ini abu-abu gelap dan pada bagian sirip serta dada ikan berwarna merah.

Bawal dikonsumsi oleh manusia dan masuk ke dalam menu program diet dikarenakan kandungan nutrisi yang sangat tinggi seperti omega 3 dan omega 6 AA. Bawal juga sangat cocok dikonsumsi untuk anak-anak agar tercukupi kebutuhan gizinya.

5. Belut

ikan konsumsi belut
medium.com

Ikan belut ini terkenal dengan olahan kripik belut. Belut yang memang ciri khasnya mirip dengan ikan lele namun bertubuh ramping ini belut menjadi pilihan paling enak dijadikan lauk atau camilan.

Sekilas memang terlihat mirip ular, belut sangat licin sehingga terkesan menjijikan. Jenis belut sawah biasanya yang paling sering dikonsumsi oleh manusia.

6. Patin

ikan konsumsi patin
travelingyuk.com

Ikan patin ternyata mengandung lemak tak jenuh atau disebut juga cod liver oil dalam tubuhnya. Biasanya terkenal dengan makanan pindang patin. Rasanya sangat lezat dan menjadi pilihan makanan untuk alternatif diet.

BACA JUGA  Cara Budidaya Ikan Zebra Pink

7. Sidat

ikan konsumsi sidat
aji.rahmat.id

Ikan sidat ini memang tidak terlalu familiar dari namanya. Namun, ikan sidat menjadi komoditas ekspor. Budidaya ikan sidat sangat banyak memberikan keuntungan yang begitu banyak. Salah satunya adalah keuntungan dalam hal komersial. Pendapatan yang didapatkan dalam menjalankan bisnis ikan sidat ini.

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Lele

Manfaat Melakukan Budidaya Ikan Konsumsi

Manfaat Melakukan Budidaya Ikan Konsumsi
facebook.com

Budidaya ikan konsumsi memang menjadi ladang bisnis tersendiri. Banyaknya manfaat yang dihasilkan menjadi faktor kesuksesan dalam mengembangbiakkan jenis ikan konsumsi. Manfaat bisa dirasakan pula oleh konsumen dan memberikan keuntungan tersendiri bagi produsen ikan.

1. Kandungan Gizi Ikan yang Kaya Akan Nutrisi

Kandungan Gizi Ikan Konsumsi yang Kaya Akan Nutrisi
sajiansedap.grid.id

Ikan lebih dipilih dikonsumsi karena memiliki kadar kolesterol yang rendah. Selain itu dalam tubuh ikan mengandung omega 3 yang bagus untuk kecerdasan otak anak. Kandungan vitamin dan mineral serta protein tinggi dalam ikan menjadikan ikan menu wajib untuk dikonsumsi.

2. Budidaya Ikan Konsumsi Menjadi Bisnis yang Menjanjikan

Budidaya Ikan Konsumsi Menjadi Bisnis yang Menjanjikan
flickr.com

Dengan adanya permintaan kebutuhan ikan setiap hari dan banyaknya orang yang gemar memakan ikan. Maka budidaya ikan konsumsi ini menjadi alternatif bisnis saat ini.

Tentunya sangat menjanjikan hasil yang memuaskan. Dalam bisnis ikan ini, bisa menjadi suplier ikan untuk restoran atau hotel-hotel. Bisa juga di kirimkan ke pasar-pasar tradisional bahkan ada jenis ikan yang di eksport ke luar negeri, seperti ikan sidat.

3. Mudah Melakukan Perawatan

Mudah Melakukan Perawatan Budidaya Ikan Konsumsi
gdmorganic.com

Ikan yang bisa dikonsumi sangat mudah untuk dikembangbiakkan dan dirawat. Dengan penyediaan lahan dan bibit yang bagus. Akan menghasilkan ikan yang sehat serta layak dikonsumsi.

Saat merawat ikan perlu memperhatikan ph air dan nutrisi berupa pakan ikan yang baik. Untuk penyediaan lahan bisa dilakukan di lahan yang minim dan bisa menyesuaikan segala kondisi.

4. Permintaan Ikan Konsumsi Selalu Meningkat

Permintaan Ikan Konsumsi Selalu Meningkat
food.detik.com

Jika cuaca tidak menentu tentu akan mempengaruhi hasil ikan laut. Sementara konsumsi masyarakat akan ikan semakin meningkat.

Oleh karena itu pentingnya budidaya ikan konsumsi membantu masyarakat dalam stok penyediaan ikan untuk kebutuhan sehari-hari. Karena ikan konsumsi bisa dimembangbiakkan dengan cara memelihara di kolam-kolam ikan. Yang menjadikan ikan konsumsi sangat mudah dikerjakan dan dipelihara.

5. Mudah Melakukan Pemasaran

Mudah Melakukan Pemasaran Ikan Konsumsi
pesona.travel

Pasar ikan merupakan pusat dari ikan. Tidak hanya itu, ikan-ikan juga dijual di supermarket, pasar bahkan warung-warung sayur serta pedagang sayur keliling.

Ikan konsumsi ini menjadi salah satu produk yang memang mudah dipasarkan dan digemari oleh masyarakat. Jadi banyak keuntungan yang didapat jika melakukan budidaya ikan yang bisa dikonsumsi.

BACA JUGA  Cara Budidaya Ikan Air Tawar Kolam Terpal

Masyarakat sangat terbantu saat ikan untuk dikonsumsi banyak stok dan pilihan untuk dijadikan lauk. Harga ikan pun bermacam-macam. Tergantung selera penikmat ikan.

Memilih jenis ikan yang dikonsumsi tentu berdasarkan apa yang disukai. Namun, apapun hasil olahan ikan semuanya terasa enak dan lezat. Selain itu dengan melakukan budidaya ikan konsumsi akan mendapatkan pendapatan dan keuntungan secara ekonomi.

Budidaya Ikan Konsumsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *