Cara Merawat Anggrek

Posted on

Cara Merawat Anggrek – Anggrek merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki banyak penggemar dan menjadi salah satu tanaman favorit untuk dibudidayakan.

Anggrek sendiri memiliki banyak jenis yang bisa dan mudah untuk dirawat dan dikembangkan, sesuai dengan kebutuhan. Nah, bagi yang ingin merawat atau mengembangkan anggrek, artikel cara merawat anggrek agar rajin berbunga ini wajib disimak.

Merawat anggrek agar menjadi rajin berbunga memang susah-susah gampang, karena ada beberapa tips perawatan yang harus diperhatikan.

Di Indonesia sendiri beberapa jenis anggrek yang terkenal antara lain adalah Vanda, Cymbidium, Bulbophyllum, Phalaenopsis, Dendrobium, Coelegyne dan banyak lainnya. Berbagai jenis anggrek hias diatas tidak jarang memiliki harga jual yang tinggi dan banyak juga yang tetap rela merogoh kocek dalam untuk memilikinya.

Maka dari itu,bagi yang sudah memiliki anggrek dan sedang bingung mengenai cara merawat anggrek agar rajin berbunga wajib menyimak artikel ini.

Tips, cara bahkan media perawatan akan dibahas untuk menunjang pecinta anggrek mendapatkan anggrek yang selalu berbunga. Inilah beberapa cara merawat anggrek agar rajin berbunga yang bisa dicontoh dirumah.

Cara Merawat Anggrek

1. Memperhatikan Cahaya Matahari yang Ada

Memperhatikan Cahaya Matahari yang Ada Salah satu Cara Merawat Anggrek
pixabay.com

Cara merawat anggrek agar rajin berbunga yang pertama adalah memperhatikan cahaya matahari yang ada, karena hal ini bisa membantu proses fotosintesis.

Cahaya matahari sangat penting dalam membantu tumbuh kembang anggrek agar lebih cepat dan rajin dalam berbunga. Sumber energi bagi tanaman salah satunya memang dari cahaya matahari, sehingga cahaya matahari penting sekali untuk diperhatikan.

Taruhlah pot anggrek pada tempat yang memungkinkan penangkapan sinar matahari yang cukup, tidak terlalu terik tapi tidak terlalu kurang.

Proses penyerapan sinar matahari oleh anggrek, bisa membantu mempercepat pertumbuhan atau memperbaiki bagian anggrek yang layu atau rusak. Namun, perhatikan juga intensitas cahaya yang diberikan pada tiap-tiap anggrek ya, karena ini akan berbeda tergantung jenisnya.

2. Perhatikan Ketinggian Tempat Pot Anggrek

Perhatikan Ketinggian Tempat Pot Anggrek Untuk Merawatnya
pixabay.com

Selain memperhatikan cahaya matahari yang didapatkan, ketinggian letak pot juga harus diperhatikan. Usahakan untuk meletakkan dan menata pot dalam urutan yang sejajar tanpa dibuat model bertingkat dengan ketinggian kurang dari 1 m.

BACA JUGA  Cara Merawat Bunga

Peletakkan yang berjenjang dikhawatirkan akan mengganggu sirkulasi udara dan cahaya yang diterima antara masing-masing anggrek

3. Perhatikan Kelembaban Udara Pada Ruang Perkembangan Anggrek

Perhatikan Kelembaban Udara Pada Ruang Perkembangan Anggrek Untuk Cara Merawatnya
kensingtonflowers.co.uk

Kelembaban udara menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi anggrek bisa berbunga atau tidak rajin berbunga. Udara yang terlampau kering tidak memungkinkan anggrek untuk berfotosintesis dan kemudian berbunga, malah bisa-bisa membuatnya layu.

Selain itu kelembaban yang terlalu tinggi juga akan memancing pembusukan pada batang anggrek, maka dari itu perhatikan kelembaban dengan ekstra.

Kelembaban udara yang pas dan tepat dalam budidaya anggrek harus ada pada rentan 60 sampai 80%. Untuk menjaga kelembaban tersebut, bisa menggunakan cara pembuatan kolam dibawah rak atau pot. Selain itu bisa juga dengan menerapkan pemasangan sprinkle yang bisa menjaga kelembaban udara.

4. Memberikan Media Tanam yang Tepat

Memberikan Media Tanam yang Tepat untuk Cara Merawat Bunga Anggrek
bloomfields.ca

Setelah menjaga kelembaban, memperhatikan posisi bahkan cahaya matahari yang ada cara selanjutnya adalah dengan memberikan media tanam yang tepat.

Pemberian media tanam yang tepat akan menunjang nutrisi tumbuhan anggrek untuk berkembang dan nantinya berbunga. Pemberian media tanam yang kurang tepat akan memberikan kemungkinan anggrek untuk berbunga menjadi lebih kecil.

Agar anggrek menjadi cepat berbunga susunlah pot atau media rak pertumbuhan anggrek menjadi dua bagian. 1/3 bagian bawah pot di isi dengan potongan  batu bata dan 2/3 lainnya di isi dengan pakis. Dua komponen diatas dipercaya mampu memberikan nutrisi lebih untuk anggrek agar semakin cepat tumbuh dan berbunga.

5. Gunakan Jenis Pot yang Tepat

Gunakan Jenis Pot yang Tepat Untuk Menanam Tanaman Anggrek
ocregister.com

Seringkali anggrek yang sudah diberikan perawatan tepat masih mengalami masalah pertumbuhan yang salah satunya disebabkan oleh pot yang salah.

Pemilihan pot yang kurang tepat ternyata bisa menghambat anggrek tumbuh, berkembang apalagi berbunga. Pilihlah dengan cermat jenis pot yang tepat agar sirkulasi dan nutrisi pada media yang diberikan bisa diserap dengan baik.

Jenis pot yang paling sesuai untuk media pertumbuhan tanaman anggrek adalah jenis pot yang terbuat dari tanah liat. Pot dengan bahan pembuatan tanah liat memang lebih cocok dan bisa membantu sirkulasi udara dibanding dengan pot dari bahan plastik.

Selain itu, pilih pot yang memiliki rongga-rongga dibawah atau disekitar kanan dan kirinya karena ini membantu sirkulasi udara.

Baca Juga: Cara Menanam Anggrek Bulan

6. Ketahui Kebutuhan dan Masa Penyiraman Air

Ketahui Kebutuhan dan Masa Penyiraman Air Tanaman Anggrek
bhg.com

Jangan lupa untuk memperhatikan kebutuhan dan kadar penyiraman air pada anggrek yang dibudidaya atau dirawat agar rajin berbunga. Penyiraman yang dilakukan terlalu berlebihan juga tidak baik, begitu pula jika sebaliknya.

BACA JUGA  Cara Menanam Bunga Iris Kuning

Misalnya saat budidaya sedang masa hujan maka tidak perlu melakukan penyiraman, namun ketika suasana sedang panas dan terik lakukan penyiraman setidaknya dua kali sehari.

Selain itu ketika melakukan penyiraman bisa juga dengan menambah media vitamin tanaman untuk merangsang anggrek berbunga.

Vitamin yang digunakan wajib disesuaikan dengan kebutuhan anggrek itu sendiri agar tidak terlalu berlebih atau sebaliknya. Penyemprotan vitamin dan pemberian air ini memang menjadi cara yang penting untuk merangsang perkembangan anggrek dalam proses perkembangannya.

7. Memahami Waktu Penyiraman Air yang Pas

Memahami Waktu Penyiraman Air yang Pas Untuk Merawat Bunga Anggrek
visitindiana.com

Memberikan air untuk membantu proses perkembangan tidak bisa dilakukan sewaktu-waktu atau sesuka hati tanpa pertimbangan.

Lakukan penyiraman air atau bahkan pemberian vitamin pada jam yang tepat agar menunjang pertumbuhan anggrek. Waktu pemberian air yang pas ada pada sekitar jam sekitar 07-09 pagi dan juga ada pukul 15.00 – 17.00 sore.

Pada pukul itu udara dan sinar matahari tidak terlalu terik sehingga sangat cocok untuk memberikan asupan air atau nutrisi vitamin pada tumbuhan anggrek.

Ingat, pemberian air ini harus disesuaikan dengan kondisi musim yang ada agar pemberiannya bisa pas. Sesuaikan selalu dengan kebutuhan anggrek dan lingkungan sekitar sebelum melakukan penyiraman ya.

8. Memberikan Pupuk

Memberikan Pupuk Salah Satu Cara Merawat Anggrek
greengoldfarms.net

Selain memberikan air dan vitamin, memberikan pupuk pada media tanam anggrek bisa membuat tumbuh kembang anggrek menjadi baik. Berikan pupuk yang memiliki kandungan unsur hara P yang tinggi dan bisa dilakukan dengan penyemprotan atau penyiraman.

Pemberian pupuk ini jelas bisa merangsang anggrek untuk semakin sehat dan berkembang dengan baik hingga akhirnya berbunga.

Namun pemberian pupuk ini wajib memperhatikan kondisi dan jadwalnya, jadi tidak bisa diberikan asal dan sesering ini. Pemberian pupuk juga harus memperhatikan jenis anggrek yang ada dan juga cuaca saat budidaya. Alangkah baiknya melakukan pemberian pupuk setidaknya 3 kali dalam seminggu.

9. Berikan Tambahan ZPT

Berikan Tambahan ZPT Untuk Merawat Tanaman Anggrek
kcur.org

Nah bagi yang ingin sekali membuat anggrek peliharaan dan budidaya nya berkembang dengan baik dan sering berbunga bisa juga dengan menambahkan ZPT.

Pemberian ZPT atau sering juga disebut dengan hormone dipercaya mampu merangsang anggrek untuk semakin rajin berbunga. Pembelian ZPT bisa dilakukan pada toko-toko tanaman atau jika ingin menggantinya bisa dengan pemberian air kelapa.

Air kelapa yang memiliki senyawa dan kandungan vitamin yang baik bisa menjadi hormon tambahan bagi tumbuhan anggrek. Caranya dengan melarutkan air kelapa murni dengan konsentrasi 15% atau 150 ml air kelapa dibuat menjadi larutan semprot 1 liter. Penyemprotan ini bisa disesuaikan jika sudah menggunakan ZPT.

BACA JUGA  Cara Membuat Pupuk SP 36

10. Memperhatikan Pengendalian Hama

Memperhatikan Pengendalian Hama Pada Bunga Anggrek
gardeningknowhow.com

Sudah melakukan seluruh tahapan dan tips diatas maka selanjutnya adalah memperhatikan pengendalian hama pada sekitar tanaman anggrek. Bersihkan anggrek dari gulma, dedaunan yang busuk atau kotoran. Berikan fungisida dan anti bakteri untuk mencegah gulma yang ada dan jangan lupa untuk rajin membersihkan sekitaran anggrek.

Nah, diatas adalah cara merawat anggrek agar rajin berbunga dan jelas bisa dilakukan dirumah dengan penuh ketelitian. Jangan malas untuk memperhatikan kebersihan, kesehatan dan memperhatikan kadar air dan kelembaban yang ada. Selamat membudidayakan anggrek!

Cara Merawat Anggrek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *