candy.com.sg

Cara Merawat Tanaman Adenium Obesum (Kamboja Jepang)

Posted on

Cara Merawat Tanaman Adenium – Tanaman merupakan sesuatu hal yang dibudidayakan oleh seseorang. Baik dengan tujuan untuk dijadikan sebagai mata pencaharian maupun sebagai hiasan di suatu ruangan.

Untuk mendapatkan hasil tanaman agar tumbuh dengan baik. Sebelum ke pembahasan mengenai cara merawat tanaman adenium obesum (Kamboja Jepang), terlebih dahulu membahas mengenai bunga kamboja.

Mengenal Bunga Kamboja

Mengenal Bunga Kamboja Jepang
pixabay.com

Plumeria merupakan bahasa ilmiah dari tanaman bunga kamboja. Tanaman ini dirawat dengan tujuan untuk dijadikan sebagai tanaman hias oleh seseorang. Kamboja Jepang biasa juga disebut dengan mawar padang pasir karena bunga ini suka dengan kondisi media yang kering. Bunga ini sulit tumbuh dalam media tanam yang basah.

Kamboja merupakan tanaman yang berasal dari wilayah tropis kepulauan Pasifik daerah Amerika. Amerika merupakan tempat pertama kali ditemukannya bunga kamboja ini oleh seorang botani.

Seorang botani tersebut berasal dari Prancis yang bernama Charles Plumier. Charles menemukan bunga ini ketika melakukan perjalanan ke Amerika pada abad ke 16 untuk melaksanakan misinya.

Kamboja memiliki beragam nama di setiap daerah yang ada di Indonesia. Seperti di daerah Jawa yang memberikan nama bunga kamboja adalah semboja, sedangkan di daerah Bali dinamai bunga jebun.

Lain halnya di daerah Minangkabau yang memberikan nama bunga ini adalah bunga pandam. Selain itu, di daerah Gorontalo bunga kamboja dinamai bunga lomilate. Di  Minahasa juga dinamai bunga karasuti.

Bunga kamboja memiliki ciri khas yang terletak pada bagian batang yang berkayu keras dan juga tinggi sekitar 6 meter. Selain itu, bunga ini memiliki cabang yang banyak, cabang yang muda memiliki tekstur yang lunak.

Daun tanaman ini berwarna hijau dan mudah rontok saat berbunga lebat. Sedangkan bentuk bunganya berbentuk terompet dan muncul pada ujung-ujung tangkai.

Bunga kamboja memiliki banyak jenis yang jarang diketahui oleh banyak orang. Diantaranya adenium windmil, adenium swazicum, adenium waterfall, adenium obesum, adenium white knight, dan sebagainya.

BACA JUGA  Cara Merawat Anggrek

Salah satunya adalah adenium obesum (kamboja Jepang) yang berasal dari Afrika Selatan memiliki bunga yang berwarna merah muda dan putih.

Cara Menanam Tanaman Adenium Obesum (Kamboja Jepang)

Cara Menanam Tanaman Adenium Obesum (Kamboja Jepang)
pixabay.com

pertama harus menyiapkan batang bagian bawah maupun atas. selanjutnya potong batang bagian atas dengan membentuk V terbalik. Kemudian celupkan batang tersebut kedalam ZPT dan diamkan selama 5-10 menit.

Setelahnya satukan batang bagian atas dan bawah dan masukkan ke dalam plastik transparan kemudian ikat dengan kencang. Setelah dua minggu, tunas baru akan muncul pada batang.

Cara Merawat Tanaman Adenium Obesum (Kamboja Jepang)

Cara Merawat Tanaman Adenium Obesum (Kamboja Jepang)
candy.com.sg

Selain menanam tanaman adenium obesum(kamboja Jepang) harus juga dilakukan perawatan yang teratur. Dengan tujuan agar tanaman tersebut bisa tumbuh dengan baik dan memilik bunga yang banyak agar terlihat indah. Untuk itu, pemaparan berikut ini mengenai tata cara merawat tanaman adenium obesum (kamboja Jepang).

1. Tempatkan Pada Sinar Matahari Yang Cukup

Tempatkan Pada Sinar Matahari Yang Cukup untuk Adenium Obesum
pinterest.com

Tanaman adenium obesum (kamboja Jepang) ada baiknya tempatkan di bawah terik sinar matahari langsung. Karena tanaman ini memang berasal dari gurun yang terkena sinar matahari langsung. Penyinaran yang semakin lama pada bunga kamboja Jepang membuat bunga tersebut tumbuh dengan optimal. Selain itu, cabangnya semakin banyak.

2. Pemilihan Media Tanam yang Tepat Untuk Adenium

Pemilihan Media Tanam yang Tepat Untuk Adenium Obesum
uhlig-kakteen.de

Hal yang sangat penting dalam merawat bunga adenium adalah terletak pada akar yang sehat. Sehingga media tanam porus sangat cocok karena tidak mudah mengikat air dan juga sulit memadat.

Mengkombinasikan berbagai bahan berupa campuran pasir malang, pupuk kandang matang, dan juga pecahan arang. Sehingga cara merawat tanaman adenium obesum (Kamboja Jepang) bisa optimal.

3. Repotting Tanaman Adenium Pada Waktunya

Repotting Tanaman Adenium Obesum Pada Waktunya
giromagi.com

Repotting merupakan penggantian media pada tanaman adenium. Adenium yang di tanam dalam wadah yang kecil sebaiknya dipindahkan ke wadah yang besar ketika sudah tumbuh.

Dalam proses pemindahan, akar halus pada tanaman adenium sebaiknya dibuang sebagian terlebih dahulu. Kemudian di tanam kembali. Untuk menyembuhkan luka tanaman, sebaiknya lakukan penyiraman setiap hari.

4. Penyiraman Adenium Secara Teratur

Penyiraman Adenium Secara Teratur
pixabay.com

Cara merawat tanaman adenium obesum (Kamboja Jepang) dalam penyiraman, sebaiknya dilakukan secara teratur. Karena hal tersebut memiliki pengaruh besar terhadap pertumbuhan tanaman. Pada saat kuncup dan daun sudah mulai bermunculan, penyiraman harus dilakukan setiap hari agar kuncup dan daun tersebut tetap segar.

Baca Juga: Cara Menanam Kamboja

BACA JUGA  Cara Merawat Buah Jambu Kristal

5. Pemupukan Adenium

Pemupukan Osmocote  Adenium Obesum
alibaba.com

Untuk pemupukan pada tanaman adenium (kamboja Jepang) ini sebaiknya jangan memberikan jenis pupuk sembarangan.

Sebaiknya berikan pilihan pupuk slow release sesuai dosis agar tidak kelebihan dosis yang menyebabkan tanaman bisa mati. Jenis pupuknya seperti osmocote , dekaster, dan magamp yang bisa digunakan. Selain itu, gunakan pupuk yang memiliki kandungan fosfor dan kalium.

6. Pemangkasan Tunas Adenium dengan Cara Stek

Pemangkasan Tunas Adenium dengan Cara Setek
youtube.com

Cara merawat tanaman adenium obesum (Kamboja Jepang) pada pemangkasan tunas pada tanaman adenium sebaiknya dipangkas pada ujung tunas.

Dengan tujuan agar cabang pada batang tanaman ini bisa tumbuh dengan banyak. Namun pemangkasan dengan cara setek ini jangan dilakukan terlalu sering karena bisa saja tanaman adenium mati.

7. Pemangkasan Tunas Adenium dengan Cara Okulasi

Pemangkasan Tunas Adenium dengan Cara Okulasi
cyberspaceandtime.com

Pemangkasan dengan cara okulasi atau penempelan mata tunas. Pertama mencari tanaman yang berbatang besar kemudian ambil tunas matanya.

Kemudian potong mata tunas yang ada pada batang bunga adenium sebagi tempat penempelan mata tunas baru. Selanjutnya ikat dengan kuat menggunakan tali plastik, setelah selesai simpan di tempat yang teduh dan memiliki sirkulasi udara.

Manfaat dari Bagian Bunga Kamboja

Manfaat dari Bagian Bunga Kamboja Adenium
nurserypioneer.com

Bunga kamboja memiliki manfaat di setiap bagiannya seperti pada bagian batang, bunga, dan getah. Di bagian batang, kulit pada batang bunga kamboja memiliki manfaat.

Manfaatnya adalah bisa mengurangi rasa sakit yang disebabkan karena bengkak. selain itu, bunganya juga bisa bermanfaat sebagai obat pereda deman, melancarkan keluar air seni, menghentikan batuk, dan sebagainya.

Selain batang dan bunga, getah bunga kamboja juga memiliki manfaat. Manfaatnya adalah mampu menyembuhkan gatal-gatal di sela-sela jari kaki yang disebabkan karena kuman air.

Luka-luka kecil yang ada ditangan maupun dikaki juga bisa diatasi dengan getah bunga kamboja ini. Akan tetapi jangan memberikan getah bunga kamboja pada kulit di bagian tubuh yang dianggap lunak karena bisa menyebabkan iritasi.

Bunga kamboja memiliki manfaat lain selain yang dipaparkan diatas yaitu bunga kamboja ini bisa dimakan. Namun belum banyak yang mengetahui bahwa bunga tersebut bisa dimakan.

Selain itu, bunga kamboja ini sangat cocok dikonsumsi sebagai minuman saat musim kemarau karena bibir mudah pecah-pecah saat musim tersebut.

Setiap tanaman memang perlu diberikan perawatan yang baik setelah ditanam untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Meskipun bunga kamboja tidak terlalu banyak diminati masyarakat, akan tetapi bunga ini memiliki banyak manfaat yang tidak banyak diketahui oleh orang. Terutama dimanfaatkan sebagai obat untuk kesehatan dan juga bisa dimakan. Semoga Bermanfaat !!!

BACA JUGA  Cara Merawat Tanaman Cabe

Cara Merawat Tanaman Adenium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *