Cara Merawat Buah Jambu Kristal

Posted on

Cara Merawat Buah Jambu Kristal – Siapa yang tidak tahu jambu kristal yang banyak dicari orang ini? salah satu jenis jambu yang memiliki rasa manis dan juga sedikit biji ini sangat lezat dan mudah dirawat. Perbedaannya dengan jenis jambu biasanya adalah terletak pada ukuran yang jauh lebih besar, lebih enak, manis dan juga tekstur yang lebih renyah nan segar.

Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk mengonsumsi bahkan mencoba menanamnya di rumah. Namun sebelum menanamnya di rumah, pastikan untuk tahu bagaimana cara merawat buah jambu kristal ini sendiri agar berbuah lebat nantinya.

Dengan rasa jambu kristal yang manis, tentunya membuat banyak orang menyukainya. Tidak hanya dijadikan buah potong, buah jambu kristal juga bisa untuk pelengkap rujak buah yang lezat loh.

Kini pun tidak perlu membeli di luar karena bisa menanamnya sendiri di rumah, namun sebenarnya bagaimana cara merawat buah jambu kristal yang manis satu ini agar tumbuh dan berbuah lebat? simak ulasannya berikut ini.

Mengenal Buah Jambu Kristal

Gambar Buah Jambu Kristal
higaragro.com

Buah jambu kristal merupakan jenis jambu biji yang banyak tumbuh di daerah di Indonesia. Meskipun begitu, ternyata buah satu ini berasal dari Amerika Tengah dan barulah menyebar ke wilayah Asia loh.

Varietas dari jambu biji ini melalui hasil persilangan dari teknik stek untuk menghasilkan buah yang lebih besar dan juga biji lebih sedikit, sehingga menghasilkan jambu kristal yang lezat satu ini.

Jambu kristal ini sedikit berbeda dengan jambu biji lainnya, yaitu perbedaannya terletak pada rasa dan juga tekstur jambu biji yang terbilang lebih lezat.

Tidak hanya itu, jambu satu ini memiliki biji yang sedikit dan menjadikannya daya tarik yang menarik loh. Bahkan kerap kali jambu kristal dijuluki sebagai buah jambu tanpa biji yang dijual cukup mahal di pasaran.

Manfaat Jambu Kristal

Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatan
ilmubudidaya.com

Sebelum mengetahui bagaimana cara merawat buah jambu kristal itu sendiri, ada baiknya untuk menyimak beberapa manfaat dari buah jambu kristal, antara lain sebagai berikut:

BACA JUGA  Cara Merawat Bunga

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah jambu kristal ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, terutama dapat melembabkan dan juga menghaluskan kulit. Hal ini karena kandungan vitamin E yang ada di dalamnya cukup tinggi. Konsumsilah secara rutin dan dapatkan manfaat yang maksimal untuk penampilan yang lebih mempesona.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang tinggi pada jambu kristal bisa menjaga daya tahan tubuh sekaligus sangat baik untuk kesehatan mata loh. Mengonsumsinya secara rutin bahkan bisa mengobati banyak permasalahan pada mata, seperti rabun dekat, rabun jauh, hingga silindris.

3. Mengobati Sariawan

Tidak hanya mengandung vitamin A dan E, namun buah jambu kristal ini juga kaya akan vitamin C yang sangat baik untuk mengobati sariawan loh. Konsumsilah secara rutin untuk meredakan sariawan yang di derita.

4. Mencegah Virus Dan Infeksi

Selain mengobati sariawan, buah jambu kristal juga bisa mencegah virus, infeksi dan juga peradangan pada tubuh. Hal ini karena kandungan mineral yang ada di dalamnya bermanfaat sangat baik sebagai antibakteri maupun anti-infeksi. Jadi jangan ragu untuk mengonsumsinya.

Baca Juga: Cara Menanam Kencur

Cara Merawat Buah Jambu Kristal Agar Berbuah Lebat

Cara Merawat Buah Jambu Kristal Agar Berbuah Lebat
lazada.com

Setelah mengetahui begitu banyak manfaat dari bunga kristal tentunya akan membuat banyak orang ingin menanamnya. Berikut ini adalah cara merawat buah jambu kristal yang mudah agar berbuah lebat dan berlimpah yang bisa disimak, antara lain:

1. Pemeliharaan Rutin Buah

Setelah proses penanaman, cara merawat buah jambu kristal yang pertama adalah dengan melakukan pemeliharaan secara rutin agar tanaman terhindar dari hal-hal kecil yang menghambat pertumbuhannya. Pastikan untuk melakukan penyiangan yang akan membuat buah tumbuh lebih besar dan juga lebih manis.

Tidak hanya itu, pastikan bahwa tanah tempat jambu kristal ini ditanam tetap subur untuk pertumbuhan yang lebih maksimal. Dalam pemeliharaan rutin buah jambu kristal, lakukan pula pemangkasan pada ujung tanaman yang akan membuatnya tumbuh buah secara cepat.

2. Pemberian Pupuk

Pemberian pupuk merupakan langkah selanjutnya dalam cara merawat buah jambu kristal yang baik dan tepat. Lakukan pemupukan secara rutin dan berkala, yaitu ketika tanaman berumur 0 hingga 1 tahun.

Jenis pupuk yang bisa digunakan yaitu pupuk campuran, seperti TSP, Pupuk Kandang, ZK dan juga Urea yang ditaburkan di sekitar tanaman jambu kristal. Tidak hanya itu, bisa pula dengan cara melubangi tanah dan masukkan pupuk tersebut sedalam 30 cm di bawah permukaan tanah media tanam.

BACA JUGA  Cara Membuat Tanaman Cabe Rawit Berbuah

3. Pemberian Air

Cara merawat buah jambu kristal selanjutnya adalah dengan pemberian air pada tanaman secara teratur. Lakukan setidaknya 2 kali sehari dan kurangi intensitasnya setelah bibit tumbuh dengan baik.

Artikel Lain: Cara Menanam Buah Naga

Pastikan pula untuk menjauhkannya dari area yang mendapat genangan air yang banyak akibat hujan lebat. Jadi, alangkah lebih baik untuk memberinya pengairan secara manual dengan penyiraman tiap pagi dan sore secara rutin agar tanaman bisa cepat tumbuh dan berbuah.

4. Pengendalian Hama

Selain pemupukan dan pengairan, tanaman buah jambu kristal ini harus dijauhkan pula dari hama yang akan menghambat pertumbuhannya.

Beberapa hama dan penyakit yang akan menyerangnya yaitu seperti kutu putih, ulat daun, lalat buah, dan kumbang buah. Untuk menghindarinya, maka gunakan metode pembungkusan agar hama tidak akan merusak kualitas buah yang ada.

Tidak hanya melakukan pembungkusan saja, namun bisa pula dengan menyemprotnya menggunakan pestisida untuk membasmi hama yang ada. Selain itu, gunakan pula air rebusan pala yang mengandung senyawa metyl eugenol, pasalnya kandungan satu ini mampu membasmi hama pada tanaman loh.

5. Pembungkusan Buah

Pembungkusan buah juga dilakukan untuk melindungi buah dari berbagai hama dan untuk menjaga kualitasnya. Gunakan plastik bening dan lakukan pembungkusan pada kelopak buah, namun pastikan sudah menggunakan jaring terbuat dari sterogorm terlebih dahulu agar semakin aman.

Terdapat 2 metode yang bisa dilakukan, pertama yaitu dengan langsung mengikatnya pada tangkai daun, dan bisa juga mengikat plastik tersebut pada bagian cabang dari buah jambu kristal yang ada. Jika menginginkan keamanan yang bagus, gunakanlah metode kedua, dimana tidak akan jatuh bahkan meski tertiup angin sekalipun.

6. Pemanenan Buah

Hal terakhir sebagai cara merawat buah jambu kristal yang tepat agar berbuah lebat adalah pemanenan buah. Pastikan untuk memanen buah satu ini setelah 6 bulan tanam ya. Metode penanaman yang berasal dari cangkok akan berbuah lebih cepat, sehingga tidak perlu menunggu 2 tahun agar bisa dipanen loh.

Saat sudah siap dipanen, buah akan berubah warna dan yang masih belum siap panen akan tetap berwarna hijau seperti pada jambu biji pada umumnya.

Nah itulah informasi mengenai cara merawat buah jambu kristal agar tumbuh dan berbuah lebat. Buah satu ini akan berwarna putih kekuningan nan segar apabila sudah masuk waktu panen, jadi pastikan untuk segera memanennya untuk merasakan kerenyahan dan kesegaran buah jambu kristal ini ya. Dengan perawatan buah yang baik dan tepat, tentunya kualitas buah juga akan bagus pula. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan ya!

BACA JUGA  Cara Pemupukan Cengkeh Dewasa

Cara Merawat Buah Jambu Kristal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *