bhg.com

Cara Merawat Bunga

Posted on

Cara Merawat Bunga – Merawat tanaman memang jadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan pada saat akhir pekan. Terutama jika menanam berbagai macam bunga di halaman rumah, tentunya hal ini bisa mempercantik tampilan rumah dan lingkungan sekitar.

Namun harus diimbangi pula dengan mengerti bagaimana cara merawat bunga itu sendiri agar bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan bunga nan cantik mempesona.

Pemilik rumah bisa menanam berbagai macam bunga mulai dari melati hingga anggrek yang sangat cantik dipandang mata. Warna dan corak yang bagus akan memberikan kesan tampilan yang indah dan juga meredakan stres setelah penat bekerja.

Tidak hanya itu, bunga yang ditanam pun bisa sekaligus jadi ide bisnis untuk menambah penghasilan loh. Manfaatkan tanaman bunga yang ada sebagai bunga potong atau buket bunga untuk acara-acara penting seperti wisuda atau pernikahan.

Dengan berbagai alasan yang ada, tentunya keberadaan bunga sangatlah penting untuk dirawat. Jika ingin tahu mengenai bagaimana cara merawat bunga yang efektif dan mudah dilakukan, simaklah informasinya berikut ini.

Macam-Macam Bunga Cantik Untuk Halaman Rumah

Macam-Macam Bunga Cantik Untuk Halaman Rumah
bhg.com

Sebelum mengetahui bagaimana cara merawat bunga nan cantik di bawah ini, berikut inilah berbagai macam bunga yang bisa ditanam dan dirawat di halaman depan rumah, antara lain sebagai berikut.

1. Kembang Sepatu

Kembang sepatu merupakan salah satu jenis bunga yang bisa dirawat oleh para pemula sekalipun. Bunga satu ini dapat tumbuh sepanjang waktu dan seringkali dijadikan tanaman hias karena kecantikannya yang sangat mempesona.

2. Melati

Bunga Melati menjadi salah satu bunga cantik yang bisa ditanam di area halaman rumah. Jenis bunga satu ini tumbuh sangat baik di daerah tropis seperti Indonesia, bahkan melambangkan kesucian dan kemurnian yang dipercaya oleh sebagian besar orang.

Pastikan untuk menyiapkan tanah yang gembur, pupuk kompos dan sinar matahari yang cukup agar bisa tumbuh dengan baik.

BACA JUGA  Cara Merawat Pohon Alpukat

3. Bugenvil

Bunga nan cantik selanjutnya adalah Bugenvil, dimana menyerupai pohon kecil yang tidak bisa tumbuh tegak dan berwarna-warni.

Kecantikan warnanya dan perawatannya yang mudah, maka tidak heran jika banyak orang yang ingin merawatnya. Tidak hanya sebagai tanaman hias, namun Bugenvil juga bisa menjadi hiasan rambut, campuran bunga untuk siraman, dan lain sebagainya.

4. Anggrek

Bunga anggrek menjadi salah satu bunga yang di favoritkan oleh banyak orang. Terdapat banyak varian yang sangat cantik, yaitu anggrek bulan yang sekaligus menjadi bunga nasional Thailand dan juga Singapura. Maka tidak heran jika kini anggrek dimanfaatkan sebagai tanaman hias yang bisa mempercantik rumah.

5. Mawar

Siapa yang tidak menyukai bunga mawar? bunga nan cantik satu ini sangat cocok ditanam di halaman rumah. Dengan warnanya yang mempesona dan harumnya wangi semerbak, maka tak heran jika bisa dijadikan tanaman hias yang menarik.

Baca Juga: Cara Budidaya Bunga Mawar

Cara Merawat Bunga Paling Mudah dan Efektif

Cara Merawat Bunga Paling Mudah dan Efektif
dlpng.com

Setelah mengetahui begitu banyak jenis dari bunga tentunya akan semakin memperbanyak referensi sebelum menanamnya.

Namun tentunya semua bunga yang di tanam harus dirawat dengan baik sehingga tumbuh subur. Berikut inilah cara merawat bunga yang paling mudah dan efektif dilakukan di rumah, antara lain sebagai berikut.

1. Memilih Pot yang Sesuai

Cara merawat bunga yang pertama adalah dengan memilih pot yang sesuai. Pilihlah pot yang tidak kecil dan juga tidak besar, serta berbentuk seperti ember agar cantik untuk wadah tanaman hias.

Kesan sejuk dari pot tanah liat akan membuat suasana semakin menawan. Namun jika ingin menggantung tanaman, pastikan untuk memilih pot kecil berbahan plastik yang tidak akan membahayakan jika jatuh nantinya.

2. Pemilihan Media Tanam

Setelah memilih pot yang sesuai, saatnya memilih media tanam yang tepat. Tanah merupakan tempat dimana akar akan tumbuh dan juga berkembang, maka memilih tanah yang subur dan gembur sangatlah disarankan.

Pastikan bahwa tanah tersebut mengandung unsur hara dan cukup mudah menyerap air. Untuk mendapatkan tanah tersebut bisa dengan membelinya di toko tanaman hias maupun membuatnya sendiri di rumah. Namun kekurangannya adalah harus menunggu sekitar 2 minggu sebelum menggunakannya.

3. Berikan Cukup Sinar Matahari

Tidak hanya pemilihan media tanam yang perlu diperhatikan, cara merawat bunga selanjutnya adalah dengan memberikan tanaman sinar matahari yang cukup. Hal ini berkaitan dengan lokasi penempatan tanaman, maka pastikan untuk menaruhnya menghadap sinar matahari.

BACA JUGA  Cara Merawat Anggrek

Artikel Terkait: Jenis Tanaman Hias yang Tidak Memerlukan Sinar Matahari

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua bunga bagus mendapatkan sinar matahari secara langsung tiap harinya, karena ada beberapa bunga yang malah layu, seperti mawar, bunga sepatu dan aster.

4. Pemberian Pupuk Alami

Pemberian pupuk juga sangat penting untuk menunjang pertumbuhan tanaman bunga di halaman rumah. Pupuk sangat bagus dalam menjaga kadar nutrisi dalam tanah yang kelamaan akan habis diserap oleh tanaman yang ada, sehingga pemberian pupuk alami bisa membantu pertumbuhannya. Pilihlah pupuk kandang yang sudah dijadikan bokashi agar tanaman semakin sehat.

5. Pemberian Air Rutin

Tidak hanya memberikan pupuk secara rutin, pengairan pada tanaman juga sangat diperlukan. Komponen yang paling penting dalam proses fotosintesis ini sangat diperlukan untuk menjaga kadar air dalam tanah, dimana sangat bagus untuk menunjang pertumbuhan tanaman.

Namun pastikan untuk melakukan penyiraman sesuai dengan besar kecilnya tanaman dan jangan menyiramnya secara berlebihan. Hal tersebut akan membuat tanaman cepat membusuk.

6. Potong Ranting

Cara merawat bunga selanjutnya adalah dengan melakukan pemangkasan atau memotong ranting yang sakit atau layu. Lakukan cara ini setidaknya setiap 3 hingga 4 bulan sekali.

Namun perlu diingat bahwa tidak semua tanaman bunga harus dilakukan pemangkasan, karena pemangkasan hanya wajib dilakukan pada tanaman bunga yang dijadikan bonsai saja.

7. Penggantian Tanah dan Pot

Terkena air dan penyiraman secara rutin membuat tanah dalam por menjadi padat dan mengeras. Maka lakukan penggantian tanah dan juga pot setidaknya 5 hingga 7 bulan setelah proses penanaman.

Namun haruslah tetap berhati-hati agar tidak merusak perakaran pada tanaman hias. Kemudian jangan lupa untuk memberinya pupuk dan menyiramnya saat mengganti tanah agar bisa tumbuh dengan baik seperti semula.

8. Cek Kondisi Lubang Sirkulasi Pot

Cara merawat bunga selanjutnya adalah dengan selalu mengecek kondisi lubang sirkulasi pot yang ada. Meskipun sering diabaikan, namun bagian satu ini sangat berpengaruh pada pertumbuhan tanaman bunga loh.

Sumbatan pada lubang pot biasanya akan membuat air menggenang dan menyebabkan tanaman jadi busuk loh. Hal ini juga berakibat pada tumbuhnya jamur yang membahayakan tanaman.

9. Kendalikan Hama dan Penyakit

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah mengenai hama dan penyakit yang akan menyerang tanaman. Pastikan untuk tidak mengabaikannya, karena serangan berupa jamur patogen pada akar tanaman akan membunuhnya secara perlahan. Untuk mengatasinya, maka gunakan fungisisda yang disemprotkan pada bagian akar tanaman.

BACA JUGA  Cara Merawat Tanaman Cabe

Nah itulah informasi mengenai bagaimana cara merawat bunga yang efektif dan mudah dilakukan di rumah. Pastikan memilih bunga yang cantik dan sesuai untuk ditanam di halaman rumah, seperti melati, mawar, anggrek dan lain sebagainya. Dijamin akan mempercantik tampilan rumah loh.

Jadi tunggu apalagi? tanam dan rawat berbagai bunga untuk menjaga keindahan lingkungan. Memang diperlukan kesabaran dan keuletan dalam merawatnya, namun jika didasari dengan keikhlasan maka bisa berjalan dengan baik. Semoga informasi tersebut bermanfaat ya!

Cara Merawat Bunga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *