pixabay.com

Cara Menanam Hidroponik dengan Media Air

Posted on

Cara Menanam Hidroponik dengan Media Air – Saat ini keberadaan lahan untuk menanam memang sudah sangatlah berkurang, apa lagi di daerah perkotaan. Semua itu tentu saja karena saat ini lahan banyak digunakan untuk membuat gedung atau bangunan lainnya.

Namun jangan kecewa untuk para pecinta tumbuhan hijau, karena solusinya cukup mudah yaitu dengan sistem hidroponik dengan medianya air. Cara menanam hidroponik dengan media air tentunya tidak akan terlalu membutuhkan sebuah lahan yang luas.

Untuk itu jika ingin memulai menanam pastikan tahu terlebih dahulu berbagai informasi mengenai menanam hidroponik secara menyeluruh.

Mengenal Terlebih Dahulu Mengenai Hidroponik

Apa itu Hidroponik?
pixabay.com

Masih banyak yang terkadang belum terlalu paham apa itu menanam secara hidroponik. Sehingga ada baiknya sebelum membahas mengenai cara menanam hidroponik mengenal terlebih dahulu apa itu menanam secara hidroponik.

Di mana menanam hidroponik yaitu sebuah metode yang tidak menggunakan tanah sebagai media untuk menanam, namun yang digunakan adalah air.

Jadi pemenuhan nutrisi yang biasanya dari tanah akan diganti dengan melarutkannya pada air. Selain itu, tanah yang biasanya jadi penyanggah juga akan digantikan dengan media lainnya, mulai dari pasir, arang sekam, styrofoam ataupun spon.

Tentunya menanam dengan sistem ini akan jauh lebih bersih dan tidak akan kotor dengan tanah. Bahkan jika diletakan di dalam ruangan, tanaman hidroponik akan sangat indah dan mampu mempercantik ruangan.

Cara menanam hidroponik dengan media air ini adalah sebuah alternatif untuk yang ingin menanam namun kekurangan lahan. Bahkan sistem ini sudah sangat disukai karena terkenal dengan tanamannya yang dengan cepat tumbuh.

Untuk itu saat akan menanam secara hidroponik haruslah memperhatikan beberapa hal seperti jenis tumbuhan yang nantinya akan dibudidayakan. Lalu perhatikan juga apakah media yang digunakan sesuai untuk tanaman tersebut. Sehingga tentu saja hasil tanaman akan sesuai dengan keinginan dan tidak akan mati di tengah pertumbuhan.

Persiapan Menanam dengan Sistem Hidroponik

Persiapan Menanam dengan Sistem Hidroponik Media Air
pixabay.com

Cara menanam hidroponik dengan media air tentunya membutuhkan persiapan yang matang, tidak dapat asal-asalan saja. Untuk itu berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat akan menanam dengan sistem hidroponik yang harus diketahui:

BACA JUGA  Cara Budidaya Ikan Arwana

Alat Menanam

Alat Menanam Hidroponik Media Air
rukita.co

Persiapan yang sangat penting adalah alat karena akan sangat menunjang proses menanam. Alat tersebut meliputi pot atau wadah yang nantinya digunakan sebagai tempat tumbuh dari tanaman. Sedangkan untuk ukuran wadah cukup sesuaikan saja dengan jenis tanaman yang nantinya akan ditanam.

Semakin besar tanaman yang ditanam tentu saja akan sangat mempengaruhi ukuran alat. Untuk bahan yang digunakan untuk alat ada baiknya dari bahan yang tidak mudah berkarat seperti besi. Lebih baik menggunakan wadah bekas dari air mineral, cat, botol minyak, paralon dan lainnya.

Reservoir

Reservoir Air Hidroponik
wikihow.com

Cara menanam hidroponik dengan media air memang membutuhkan alat penampung larutan khusus yang biasa disebut dengan Reservoir. Untuk jenis wadah dapat dari apa saja yang terpenting mampu menampung air, tidak tembus cahaya, serta tidak sulit dibersihkan.

Jika tidak memiliki wadah seperti itu, dapat juga diakali dengan ditutupi menggunakan plastik, selotif ataupun kardus. Cahaya yang menembus pada air nutrisi akan membuat lumut serta mikroorganisme tumbuh dan merusak tanaman.

Cara Menanam Hidroponik dengan Media Air

Cara Menanam Hidroponik dengan Media Air
pixabay.com

Sistem menanam hidroponik memang terbilang tidak cukup mudah, namun juga tidaklah sulit sekali. Maka dari itu informasi lengkap mengenai segala hal tentang hidroponik sangatlah harus diketahui. Berikut ini informasi mengenai cara menanam hidroponik dengan media air yang harus diketahui:

1. Menyiapkan Benih Tanaman

Menyiapkan Benih Tanaman Hidroponik Media Air
pasarlelang.net

Langkah awal yang harus dilakukan saat akan menanam hidroponik dengan media air adalah menyiapkan benih yang akan digunakan. Hal utama yang sangat menunjang dalam proses menanam ini dapat dengan mudah didapatkan.

Sudah banyak toko baik online atau offline yang menyediakannya. Bahkan jika sudah mahir, benih tanaman dapat dibuat sendiri, sehingga tentunya hasilnya akan lebih diketahui. Namun jika merasa belum bisa membuat benih ada baiknya beli saja. Perlu diingat, penebaran benih tanaman haruslah benar sehingga hasil tanaman akan sesuai.

2. Menyiapkan Media Menanam

Menyiapkan Media Menanam Arang Sekam Hidroponik
hidroponikyuk.com

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa media menanam hidroponik dan biasa tidaklah jauh berbeda. Hanya saja sistem hidroponik dapat menyesuaikan dengan kondisi lingkungan.

Media menanam sistem hidroponik haruslah yang tidak memiliki dampak pada air nutrisi, untuk itu pilihlah yang tidak memiliki kandungan bahan kimia. Selain itu pastikan media tersebut pori-porinya tidak berlebih sehingga pengairan akan aman dan tidak tersumbat.

Baca Juga: Cara Menanam Hidroponik Untuk Pemula

3. Menyiapkan Nutrisi Tanaman

Menyiapkan Air Nutrisi Tanaman Hidroponik
belajarberkebun.com

Penjelasan di atas memang telah menjelaskan bahwa pada sistem hidroponik nutrisi yang biasanya didapat dari tanah akan digantikan oleh air.

BACA JUGA  Cara Budidaya Anggur

Semua itu tentunya karena pada sistem ini memang media tanah tidaklah dibutuhkan, jikapun ada hanya sedikit saja. Pengganti nutrisi tersebut adalah air nutrisi yang tidak makro dan mikronya telah disesuaikan. Di mana sudah ada banyak penjual yang menyediakan air nutrisi untuk tanaman hidroponik, jadi tidak perlu khawatir.

4. Merawat Tanaman

Merawat Tanaman Hidroponik

Semua hal yang baik tentu saja karena dirawat, hal itu sama dengan menanam secara hidroponik. Cara menanam hidroponik dengan media air yang baik adalah yang selalu memperhatikan perawatan tanaman.

Pastikan rumput liar serta hama yang ada selalu dibersihkan. Semua itu karena hama tersebut akan mampu membuat perkembangan tumbuhan terganggu, sehingga jika ingin tanaman sehat tentunya perawatan sangatlah penting.

Media Menanam Hidroponik

Media Menanam Hidroponik Media Air
pixabay.com

Walaupun menanam hidroponik menggunakan media air tentunya memerlukan juga bantuan dari media lainnya. Semua media tersebut adalah penunjang dalam cara menanam hidroponik dengan media air. Berikut ulasannya:

  • Rock Wool. Alat fiber yang memiliki rongga ini merupakan sebuah media yang mudah untuk dibuat. Yaitu pada batuan leleh dibuatlah rongga yang akan berfungsi sebagai media masuknya udara. Sehingga tidak perlu dibeli karena cara membuatnya mudah, namun jika ingin terima beres sudah banyak yang menjualnnya.
  • Coir. Media yang digunakan sebagai bibit dalam menyemaian ini terbuat dari serabut kelapa yang tentunya sangat mudah didapat. Coir ini berfungsi sebagai media yang akan memaksimalkan kinerja bibit tanaman.
  • Arang Sekam. Media yang merupakan hal utama yang harus dipersiapkan selain air ini berasal dari kulit padi. Sama halnya dengan Coir, Arang Sekam juga mampu memaksimalkan kinerja bibit, bahkan Aram Sekam sama halnya dengan bibit tanaman. Sehingga dengan menggunakan ini tentunya tanaman akan semakin baik karena nutrisi tersalurkan dengan baik.
  • Expanded Clay. Cara menanam hidroponik dengan media air sangatlah mengaruskan nutrisi air pengganti dari tanah. Nah Expanded Clay ini akan menjadi solusinya, semua itu karena Expended Clay akan menjadi nutrisi yang baik untuk tanaman. Di dalamnya telah terkandung mineral yang akan sangat membantu proses penyemaian.
  • Spons. Jika biasanya spons digunakan untuk mencuci piring nyatanya dapat juga dijadikan media menanam pada sistem hidroponik. Spons yang didiamkan pada paparan sinar matahari akan mengahasilan rumput dan lumut yang akan dijadikan media tanam lainnya selain Arang Sekam.

Nah itulah informasi lengkap mengenai cara menanam hidroponik dengan media air yang dapat dijadikan referensi. Dengan mengetahui hal yang dijelaskan di atas tentu saja akan sangat membantu dalam proses menanam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *