Cara Merawat Tanaman Hias Daun Suplir

Cara Merawat Tanaman Hias Daun Suplir – Tanaman hias daun suplir merupakan salah satu tanaman yang pernah mengalami masa keemasannya pada tahun 80-an, pasalnya banyak orang yang berbondong-bondong ingin memilikinya.

Dengan jumlahnya yang hanya 200 jenis di seluruh dunia, tentunya membuatnya jadi incaran dan cukup sulit untuk di dapatkan. Namun kini sudah banyak yang menanam dan merawatnya di rumah loh. Berbekal pengetahuan dan cara merawat tanaman hias daun suplir dari buku maupun YouTube, kini siapa pun bisa memeliharanya dengan baik.

Pemeliharaan tanaman satu ini sangat mudah, sehingga siapa pun bisa melakukannya. Dengan ketelatenan dan juga kesabaran tentunya tanaman bisa terawat dengan baik dan menghasilkan daun yang berkualitas baik pula nantinya.

Perhatikan pula proses penyiraman, karena tanaman satu ini cepat kering dan butuh penanganan yang khusus. Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang bagaimana cara merawat tanaman hias daun suplir, berikut ulasan yang bisa disimak, antara lain:

Mengenal Tanaman Hias Daun Suplir

bagaimana cara merawat tanaman suplir
fancyfrondsnursery.com

Tanaman hias daun suplir merupakan tanaman dengan bentuk daun yang cukup unik dan tidak menghasilkan bunga. Keindahan setiap helaian daunnya bahkan seringkali di ibaratkan sebagai rambut sang dewi Cinta Venus loh yang sangat menawan.

Secara fisik, tanaman ini memiliki batang beawarna hitam, berduri dan bersisik lunak maupun keras. Bentuknya pun sangat khas, yaitu bercabang dengan banyak daun dan mirip seperti tongkat, serta hidup di atas tanah yang dilindungi oleh Kaliptra.

Selain itu, tanaman satu ini berfungsi sebagai tanaman hias yang cocok untuk mempercantik tampilan dalam atau luar rumah. Dengan tinggi mencapai 80 cm, tentunya sangat tepat menjadi hiasan yang cantik bukan? Namun pastikan untuk menanamnya di tanah yang gembur dan perawatan yang benar agar bisa tumbuh dengan baik.

Manfaat Daun Suplir

cara perawatan tanaman suplir
species.wikimedia.org

Sebelum mengetahui apa saja cara merawat tanaman hias daun suplir, maka yuk simak terlebih dahulu manfaatnya bagi kesehatan berikut ini.

1. Menghindari Penyakit Ginjal

Tanaman hias daun suplir mampu menjaga kesehatan tubuh, terutama dalam menghindari dan menetralisir gangguan pada ginjal. Organ satu ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan tubuh, maka dari itu daun suplir bisa membantu memperkuat ginjal untuk menyaring racun dengan baik.

Hal tersebut karena adanya kandungan serotonin yang tinggi pada tanaman satu ini. Jika ginjal sehat dan tidak mengalami gangguan, maka kesehatan tubuh pun akan terjaga.

2. Menyehatkan Saluran Kencing

Tidak hanya mampu menghindari penyakit ginjal, namun tanaman satu ini juga bisa menyehatkan saluran kencing loh. Kesehatan kandung kemih atau saluran kencing sangat berpengaruh pada kenyamanan tubuh, terutama pada bagian perut bagian bawah.

Hal ini biasa disebut dengan penyakit anyang-anyang, dimana akan sangat mengganggu segala aktivitas sehari-hari. Konsumsi daun suplir secara rutin akan mampu mengatasinya, pasalnya kandungan saponin cukup tinggi sebagai penghilang nyeri.

3. Memaksimalkan Penyerapan Glukosa

Memiliki permasalahan urin yang tidak bisa keluar dengan lancar atau normal? tentunya daun suplir bisa mengatasinya. Kandungan yang ada di dalamnya mampu memaksimalkan penyerapan glukosa dalam tubuh dan membuat urin bisa keluar secara lancar tanpa nyeri. Sangat menakjubkan bukan?.

Baca Juga: Cara Merawat Tanaman Sukulen

Cara Merawat Tanaman Hias Daun Suplir

perawatan tanaman suplir
sublimegardendesign.com

Simak bagaimana cara merawat tanaman hias daun suplir yang cukup mudah dan tidak memerlukan banyak effort berikut ini, antara lain:

1. Letakkan di Tempat Yang Tepat

merawat tanaman suplir
botanyphoto.botanicalgarden.ubc.ca

Cara merawat tanaman hias daun suplir yang pertama adalah harus memperhatikan tempat peletakan tanaman, apakah tepat atau tidak.

Pilihlah tempat yang mendapat paparan sinar matahari yang cukup, yaitu tidak kurang ataupun berlebihan. Letakkan tanaman di dekat jendela ataupun ruangan dengan paparan sinar matahari yang tidak terlalu terik.

Jika tidak memiliki tempat kosong di dalam rumah, bisa pula dengan meletakkannya di halaman rumah, namun pastikan agar tanaman bisa ada di dekat pohon besar yang bisa menutupinya langsung dari cahaya matahari. Dengan begitu, sinar matahari yang diperolehnya tidak terlalu banyak dan menyebabkan tanaman terkesan kering.

2. Penyiraman Tanaman

cara merawat tanaman hias daun suplir
xeraplants.com

Langkah kedua, yaitu cara merawat tanaman hias daun suplir melalui proses penyiraman tanaman yang tepat. Pastikan untuk melakukan penyiraman menggunakan semprotan agar tidak membuat media tanam jadi tergenang dan menimbulkan kebusukan.

Berikan air yang cukup pada bagian bawah pot tanaman agar pemberian air jauh lebih baik dan efektif. Lakukan penyiraman setidaknya 2 kali dalam sehari, tidak kurang ataupun berlebih ya.

3. Pemupukan Tanaman

cara merawat tanaman hias suplir
thimblefarms.com

Cara merawat tanaman hias daun suplir selanjutnya adalah proses pemupukan tanaman yang teratur agar tanaman bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Tentunya hal ini sangat baik untuk memberikan asupan unsur hara yang cukup untuk tanaman satu ini.

Lakukan sebelum maupun sesuai penanaman daun suplir tersebut. Pilihlah pupuk organik atau pupuk kandang yang tidak akan mencemari lingkungan, serta tidak akan berbahaya apabila berlebihan dan menimbulkan limbah.

4. Penanggulangan Hama dan Penyakit Pada Tanaman

cara perawatan tanaman suplir
vancouverislandgrows.wordpress.com

Tidak hanya melakukan penyiraman dan juga pemberian pupuk pada tanaman hias daun suplir, namun penanggulangan hama dan penyakit juga sangat penting dilakukan.

Biasanya hama dan penyakit yang menyerang tanaman satu ini yaitu, jangkrik, lumut, ulat, belalang, lumut hingga ganggang. Jika tanaman terkena penyakit, biasanya bisa terlihat dari fisik yang mulai berwarna keperakan, akar berbintil, bagian batang rontok, hingga daun mati atau bolong.

Untuk menanggulanginya, cukup manfaatkan pestisida dengan cara menyemprotkannya pada tanaman hias daun suplir.

Pilihlah jenis pestisida dengan konsentrasi rendah ataupun pestisida alami agar tanaman tidak terkena efek buruk dari penggunaan bahan kimia yang membahayakan pertumbuhannya. Lakukan setidaknya 3 atau 6 bulan sekali agar terhindar dari hama atau penyakit yang menyebalkan ini.

5. Ganti Tempat Tanam

cara merawat bunga suplir
flickr.com

Mengganti tempat tanam daun suplir juga sangat penting dilakukan, pasalnya jika tanaman semakin tumbuh besar tentunya harus dipindah ke tempat yang lebih luas pula bukan? Hal ini biasa ditandai dengan kondisi akar yang sudah keluar dari pot dan harus dipindah.

Lakukan pemindahan tanaman secara hati-hati agar tidak merusak akar, atau bisa pula dengan membuat media tanam baru agar pertumbuhan daun suplir tidak terganggu.

6. Perawatan Setelah Penanaman

perawatan tanaman suplir

Tidak hanya harus mengganti tempat tanam, namun perhatikan pula perawatan setelah penanaman tanaman hias daun suplir satu ini.

Pastikan bahwa tanaman ini mendapatkan pemupukan yang rutin tiap 2 atau 6 bulan sekali, serta penyiraman yang rutin untuk asupan air yang baik pada tanaman. Berikan pupuk NPK atau pupuk organik sesuai kebutuhan, sehingga perawatan jauh lebih mudah nantinya.

Nah, itulah informasi dan penjelasan tentang bagaimana cara merawat tanaman hias daun suplir yang dapat dilakukan di rumah dan mudah bagi pemula sekalipun. Pastikan untuk menyelingi proses perawatan tanaman dengan kesabaran dan keuletan agar terjaga dengan baik kualitasnya.

Beberapa manfaat yang ada pun bisa menjadi alasan lain kenapa harus memelihara tanaman hias daun suplir satu ini bukan? jadi pastikan untuk merawatnya dengan baik dan sesuai tata cara yang ada. Semoga bermanfaat dan jangan takut untuk merawatnya ya!

Cara Merawat Tanaman Hias Daun Suplir

Leave a Comment