Jenis Tanaman Hias yang Tidak Memerlukan Sinar Matahari

Jenis Tanaman Hias Yang Tidak Memerlukan Sinar Matahari – Sebelum membahas tentang jenis tanaman hias yang tidak memerlukan sinar matahari, ada yang tahu tentang tanaman hias. Sering kali dijumpai tanaman hias yang berada di pekarangan rumah, kantor, atau masjid yang dipahami secara baik. Terlihat tanaman ini terlihat indah.

Pengertian Tanaman Hias

Pengertian Tanaman Hias
pixabay.com

Tanaman hias merupakan tanaman yang ditanam dengan tujuan untuk dijadikan hiasan oleh seseorang di suatu tempat. Akan terlihat indah dan cantik untuk dilihat mata. Namun tanaman hias juga membutuhkan perawatan khusus sehingga memberikan hasil yang maksimal.

Jenis Tanaman Hias yang Tidak Membutuhkan Sinar Matahari

Jenis Tanaman Hias yang Tidak Membutuhkan Sinar Matahari
pixabay.com

Hiasan rumah terdiri dari tanaman hias diatur ditempatkan di tempat yang terpapar cahaya. Namun, tanaman hias tidak selamanya membutuhkan cahaya yang terdiri dari sinar matahari.

Karena ada pula jenis tanaman hias yang tidak memerlukan sinar matahari dalam proses fotosintesisnya. Berikut ini pemaparan mengenai jenis tanaman yang tidak memerlukan matahari.

1. Tanaman Hias Tillandsia

Tanaman Hias Tillandsia
pixabay.com

Jenis tanaman hias yang satu ini merupakan jenis tanaman yang sangat mudah dalam proses perawatannya. Bagaimana tidak, tanaman yang membutuhkan kecil ini tidak membutuhkan tanah untuk bertahan hidup.

Selain itu tanaman ini juga tidak memerlukan sinar matahari dalam proses fotosintesisnya. Akan membutuhkan banyak sirkulasi udara.

Sirkulasi udara memiliki fungsi yang sangat penting dalam proses fotosintetis tanaman hias tillandsia. Selain dalam proses fotosintetis, juga dapat mempercepat pertumbuhan tanaman hias tillandsia. Di samping itu, tillandsia juga tidak membutuhkan banyak cahaya dalam proses pertumbuhannya.

2. Anthurium

Tanaman Hias Anthurium
pixabay.com

Anthurium merupakan jenis tanaman hias yang tidak memerlukan sinar matahari. Karena tanaman ini dapat bertahan hidup tanpa keberadaan sinar matahari.

Selain itu, tanaman hias anthurium dapat membuat warna yang indah di dalam ruangan. Penyebab tanaman ini memiliki ciri khas warna yang sangat menonjol.

Ciri khas merupakan tanda yang dimiliki oleh tanaman dan tidak dimiliki oleh tanaman lain. Sehingga tanaman tersebut berbeda dari tanaman yang lainnya. Banyak hal yang bisa menjadi ciri khas dari tanaman seperti warna, bentuk bunganya, maupun bentuk daunnya.

3. Daun Asparagus

Tanaman Hias Daun Asparagus
tanaman–herbal.blogspot.com

Daun asparagus merupakan jenis tanaman hias yang kaya akan anti oksidan. Tanaman hias yang satu ini juga sangat jarang ditemui di pasaran dan memiliki nilai jual yang tinggi. Cara merawatnya juga sangat mudah karena tidak memerlukan sinar matahari dalam proses pengembangan daunnya yang sangat indah.

Pertimbangkan memberikan kesan yang menyejukkan karena daun asparagus berguna bagi kesehatan manusia. Karena memiliki ciri khas yang terdapat pada bentuk daun yang dimiliki sangat indah. Selain itu, daunnya juga tidak seperti daun tanaman hias pada umumnya.

4. Jari Kaki Bayi

Tanaman Hias Jari Kaki Bayi
instructables.com

Jari kaki bayi merupakan tanaman yang mirip dengan jari kaki bayi karena tanaman ini dikenal sebagai tanaman yang sangat lucu. Selain itu, tanaman ini termasuk dalam jenis tanaman hias yang tidak memerlukan sinar matahari untuk bertahan hidup. Bisa diletakkan di mana saja seperti diletakkan di meja kerja atau di meja tamu.

Tanaman hias jari kaki bayi ini memang sangat unik karena tidak memiliki daun seperti tanaman hias lainnya. Karena memiliki ciri khas batang seperti ukuran kaki bayi yang mungil. Selain itu, perawatannya juga cukup mudah karena tidak memerlukan sinar matahari untuk proses perkembangannya.

5. Tanaman Besi Cor

Tanaman Hias Besi Cor
leonandgeorge.com

Tanaman hias besi merupakan tanaman yang memiliki tampilan anggun dan indah. Karena memiliki bentuk panjang dan lebar yang menjalar ke atas. Selain itu, tanaman ini dapat bertahan hidup tanpa sinar matahari. Dapat dikategorikan sebagai jenis tanaman hias yang tidak memerlukan sinar matahari.

Cara merawat tanaman besi cor ini juga termasuk sangat mudah karena tidak perlu terlalu sering untuk disiram. Karena batang dari tanaman hias ini akan tumbuh menjalar ke bagian atas. Sehingga itulah yang menjadi ciri khas tersendiri dari tanaman hias besi cor.

6. Uang Cina

Tanaman Hias Uang Cina

Tanaman hias uang Cina merupakan jenis tanaman yang juga sangat sulit didapat. Uang Cina ini dikenal oleh banyak orang akan membentuk daunnya yang bundar. Selain itu, tanaman unik ini bisa bertahan hidup tanpa sinar matahari. Uniknya lagi, tanaman hias ini sangat mudah untuk diperbanyak cukup dengan cara menyetek.

Melihat dari namanya, tanaman hias uang cina yang berarti tanaman ini berasal dari negara China. Tidak banyak yang memiliki tanaman ini karena susah untuk mendapatkannya. Selain itu, jika ingin membeli tanaman hias ini maka harus mengeluarkan uang yang banyak. Karena memiliki harga yang mahal.

Baca Juga: Cara Menanam Anggrek dengan Media Arang

7. Echeveria

tanaman hias echeveria
worldofsucculents.com

Tanaman hias yang merupakan tanaman kecil selanjutnya merupakan tanaman echeveria yang sangat mudah dijumpai di pasaran. Selain kecil, tanaman ini juga terlihat cantik dan sangat cocok untuk disimpan di meja belajar maupun di meja kantor.

Cara perawatannya juga sangat mudah yaitu jangan terlalu sering menyiramnya. Karena tanaman ini sangat mudah mati jika tanah yang ditempati terlalu basah. Karena tempat yang lembab akan mudah untuk ditumbuhi jamur atau bakteri. Sehingga jamur tersebut bisa saja menjadi penyebab matinya tanaman echeveria.

8. Tanaman Giok

Tanaman Hias Giok
pinterest.com

Jenis tanaman ini sangat bagus untuk dijadikan tanaman hias karena tidak mudah mati dalam artian memiliki umur yang panjang. Tanaman ini juga terkenal dengan bentuk daunnya yang oval dan juga tebal dengan kilauan khusus sehingga memberikan kesan asri. Untuk menghilangkan ketebalan dan kilatan daunnya.

Namun sekali-kali pemilik harus membersihkan dengan lap secara lembut untuk menghilangkan debu yang menempel. Sehingga daun tersebut tetap terjaga dari kilatan daunnya yang sangat tebal. Oleh karena itu, tanaman hias ini memiliki ciri khas yang terletak pada ketebalan daun.

9. Cocor Bebek

Tanaman Hias Cocor Bebek
blog.tokotanaman.com

Sama halnya dengan tanaman hias anthurium yang memberikan kesan warna cerah di dalam ruangan, begitu pula dengan tanaman hias cocor bebek. Cocor bebek juga menghasilkan warna cerah pada bunganya. Untuk mempercantik perkembangan bunganya, tanah pada tanaman ini tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah.

Karena tanaman hias cocor bebek tidak menyukai tanah yang terlalu kering ataupun tanah yang terlali basah. Karena bisa menjadi faktor penyebab matinya tanaman hias tersebut. Dalam artian tanaman tersebut tidak menyukai jika disiram secara berlebihan.

10. Lithops

Tanaman Hias Lithops
pinterest.com

Tanaman hias lithops sangat cantik diimbangi dengan batu-batu kecil yang berwarna. Karena tanaman ini diberi julukan, batu hidup karena sangat mirip dengan kerikil dan batu kecil.

Tanaman ini termasuk dalam tanaman hias yang tidak memerlukan sinar matahari langsung. Selain itu, sangat cocok di tempatkan di meja tamu dan juga meja belajar.

Tanaman hias lithops ini memang sangat cocok dimiliki untuk orang yang tidak ingin repot untuk membeli batu kecil berwarna. Batu kecil berwarna tersebut menjadi pelengkap untuk mempercantik dan memperindah setiap tanaman hias. Namun tanaman hias lithops tidak memerlukan batu kecil berwarna.

Tanaman hias memang sangat cocok untuk dipelihara karena cara menanam dan perawatannya juga tidak terlalu rumit. Selain itu, banyak manfaat yang diperoleh jika merawat tanaman hias. Salah satu dapat menghilangkan sters seseorang karena melihat keindahan dari tanaman hias tersebut. Semoga Bermanfaat !!!

Jenis Tanaman Hias Yang Tidak Memerlukan Sinar Matahari

 

Categories Info

Leave a Comment