youtube.com

Cara Budidaya Burung Blackthroat

Posted on

Cara Budidaya Burung Blackthroat  –  Sebagai bagian kelompok burung berkicau dari spesies Fringillidae atau kenari, burung balckthroat memiliki karakteristik yang menarik. Warnanya yang hitam dengan sedikit corak pada lehernya sehingga memberikan kesan berdasi.

Sifatnya yang poligami akan memberikan keuntungan dalam pengembangbiakannya. Hal tersebut menjadi daya tarik para kicau mania untuk ikuti mengembangkan cara budidaya burung blackthroat.

Karakteristik dan Ciri Blackthroat

Karakteristik dan Ciri Blackthroat
youtube.com

Cara budidaya burung blackthroat sebaiknya dimulai dengan mengenal karakteristik dan ciri-cirinya terlebih dahulu. Blackthroat merupakan burung penyuka biji-bijian ini juga dikenal sebagai kenari Afrika.

Yang menarik dari blackthroat jantan adalah warna hitam pekat pada tenggorokannya dan terdapatnya warna kuning di ujung ekor burung tersebut.

Balcktrhoat banyak hidup dan berkembang di Asia dan Afrika. Di habitat aslinya burung ini banyak hidup didaerah hutan perdu yang cukup terbuka dan beriklim tropis atau panas. Sementara di Indonesia keberadaan burung blackthroat  sendiri diawali kedatangan bangsa belanda di masa penjajahan dahulu.

Dan saat ini perkembangan burung blackthroat sudah menyebar di beberapa pulau seperti; jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan dan lain sebagainya. Apalagi saat ini juga sudah mulai berkembang cara budidaya burung blackthroat dikalangan kicau mania. Harganya yang mahal menjadikannya salah satu primadona para peternak burung berkicau.

Cara Budidaya Burung Blackthroat

Cara Budidaya Burung Blackthroat
youtube.com

Untuk memperoleh hasil dan keuntungan yang maksimal diperlukan persiapan sebagai bagian dari cara budidaya burung blackthroat. Tempat yang menjadi lokasi pembudidayaan atau sangkar untuk indukan dan anakan sebaiknya dipersiapkan. Beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk pembudidayaan burung blackthroat, antara lain:

1. Memilih Indukan yang Tepat

Pemilihan indukan menjadi faktor terpenting cara budidaya burung blackthroat. Sebab indukan yang berkualitas akan menghasilkan anakan burung blackthroat yang terbaik juga.

Beberapa kriteria yang bisa dijadikan acuan dalam memilih indukan blackthroat, seperti: tidak cacat, sehat, aktif dan lincah serta memiliki sorot mata yang tajam. Sementara jenis kelamin blackthroat dapat dibedakan sebagai berikut:

BACA JUGA  Cara Budidaya Burung Merpati Pedaging

Blackthroat Jantan

Cirinya yaitu memiliki postur tubuh yang tegap dan gagah dengan panjang tubuh berkisar 12 cm. Lehernya yang panjang dengan warna hitam pekat pada tenggorokannya.  Sementara bentuk kepalanya yang lonjing dan besar dengan paruh tebal. Selain itu memiliki suara yang nyaring dan lagu cukup  variatif ketika berkicau.

Blackthroat Betina

Cirinya yaitu memiliki bentuk tubuh bulat. Lehernya yang pendek dengan warna tenggorakannya terlihat samar. Bentuk kepalanya kecil dan bulat. Memiliki paru yang tipis dengan volume suara kecil dan kicaunya monoton.

2. Pemeliharaan dan Perawatan kesehatan Indukan Blackthroat

Pemeliharaan dan merawat kesehatan indukan merupakan salah satu cara budidaya burung blackthroat yang perlu mendapat perhatian. Menjaga kebersihan kandang merupakan perawatan harian yang sebaiknya rutin dilaksanakan.

Pemberian makanan sayuran dan biji-bijian sebaiknya dilakukan secara rutin dengan tetap memperhatikan kebersihannya. Akan lebih baik lagi jika menyediakan makanan tambahan yang berprotein tinggi.

3. Cara Mengawali Masa Perjodohan Blackthroat

Burung blackthroat mengalami pendewasaan kelamin ketika berusia 8 hingga 9 bulan. Tetapi untuk kesempurnaan alat reproduksinya, sebaiknya dimulai ketika berumur 1 tahunan. Jadi cara budidaya burung blackthroat yang terbaik adalah saat mencapai kematangan dan kesempurnaan organ-organ reproduksi.

Terlebih dahulu pastikan kedua burung tersebut tidak cacat, dalam kondisi sehat serta tidak mengalami stress. Indukan blackthroat yang sudah birahi ditandai dengan perilaku mengepakan sayapnya ketika terpancing gerakan indukan betinanya.

Baca Juga: Cara Budidaya Burung Merpati Pedaging

Selanjutnya adalah menjaga suhu udara di dalam kandang dan sekitarnya agar tetap hangat, seperti lampu penghangat dan ventilasi untuk masuknya cahaya matahari..

Biasanya kesulitan yang sering dihadapi para peternak pemula adalah masalah perjodohan burung blackthroat itu sendiri. Hal tersebut dapat diatasi dengan memasang sekat pada kandang perjodohannya.

Jangan lupa untuk meletakan tangkringan yang sejajar satu sama lainnya. Kurang lebih 2 minggu sekat dapat dibuka, sehingga kedua burung tersebut lebih cepat untuk saling tertarik dan mau berjodoh.

4. Mengatasi Persoalan di Masa Pengeraman Telur Blackthroat.

Masalah yang sering dialami  para peternak burung blackthroat adalah induk jantan yang suka mengacak-acak perarangan telurnya. Jadi cara budidaya burung blackthroat pada saat mulai pengeraman, siapkan petarangan lain sebagai pengganti untuk induk betinanya.

Selain itu terkadang sang induk betina tidak mau mengerami telur-telurnya. Bahkan malah membuang telur-telur tersebut.

Hal itu disebabkan adanya suara berisik yang mengganggunya, baik berasal dari indukan jantannya atau burung lain disekitarnya. Solusinya adalah dengan memisahkan kedua indukan tersebut. Dan memberikan tempat yang tenang dan nyaman bagi indukan betina.

BACA JUGA  Cara Budidaya Ikan Black Molly

5. Proses Sebaiknya Dilakukann Setelah Telur menetas

Yang selanjutnya menjadi perhatian dalam cara budidaya burung blackthroat adalah setelah menetasnya telur-telur yang sudah dierami sebelumnya. Seperti kebanyakan burung kenari, telur blackthroat akan menetas setelah 14 hati.

Untuk itu kebersihan kandang sepatutnya dijaga. Selain itu asupan makanan bergizi dengan protein tinggi sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan anakan blackthroat.

6. Memilih Makanan yang Bergizi dan Berprotein Tinggi

Makan untuk burung blackthroat adalah biji-bjian, buah dan sayur atau dedaunan. Beberapa biji-bijian yang biasa dijadikan makanan, seperti; biji sawi, biji lobak, milet, jewawut dan masih banyak lainnya.

Sedangkan untuk buah-buahan blackthroat bisa memakan buah apel, tomat, timun dan lain sebagainya.

Sementara untuk jenis sayur-sayuran burung ini sangat menggemari makan berserat seperti; oyong, daun selada, sawi, daun singkong dan lain sebagainya.

Dan ternyata makan berserat tersebut dibutuhkan untuk membantu proses pencernaan burung blackthroat, agar tetap sehat dan bugar.

Selain makan alami burung blackthroat juga memerlukan makanan tambahan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya. Beberapa  extra fooding seprti canary seed  digunakan untuk melengkapi asupan dari alam. Dan tentunya burung yang sehat akan rajin menghasilkan suara atau kicauan yang merdu.

7. Tips Mengatasi Gangguan dari Serangga atau Tikus

Serangga seperti semut akan sangat mengganggu proses budidaya burung blackthroat. Untuk itu gunakan kapur anti serangga yang dioleskan pada kaki-kaki kandang tersebut.

Selain itu penggunaan kandang dari bahan yang kokoh akan mengamankan anakan blackthrot dari tikus. Meskipun pada awalnya tikus-tikus tersebut berniat mencuri makanan. Tetapi bisa juga memangsa anakan burung yang masih kecil-kecil.

Untuk itu menjaga kebersihan kandang sebaiknya dilakukan rutin setiap hari. Sehingga kotoran dan sisa-sisa makanan yang ada bisa mengundang serangga atau tikus untuk mendekat.

Selain itu aroma bau yang tidak segar bisa menyebabkan gangguan pada anakan burung blackthroat, maka menjaga kandang untuk tetap kering perlu dilakukan.

Berjemur dengan memberikan kehangatan cahaya matahari pagi antara jam 08.00 hingga 10.00 akan membantu menjaga kesehatan anakan blackthroat. Tentunya dengan menyediakan minum untuk mencegah dehidrasi anakan burung tersebut. Bisa juga dengan membuat ventilasi di kandang, agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam areal kandang.

Demikian informasi dan tips praktis cara budidaya burung blackthroat. Prospek yang menguntungkan ini banyak dilirik para kicau mania untuk mulai beternak blackthroat. Apalagi pembudidayaannya berasal dari induk masteran yang bersuara gacor dan ngerol. Semoga menambah pengetahuan dan memberikan manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *