Cara Budidaya Bunga Mawar

Cara Budidaya Bunga Mawar – Kini semakin banyak orang yang ingin membudidayakan bunga berwarna merah khas romansa percintaan ini. Cara budidaya bunga mawar pun tidaklah sulit dilakukan. Bunga mawar sendiri adalah tanaman hias yang sudah banyak digunakan sebagai pelengkap keindahan di pekarangan rumah di belahan dunia manapun.

Bunga mawar terkenal dari Negara Belanda dan beberapa jenis di Indonesia datang dari Negara tersebut. Cara budidaya bunga mawar yang mudah menjadikan banyak orang yang membudidayakan tanaman ini untuk kemudian dikembangkan sebagai bisnis. Ingin tahu bagaimana caranya, berikut ini penjelasannya.

Cara Budidaya Bunga Mawar

Cara Budidaya Bunga Mawar
youtube.com

Setelah melakukan penanaman bibit bunga mawar maka selanjutnya adalah menerapkan cara budidaya bunga mawar yang baik dan benar. Dengan mempraktikan hal-hal ini maka budidaya bunga mawar yang dilakukan akan berhasil.

1. Persyaratan Bibit Mawar

Sebelum membudidayakan bunga mawar cara awal yang harus dilakukan adalah memilih bibit. Pilihlah bibit dengan kualitas baik dan juga sehat. Setelah itu masukkan bibit bunga mawar dalam air. Apabila bibit tenggelam maka bibit dalam keadaan baik dan begitu juga sebaliknya.

2. Mempersiapkan Bibit Mawar

Hal yang perlu diperhatikan ketika memilih benih bunga mawar adalah bibit harus dari tanaman yang sudah produktif. Artinya tanaman itu sudah sering berbunga dan bibit harus diambil dari bunga yang sudah matang di tanaman agar memperoleh hasil yang lebih baik lagi.

3. Penyemaian Bibit Mawar

Dalam menyemai bibit mawar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Proses ini akan berlangsung selama 4 minggu untuk menunggu sampai benih mulai berkecambah. Berikut ini cara penyemaiannya.

  • ambil benih yang busuk dari bunga mawar di media semai
  • Taruh benih bunga mawar ke dalam air agar terlihat benih tersebut baik atau tidak
  • cuci benih bunga mawar menggunakan air yang bersih
  • tiriskan benih bunga mawar yang telah dipilih. Letakkan benih bunga mawar pada tempat yang teduh pada saat akan melakukan penyemaian benih pada media
  • semaikan benih dengan jarak 5 sampai 10 cm dengan rata.

4. Pemeliharaan Pembibitan

Dalam pemeliharaan pembibitan dapat dilakukan dengan cara menyiram media penyemaian dalam waktu 1 sampai 2 kali sehari. dan jika bibit mulai membesar, maka dapat dipindahkan ke media pot yang diisi tanah, pupuk dan pasir dengan perbandingan 1:1:1. Apabila bibit sudah berumur 22 bulan maka sudah dapat dipindahkan ke lahan permanen.

5. Membuat Pola Penanaman

Buatlah pola penanaman bibit bunga mawar dengan menggunakan ukuran sekitar 60×60 cm. Usahakan agar pola tidak terlalu dekat dengan jarak tanaman lainnya. Jangan lupa harus disesuaikan lagi dengan keadaan bunga yang akan ditanam.

6. Membuat Lubang Tanam

Buat lubang menggunakan sekop melengkung untuk membuat lubang yang silinder. Ukur lubang sebesar 45×45 cm agar dapat meletakkan bunga di dalam lubang dengan bagian cabang utama sejajar dengan permukaan tanah. Hal ini juga mempengaruhi agar akar tidak terlalu menempel pada tanah. Dapat juga dilebihkan ukurannya menjadi 45×50 cm.

7. Menyiapkan Tanah Untuk Menanam Bibit Mawar

Cara budidaya bunga mawar yang selanjutnya adalah menyiapkan tanah untuk menanam bunga mawar. Untuk persiapan tanah haruslah yang gembur, subur dan terdapat sinar matahari. Kemudian pada tanah yang ingin diberi tanaman harus juga terbebas dari hama seperti rumput dan batu.

8. Mempersiapkan Media di Dalam Pot

campurkan tanah, kompos yang diperlukan dan juga pasir dengan perbandingan 1:1:1. Persiapkan pot dengan ukuran pas dengan ukuran tanaman yang ditanam. Usahakan pot yang digunakan adalah yang terbuat dari tanah dan tidak di cat. Persiapkan pula bahan penunjang seperti pecahan genteng atau arang untuk drainase air. Hal itu juga untuk mempermudah pemindahan tanaman dari pot ke tanah.

9. Mengisi Media Tanam di Dalam Pot

Jika menggunakan media pot, maka persiapkan lubang pada dasar pot untuk menghindari kelebihan air pada pot lalu basahi pot yang akan digunakan. Masukkan pecahan genteng atau arang yang digunakan sebagai drainase air dengan ketebalan 1 cm dari pot, perhatikan penempatannya agar lubang tidak tersumbat.

Setelah itu jangan lupa masukkan juga humus ke dalam pot dengan rata. Untuk ketebalan humus sekitar 1 cm di atas lapisan arang atau pun genteng. Kemudian, masukkan juga pasir, tanah dan tentunya pupuk dengan perbandingan 1. Tambahkan juga sedikit abu dapur. Lakukan secara berulang hingga 90% dan pot siap ditanami bunga mawar.

10. Membuka Lahan Untuk Ditanam

Ketika membuka lahan maka tanah harus dicangkul dengan kedalaman 30 cm hingga tanah menjadi gembur. Lalu diamkan tanah selama 15 sampai 30 hari untuk dikeringkan dan terbebas dari gas beracun yang mengendap pada tanah.

11. Membentuk Bedengan

Setelah itu, jangan lupa untuk membuat bedengan yang lebarnya sekitar 100 hingga 120 cm. Untuk tinggi dan juga jarak antar tanaman sekitar 30 cm. Disesuaikan pula ukuran itu dengan keluasan lahan. Hal ini perlu untuk dilakukan apabila bunga mawar bertumbuh secara asimetris.

12. Memupuk

Untuk membudidayakan bunga mawar pupu yang digunakan yaitu pupuk organik. Tebarkan pupuk organik secara merata dan sambil perbaiki bedengan apabila dirasa kurang pas. Lalu pupuk organik dimasukkan ke lubang tanam sebanyak 1 sampai 2 kg per tanaman. Sesuaikan pula dengan banyak dan besar tanaman tersebut. Lakukan hal ini selama 3 sampai 4 bulan sekali.

13. Penyiangan

Cara ini harus dilakukan bersamaan dengan pemupukan untuk mempercepat proses dan memperingan perkerjaan. Selama melakukan pemupukan, bersihkan pula rumput di sekitar tanaman agar tidak terkena penyakit. Usahakan hati-hati dalam mencabut agar tidak merusak tanaman mawar yang ditanam.

14. Perairan

Terakhir cara budidaya bunga mawar yang harus dilakukan adalah pengairan. Perairan dilakukan sekitar 1 hingga 2 hari apabila umur tanaman baru 1 sampai 2 bulan. lalu secara perlahan kurangi perairan apabila sudah semakin naik umur tanamannya sambil memperhatikan kondisi cuaca dan lahan dari bunga mawar. Usahakan perairan dilakukan ketika pagi dan sore hari dan gunakanlah alat bantu siram.

Artikel Lain: Cara Budidaya Ikan Koi

Langkah-Langkah Penanaman Bunga Mawar

Langkah-Langkah Penanaman Bunga Mawar
kampustani.com

Bunga mawar merupakan tanaman hybrid yang sering dijumpai di Indonesia. Keindahannya ini memancing para peternak untuk melakukan pembudidayaan tanaman ini. umumnya bunga mawar dapat dibudidayakan melalui tanah ataupun menggunakan pot. Media yang dipakai untuk menanam bunga ini adalah tanah polybag.

Usahakan pula ketika menanam dengan cara apapun harus ketika memasuki awal musim penghujan. Untuk mengetahui bagaimana cara menanam bunga mawar selanjutnya, simak ulasan ini.

  • Cabut bibit bunga mawar yang akan ditanam dari media pembibitan.
  • Kemudian potonglah batang dan beberapa cabang dari bunga mawar. Sisakan saja sepanjang 20 sampai 25 cm agar hibatus tanaman menjadi pendek.
  • Potonglah akar bunga mawar hingga menjadi sedikit. Gunakan alat yang tajam dan bersih.
  • Rendam bibit di dalam air berlarutan ZPT sebanayak 1 sampai 2 liter dalam jangka waktu 15 sampai 30 menit.
  • Selanjutnya tanamlah bibit bunga mawar tersebut di tengah lubang. Jangan lupa atur akar bunga mawar agar menyebar ke segala arah. Kemudian tambahkan tanah hingga mencapai leher batang.
  • Padatkan tanah agar akar langsung bertemu dengan air basah lalu siram tanaman. Usahakan tanaman bunga mawar ini terhindar dari sengatan sinar matahari sore.

Video Cara Stek Bunga Mawar

Itulah beberapa cara budidaya bunga mawar yang dapat dicontoh di pekarangan rumah. Sebagai penghias tentunya bunga mawar menjadi pilihan utama yang akan dijadikan sebagai objek. Untuk itu perhatikan cara budidayanya agar hasilnya menjadi sukses dan bunga mawar akan subur.

Cara Budidaya Bunga Mawar

Leave a Comment