sipendik.com

Cara Membuat Pupuk Booster

Posted on

Cara Membuat Pupuk Booster – Permasalahan yang sering tumbuh dari pertumbuhan sebuah tanaman adalah perkembangan pada tumbuhan berjalan dengan lambat dan sering sekali mengalami penundaan pada proses pembuahan.

Inilah yang perlu diperlukan untuk memikirkan hal efektif cara membuat pupuk booster yang terbaik dan berkualitas bagus. Sehingga mempunyai nilai manfaat yang tinggi, dengan rasa yang manis.

Kesegaran pada buah, juga merupakan faktor penting yang didapat dari kualitas pupuk yang digunakan, jika pupuk yang digunakan dengan kualitas yang tidak bagus dan baik.

Maka hasil dari penanaman pohon buah tersebut cenderung menghasilkan buah dengan ukuran kerdil dan rasa yang tidak sesuai harapan. Jadi penanaman seperti ini sangat merugikan.

Contoh tanaman yang sering sekali membutuhkan pupuk dalam pengembangan buahnya agar berbunga banyak, adalah Kelengkeng. Dimana, para petani sering sekali menggunakan pupuk jenis booster agar hasilnya maksimal.

Permasalahannya harga pupuk jenis booster sangat ekspensive dan sulit untuk didapatkan. Padahal, jika penanaman dengan pupuk ini, akan mendapat penghasilan yang didapat bertambah.

Manfaat Pupuk Booster dalam Keadaan Sehari-hari

Manfaat Pupuk Booster dalam Keadaan Sehari-hari
sipendik.com

Cara membuat pupuk booster memiliki manfaat yang sangat luar biasa didalam kehidupan sehari-hari, dimana manfaat yang paling dirasakan adalah memberikan perawatan pada tanaman agar selalu tumbuh subur.

Dimana, jika membuat pupuk ini dengan bahan alami secara organik. Tanpa memasukkan bahan yang merusak, maka buah yang dihasilkan kaya manfaat dan sehat .

Selain bermanfaat untuk menjaga ketahanan pada tumbuhan, pupuk booster juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan bunga dan biji pada buah tersebut agar menjadi buah yang unggul.

Tidak hanya itu, manfaat yang dirasakan adalah rasa buah memiliki rasa segar dan manis dengan aroma wangi yang segar, dan biji yang dihasilkan lebih mentes.

BACA JUGA  Cara Membuat Pagar Bambu Untuk Kebun

Cara Membuat Pupuk Booster Praktis

Cara Membuat Pupuk Booster Praktis
tamanlestari.com

Sebelumnya, harus tahu terlebih dahulu makna dari penjelasan Pupuk Booster. Yaitu, jenis pupuk yang kaya akan unsur – unsur asam amino potasium chlorat, dan NPK baik bagi tanaman.

Namun pupuk booster yang dijual dipasaran sebenarnya  berbahaya untuk tangan dan hara tanah, berikut ini cara membuat pupuk Booster yang dibuat alami.

1. Siapkan Kocokan Kuning Telur

Kocokan kuning telur adalah bahan terbaik yang digunakan untuk pembuatan pupuk booster. Dimana cara membuat pupuk booster yang alami untuk tumbuhan tersebut adalah dengan menggunakan tiga butir telur, yang diambil dengan kuning telur ayam kampung.

Hal ini karena kandungan dari kuning telur ayam kampung tersebut memiliki protein yang sangat tinggi.

2. Menyiapkan Cairan EM4 1L

EM4 adalah bahan pembuatan pupuk kompos yang merupakan cairan kuning kecoklatan yang memilki beberapa khasiat penting.

Di dalamnya berupa jenis dari (Mikroba) atau mikro organisme yang memberikan manfaat bagi proses penyerapan dan persediaan unsur hara yang tersimpan dalam tanah. Sehingga cairan yang tersimpan tersebut memiliki kriteria yang berbau asam dan manis.

Cara Membuat Pupuk Booster Cukup Banyak

Cara Membuat Pupuk Booster Cukup Banyak
dzargon.com

Jika sebelumnya telah di bahas pembuatan pupuk secara praktis, berikut ini cara efektif dalam pembuatan pupuk booster yang dapat dicoba secara mandiri. Di mana hasilnya sangat memuaskan dan cukup banyak, Berikut ulasan lengkapnya:

1. Memisahkan Antara Putih Telur dan Kuning Telur

Cara membuat pupuk booster yang pertama, adalah dengan memisahkan antara putih telur dan kuning telur, yaitu menaruhnya pada sebuah wadah atau tempat dengan ukuran besar berupa ember.

Sehingga, bisa dicampur bersama dengan larutan bahan lainnya. Dalam pencampuran yang dilakukan adalah memasukkan cairan EM4 dengan perbandingan 1:2. Kemudian, dikocok agar melebur

2. Siapkan Air Tape dan Air Kelapa

Agar hasil pembuatan pupuk booster berkualitas baik dan membuat penggemukan pada tanaman berjalan dengan waktu cepat, maka perlunya air tape dan air kelapa.

Fungsinya adalah kadar asam akan menambah kesuburan, dengan air tape yang diperlukan adalah 1 liter, dan air kelapa yang diperlukan adalah ukuran tujuh liter hingga delapan liter.

 3. Penambahan Ragi Dan Air Beras yang Bersih

Sama halnya dengan khasiat yang didapat dari air tape dan air kelapa, dimana cara membuat pupuk booster akan memiliki kualitas yang sangat bagus, dan manfaat luar biasa untuk dapat mempercepat tumbuhan memiliki banyak bunga dan buah. Air liter yang diberikan dengan ukuran dua liter dan dan ragi dengan ukuran 30 gram.

BACA JUGA  Jenis Tanaman Merambat Tahan Panas

4. Tambahkan Perasan Kunyit,Temulawak, Lempunyang, dan Pisang

Perasan kunyit, temulawak, lempunyang, dan pisang berkhasiat tinggi dalam membuat akar tanaman menjadi lebih kuat pada tanah, sehingga akar tidak mudah rusak dan daun-daun tumbuhan tidak mudah rontok.

Baca Juga: Manfaat Pupuk Urea untuk Pohon Karet

Karena kandungan pada kunyit, temulawak dan lempunyang adalah tumbuhan organik yang baik bagi tumbuhan dan manusia. Cara pembuatannya dengan diblender sampai halus.

5. Diamkan Bahan Pembuatan Pupuk

Setelah pencampuan pembuatan pupuk telah dilakukan dengan sempurna, yaitu antara sus, cairan EM4 dan air dicampur merata.

Maka langkah selanjutnya adalah diakan campuran tersebut dalam waktu dua jam agar tercampurnya merata dan endapkna dalam suhu ruangan yang tidak panas. Agar mendapat hasil pupuk berkualitan diakan dengan waktu selama 24 jam.

6. Setelah Mengendap Masukkan Kedalam Botol Semprot

Setelah bahan pupuk tercampur dengan merata dalam ember, dan telah diendapkan selama satu malaman, maka masukkan cairan pupuk tersebut kedalam botol semprot, dengan tidak memasukkan bahan lainnya.

Botol yang digunakan sesuai kapasitas  cairan pupuk, sehingga bisa ditutup rapat, dan tidak membuat pupuk cepat tumpah. Itinya adalah cairan pupuk harus hancur.

7. Kocok Botol Semprot Sebelum diSemprotkan

Ketika cairan pupuk telah ditaruh kedalam botol semprot, maka langkah selanjutnya yang harus diperhatikan adalah mengocok terlebih dahulu botol semprot tersebut sebelum disemprotkan tanaman.

Jika cairan pupuk terlihat mengental, maka bisa tambahkan air dengan ukuran perbandingan lima liter air untuk satu sendok makan pupuk. Dan, jangan terlalu encer, lalu semprotkan.

8. Semprotkan dengan Ukuran dan Konsentrasi Tepat

Cara membuat pupuk bosster adalah perihal yang sedikit sulit untuk dilakukan, namun jika memperhatikan langkah-langkah pembuatannya dengan cermat, maka hasil yang didapatkan akan leibh baik dan sesuai dengan yang diharapkan.

Perbandingan konsentrasi yang tepat adalah 6 sampai 7 sendok makan dengan kapasitar ukuran pertangkinya adalah berukuran 2 mililiter per airnya.

9. Jangan Terlalu Lama Menyimpan Pupuk Booster

Terakhir yang harus diperhatikan dalam pembuatan pupuk booster adalah jika pupuk yang dibuat ternyata berlebih, maka penyimpanan pupuk tidak boleh terlalu lama.

Semua itu karena ini akan membuat pupuk tersebut akan tetap memiliki kualitas yang baik dan membuat pertumbuhan pada tumbuhan tersebut tumbuh sesuai dengan yang diinginkan. Sehingga, baik hanya digunakan sekali.

Demikianlah informasi tentang cara membuat pupuk booster tersebut, semoga informasi ini memberikan banyak manfaat.

BACA JUGA  Manfaat Pupuk Urea untuk Pohon Karet

Semua itu agar para petani yang ingin memulai pupuk organik bisa memperoleh panduan pembuatan pupuk booster ini dengan mudah, tepat, dan kaya manfaat. Sehingga tidak perlu membeli pupuk dengan harga yang maha untuk membuat tanaman subur dan gemuk.

Cara Membuat Pupuk Booster

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *