Cara Menanam Bunga Dahlia

Posted on

Cara Menanam Bunga Dahlia – Perlu diketahui bahwa bunga dahlia merupakan salah satu bunga yang banyak ditanam oleh para penggemar bunga hias. Hal tersebut dikarenakan, bunga dahlia memiliki beragam warna yang indah dan cantik.

Selain itu, penanaman dan perawatan bunga dahlia dapat dibilang cukup mudah dan praktis. Tak heran jika sekarang banyak masyarakat yang menanam bunga dahlia ini.

Bagi seseorang yang tertarik ingin menanam bunga dahlia, berikut adalah beberapa penjelasan tentang cara menanam bunga dahlia dan perawatannya yang mudah dan praktis.

Cara Menanam Bunga Dahlia

Cara Menanam Bunga Dahlia
lazada.co.id

Penanaman bunga dahlia dapat dibilang cukup mudah,karena bunga dahlia dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Untuk yang ingin tahu lebih dalam lagi tentang bagaimana cara penanaman bunga dahlia, berikut penjelasannya.

1. Kenali Dasar Penanaman Bunga Dahlia

Langkah pertama dalam penanaman bunga dahlia ialah mengetahui dan mengenali dasar penanaman bunga dahlia. Agar bunga dahlia dapat tumbuh subur, maka bunga dahlia harus mendapatkan sinar matahari yang cukup dan sistem pengairan yang lancar.

Bibit bunga dahlia sangat mudah untuk didapatkan, jadi masyarakat tidak perlu khawatir lagi jika ingin menanam bunga dahlia. Hampir semua pedagang tanaman hias menyediakan bibit bunga dahlia.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Rosemary

Biasanya, pedagang tanaman hias juga menyediakan bibit bunga dahlia yang sudah disilangkan dengan bunga hias lainnya, sehingga nantinya bibit tersebut akan tumbuh menjadi bunga yang indah sekali.

2. Mempersiapkan Media Tanam

Cara menanam bunga dahlia yang selanjutnya ialah menyiapkan media tanam. Bagi seseorang yang ingin menanam bunga dahlia langsung di tanah, maka siapkanlah lahan terlebih dahulu. Lahan yang sudah disiapkan, alangkah baiknya untuk dibersihkan terlebih dahulu supaya nantinya bunga dahlia dapat tumbuh subur.

Bagi seseorang yang tidak mempunyai pekarangan atau lahan yang cukup luas, jangan khawatir karena bunga dahlia dapat ditanam dalam pot. Bunga dahlia yang ditanam di pot, nantinya dapat diletakan di teras rumah ataupun di dalam rumah, sebagai hiasan. Pastikan bunga dahlia tersebut mendapatkan sinar matahari dan air yang cukup.

Yang perlu dipersiapkan saat ingin menanam bunga dahlia ialah pupuk kandang, tanah humus dan tempat menanam bunga dahlia. Untuk tempat penanaman bunga dahlia, seseorang dapat menggunakan polibag ataupun pot.

BACA JUGA  Cara Membuat Bonsai Bunga Bougenville

3. Penggantian Media Tanam

Perlu diketahui bahwa bunga dahlia merupakan bunga hias yang menyukai sinar matahari secara langsung. Hal tersebut sangat berbeda sekali dengan bunga hias lainnya yang dapat layu saat terkena sinar matahari secara langsung.

Bagi yang ingin memiliki bunga dahlia, maka lakukanlah cara-cara menanam bunga dahlia dengan baik dan benar, salah satunya adalah pergantian media tanam.

Untuk pergantian dan pemindahan media tanam, alangkah baiknya untuk menggunakan polibag terlebih dahulu. Jika bibit sudah tumbuh, maka bibit tersebut sudah layak dipindahkan ke tempat yang lebih besar dan lebih baik yaitu pot.

Untuk menanam bibit, seseorang hanya perlu mengisi polibag dengan campuran tanah humus, pasir halus dan pupuk kompos. Saat membuat media tanam, alangkah baiknya untuk menyesuaikan komposisi media tanam dengan besar atau tinggi bibit bunga dahlia.

Media tanam sebaiknya jangan terlalu padat dan jangan terlalu longgar. Hal tersebut bertujuan agar air dapat mengalir dengan lancar. Untuk hasil yang lebih baik dan memuaskan, maka siapkanlah media tanam 7 hari sebelum ditanami bibit bunga dahlia.

4. Persiapan Bibit Dahlia

Mempersiapkan bibit bunga dahlia merupakan salah satu cara menanam bunga dahlia yang wajib untuk dilakukan.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa bibit bunga dahlia sangat mudah untuk didapatkan yakni di tempat penjualan tanaman hias. Saat membeli bibit bunga dahlia, seseorang dapat memilih berbagai jenis bunga dahlia yang ingin ditanam.

Untuk seseorang yang sudah mempunyai bunga dahlia, maka bibit bisa didapatkan secara manual dari biji bunga dahlia yang sudah tumbuh tersebut. Tak hanya dari biji saja, ternyata batang dan umbinya juga dapat berkembang dan tumbuh menjadi bibit-bibit baru dari bunga dahlia.

5. Penanaman Bunga Dahlia

Saat bibit bunga dahlia sudah tumbuh cukup tinggi, maka yang harus dilakukan ialah memindahkan bunga dahlia tersebut ke wadah yang lebih besar misalnya saja pot. Agar bunga dahlia tumbuh subur dan indah maka alangkah baiknya untuk menambahkan pupuk kimia pada bunga dahlia tersebut.

Cara menanam bunga dahlia memang dapat dikatakan sangat mudah, jadi siapa saja dapat menanam tanaman hias ini. Pertama-tama pisahkanlah bibit bunga dahlia dari polybag dengan cara melonggarkan atau melebarkan media tanam terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan agar, akar dari bibit bunga dahlia tidak rusak.

Artikel Lain: Cara Membuat Bonsai Bunga Bougenville

BACA JUGA  Cara Menanam Bunga Krokot

Pangkaslah daun pada bunga dahlia, supaya pertumbuhan tanaman tidak terfokus pada pertumbuhan daun saja. Dengan begitu maka nantinya akan banyak bunga dahlia yang bermekaran karena pertumbuhan akan terfokus pada pertumbuhan bunga saja.

Agar bunga dahlia tumbuh dengan cepat dan subur, maka gunakanlah pupuk kimia dan pupuk kompos. Perlu diketahui bahwa bunga dahlia sangat memerlukan sinar matahari dalam setiap pertumbuhannya, maka dari itu sangat penting sekali untuk memperhatikan sinar matahari yang dibutuhkan bunga dahlia.

Cara Merawat Bunga Dahlia

Cara Merawat Bunga Dahlia
esteem.app

Di atas sudah dijelaskan tentang cara menanam bunga dahlia, setelah bunga dahlia tumbuh, maka seseorang harus merawat bunga dahlia tersebut agar tetap tumbuh subur.

Semua pecinta tanaman hias pasti menginginkan bunga dahlia tumbuh sehat dan subur dengan bunga-bunga yang indah. Untuk menghasilkan bunga dahlia yang indah, maka alangkah baiknya untuk melakukan langkah-langkah perawatan di bawah ini.

  • Apabila bunga dahlia sudah tumbuh sehat, alangkah baiknya untuk mengurangi intensitas pemupukan.
  • Potonglah ranting dan daun yang busuk dengan menggunakan pisau atau gunting tanaman.
  • Jagalah bunga dahlia dari serangan hama penyakit dan serangga.
  • Janganlah terlalu sering menyirami bunga dahlia, karena terlalu banyak air dapat menyebabkan bunga dahlia membusuk.
  • Pastikanlah bunga dahlia selalu terkena sinar matahari secara langsung.
  • Jika tumbuh tunas baru, maka pisahkanlah tunas baru tersebut, agar pertumbuhan bunga dahlia tidak terlalu padat saat berada di dalam pot.
  • Lakukanlah penyemprotan anti hama jika bunga dahlia diserang oleh hama penyakit.
  • Jangan biarkan bunga dahlia tumbuh terlalu tinggi, potonglah ranting-ranting yang berlebihan secara rutin dan teratur.
  • Saat cuaca kering dan panas, maka sering-seringlah menyirami bunga dahlia tersebut. Namun jangan biarkan air menggenang dalam pot dan tanah lembab dalam kurun waktu yang lama, karena hal tersebut akan mengakibatkan bunga dahlia menjadi busuk.

Pembahasan diatas merupakan beberapa penjelasan tentang cara menanam bunga dahlia dan perawatannya yang sangat mudah dan praktis.

Bibit bunga dahlia yang mudah untuk didapatkan membuat semua orang bisa memiliki tanaman hias yang satu ini. Tak hanya itu saja perawatan dan penanaman bunga dahlia juga cukup mudah, jadi siapa saja bisa memiliki tanaman hias yang satu ini.

Cara Menanam Bunga Dahlia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *