Cara Menanam Vanili

Posted on

Cara Menanam Vanili – Vanili memang tidak akan asing di telinga para penggemar kue. Bahan olahan yang satu ini memang sangat penting untuk memberikan cita rasa yang manis dan wangi pada kue. Beberapa olahan manis yang menggunakan vanili sebagai penambah cita rasa dan aroma adalah kue, pancake, puding dan masih banyak lagi.

Bentuk fisik dari tumbuhan satu ini yaitu beruas-ruas dan berwarna hijau, serta sangat mudah menanamnya sendiri di rumah. Namun haruslah mengetahui bagaimana cara menanam vanili yang baik dan tepat.

Daun vanili dimanfaatkan sebagai penambah aroma dalam makanan, terutama kue dan makanan manis lainnya.

Namun selain itu juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, yaitu digunakan sebagai gula sintetis bagi para penderita diabetes, dan juga produk perawatan tubuh untuk menghaluskan kulit. Untuk mengetahui penjelasan lengkap mengenai tanaman satu ini dan bagaimana cara menanam vanili paling mudah, berikut ulasannya.

Mengenal Tanaman Vanili

Mengenal Tanaman Vanili
paktanidigital.com

Tanaman vanili merupakan jenis tanaman yang berasal dari Meksiko dan kemudian menyebar ke Indonesia pada tahun 1819.

Jenis tanaman satu ini bisa tumbuh baik di wilayah tropis maupun sub tropis, seperti Amerika, Asia, dan bahkan Afrika loh. Beberapa jenis yang terkenal yaitu Vanilla Planifolia, Vanilla Pompoa, dan Vanilla Garneri yang mudah ditemukan di Indonesia.

Tanaman satu ini sering digunakan dalam industri makanan, terutama sebagai penyedap rasa dan pengharum makanan.

Meskipun harganya cukup mahal, namun peminatnya juga cukup mahal. Maka dari itu, menanamnya sendiri di rumah bisa jadi pilihan yang tepat untuk lebih menghemat pengeluaran. Tertarik untuk mencobanya?

Manfaat Tanaman Vanili Bagi Kesehatan

Manfaat Tanaman Vanili Bagi Kesehatan
abahtani.com

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai cara menanam vanili, ada baiknya untuk mengetahui apa saja manfaat tanaman satu ini untuk kesehatan. Semua itu karena manfaat dari tanaman Vanili ini sangatlah banyak. Tidak percaya? Simak ulasannya di bawah ini:

1. Mencegah Jerawat

Memiliki jerawat seringkali bisa menurunkan rasa percaya diri bukan? hal ini bisa ditanggulangi dengan tanaman vanili satu ini.

BACA JUGA  Cara Menanam Kunyit

Kandungan yang ada di dalamnya, yaitu sifat anti-bakteri bisa melawan permasalahan jerawat dan mempercepat proses penyembuhan kulit loh. Dijamin penampilan akan semakin mempesona dan kepercayaan diri meningkat.

2. Mencegah Kanker

Tidak hanya mencegah jerawat, namun tanaman vanili bisa mencegah segala jenis penyakit kanker. Fungsi anti-oksidan yang ada di dalamnya sangat baik untuk menangkal dan bahkan menghilangkan radikal bebas dalam tubuh.

Kemudian, antioksidan yang ada di dalam ekstrak vanili mampu mencegah efek buruk dari radikal bebas, kanker dan juga penyakit kronis lainnya. Sangat mencengangkan bukan?

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Tanaman vanili mengandung zat Vanillin yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh, terutama dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma

Bagi penderita stroke maupun terkena serangan jantung, tentunya tanaman satu ini bisa sangat membantu meredakannya loh. Pasalnya kadar kolesterol yang rendah akan mencegah adanya Aterosklerosis, pembengkakan pada arteri maupun pembekuan darah yang menjadi sarang penyakit kronis.

4. Memperkuat Rambut

Tidak hanya mampu menjaga kesehatan tubuh, namun tanaman vanili yang sudah di ekstrak menjadi minyak esensial ini mampu memperkuat rambut dan mencegah kerontokan.

Gunakan minyak esensial vanili ini secara rutin dan teratur agar aliran darah ke kulit kepala bisa menjadi lancar dan pertumbuhan rambut jadi lebih baik.

5. Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa aroma yang dihasilkan oleh tanaman vanili ini mampu menurunkan berat badan loh.

Hal ini dikarenakan aroma yang ada pada vanili bisa memberikan efek kenyang dan membantu dalam mengurangi porsi dan juga frekuensi makan jadi lebih sedikit. Tentunya sangat baik untuk melancarkan proses diet bukan?

6. Mengatasi Depresi

Sedang mengalami stres atau depresi? tanaman vanili ini bisa dibilang sangat ampuh untuk mengatasinya. Sifat anti-depresi yang terkandung dalam tanaman satu ini bisa mengatasi depresi maupun masalah obsesif kompulsif yang menyiksa loh.

Cara Menanam Vanili

Cara Menanam Vanili
batitani.blogspot.com

Setelah mengetahui begitu banyak manfaat dari tanaman satu ini tentunya membuat siapapun ingin mengonsumsinya. Namun dari pada beli di pasar ada baiknya menanamnya sendiri. Simak cara menanam vanili yang mudah dan bisa dilakukan oleh pemula berikut ini, antara lain:

1. Pilih Lahan Tanam

Cara menanam vanili yang pertama yaitu dengan memilih lahan tanam yang tepat. Tidak perlu menggunakan rumah kaca, tanaman vanili ini pun bisa tumbuh dengan baik asal lahan tanam berspesifikasi baik.

BACA JUGA  Cara Menanam Buah Naga

Pastikan bahwa tempat menanam vanili memiliki suhu yang hangat dengan suhu sekitar 18 hingga 23 derajat celcius dan memiliki pencahayaan yang cukup. Tekstur tanah pun juga perlu diperhatikan, yaitu agak lembab dan juga gembur.

2. Pilih Bibit Unggul

Setelah memilih lahan tanam yang tepat, langkah selanjutnya dalam cara menanam vanili adalah harus memilih bibit unggul.

Belilah di toko tanaman yang terpercaya dan pilih bibit berkualitas, sehingga hasilnya pun akan baik pula. Selain itu, bisa pula dengan cara mendapatkan stek langsung dari tanaman vanili yang ada di sekitar. Pilihlah batang dengan ukuran tinggi pohon yang sudah mencapai 3 meter lebih.

3. Penanaman Vanili

Langkah selanjutnya yaitu pada proses penanaman vanili. Pastikan untuk memperhatikan keadaan lahan tanam yang ada, apakah sudah siap dan sesuai dengan keinginan apa belum.

Artikel Terkait: Cara Menanam Bunga Iris Kuning

Barulah tanam bibit tersebut di pekarangan rumah, ataupun menanamnya di pot jika tidak punya lahan yang besar. Tancapkanlah pula kayu di dekat tanaman agar dapat tumbuh merambat dengan baik secara horizontal.

4. Perawatan Vanili

Tidak hanya menanamnya, namun tanaman vanili memerlukan perawatan yang tepat agar tumbuh dengan baik. Perawatannya cukup mudah, yaitu cukup dengan menyiram dan lakukan pemupukan secara rutin. Hal ini akan menghasilkan tanaman vanili dengan kualitas yang baik.

5. Penyiraman Vanili

Penyiraman vanili sangat penting dilakukan, pasalnya terkadang cuaca tidak menentu dan membuatnya sangat kering.

Siram dengan sedikit air dan tidak terlalu basah agar tidak menggenang, dimana menyebabkan timbulnya jamur yang akan menghambat pertumbuhan tanaman. Lakukan secara rutin setidaknya 2 kali sehari dan sesuaikan dengan keadaan cuaca yang ada ya.

6. Pemupukan Tanaman

Tidak hanya menyiram, pemupukan tanaman juga sangat penting dilakukan. Lakukan secara rutin setidaknya 2 minggu sekali setelah tanaman berumur 5 bulan.

Pemberian pupuk alami seperti pupuk kompos atau pupuk kandang sangat dianjurkan agar tanaman bisa tumbuh dengan baik.

7. Pemanenan

Langkah terakhir dalam cara menanam vanili adalah proses pemanenan. Lakukan pemanenan pada saat tanaman sudah berumur kurang lebih 3 tahun setelah masa tanam. Pertanda bahwa vanili sudah siap panen adalah ketika tanaman sudah memiliki buah berwarna hijau dengan pucuk berwarna kuning nan cantik.

Pemanenan ini bisa berlangsung 2 hingga 3 bulan loh, jadi persiapkan segala yang dibutuhkan.

Demikian informasi mengenai cara menanam vanili yang mudah dan tepat. Praktikkan di rumah sendiri dengan praktis dan mempermudah ketika membutuhkan tanaman satu ini untuk menambah aroma atau cita rasa pada kue yang dibuat.

BACA JUGA  Cara Menanam Bunga Melati

Dijamin tidak akan merepotkan dan tentunya menghemat pengeluaran tanpa harus membelinya di toko bukan? Cukup berbekal ilmu bagaimana menanam dan kesabaran dalam merawatnya, dijamin tanaman akan tumbuh dengan baik hingga panen dan menghasilkan vanili berkualitas tinggi. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya di rumah!

Cara Menanam Vanili

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *