Cara Menanam Bunga Iris Kuning

Posted on

Cara Menanam Bunga Iris Kuning – Bunga iris kuning adalah salah satu jenis bunga yang paling banyak dicari sebagai pagar rumah, dimana jenis bunga ini adalah jenis tanaman yang mudah sekali tumbuh.

Asalkan perawatannya baik dan telaten. Namun, sering sekali banyak orang mengalami kesulitan untuk mengetahui cara menanam bunga iris kuning yang baik, agar hasilnya memuaskan.

Bunga iris memiliki banyak warna, yang mana tangkai bunga ini memiliki ukuran 3 centimer hingga 25 centimeter saja. Jenis bunga iris terbagi menjadi tiga, yang pertama Iris Breadless berasal dari Eropa Selatan dan Tengah. Kedua, jenis Iris Louisiana berasal dari Amerika Serikat. Dan terakhir, Iris Siberia, dari Turki dan Eropa Timur.

Morfologi dan Makna yang Terkandung di Bunga Iris Kuning

bunga iris kuning wikipedia
bukalapak.com

Sebelum mengetahui cara menanam bunga iris kuning yang tepat, maka terlebih dahulu harus memahami dan kenal dengan morfologi pada bunga iris kuning tersebut.

Yaitu, jenis tanaman semak berumpun yang harus sering mendapatkan sinar matahari. Daun bunga iris banyak tumbuhan antara tangkai-tangkainya. Iris adalah bunga perennial yang hidup lebih dua tahun.

Memiliki banyak warna pada kelopaknya yaitu merah, putih, biru, coklat, kuning, ungu, dan hitam. Bunga ini berkembang dengan cara melalui teknik rhizoma.

Tidak hanya itu, bunga ini melambangkan banyak arti positif. Diantaranya adalah pujian, keberanian, gairah, dan persahabatan yang sejati. Media penanamannya juga bisa dengan biji, dan biasanya ditaruh dalam pot.

Manfaat Bunga Iris Kuning Bagi Dunia Kesehatan

manfaat bunga iris kuning
benetenews.blogspot.com

Manfaat yang dimiliki dari tanaman bunga Iris Kuning adalah berasal dari zat dan unsur herbal pada akar rimpang yang dimiliki oleh tanaman ini serta pada batang tubuhnya sendiri.

Dimana, zat tersebut berwujud  kimiawi dan mengandung efek famaklogis dengan rasa pahit dan pedas sedikit netral. Serta diuretic dan anti terhadap inflamasi. Inilah beberapa manfaat yang terdapat pada bunga Iris Kuning, terutama dalam dunia kesehatan dan medis sehari, diantaranya sebagai berikut :

BACA JUGA  Cara Menanam Jahe Merah di Tanah

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan atau Dyspepsia

Manfaat yang terdapat pada tanaman iris kuning salah satunya adalah mampu mengatasi gangguan pada pencernaan atau disebut juga istilah kedokterannya bernama Dyspepsia.

Dimana, kandungan pada bunga iris kuning yaitu anti inflamasinya mampu mengurangi rasa pencernaan. Yang tentunya tidak baik pada tubuh dan ini sesuai dengan riset yang dilakukan oleh para ilmuwan kanada.

2. Mengurangi Rasa Sakit Radang Tenggorokan

Selanjutnya, manfaat yang dirasakan dari bunga iris kuning adalah mampu mengatasi dan mengurangi rasa sakit radang tenggorokan yang timbul tiba-tiba dalam aktivitas sehari-hari.

Ini semua karena senyawa positif yang telah diuji secara medis, dan bisa dikonsumsi dalam bentuk diseduh. Dimana berbentuk minuman herbal yang paling banyak dicari masyarakat .

3. Mengobati Sakit Keseleo

Bagi para penderita yang sering mengalami pada sakit kesendian ataupun sakit keseleo pada kaki, maka iris kuning bisa menjadi obat yang paling ampuh dan mujarab.

Terlebih lagi, bunga ini juga pengaplikasiannya sangat mudah dengan cara ditumbuk. Lalu dioleskan ke kaki yang mengalami sakit akibat keseleo tersebut, tidak menunggu lama akan sembuh.

4. Memberhentikan Racun Atau Bisa Ular

Saat sedang digigit ular, maka jangan langsung panik, karena bisa atau racun tersebut dapat dihentikan agar tidak menjalar ke seluruh tubuh hingga syaraf.

Melalui obat herbal dari batang dan bunga iris kuning dengan ara dioleskan di tempat gigitan ular tersebut. Kemudian dibalut dengan menggunakan kain bersih agar tersebut bisa dapat dikeluarkan.

5. Mengobati Sakit Hepatitis

Manfaat lainnya yang dimiliki oleh bunga iris kuning adalah mampu mengobati rasa sakit hepatitis yang mana, pengobatan tersebut diambil dari akan dan bunga iris kuning tersebut.

Sehingga, dengan pengobatan ini maka akan menjaga hati pada manusia dari penyakit hepatitis agar tidak berlanjut lebih kronis. Sehingga, obat ini tidak diragukan lagi.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Kertas

Cara Menanam Bunga Iris Kuning dengan Tepat

morfologi bunga iris kuning
pixabay.com

Menanam bunga iris kuning tidak begitu sulit, jika saja memperhatikan dengan seksama hal-hal apa saja yang harus dilakukan dari awal hingga akhir, sehingga penanaman bunga iris kuning dapat dilakukan dengan tepat. Berikut ini tahapan cara menanam bunga iris kuning tersebut, dengan benar dan tepat, yaitu diantaranya sebagai berikut. Yaitu :

1. Ambil Bunga Iris yang Tua Sebagai Bibit

deskripsi bunga iris kuning
pxhere.com

Karena cara menanam bunga iris adalah dengan cara rhizoma, maka pilihlah bunga iris yang sudah tua, namun masih terlihat fresh dan sehat. Lalu potong bagian atas pada bunga tersebut, serta sisakan bagian bawahnya saja dengan akarnya. Maka setelah itu, biarkan 15 menit, barulah tanam di tanah ataupun di media pot.

BACA JUGA  Cara Menanam Bunga Krokot

2. Pilih Media Tanah yang Subur dan Hitam

harga bunga iris kuning
youtube.com

Cara menanam bunga iris kuning yang kedua adalah memilih lahan tanah yang akan digunakan sebagai media tanam bunga iris kuning.

Tentunya dengan memperhatikan bentuk dan tekstur tanah yang rata, berwarna hitam, kaya akan hama dan subur. Dimana, tanah yang dibutuhkan bukan liat, bahkan walaupun dengan media pot tanah yang digunakan sama.

3. Ambil Pot yang Tidak Terlalu Sempit

gambar bunga iris kuning
pxhere.com

Langkah yang kemudian harus selalu diperhatikan dengan seksama, adalah memilih pot bunga yang memiliki ukuran besar. Sehingga tidak mengganggu pertumbuhan pada tanaman bunga iris tersebut.

Dimana, pot yang dibutuhkan juga harus memiliki lubang air di bawahnya. Sehingga bisa menyerap air yang masuk ke tanah saat bunga disiram dalam skala waktu yang rutin.

4. Buat Lubang dengan Ukuran Sama

gambar bunga iris kuning
pixabay.com

Cara menanam bunga iris kuning yang harus dilakukan berikutnya adalah membuat lubang untuk bunga di tanah humus yang telah dipilih dengan ukuran yang sama dan sama besarnya.

Dan, juga berikan jarak yang tidak begitu dekat antara satu lubang dengan lubang yang lain. Semua itu agar perkembangan akar bunga iris kuning tidak terhambat.

5. Tanam Bunga Ke dalam Lubang atau Pot

cara menanam bunga iris kuning
bukalapak.com

Setelah media pot dan tanah telah siap, maka langkah selanjutnya adalah menanam bibit bunga iris tadi kedalam pot dan lubang tanah tersebut.

Hal yang perlu diperhatikan saat menanam adalah tambahkan pupuk kompos atau pupuk kandang kedalamnya. Semua itu agar pertumbuhan pada bunga semakin bagus. Lalu, jangan terlalu padat saat menimbun tanah tersebut.

6. Lakukan Penyiraman dengan Sangat Rutin

nama latin bunga iris kuning
pexel.com

Selanjutnya, hal yang harus dilakukan agar bunga iris kuning yang ditanam tumbuh subur dan berbunga indah adalah jangan pernah lupa menyiramnya dengan air bersih setiap sore hari.

Cara menanam bunga iris kuning akan terlihat mudah, jika hasilnya yang didapat sangat memuaskan pastinya. Terutama, ketika penyiraman air yang digunakan jangan terlalu banyak.

7. Berikan Nutrisi Tambahan

cara menanam bunga iris
pxhere.com

Terakhir, yang perlu diperhatikan dalam merawat tanaman bunga iris kuning agar selalu mekar, subur, dan kuat adalah dengan memberikan nutrisi tambahan.

Dimana nutrisi tersebut bisa dalam bentuk pemberian larutan pupuk alami berupa cairan vetsin ajinomoto. Sudah banyak masyarakat yang membuktikan jika ini berhasil membuat bunga memiliki warna yang cantik.

Demikianlah, cara menanam bunga iris kuning tersebut, beserta dengan manfaat, klasifikasi, serta morfologi yang terdapat pada bunga iris kuning. Dan, semoga artikel ini bisa menjadi manfaat yang luar biasa kepada semuanya yang ingin mencoba menanam bunga iris kuning. Tentunya menanam dengan baik dan hasilnya tentu saja tidak mengecewakan, tetap semangat dan selamat mencoba!

BACA JUGA  Cara Menanam Anggrek Bulan

Cara Menanam Bunga Iris Kuning

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *