Cara Menanam Lidah Buaya

Posted on

Cara Menanam Lidah Buaya – Lidah buaya bukanlah tanaman asing lagi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Tanaman yang berasal dari luar negeri ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Karena tanaman lidah buaya ini dapat menjadi alternatif pengobatan seperti untuk mencegah penyebaran sel kanker. Banyaknya kegunaan lidah buaya membuat orang ingin membudidayakannya. Berikut ini akan diulas lengkap cara menanam lidah buaya.

Deskripsi Tanaman Lidah Buaya

Deskripsi Tanaman Lidah Buaya
tanamania.com

Nama latin tanaman ini yaitu Aloe vera termasuk dalam kelompok Liliaceae yang semakin berkembang untuk dibudidayakan. Pengertian dari kata aloe berarti pahit meskipun daging dari tanaman ini pahit namun dapat dimanfaatkan sebagai bahan utama untuk olahan minuman, makanan, bahan penyegar.

Tanaman lidah buaya memiliki struktur tumbuhan terdiri dari akar, batang, daun serta bunga. Secara umum, tanaman ini menduduki sebagai 10 tanaman terlaris yang bisa dijadikan sebagai bahan baku industri. Ada banyak zat yang terkandung dalam tanaman ini seperti enzim, asam amino, vitamin.

Lidah buaya berbentuk seperti tombak yang terhelai panjang berupa pelepah. Daun lidah buaya bagian atas rata dan bawahnya cembung. Daunnya berdaging, tebal, dan tidak memiliki tulang. Lidah buaya mengandung air, getah, dan lendir berwarna hijau keabu-abuan.

Asal dari tumbuhan ini adalah dari daerah Arab yang kemudian menyebar ke daerah-daerah beriklim tropis, sub tropis hingga kering di seluruh dunia. Cara menanam lidah buaya mulai dipelajari orang dan dibudidayakan karena nilai ekonomisnya cukup tinggi.

Di Indonesia, lidah buaya pertama kali muncul ditengarai pada abad ke 17 ketika pedagang dari China membawanya. Pada saat itu, tanaman ini dimanfaatkan sebagai obat pencuci rambut dan tanaman hias. Namun sejak tahun 90an, eksploitasi besar-besaran pada tanaman ini dimulai. Penggunaannya untuk kosmetik, makanan dan minuman, dan farmasi mulai dikembangkan.

Khasiat Lidah Buaya untuk kesehatan

Khasiat Lidah Buaya Untuk Kesehatan
dapuribu-tiw.blogspot.com

Dalam 100 gram lidah buaya terdapat sedikitnya 3,4mg vitamin C, 4.5mg vitamin A, 186mg fosfor, 85mg kalium, dan 99,2gr air. Selain itu, terdapat juga protein, lemak, serat, abu, zat besi, dan vitamin B1. Sumber dari semua nutrisi ini adalah pada gel lendirnya.

Lidah buaya merupakan tanaman yang mengandung antioksidan, kalsium, natrium serta asam amino esensial. Adapun khasiat lidah buaya bagi kesehatan yaitu:

  • Pertama, menjaga kesehatan hati. Kandungan fitonutrien dapat bermanfaat untuk hati. Cara yang bisa dicoba dengan membuat jus lidah buaya.
  • Kedua, mengobati kanker tenggorokan seperti sariawan dengan mengoleskan getah lidah buaya.
  • Ketiga, menurunkan gula darah dari hasil penelitian membuktikan orang yang sering mengkonsumsi lidah buaya memiliki kadar gula darah yang rendah.
  • Keempat, menjaga kesehatan sistem pencernaan bahwa lidah buaya bisa menurunkan iritasi di lambung dan usus selain itu juga mengatasi sembelit.
  • Kelima, dapat mengatasi ruam gatal pada mulut dan kulit yaitu berkumur dengan obat yang mengandung lidah buaya dapat menurunkan peradangan gingival.
  • Keenam, meningkatkan kekebalan tubuh karena tanaman ini bisa menetralkan bakteri berbahaya pada tubuh.
BACA JUGA  Cara Menanam Pepaya

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan
bisnisukm.com

Lidah buaya jika sudah diolah dalam bentuk produk tentu akan mengurangi kandungannya. Untuk itu coba menggunakan lidah buaya langsung. Berikut ini adalah beberapa manfaat lidah buaya yang telah banyak diketahui:

  • Menghaluskan kulit wajah dengan menghilangkan komedo dan mengecilkan pori-pori. Selain itu, lidah buaya juga dapat mengurangi jerawat bahkan menghilangkan bekasnya.
  • Untuk kulit lainnya, lidah buaya dapat membantu melembabkan area kulit yang keras. Dapat pula menghilangkan bekas luka, serta menjadi tabir surya dan mengobati ruam akibat sengatan panas matahari.
  • Manfaat lainnya adalah dapat menghitamkan rambut, menghilangkan ketombe, mencegah rambut rontok, serta mengembalikan kilau rambut.

Dalam buku Egyptian Book of Remedies, disebutkan bahwa penggunaan lidah buaya sudah ada sejak jaman Cleopatra. Di jaman itu, lidah buaya digunakan sebagai pelembab kulit dan bahan baku kosmetik. Bahkan menurut orang-orang Yunani sekitar tahun 333 SM, lidah buaya adalah tumbuhan obat segala penyakit.

Alat dan Bahan Untuk Menanam Lidah Buaya

Alat dan Bahan Untuk Menanam Lidah Buaya
abahtani.com

Lidah buaya menjadi tanaman sejuta manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Banyak produk yang sudah berhasil memakai lidah buaya sebagai bahan utama seperti shampo, sabun dan produk kosmetik lainnya. Selain itu, lidah buaya memiliki bentuk unik cocok sebagai tanaman hias.

Cara menanam lidah buaya dengan menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu sebelum mulai membudidayakannya. Siapkan bibit lidah buaya yang bagus dan unggulan, pupuk kandang, sekop, pot atau polybag, tanah kering, pasir serta air secukupnya.

Cara Menanam Lidah Buaya di Rumah dengan Langkah Mudah

Cara Menanam Lidah Buaya di Rumah dengan Langkah Mudah
sahabattani75.blogspot.com

Tanaman lidah buaya banyak memiliki manfaat untuk tubuh bagian luar maupun dalam. Kini mulai diminati oleh banyak orang karena cara menanam lidah buaya juga cukup mudah.

Baca Juga: Cara Menanam Pare

Selain memiliki khasiat untuk kesehatan dan kecantikan lidah buaya juga bisa dijadikan tanaman hias yang diletakkan pada teras rumah. Jika tidak memiliki lahan luas tanaman ini bisa ditanam dengan menggunakan polybag caranya sebagai berikut :

1. Menyiapkan Polybag Sesuai Ukuran yang Diinginkan

Sebelum melakukan budidaya lidah buaya pertama yaitu menyiapkan polybag. Langkahnya sama dengan tanaman lain siapkan polybag sebelum memulai. Pilih polybag sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Untuk memilih polybag dalam lidah buaya sebaiknya pilih ukuran polybag sedang dan tidak terlalu kecil.

Selain polybag bisa menggunakan media tanam seperti pot namun lebih maksimal menggunakan polybag. Ukuran polybag yang besar bagus untuk pertumbuhan lidah buaya namun akan memakan banyak tempat. Jika memiliki pekarangan rumah yang luas bisa menanam banyak sekaligus dengan ukuran sedang akan lebih efektif.

BACA JUGA  Cara Menanam Jeruk Nipis

Ketika memilih menanam lidah buaya di pot, pastikan pot memiliki lubang-lubang di bagian bawahnya. Umumnya, pot akan dilengkapi dengan piring untuk tatakan agar air siraman tidak membanjiri lantai. Nah, sering buang air endapan ini agar akar lidah buaya tidak terus terendam air karena berpotensi busuk.

2. Menyiapkan Media Tanam yang Diperlukan

Setelah polybag dilubangi untuk ruang udara. Cara menanam lidah buaya yang kedua yaitu menyiapkan media tanam dengan memilih tanah kering. Berbeda dengan tanaman lain pada umumnya yang membutuhkan tanah basah atau gembur. Selain itu, bisa juga menggunakan tanah campuran antara pasir dan pupuk kandang.

Campuran media tanam lainnya bisa menggunakan batu apung, pasir dan perlit yang berfungsi untuk lebih mempercantik tampilan. Jika menggunakan tanah campuran bisa dicampur dengan perbandingan rata agar tanaman bisa tumbuh maksimal. Tanah campuran di sini adalah pasir yang dicampur dengan pupuk kandang.

3. Pembibitan Lidah Buaya dan Cara Penanaman

Pembibitan bisa dilakukan dengan anakan, buahan ataupun stek. Namun, yang paling sering digunakan dengan pembiakan anak. Pilihlah bibit lidah buaya anakan berukuran kecil. Carilah bibit yang segar agar tanaman bisa tumbuh optimal.

Cara pembiakan anakan tumbuh sekitar 5 hingga 6 bulan dari indukan. Pisahkan anakan setelah 1 hingga 2 bulan. Angkat anakan hingga ujung akarnya. Lalu tanam bibit lidah buaya tersebut dengan menancapkan ke media tanam. Jangan terlalu dalam dan dangkal karena bisa mengakibatkan pembusukan. Kedalaman lubang tanam secara ideal sekitar 10 cm.

Setelah anakan tertanam di pot ataupun polybag, maka sirami hingga tanahnya basah. Namun, jangan sampai air siraman menggenangi anakan. Hal ini akan menyebabkan akar busuk. Sejatinya, lidah buaya adalah tanaman gurun yang tidak memerlukan banyak air.

Tempatkan tanaman lidah buaya di tempat yang cerah lalu lakukan penyiraman lagi seminggu kemudian. Setelah periode ini, tanaman lidah buaya bisa disiram secara normal yaitu sekali sehari atau dua hari sekali.

Cara Merawat Tanaman Lidah Buaya

Cara Merawat Tanaman Lidah Buaya
adiibrahimm.blogspot.com

Tanaman yang berhabitat asli di tanah kering dan biasa hidup di daerah tropis ini perlu dirawat dengan tepat agar bisa tumbuh besar. Cara merawatnya yaitu dengan menyediakan sinar matahari, pupuk dan air. Perhatikan perubahan warna daun dan juga daun yang rontok.

Artikel Terkait: Cara Merawat Tanaman Anthurium

Memiliki intensitas cahaya cukup juga diperlukan. Hindari mendapat matahari yang kuat karena dapat merusak daun. Cara merawat lidah buaya lainnya yaitu mengganti pot. Perhatikan pertumbuhannya karena tanaman ini tumbuh cepat dan memiliki banyak tunas. Lidah buaya yang sudah bertunas dapat diambil dari induknya lalu dipindah pada pot lainnya.

BACA JUGA  Cara Menanam Selada

Mengatur Jadwal Untuk Penyiraman Tanaman Lidah Buaya

Mengatur Jadwal Untuk Penyiraman Tanaman Lidah Buaya
merahmuda.com

Tanaman lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang tidak suka dengan air. Jika kelebihan air. Tanaman ini bisa membuat daunnya membusuk. Maka berilah air secukupnya karena lidah buaya salah satu tanaman berdaging yang mengandung banyak air di dalamnya. Penyiraman lidah buaya cukup disiram sehari dua kali pada pagi dan sore hari.

Cara menanam lidah buaya juga harus diiringi dengan proses merawat lainnya yaitu penyiraman rutin dan benar. Menyirami lidah buaya sebaiknya menunggu sampai tanah kering lalu sirami secara menyeluruh. Jika tanaman ada di dalam pot, pastikan air dapat mengalir ke bawah.

Pada musim dingin, tanaman ini sebenarnya tidak perlu banyak disiram. Namun ketika musim kemarau, maka lidah buaya memerlukan banyak air agar bisa tumbuh sempurna. Cukup tidaknya kandungan air pada tanaman ini terlihat dari bentuk daun. Daun harus lurus dan montok.

Penempatan Secara Tepat Tanaman Lidah Buaya

Penempatan Secara Tepat Tanaman Lidah Buaya
jualpolybagmurah123.blogspot.com

Letakkan tanaman ini di tempat teduh namun juga terkena sinar matahari langsung. Untuk menjaga kecantikan tanaman ini maka perlu berada di tempat teduh sedangkan harus terkena paparan sinar matahari agar tanaman ini bisa berfotosintesis dengan sempurna dan dapat tumbuh kembang maksimal.

Tanaman ini bagus juga jika diletakkan di dalam rumah sebagai tanaman hias yang penting cahaya lampunya sesuai. Baiknya pada pagi dan sore hari letakkan tanaman lidah buaya di luar dan saat malam letakkan lidah buaya di dalam rumah.

Nilai Ekonomis Tanaman Lidah Buaya

Nilai Ekonomis Tanaman Lidah Buaya
lanzaloe.com

Dengan cara menanam lidah buaya yang tidak terlalu rumit dan bahkan bisa dilakukan di rumah, timbul peluang-peluang usaha yang menghasilkan nilai ekonomis tersendiri. Tanaman ini terbukti bisa diolah menjadi makanan, minuman dan kosmetik. Jadi, ada nilai tambah pada tanaman ini yang meningkatkan nilai jualnya.

Di Depok, terdapat kelompok Tani Aloevera yang telah membudidayakan dan memasok lidah buaya untuk pembuatan minuman serta bahan pangan lain seperti tepung. Harga sekilo lidah buaya di Koperasi adalah Rp1000. Rata-rata setiap petani bisa menghasilkan 5 ton sebulannya. Padahal, kebutuhan sebenarnya adalah minimal 1 ton sehari.

Jadi, peluang usaha bertani lidah buaya sangat menjanjikan karena pasarnya yang luas dan tingginya permintaan. Harga bibit yang murah yaitu sekitar Rp2000 saja, mampu membuat siapa saja bisa mulai membudidayakan tanaman ini. Hasil panen bisa dijual ke koperasi, asalkan sudah bergabung dengan kelompok tani.

Itulah beberapa langkah cara menanam lidah buaya yang bisa dipraktekkan jika ingin membudidayakan tanaman tersebut. Salah satu tanaman yang banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Perhatikan perawatannya serta penyiraman yang tepat agar lidah buaya bisa tumbuh besar dan bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Cara Menanam Lidah Buaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *