kampustani.com

Cara Menanam Mangga

Posted on

Cara Menanam Mangga – Mangga memiliki nama latin mangifera indica berasal dari India. Buah ini termasuk dalam kelompok drupe berarti biji yang terdapat daging buahnya. Ada beberapa jenis mangga, orang-orang memiliki selera masing-masing sesuai dengan kelezatan buahnya.

Pembudidayaan mangga juga sudah cukup menarik perhatian. Maka di bawah ini akan dipaparkan mengenai cara menanam mangga dengan biji agar cepat membuahkan hasil.

Produksi Mangga dalam Negeri

Produksi Mangga dalam Negeri
gdm.id

Pada 2016, total produksi hanya menyentuh angka 1,8 juta ton dan meningkat menjadi 2,6 juta ton pada 2018 lalu. Provinsi yang paling banyak menyumbang produksi mangga adalah Jawa Timur. Tak heran banyak orang bertanya bagaimana cara menanam mangga yang benar.

Jenis-jenis Mangga

Jenis-jenis Mangga
higaragro.com

Sebelum memberikan ulasan cara menanam mangga terlebih dahulu akan dijabarkan beberapa jenis mangga agar bisa memilih bibit mangga dengan tepat. Ukuran dan bentuk setiap mangga berbeda termasuk rasanya serta memiliki ciri masing-masing

  • Mangga arum manis pada umumnya menjadi idola masyarakat. Keunggulan buah ini memiliki ukuran biji kecil dan daging buahnya lebih tebal. Citra rasa buah ini manis dan harum.
  • Mangga gedong gincu, mangga ini memiliki penampilan mempesona. Saat muda kulitnya berwarna hijau dan saat matang berubah menjadi warna kuning kemerahan. Buah mangga ini kebanggan masyarakat Majalengka dengan buahnya memiliki rasa manis dan lezat.
  • Mangga madu, dari namanya saja pasti sudah bisa menyimpulkan kalau mangga ini manis seperti madu. Tekstur dagingnya lembut, tidak berserat dan kandungan air didalamnya banyak.
  • Mangga manalagi merupakan salah satu buah kebanggan warga Situbondo. Teksturnya yang lembut serta manis sangat memuaskan lidah. Mangga satu ini rasanya hampir mirip dengan mangga arumanis.

Alat dan Bahan yang Disiapkan Sebelum Menanam Pohon Mangga

Alat dan Bahan yang Disiapkan Sebelum Menanam Pohon Mangga
youtube.com

Ada beberapa alat dan bahan yang perlu dipersiapkan sebelum menanam pohon mangga antara lain bibit yang sudah dipilih sehat, kuat serta memiliki buah berkualitas.

Siapkan kotak persemaian, polybag sebagai media tanahnya kebun serta siapkan pupuk kandang dan air secukupnya. Sedangkan alat yang dibutuhkan cangkul, bambu, pisau serta wadah jika membutuhkan.

BACA JUGA  Cara Menanam Pohon Zaitun

Cara Menanam Mangga dengan Benih Biji

Cara Menanam Mangga dengan Benih Biji
indonesia.alibaba.com

Pohon mangga merupakan salah satu tanaman yang mudah ditanam dari bijinya. Sebelum menanam mangga jangan lupa untuk memilih jenis mangga yang disukai agar bisa menikmati buahnya sesuai kesukaan.

Cara menanam mangga bisa diletakkan di pot atau bisa langsung dari tanah agar bisa tumbuh besar. Berikut ini cara menanam  mangga dengan biji sebagai berikut :

1. Pemilihan Bibit

Pertama yang perlu disiapkan cara menanam mangga yaitu dengan memilih bibit unggul yang paling tepat. Pemilihan bibit bisa dilakukan dengan mencari induk tanaman di sekitar rumah atau membeli bibit di toko. Jika membeli di toko pastikan memilih bibit yang bebas dari hama penyakit tanaman.

Jika mencari biji mangga disekitar pastikan memilih pohon mangga yang memiliki buah yang lezat sehingga biji buahnya bisa dimanfaatkan untuk ditanam. Jangan lupa untuk periksa biji mangga tersebut jika biji yang sehat tampak gelap dan segar.

Artikel Lain: Cara Menanam Manggis

Setelah menemukan biji mangga yang bagus untuk dijadikan bibit. Langkah selanjutnya keringkan dan anginkan biji lalu buang kulitnya. Siapkan kotak untuk proses selanjutnya yaitu penyemaian dengan media tanah kebun dan pupuk kandang dengan perbandingan sama. Kemudian biji tanaman di permukaan tanah gembur.

2. Penyemaian Bibit Mangga

Setelah memilih biji yang tepat cara menanam mangga terlebih dahulu dengan proses penyemaian. Pelindung dari plastik harus diberikan dalam penyemaian dan usahakan agar udara tidak terlalu lembab. Lalu biji mangga ditanam pada posisi biji ke arah bawah agar akar yang tumbuh tidak bengkok.

Selama kurang lebih 2 minggu bibit akan mulai berkecambah. Apabila dalam satu biji muncul beberapa anakan pilih satu anakan saja yang paling bagus dan kuat. Kemudian pindah ke polybag ketika ketinggian sudah mencapai sekitar 30 cm. lakukan penyeleksian setelah bibit tumbuh selama 4 bulan.

3. Pengolahan Media Tanam

Langkah selanjutnya cara menanam mangga yaitu menentukan area lahan untuk dijadikan penanaman. Cari tempat yang memiliki cukup air serta buang tanaman dan hama yang tidak digunakan di sekitar lahan. Perlunya melakukan penggemburan tanah yang bisa mengeluarkan racun dalam tanah.

Jika tanah tidak subur penanaman dengan jarak rapat antar tanaman mangga yang satu dengan lainnya. Namun jika tanaman subur maka beri jarak yang agak rengang. Secara umum jarak antar tanaman kurang lebih 10 m. Berilah tambahan pupuk ke dalam lubang lalu ditutup dengan tanah.

4. Teknik Penanaman

Pada tahap penanaman terlebih dahulu membuat lubang dengan kedalaman sekitar 100 cm. Sebaiknya tanah yang digali mencapai sekitar 50 cm setelah proses penggalian selesai lubang tanah diberi pupuk kandang lalu dikeringkan dengan kurun waktu beberapa hari. Proses penanaman mangga lebih baik dilakukan saat musim kemarau.

Pada lubang yang dilakukan penimbunan lalu gali lagi dengan kedalam sekitar 30 cm. Kemudian ambil polybag lalu letakkan di tanah yang sudah digali.

BACA JUGA  Cara Menanam Bawang Merah

Sebelum memasukkan sebaiknya polybag sudah digunting bagian bawah. Tutuplah lagi dengan tanah yang sudah digali tadi lalu padatkan tanah dan pasang penyangga agar tumbuhan tidak rusak.

Cara Menanam Mangga dengan Stek

Cara Menanam Mangga dengan Stek
youtube.com

Menanam mangga dengan biji akan membutuhkan waktu yang lama yakni sekitar 5-10 tahun untuk bisa berbuah dan dinikmati. Ada cara yang lebih cepat bagi mangga agar bisa berbuah dalam kurun waktu 1-2 tahun saja loh. Ini dia langkahnya:

1. Pemilihan Ranting

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memilih ranting berkualitas baik untuk dijadikan tanaman baru. Cirinya adalah pilih ranting yang bagian pucuknya akan mengeluarkan pucuk baru dengan daun lain sudah berwarna hijau tua.

2. Pemotongan Ranting

Setelah selesai memilih, ranting akan dipotong bagian pangkal pucuknya. Tempat pemotongan biasanya memiliki ciri bekas pertumbuhan pucuk sebelumnya yang tampak lebih tua dari pucuk utama. Setelah itu beri beberapa sayatan pada potongan tadi.

3. Peletakan dan Penutupan Stek

Selanjutnya bagian yang sudah dipotong dan disayat perlu dilumuri dengan bawang merah sebagai perangsang untuk pertumbuhan akar.

Stek ditanam dalam gelas plastik dengan media tanam pasir, tanah, dan abu sekam dengan perbandingan 1:1:1. Pucuk stek akan ditutup dengan plastik gula dengan mulut plastik ke bawah hingga 2/3 gelas plastik tertutup.

4. Pemindahan Bibit

Stek tersebut akan tumbuh pucuk baru dalam kurun waktu sekitar 2 minggu dan akar akan tampak di bagian samping gelas 3-4 minggu berikutnya.

Sebenarnya stek sudah bisa dikatakan berhasil tetapi untuk menyimpannya perlu dipindah ke polybag dengan ukuran 20 x 20 cm terlebih dahulu. Bibit tinggal dipindahkan pada area yang diinginkan untuk budidaya.

Cara Membuat Bibit Mangga dengan Cangkok

Cara Membuat Bibit Mangga dengan Cangkok
tanamanmart.com

Ada yang berbeda dalam cara menanam mangga dengan bibit mangga yang diproduksi dengan pencangkokan. Sistem ini akan membuat mangga memiliki gen yang sama persis dengan indukannya dan juga lebih cepat berbuah. Beberapa langkah yang perlu dilakukan pun tidak sulit, ini dia caranya:

1. Pilih dan Kerat Batang

Pada saat melakukan pencangkokan, syarat utama tanaman yang akan dicangkok adalah tumbuh dengan baik dan manis. Lalu pilih batang mangga yang tidak terlalu muda dengan batang yang sudah menjadi kayu. Kemudian cukup kerat kulit batang dengan panjang 10 cm saja.

2. Pemberian Zat Pengatur Tumbuh (ZPT)

Ketika batang sudah dikerat, langkah selanjutnya adalah dengan pemberian zat pengatur tumbuh. Lazimnya, jenis ZPT yang digunakan adalah clonex dan pemberiannya pun beragam macamnya. Bisa menggunakan dua buah tusuk gigi lalu celupkan ke ZPT tadi kemudian tempelkan pada batang yang sudah dikerat tadi.

3. Tutup dengan Media Pembalut

Setelah diberikan ZPT, batang yang sudah dikerat tadi perlu ditempeli tanah terlebih dahulu agar tusuk gigi bisa menempel. Pastikan seluruh bagian batang yang dikerat tertutup sempurna lalu bungkus lagi dengan media pembalut. Media yang bisa digunakan adalah sabut kelapa dan plastik kemudian ikat dengan kencang.

BACA JUGA  Cara Menanam Tomat

4. Perawatan Cangkok

Saat menggunakan plastik sebagai penutup, harus dilubangi untuk kepentingan perawatan cangkok tadi. Cangkok yang sudah dibuat perlu disiram tiap hari sampai akar mulai tumbuh yakni sekitar 3-4 minggu. Nah setelah akar tumbuh, batang tadi bisa dipotong kemudian ditanam pada media tanam baru sesuai keinginan.

Cara Menanam Pohon Mangga dengan Beragam Varietas

Cara Menanam Pohon Mangga dengan Beragam Varietas
ilmubudidaya.com

Cara ini disebut dengan sambung pucuk yang dimulai dengan memilih tanaman mangga biasanya berumur 5 minggu untuk dijadikan batang bawah.

Setelah itu potong bagian atas disesuaikan dengan diameter batang tanaman varietas lain yang akan disambungkan. Pastikan pemotong yang digunakan cukup tajam ya! Lalu bagian tengah batang yang sudah dipotong dipotong lagi 2-3 cm.

Batang penyambung pada bagian bawahnya dipotong berbentuk v dan masukkan pada batang bawah. Bagian sambung tadi diikat dengan plastik es lilin dan tutup bagian pucuknya.

Letakkan hasil sambungan di tempat yang teduh dan jaga pemberian nutrisinya. Langkah ini bisa diulang ketika tumbuh cabang lain hingga satu tanaman memiliki beragam varietas.

Perawatan Pohon Mangga dengan Benar

Perawatan Pohon Mangga dengan Benar
gambar-pemandangan-cantik.blogspot.com

Secara umum buah mangga sangat membutuhkan unsur hara oleh karena itu perlu dipupuk baik menggunakan pupuk organik maupun anorganik. Untuk pupuk anorganik seperti urea atau NPK sedangkan pupuk organiknya pupuk kandang. Caranya dengan menaburkan pada tanaman lalu disiram air.

Artikel Lain: Cara Menanam Buah Tin

Untuk mengatasi agar tanaman ini tidak terserang hama seperti kutu, ulat, lalat. Bila itu terjadi bisa diatasi dengan menyemprot insektisida. Selain itu ada beberapa teknik bisa dilakukan untuk merawat pohon mangga yaitu membuang hama yang ada disekitar. Teknik ini bisa dilakukan pada saat pemupukan maupun penggemburan.

Perawatan pohon mangga berikutnya ada proses pemangkasan agar dapat membuat tumbuhan menjadi lebih baik. Saat tanaman sudah tumbuh tunas pemangkasan dimulai agar pada satu buah pohon terdiri 3 – 4 saja. Tunas dirawat hingga kurun waktu selama 1 tahun hingga tunas baru tumbuh pada batang pohon mangga.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menanam Pohon Mangga

Hal yang Perlu di Perhatikan dalam Menanam Pohon Mangga
bobisanjaya.wordpress.com

ada beberapa yang perlu diperhatikan sebelum mengulas cara menanam mangga di bawah. Ketahui tentang proses pengairannya.

Jika musim kemarau tanaman pohon yang masih muda membutuhkan hingga 80 liter per minggu. Kebutuhan air akan berkurang pada saat proses tumbuh bunga. Lalu kebutuhan air akan meningkat pada saat pembesaran selama 3 – 4 minggu sebelum buah siap dipanen.

Setelah panen pohon mangga membutuhkan  air untuk mengembalikan kondisi secara normal. Pengairan bisa dilakukan dengan menggunakan ember, semprotan yang memiliki tekanan tinggi, parit-parit menuju alur tanaman maupun membuat hujan buatan dengan memberikan air dari atas.

Proses Pemanenan Buah Mangga

Proses Pemanenan Pohon Mangga
kampustani.com

Setelah berumur 4 tahun mangga mulai menghasilkan buah dan dapat dipanen. Biasanya pada pemanenan pertama hanya akan menghasilkan kurang lebih 15 buah saja. Tanda buah siap dipanen yaitu ketika ada buah yang jatuh. Pada proses pemetikan sebaiknya buahnya jangan sampai jatuh.

Itulah pemaparan tentang cara menanam mangga dengan biji agar bisa menghasilkan buah yang banyak. Tujuan orang membudidaya mangga yaitu agar bisa menghasilkan buah banyak untuk bisa dikonsumsi maupun dijual. Untuk perlunya memilih bibit yang paling tepat agar saat memanen sesuai keinginan.

Cara Menanam Mangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *