Cara Menanam Sawi Hijau Hidroponik

Cara Menanam Sawi Hijau Hidroponik – Sawi Hijau adalah sayuran yang berwarna hijau dan kaya akan vitamin yang baik untuk tubuh. Sayuran ini sering dikonsumsi banyak orang sehingga permintaanya selalu meningkat di pasaran.

Sawi hijau sendiri dapat diolah menjadi makanan yang lezat dan memiliki kandungan serat dan air yang tinggi. Dapat dikonsumsi saat mentah maupun dimasak tergantung para konsumsi sayuran. Sawi hijau dapat ditanam dirumah dengan iklim apapun dan berikut ini cara menanam sawi hijau hidroponik di rumah.

Mempersiapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Mempersiapkan Peralatan yang Dibutuhkan Untuk Menanam Sawi Hijau Hidroponik
pixabay.com

Semua penanaman tumbuhan harus mempersiapkan peralatan agar saat menanam tidak memiliki kendala. Peralatan apa saja yang perlu disiapkan untuk menanan sawi hijau hidroponik agar mendapatkan hasil yang baik.

1. Botol Bekas Air Mineral

Botol Bekas Air Mineral Untuk Hidroponik
pixabay.com

Agar mengurangi pembuangan sampah plastik dapat menggunakannya sebagai tempat penanaman sayuran. Dengan cara membersihkan botol plastik terlebih dahulu lalu dipotong menjadi dua bagian potongan atas dan potongan bawah.

Bagian atas menjadi tempat penanamannya sedangkan bagian bawah di bolongi dan dijadikan satu dengan potongan atas. Namun dapat diganti juga dengan menggunakan ember namun lebih baik botol plastik sebagai partisipasi mengurangi sampah yang sulit terurai.

2. Pisau, Gunting, Cutter

Pisau, Gunting, Cutter Untuk Peralatan Sawi Hijau Hidroponik
pixabay.com

Dapat digunakan sebagai memotong perlengkapan dan bahan yang ada. Dengan adanya benda tajam dapat memudahkan pemotongan yang dibutuhkan sehingga perlengkapan dan bahan gampang diaplikasikan.

Sangat mudah mendapatkan pisau, gunting dan cutter pasti tersedia di rumah dan gampang dicari. Agar perlengkapan dan bahan terlihat rapih sehingga hasil tumbuhan sayur dapat menjadi baik.

3. Sumbu

Sumbu Untuk Menanam Sawi Hidroponik
bukalapak.com

Sumbu digunakan untuk penyrapan air ke tumbuhan yang ditanam sebagai pengganti akar meskipun sawi ada akarnya. Namun akarnya sedikit dan perlu dibantu dengan menggunakan sumbu.

Sumbu dapat ditemukan di toko pertanian yang menjual untuk tanaman, dan juga dapat digantikan dengan menggunakan kain. Kain yang dipakai biasanya adalah kain flanel yang dapat menyalurkan air ke tanah dan akar tanaman sehingga tumbuh baik.

4. Larutan Nutrisi

Larutan Nutrisi Untuk Menanam Hidroponik
urbanhidroponik.com

Sawi hijau juga membutuhkan nutrisi untuk berkembang dan tumbuh dengan baik. Dalam penggunaan larutan nutrisi harus dengan bandingan antara air dan larutan nutrisi 1:5. Larutan nutrisi didapatkan di toko pertanian ada berbagai macam larutan nutrisi.

Untuk mengetahui mana yang lebih baik untuk sawi hijau dapat ditanyakan kepada penjualnya. Larutan nutrisi seperti pupuk cair untuk pertumbuhan sawi hijau.

5. Pipa

Pipa, Bahan Untuk Menanam Hidroponik
pastigroup.co.id

Pipa sebagai alat penyanggah antara botol atas dengan botol bawah yang berisi nutrisi. Dengan pipa dapat membuat tanaman tidak menyentuh langsung dengan nutrisi. Agar nutrisi tetap baru dan tidak langsung terkena tanah tumbuhan.

Pipa dapat digantikan dengan styrofoam yang dapat menyerap dan menyanggah tanaman yang ada. Pipa dan styrofoam dapat ditemukan di toko bangunan dan ada juga di toko pertanian. Dalam meletakkan pipa atau styrofoam sebagai penyanggah harus kuat agar tahan dan tidak mudah jatuh antara potongan atas dan bawah.

6. Abu Sekam

Abu Sekam Untuk Menanam Sawi Hijau Hidroponik
bukalapak.com

Abu sekam merupakan media penanaman yang paling utama digunakan untuk sawi hijau hidroponik. Dengan adanya abu sekam melembabkan tanaman sehingga tanaman tidak akan merasa kering dan layu. Abu sekam sudah sangat sering digunakan untuk menumbuhkan tanaman sehingga tanaman tumbuh dengan baik.

Baca Juga: Cara Menanam Hidroponik dengan Media Air

Dapat menemukan abu sekam di toko pertanian karena abu sekam sangat terkenal untuk menumbuhkan tanaman. Abu sekam baik dalam menumbuhkan tanaman karena kemampuannya yang dapat menyerap sehingga melembabkan tanaman.

Cara Menanam Sawi Hijau Hidroponik

Cara Menanam Sawi Hijau Hidroponik
youtube.com

Setelah melengkapi semua persiapan barang dan alat untuk menanam sawi hijau hidroponik dapat dilanjutkan dengan metodenya.

Metode ini digunakan untuk menanam sawi hijau agar tumbuh dengan baik dan dapat dicontoh semua orang. Sebelum melakukan penanaman ada baiknya memahami takaran semua bahan dan caranya. Ada beberapa metode atau cara menanam sawi hijau hidroponik di rumah.

1. Menyiapkan Media Tanam dan Nutrisi Sawi Hijau

Menyiapkan Media Tanam dan Nutrisi Sawi Hijau Hidroponik
hidroponikyuk.com

Memastikan peralatan yang disiapkan sudah lengkap dan dapat digunakan untuk mulai penanaman. Setelah memastikan peralatan lengkap pastikan sumbu yang digunakan sejajar dan memiliki pembatasan antara tanaman dan nutrisi.

Lalu memberikan media abu sekam ke sumbu secukupnya karena bibit sawi hijau nantinya akan ditanam di media tersebut. Pastikan bagian bawah botol dengan bagian atas botol berjarak dan telah diberi penyangga. Hanya sumbu yang dapat menyentuh nutrisi tidak boleh tanaman langsung.

2. Pembibitan Sawi Hijau

Pembibitan Sawi Hijau Hidroponik

Bibit yang ada harus memiliki tempat untuk ditumbuhkan seperti rumah bibit dengan lahan seluas 80 – 120 cm. Setelah memiliki rumah bibit kemudian lakukan penyemaian terhadap bibit, bibit yang telah ditabur ditutupi dengan tanah halus setebal 1 – 2 cm.

Kemudian lakukan transplanting dengan mengisi semai dengan media semai sampai penuh lalu disirami dengan air. Dan jika benih sudah berdaun beberapa helai dapat dipindahkan ke panel semai.

Satu lubang tanaman harus satu benih agar sawi dapat tumbuh tanpa balapan. Kemudian disimpan di rumah bibit hingga 3 – 4 minggu namun tetap selalu diawasi agar terpantau keadaannya.

3. Penanaman Bibit Sawi Hijau

Penanaman Bibit Sawi Hijau

Cara menanam sawi hijau hidroponik selanjutnya adalah perhatikan sebelum bibit sawi ditanam lakukan dulu pemupukan seminggu sebelum penanaman. Setelah itu pindahkan bibit sawi ke media abu sekam dan harus dilakukan dengan sedikit media lama.

Dilakukan agar tidak membuat stress tumbuhan sawi hijau karena adanya adaptasi di tempat barunya. Dalam melakukan pemindahan tersebut harus dengan hati hati.

Agar tetap menjaga tumbuhan dan akar sawi hijau tidak putus. Penanaman dilakukan dengan memahami bagaimana tekniknya agar tanaman yang di tanam rapih dan tumbuh sesuai waktunya.

4. Pemeliharaan Sawi Hijau

Pemeliharaan Sawi Hijau Hidroponik
bisnissurabaya.com

Tanaman harus dipelihara agar tumbuh dengan bagus dan tidak mudah mati. Pastikan selalu menyiram tanaman agar tidak kering dan kekurangan air. Pastikan selalu larutan nutrisi tidak kosong agar sawi hijau tidak kekurangan nutrisi.

Melakukan perajangan yaitu dengan memetik tanaman agar tidak terlalu rapat yang akan membuat layu. Beri pestisida agar sawi hijau tidak terkena hama dan selalu terawat.

Jenis pestisida yang diberikan dapat bermacam macam sesuai kebutuhan seperti serangga, jamur, dll. Dalam memelihara sawi hijau hidroponik harus telaten dan sabar sehingga hasil tumbuh dengan baik.

5. Pemanenan Sawi Hijau

Pemanenan Sawi Hijau Hidroponik
cyberspaceandtime.com

Dalam panen sawi dapat dilakukan dengan memotong ujung batangnya kemudian mencabut seluruh tanaman atau dengan memetik satu per satu. Semua dapat dilakukan namun karena menanam secara hidroponik dapat langsung mencabutnya.

Karena pencabutannya sangat mudah dengan menggunakan penanaman hidroponik. Setelah dipanen dapat diletakkan di tempat yang teduh agar tidak langsung layu dan bersihkan tanah yang ada di akar maupun sawi. Kemudian percikan air kepada sawi sehingga sawi tetap segar dan bersih.

Beberapa cara menanam sawi hijau hidroponik di rumah yang dapat dilakukan sendiri. Sebelum melakukan semua caranya ada baiknya pemahaman tentang menanam dan membuat peralatannya.

Agar saat melakukan penanaman barang yang dibutuhkan lengkap dan cepat selesai. Cara menanam sawi hijau hidroponik dirumah jika dipahami akan sangat mudah sehingga tidak perlu membeli sawi di pasar.

Cara Menanam Sawi Hijau Hidroponik

Leave a Comment