Cara Menanam Manggis

Posted on

Cara Menanam Manggis – Buah manggis atau yang lebih dikenal dengan sebutan ratu buah ini memiliki rasa yang manis dan asam menyegarkan.

Memiliki bentuk yang bulat, daging buah berwarna putih dan warna kulit yang mencolok, buah satu ini memang tidak begitu menarik, namun kandungan antioksidan yang cukup tinggi membuatnya diminati oleh banyak orang.

Dengan peminatnya yang tinggi, maka tidak heran jika banyak yang mulai menanamnya sendiri. Hal tersebut bisa berhasil jika mengetahui bagaimana cara menanam manggis agar bisa tumbuh dengan baik.

Jenis buah satu mengandung kaya akan vitamin, sehingga bisa bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Apalagi dengan kemudahannya untuk tumbuh di lingkungan manapun, membuatnya mudah ditanam dan dirawat oleh orang awam sekalipun.

Lantas sebenarnya apa saja manfaat dan bagaimana cara menanam manggis ini yang tepat? Yuk baca penjelasannya berikut ini secara lengkap, antara lain:

Mengenal Buah Manggis

Buah Manggis (Mangosteen)
verywellfit.com

Buah manggis merupakan jenis buah yang tersebar di kawasan Asia, seperti Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia dan juga beberapa wilayah di Afrika.

Popularitasnya yang kian meningkat karena khasiatnya yang sangat baik bagi kesehatan ini membuat peminat buah manggis semakin digemari banyak orang. Tidak hanya bagus bagi kesehatan tubuh, namun juga mampu menjaga kecantikan wajah loh.

Selain itu, bagian lain dari buah manggis yaitu kulit juga tidak kalah bermanfaat. Kandungan yang ada di dalamnya yaitu seperti Xanthone, dimana memiliki sifat anti-kanker, anti-peradangan, meningkatkan kekebalan tubuh, antibakteri dan juga anti-fungi yang sangat baik untuk menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit.

Manfaat Konsumsi Manggis

Manfaat Konsumsi Buah Manggis
medium.com

Setelah mengenal buah manggis lebih dalam dari penjelasan di atas tentunya akan semakin lengkap mengetahui  manfaatnya sebelum membahas bagaimana cara menanam manggis, berikut inilah manfaat dari konsumsi manggis bagi tubuh, antara lain:

1. Menangkal Radikal Bebas

Mengonsumsi buah manggis sangat baik bagi tubuh, terutama dalam menangkal radikal bebas. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu menangkal radikal bebas dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit.

BACA JUGA  Cara Menanam Serai

Tidak hanya itu, konsumsi buah satu ini akan memperlambat penuaan dan juga mengontrol penyakit radang sendi dan lainnya.

2. Mencegah Kanker

Buah manggis memiliki manfaat positif dalam mencegah kanker, yaitu karena adanya kandungan Xanthones yang dapat menghambat pembelahan sel-sel kanker payudara maupun hati. Tentunya konsumsi secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah manggis memiliki sifat anti-mikroba yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, terutama mencegah dari beragam permasalahan kulit seperti jerawat, noda hitam, kulit berminyak, dan juga kulit kering yang tentunya membuat penampilan tidak menarik.

Kandungan antioksidan yang di punya juga sekaligus mampu mencegah penuaan dini loh, mau coba?

4. Mengobati Penyakit Jantung

Kandungan Xanthones dalam buah manggis mampu mencegah penyumbatan pada sirkulasi darah penyebab dari penyakit jantung, maka dari itu jika sirkulasi darah lancar akan terhindar dari permasalahan pada jantung. Konsumsi secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal seperti apa yang diinginkan.

Baca Juga: Cara Menanam Sirih Merah

Cara Menanam Manggis Agar Berbuah Lebat

Cara Menanam Manggis Agar Berbuah Lebat
pinterest.com

Begitu banyak manfaat yang akan di dapat jika mengonsumsi buah manggis namun harga buah manggis tidaklah murah. Maka dari itu solusi terbaiknya adalah dengan mengetahui cara menanam manggis yang baik dan benar. Berikut informasi lengkapnya:

1. Memilih Bibit Unggul

Hal pertama dalam cara menanam manggis agar berbuah lebat yaitu dengan cara memilih bibit yang bagus dan unggul. Pilihlah bibit dari hasil sambung pucuk yang terbebas dari hama dan penyakit, serta dari penyedia bibit yang terpercaya juga ya. Dengan begitu, nantinya hasil tanaman akan berkualitas baik pula.

2. Mengelola Lahan Tanam

Cara menanam manggis selanjutnya yaitu mengelola lahan tanam yang ada. Pastikan untuk menyiapkannya dengan baik, yaitu dengan memilih tanah yang subur, gembur dan mengandung bahan organik dengan kedalaman sekitar 200 cm.

Pastikan pula kondisi sekitar, seperti suhu udara yang idealnya 22 – 32 derajat celcius. Buah manggis akan tumbuh baik pula di kelembapan udara 80%.

Kemudian, pastikan bahwa lahan tanam untuk buah manggis sudah bersih dari sisa tebang tanaman, pepohonan dan juga semak belukar yang mengandung gulma. Berilah jarak 5 m x 5 m untuk bibit yang dari hasil sambung tadi, kemudian gunakan tanaman pisang sebagai pelindungnya.

3. Proses Penanaman

Selanjutnya yaitu proses penanaman, pastikan untuk memilih waktu yang tepat yaitu pada musim penghujan. Hal ini karena buah bisa hidup dengan tingkat kelembapan atau curah hujan yang tinggi. Namun jika saluran irigasi cukup baik, bisa pula menanamnya kapan saja.

BACA JUGA  Cara Menanam Jahe Merah di Tanah

Pada saat proses penanaman, pertama pastikan untuk memasukkan bibit manggis ke lubang tanam tepat di tengah dan timbun dengan tanah galian yang dicampur pupuk.

Pasanglah ajir untuk mencegahnya goyah dan tekan tanah agar tidak ada rongga di sekitarnya. Barulah lakukan penyiraman agar tanah turun dan menghimpit akar tanaman satu ini. Pastikan pula terkena sinar matahari yang cukup ya.

4. Perawatan Tanaman

Cara menanam manggis  berikutnya adalah pada tahap perawatan tanaman, yaitu pastikan untuk mengecek kondisinya dengan baik. Hal itu akan berimbas pada kualitas buah yang bagus pula nantinya. Perawatan yang wajib dilakukan, yaitu penyiraman yang teratur, pemangkasan tanaman, penyiangan dan juga pemupukan.

Pada proses penyiraman, air sangat dibutuhkan untuk proses produksi buah. Jadi, jangan sampai memberikannya terlambat dan tidak tepat waktu untuk menghindari pertumbuhan yang terhambat. Hal tersebut akan berimbas pada pengecilan ukuran daun dan juga buah manggis loh.

Artikel Terkait: Cara Merawat Tanaman Adenium Obesum (Kamboja Jepang)

Setelah itu, proses pemangkasan tanaman yang bertujuan untuk merangsang pertumbuhan tanaman agar tumbuh dengan baik dan membentuk percabangan tanaman yang ideal. Lakukan pemangkasan setelah panen ataupun pada saat tanaman sudah berumur lebih dari 5 tahun.

Tidak hanya memangkasnya, penyiangan juga perlu dilakukan untuk menghindari tersebutnya unsur hara dan sinar matahari oleh gulma yang akan menghambat pertumbuhannya. Lakukan pencabutan gulma dengan cangkul dan barulah lakukan penyiangan.

5. Pemupukan

Setelah melewati proses penanaman dan perawatan tanaman, maka cara menanam manggis selanjutnya adalah dengan melakukan pemupukan agar tanaman bisa tumbuh dengan baik.

Lakukan hal ini pada pagi atau sore hari, dimana cukup taburkan pada alur pupuk dan timbun kembali dengan tanah untuk menghindari penguapan. Kemudian barulah siram dengan air secukupnya agar pupuk bisa larut di dalam tanah dengan baik.

Lakukan proses pemupukan ini setidaknya dua kali dalam setahun, yaitu pada saat sebelum dan sesudah musim penghujan. Perlu diketahui pula bahwa jenis dan dosis pupuk yang akan diberikan pada tanaman akan berbeda sesuai dengan umurnya.

6. Pemanenan

Pemanenan adalah proses terakhir dalam cara menanam manggis yang baik agar tumbuh dengan subur dan berbuah lebat. Buah manggis bisa dipanen pada saat berumur 104 – 110 hari setelah bunga mekar, yaitu ditandai pula dengan kulit buah yang sudah berwarna merah kecokelatan dan keunggulan. Tidak hanya itu, buah yang siap panen juga akan terasa lunak saat ditekan kulitnya dan terdapat bercak cokelat pada kelopak buah manggis tersebut.

BACA JUGA  Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma

Nah itulah informasi mengenai panduan mudah bagaimana cara menanam manggis agar tumbuh subur dan juga berbuah lebat secara mudah. Agar tumbuh dengan baik, pastikan untuk memperhatikan pemberian pupuk dan air yang cukup, serta perawatan yang tepat ya.

Pastikan pula untuk mengendalikan hama atau pun penyakit yang menyerang tanaman, kesabaran dan juga kelembutan sangat berpengaruh untuk menghasilkan buah dengan kualitas terbaik. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan menambah wawasan mengenai tanaman buah. Selamat bercocok tanam!

Cara Menanam Manggis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *