Cara Menanam Paku Tanduk Rusa

Cara Menanam Paku Tanduk Rusa – Mungkin sudah banyak yang tahu dan paham dengan tanaman paku tanduk rusa. Tanaman paku tanduk rusa ini hidup dan tumbuh dengan cara menempel pada tumbuhan induk atau inangnya. Banyak orang yang sangat menyukai tanaman paku tanduk rusa untuk dijadikan hiasan.

Untuk yang ingin memiliki tanaman paku tanduk rusa, pertama-tama harus menyediakan tanaman induk terlebih dahulu. Hal tersebut dikarenakan, tanaman paku tanduk rusa hanya dapat  tumbuh menempel di tumbuhan lain. Berikut adalah beberapa penjelasan tentang cara menanam paku tanduk rusa beserta cara perawatannya.

Cara Menanam Paku Tanduk Rusa

Semua orang dapat memiliki tanaman paku tanduk rusa ini karena tanaman tersebut sangat mudah untuk ditanam. Bagi yang tertarik ingin memiliki tanaman paku tanduk rusa, berikut merupakan penjelasan tentang cara menanam paku tanduk rusa

1. Proses Pembibitan Tanaman Paku Tanduk Rusa

budidaya paku tanduk rusa
bukalapak.com

Walaupun proses penanaman paku tanduk rusa ini dapat dibilang cukup mudah dan praktis, ternyata saat melakukan pembibitan harus membutuhkan sedikit ketelitian dan kesabaran.

Agar tanaman paku ini dapat tumbuh sehat dan subur. Metode yang digunakan saat memulai pembibitan ialah menggunakan metode merampal. Merampal merupakan sebuah proses pemisahan dari indukan yang bergerombol dengan tumbuhan induk atau inangnya.

Saat melakukan pemisahan induk, gunakanlah pisau yang tajam supaya bagian tanaman paku tanduk rusa tidak banyak yang rusak.

Potonglah indukan dari tanaman induk secara hati-hati dan jangan sampai merusak sistem akarnya. Setelah itu, rendamlah batang indukan yang telah dipisahkan dengan enzim penguat akar. Enzim penguat akar tersebut sangat mudah didapatkan di tempat-tempat penjualan pupuk.

2. Persiapan Media Tanam Tanaman Paku Tanduk Rusa

fungsi paku tanduk rusa
bukalapak.com

Mempersiapkan media tanam ini merupakan salah satu cara menanam paku tanduk rusa yang mudah namun tidak boleh disepelekan.

Seseorang dapat menggunakan media tanam akar pakis untuk menanam tanaman paku tanduk rusa ini. Pertama-tama bersihkan calon bibit paku tanduk rusa tersebut, kemudian tempelkanlah calon bibit tersebut pada media tanam akar pakis yang sudah disiapkan.

Perlu diketahui bahwa media tanam bernama akar pakis ini sangat cocok dan pas digunakan untuk membudidayakan jenis tanaman yang menempel pada tumbuhan induk atau inangnya. Hal tersebut dikarenakan, akar pakis ini dapat dengan baik mengikat air dan nantinya akar tanaman akan kuat dan tidak goyah.

Jika calon bibit sudah ditempelkan pada akar pakis, maka langkah selanjutnya ialah meletakan bibit paku tanduk rusa tersebut di tempat yang teduh dan tidak terlalu panas.

Siramlah bibit paku tersebut secara rutin dan teratur supaya tanaman paku tanduk rusa dapat tumbuh subur dan tidak mati. Jika sudah ada pertumbuhan akar baru atau tunas baru, berarti calon tanaman paku tanduk rusa tersebut sudah dapat ditanam kembali.

3. Proses Penanaman Ulang Bibit Tanaman Paku Tanduk Rusa

foto tumbuhan paku tanduk rusa
youtube.com

Cara menanam paku tanduk rusa yang selanjutnya ialah penanaman ulang bibit tanaman paku tanduk rusa. Pertama-tama, bersihkanlah tanaman induk atau inang dengan cara menyemprotkan pupuk cair dengan konsentrasi rendah pada tanaman induk atau inang.

Jika sudah dibersihkan, maka langsung saja tanam bibit tanaman paku tanduk rusa pada tumbuhan induk atau inang yang sudah dibersihkan.

Bibit tanaman paku tanduk rusa harus ditempelkan pada tumbuhan induk tanpa ada goyahan. Supaya tanaman paku tanduk rusa ini dapat tumbuh baik, maka alangkah baiknya untuk segera melepas tali ikatan setelah tanaman paku tanduk rusa bias menempel di inangnya.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Gelombang Cinta

4. Proses Pemupukan

paku tanduk rusa nama ilmiah
tamantanaman.com

Perlu diketahui bahwa cara menanam paku tanduk rusa yang wajib untuk dilakukan agar tanaman paku tanduk rusa dapat tumbuh subur ialah diberi pupuk secara rutin dan teratur. Pupuk yang baik untuk tanaman paku tanduk rusa ini adalah pupuk kandang.

Semua itu karena pupuk kandang merupakan pupuk terbaik yang pas dan cocok untuk semua tanaman hias yang tumbuh di tanah, pasir dan humus hutan.

Pupuk kandang adalah pupuk alami yang aman untuk tumbuhan dan tidak akan mengganggu pertumbuhan tanaman.

Untuk menunjang pertumbuhan tanaman paku tanduk rusa ini, alangkah baiknya gunakan juga pupuk organik yang dapat dibeli di pasaran. Proses pemupukan merupakan salah satu cara menanam paku tanduk rusa yang tidak boleh dilupakan.

5. Modifikasi Tanaman Paku Tanduk Rusa

gambar paku tanduk rusa dan keterangannya
youtube.com

Biasanya, tanaman paku tanduk rusa hanya dapat tumbuh pada tumbuhan induk atau inangnya. Namun seiring dengan perkembangan zaman, tanaman paku tanduk rusa dapat ditanam dimana saja, misalnya di sela-sela pagar rumah, di dinding dan lain-lain.

Pertama-tama siapkanlah sebuah wadah atau penyangga untuk menempelkan tanaman paku ini. Tanaman paku tanduk rusa ini harus menempel pada media tanam yang baik seperti akar pakis. Jadi nantinya tanaman paku tanduk rusa dapat ditanam dimana saja, asal tanaman paku tersebut sudah menempel pada akar pakis terlebih dahulu.

Tanaman paku tanduk rusa ini akan tetap hidup jika akar tanaman tetap ternutrisi. Jadi jangan lupa untuk selalu memberikan nutrisi yang cukup untuk tanaman paku tanduk rusa agar tanaman tersebut tetap tumbuh subur.

Pemberian nutrisi tersebut sangat wajib jika tanaman paku tanduk rusa tidak tumbuh di tumbuhan induk atau inangnya.

Pemberian nutrisi untuk tanaman paku tanduk rusa dapat diberikan dengan cara penyiraman dan pemberian pupuk secara rutin dan teratur.

Jika seseorang menanam tanaman paku tanduk rusa ini di teralis pagar atau dinding rumah, maka jangan lupa selalu perhatikan cuaca dan kebutuhan nutrisinya.

Perhatikanlah kelembapan pada akar tanaman paku tersebut, jangan sampai akar tanaman paku tersebut rusak atau busuk karena terlalu banyak kandungan air saat memasuki musim hujan.

Penanaman tanaman paku tanduk rusa harus di tempat yang pas dan cocok yakni di tempat yang tidak mudah tergenangi air dan di tempat yang tidak terlalu panas.

Cara Merawat Tanaman Paku Tanduk Rusa

bunga paku tanduk rusa
wikipedia.org

Setelah mengetahui dan memahami cara menanam paku tanduk rusa, sekarang saatnya mengetahui bagaimana cara merawat paku tanduk rusa. Bagi yang penasaran dengan cara merawat tanaman paku tanduk rusa, berikut adalah penjelasannya.

  • Penyiraman secara rutin dan teratur harus dilakukan saat musim kemarau, jika sudah memasuki musim penghujan, tanaman paku tanduk rusa tidak perlu disiram.
  • Kelembapan dari rimpang tanaman paku tanduk rusa harus selalu diperhatikan. Hal tersebut dikarenakan, keindahan dari tanaman paku tanduk rusa ini akan dapat selalu dinikmati jika kelembapan selalu terjaga.
  • Tanaman paku tanduk rusa hanya membutuhkan perawatan intensif saat memasuki proses pembibitan dan proses penanaman ulang.
  • Jika saat proses pembibitan dan proses penanaman ulang dapat dilakukan dengan baik dan lancar, maka selanjutnya tanaman paku tanduk rusa dapat tumbuh subur dan sehat tanpa adanya perawatan khusus.

Perawatan tanaman paku sangatlah mudah dan praktis, maka tidak ada salahnya jika menanam tanaman paku tanduk rusa ini untuk menghiasi halaman rumah. Agar tanaman paku tanduk rusa tumbuh subur dan indah, maka jangan lupa untuk melakukan perawatan di atas.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang cara menanam paku tanduk rusa beserta cara perawatannya yang mudah. Karena proses penanaman dan perawatan yang mudah, maka siapa saja dapat menanam tanaman paku tanduk rusa yang indah.

Cara Menanam Paku Tanduk Rusa

Categories Menanam

Leave a Comment