Cara Merawat Tanaman Anthurium

Posted on

Cara Merawat Tanaman Anthurium – Athurium adalah salah satu tanaman hias dengan jenis dari bunga-bungaan yang sangat indah dan memiliki warna mencolok.

Sehingga banyak wanita yang memperebutkan jenis tanaman ini agar bisa dipajang di lingkungan rumah dengan menggunakan pot. Namun, sebagian besar masyarakat mengatakan jika cara merawat tanaman Anthurium sangatlah sulit, karena mudah terkena hama.

Apalagi di tahun 2018 bunga Anthurium adalah yang paling banyak dicari sehingga harganya sangat mahal dan termasuk salah satu bunga dengan kelas atas, semua itu karena mendapatkannya sulit.

Bukan hanya itu, tidak semua toko bunga menjual tanaman ini. Sehingga dalam merawatnya juga harus memenuhi beberapa persyaratan agar hasilnya  bagus dan bunga dapat mekar indah.

Keunikan Latar Belakang Bunga Anthurium

tanaman bunga anthurium
pe.com

Alasan mahalnya bunga Anthurium, atau para wanita awam menyebutnya dengan bunga gelombang cinta, karena jenis bunga Athurium rupanya memiliki keunikan berbeda dari bunga-bunga lainnya.

Bunga gelombang cinta atau yang memiliki nama ilmiah Anthurium Plowmanii adalah tanaman hias yang sangat populer dan merupakan jenis tanaman hias yang termasuk kelas bernama Liliopsida.

Yang paling khas dari bunga ini adalah bentuk daunnya yang hijau panjang bergelombang di tepinya dengan panjang 10-30 cm.

Dasar-dasar pengklasifikasiannya adalah termasuk kingdom Plantae, dengan divisi bernama Magnoliophyta, kemudian ordonya bernama Alismatale, famili bunga ini adalah Araceae. Lalu, genus pada tumbuhan ini adalah Anthurium. Bunga gelombang cinta adalah tumbuhan tropis.

Jenis – Jenis Bunga Anthurium

bunga anthurium gelombang cinta

Sebelum mengetahui cara merawat tanaman Anthurium, alangkah lebih baik mengenal terlebih dahulu jenis-jenis bunga Anthurium tersebut. Sehingga tentunya akan sangat membantu dalam proses pemilihan jenis tanaman yang nantinya akan di tanam. Yaitu sebagai berikut:

1. Anthurium Superbum

Ini adalah jenis bunga Anthurium yang banyak tumbuh di daerah dataran rendah karena tumbuhan ini sangat mudah tumbuh di daerah subtropis dengan kadar tanah yang cenderung lembab.

BACA JUGA  Cara Merawat Bunga Lily Putih

Selain itu, bentuk bunga ini memiliki daun yang lebar keatas dengan warna hijau mudah dan pada alasan belakang daunnya berwarna merah tua keungu-unguan.

2. Anthurium Crystallinum

Masyarakat awam sering sekali menyebut jenis bunga Anthurium yang satu ini dengan bunga kuping gajah, atau banyak masyarakat yang salah menafsirkan bahwa ini adalah jenis bunga talas.

Padahal bunga ini Anthurium yang banyak dicari, karena diantaranya yang lain perawatannya sangat mudah dan bentuknya yang bergelombang membentuk hati dan berwarna ungu.

3. Anthurium Jemani

Dari jenis Anthurium yang memiliki ukuran kerdil adalah Anthurium dengan nama Anthurium jemani. Ini adalah anthurium yang paling sulit dirawat saat proses penanaman.

Karena bunga ini hanya bisa tumbuh saat keadaan lingkungan dan cuaca yang relatif dingin, oleh karena itu, karena ukurannya yang kerdil, masyarakat sering menanamnya dalam pot kecil.

4. Anthurium Corong

Dari sekian banyak bunga jenis Anthurium yang paling diincar adalah jenis tanaman hias Anthurium corong. Alasannya adalah karena bentuk dari bunga ini sangat cantik dan bentuknya lucu berbentuk corong.

Tidak hanya itu, apalagi bentuk dari daunnya berbeda dari bunga lainnya dan tidak ada yang menyamakannya, dengan tangkai daunnya yang kecil.

5. Anthurium Hookeri

Jenis bunga Anthurium yang paling ekspensive dan perawatannya luar biasa sulitnya adalah Anthurium Hookeri. Sehingga, yang membelinya adalah orang-orang dengan gaji mahal, terlebih lagi penjualannya juga tidak sembarangan.

Harga dari tanaman hias ini adalah hampir mencapai 3 juta rupiah perpotnya. Dengan helai daunnya yang hijau kehitaman kharismatik berjumlah 12 helai.

Baca Juga: Cara Menanam Paku Tanduk Rusa

Cara Menanam Anthurium dengan Baik dan Sempurna

gambar bunga anthurium gelombang cinta
amazon.com

Hal yang harus diperhatikan sebelum mempelajari cara merawat tanaman Anthurium adalah memperhatikan terlebih dahulu, bagaimana menanam bunga ini dengan sempurna. Sehingga mampu meminimalisir terjadinya kesalahan. Berikut ini ulasannya :

1. Menyiapkan Pot dan Tanah

Hal yang perlu diperhatikan pertama kali untuk menanam Anthurium adalah menyiapkan media  berupa pot dan juga tanah humus yang subur kedalam pot tersebut.

Agar hasilnya bagus dan seimbang dengan unsur hara yang ada di dalamnya, maka tambahkan pupuk organik berupa kompos tanaman beserta sekam padi. Ini membuat proses pertumbuhan tanaman bunga Anthurium subur.

2. Tanam Bunga dengan Memasukkan Pecahan Genteng

Setelah tanah dan pupuk kompos serta sekam padi dimasukkan ke dalam pot, maka langkah selanjutnya yang dilakukan adalah dengan memasukkan beberapa pecahan genteng yang telah bekas.

BACA JUGA  Cara Merawat Anggrek

Yaitu dengan cara ditata di dasar pot dengan tujuan agar tanaman yang ditanam Anthurium tersebut tidak mudah hanyut begitu saja saat dilakukan penyiraman secara rutin.

3. Timbun Tanaman Kedalam Tanah dengan Tidak Padat

Hal terakhir yang dilakukan saat proses penanaman bunga Anthurium adalah menimbun kembali tanaman tersebut kedalam media tanah yang telah diaduk dengan rata.

Namun tidak dengan padat, tetapi memberikan rongga udara pada tanahnya, alasannya agar udara dari luar bisa masuk kedalam akar yang ditanam tersebut, lalu siram dengan air yang bersih.

Syarat Merawat Tanaman Anthurium Agar Cantik

cara merawat bunga anthurium gelombang cinta
thegorbalsla.com

Pentingnya merawat tanaman hias Anthurium, tentu saja tidak hanya melakukan cara merawat tanaman Anthurium saja.

Namun harus memperhatikan syarat yang diperlukan dalam memulai perawatan bunga Anthurium sehingga tumbuh cantik. Yaitu dengan menghindari perkembangan tanaman hias dari jenis hama penyakit apapun yang menyerang. Bisa seperti semut, Laba-Laba Merah, dan Fungus Ghat.

Cara Merawat Tanaman Hias Bunga Anthurium

foto bunga anthurium
gardeningknowhow.com

Setelah menanam bunga Anthurium tidak berarti semua hal beres, semua itu karena masih diperlukan perawatan sehingga tanaman tidak akan tumbuh tidak sempurna. Berikut ini, cara terbaik dalam merawat tanaman hias Anthurium, yaitu dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

1. Memperhatikan Media Tanam yang Baik

Tahap awal yang pertama sekali harus diperhatikan saat melakukan cara merawat tanaman Anthurium adalah dengan memperhatikan media apakah yang baik dan pas bagi pertumbuhan tanaman hias Anthurium. Agar tidak terganggu saat bunga ini mengalami proses perkembangan. Intinya, media yang digunakan dapat menyaring air keluar sehingga bunga tidak akan cepat busuk.

Media tanam yang diperlukan tidak hanya tanah hama, pupuk kompos, dan sekam padi, namun ada juga campuran bagus lainnya berulah sekali kelapa, kulit kayu yang sudah kering, dan cacahan sayur pakis. Ini bagus dalam menambah khasiat hara agar akar pada tumbuhan selalu terjaga, dan bunga dapat bertahan dalam waktu lama.

2. Senantiasa Melakukan Senetralisasi

Senetralisasi dalam perawatan tanaman hias Anthurium berfungsi dalam menjaga akar pada tanaman ini agar selalu bersih dan tidak terkena penyakit tanaman lainnya yang sangat berbahaya seperti hama, yang dapat merusak daun, batang dan akar.

Cara  senetralisasi adalah menjemur tempat yang digunakan agar tidak basah atau dengan menyangrainya dan menambahkan furadan.

3. Mengatur Pencahayaan dalam Meletakkan Tanaman

Selanjutnya yang perlu diperhatikan merawat tanaman hias jenis Anthurium agar tumbuh mekar disetiap hari. Pencahayaan yang dimaksud dengan membuat kondisi yang kering, disesuaikan terhadap keadaan tropis namun tidak sangat lembab.

BACA JUGA  Cara Membuat Pupuk SP 36

Dimana lokasi yang pas saat berada di perkarangan rumah adalah di sudut rumah yang teduh namun masih terkena sinar matahari.

4. Melakukan Penyiraman yang Pas

Penyiraman pada tanaman hias Anthurium tidak perlu kapasitas air yang banyak atau penuh, karena bunga jenis ini tidak perlu dengan air yang sangat banyak agar tanah sebagai medianya tersebut tidak tergenang air dan tidak merusak akarnya.

Penyiraman yang baik adalah disaat musim kemarau, sebaliknya, ketika musim hujan tidak perlu disiram.

Demikianlah informasi tentang cara merawat tanaman Anthurium dengan baik dan tepat. Semoga saja ini bermanfaat bagi semuanya, terutama bagi wanita yang sangat cinta terhadap jenis bunga-bunga dalam bentuk daun-daunan tersebut. Jika ini dilakukan dengan cermat, maka hasil yang didapat dari ini juga akan maksimal, terlebih lagi ini bisa menjadi bisnis.

Cara Merawat Tanaman Anthurium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *