Cara Menanam Daun Ketumbar

Cara Menanam Daun Ketumbar – Salah satu bumbu yang wajib ada di dapur adalah daun ketumbar. Terkadang bumbu dapur yang ditanam sendiri di rumah lebih sehat dan tentunya akan terhindar dari pestisida. Daun ketumbar memiliki banyak manfaatnya. Lebih banyak manfaat yang dapat diambil apabila mengetahui cara menanam daun ketumbar. Menanam daun ketumbar tidak perlu memakan tempat yang luas. Hanya menggunakan pot kecil, sudah dapat menanam daun ketumbar di rumah.

Ketumbar memberi aroma masakan menjadi lebih sedap. Masakan yang menggunakan bahan ketumbar adalah masakan Nusantara maupun masakan tradisional. Ada beberapa masakan Nusantara yang wajib memakai ketumbar, diantaranya adalah ayam goreng, dendeng, bacem dan masakan yang berkuah dengan santan. Masakan lebih sehat dan enak apabila bahan makanan ditanam sendiri.

Tentang Daun Ketumbar

Tentang Daun Ketumbar
khasiat.co.id

Tanaman ketumbar  memiliki daun yang lebih mirip seperti daun seledri, namun berbeda. sedangkan untuk bijinya, ketumbar mirip dengan merica. Bahkan masyarakat masih banyak yang bingung membedakan mana yang merica dan mana yang ketumbar.

Ketumbar memiliki nama latin, yaitu Coriandrum sativum, atau biasa dikenal dengan nama coriander. Ketumbar sendiri  berasal dari bahasa Yunani yaitu koris yang memiliki arti serangga bau. Tanaman ini merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang memiliki umur paling tua dan sudah sejak lama digunakan.

Ketumbar sebenarnya bukan berasal dari Indonesia, melainkan dari Eropa. Ketumbar sendiri hidup di negeri yang memiliki empat musim. Akan tetapi, ketumbar juga bisa ditanam di Indonesia. Namun, sudah sejak lama Indonesia masih impor biji ketumbar dari luar negeri.

Media Menanam Daun Ketumbar

Berbagai Cara Menanam Daun Ketumbar
instagram.com

Ada dua media tanam yang mudah untuk menanam daun ketumbar. Yaitu cara menanam daun ketumbar menggunakan pot atau menanam langsung di kebun.

Sebelum menanam, hendaknya menyiapkan bibit ketumbar terlebih dahulu. Bibit yang digunakan juga harus memiliki kualitas yang baik untuk mendapatkan hasil yang baik pula. Tempat penjualan bibit tanaman dapat ditemukan di toko tempat menjual berbagai bibit tanaman, atau dengan membeli melalui online. Setelah menemukan bibitnya maka tahap selanjutnya adalah menanam bibit tersebut.

Cara Mudah Menanam Daun Ketumbar Di Kebun

Cara Menanam Daun Ketumbar Di Kebun
deskgram.net

Menanam daun ketumbar cukup mudah. Ada beberapa langkah untuk menanam di kebun secara langsung, diantaranya adalah:

1. Memilih Waktu Yang Tepat

Penentuan waktu menentukan tumbuhnya ketumbar dengan hasil yang maksimal.  Waktu yang tepat menanam ketumbar di Indonesia adalah waktu musim hangat. Tidak boleh terlalu panas karena dapat memperburuk hasil yang akan dipanen nantinya.

Apabila cuaca yang panas, maka daun ketumbar akan menggulung. Pada saat tanaman menggulung maka tanaman akan mengeluarkan bunga dan biji.

2. Menyiapkan Titik Tanam

Tentukan dimana akan menanam ketumbar terlebih dahulu. Usahakan tanah yang akan ditanami memiliki sinar matahari yang cukup. Akan tetapi ketumbar juga memerlukan sedikit perlindungan dari terik matahari yang berlebih. Tanah yang digunakan akan lebih baik apabila yang memiliki tekstur ringan dan dialiri dengan air yang baik.

Untuk mengolah tanahnya sebelum ditanami dengan ketumbar perlu adanya sekop. Sekop digunakan untuk memasukkan bahan organik seperti kompos maupun pupuk dengan kotoran hewan kemudian diletakkan di bagian atas tanah. Namun sebelum menanam, ratakan tanah terlebih dahulu.

3. Menanam Biji Ketumbar

Langkah selanjutnya adalah menanam biji ketumbar. Biji ketumbar yang akan ditanam harus disemai terlebih dahulu diatas tanah. Dengan kedalam tanah sekitar 1/4 inci dengan jarak barisan  biji ketumbar satu dengan lainnya sekitar 30 cm.

Waktu tumbuh biji ketumbar tergolong cepat. Maka perlu menanam kembali biji ketumbar setiap 2 sampai 3 minggu sekali. Menanam kembali biji ketumbar berguna untuk memastikan memiliki suplai ketumbar.

4. Rawat Ketumbar Dengan Baik

Saat tanaman sudah tumbuh dan memiliki tinggi sekitar 2 inchi, maka sudah waktunya memberikan pupuk. Pupuk yang digunakan adalah pupuk nitrogen yang dapat larut dalam air. Berilah pupuk yang secukupnya.

Setelah tanaman dirasa cukup kuat, maka tidak perlu lagi menyirami secara berlebihan. Cukup dengan memastikan kadar tanah yang lembab tetapi tidak berair.

5. Pastikan Tanaman Tidak Terlalu Dekat

Tanaman ketumbar yang sudah mulai tumbuh besar dengan tinggi sekitar 2 hingga 3 inchi maka hendaklah dipotong. Apabila ada tanaman yang tumbuhnya kecil, maka segera dicabut agar jarak tumbuhnya tidak terlalu dekat. Tanaman yang besar biarkan tumbuh terus hingga panen.

Cara Menanam Daun Ketumbar di Pot

Cara Menanam Daun Ketumbar di Pot
kebunpedia.com

Menanam menggunakan pot merupakan cara paling mudah  yang dapat dilakukan tanpa menggunakan tempat yang luas. Langkah-langkah menanam dalam pot adalah:

1. Memilih Pot Yang Sesuai

Pilihlah pot yang sesuai dengan keinginan. Bisa menggunakan pot bunga atau wadah yang besar agar tidak perlu memindahkan ketumbar saat sudah tumbuh besar nanti.

2. Menanam Biji Ketumbar

Tanam biji ketumbar ke dalam wadah  yang sudah berisi tanah yang cepat kering. Selanjutnya campur tanah dengan pupuk. Kemudian lembabkan tanah tersebut, akan tetapi tidak sampai tanahnya berair. Teeakhir sebarkan biji ketumbar diatas tanah secara merata dan tutup kembali dengan tanah.

3. Meletakkan Di Bawah Sinar Matahari

Biji ketumbar yang selesai ditanam membutuhkan sinar matahari yang cukup agar dapat tumbuh dengan baik. Tempat yang baik untuk meletakkan biji ketumbar adalah didekat jendela yang dapat langsung mendapatkan sinar matahari.

4. Menjaga Tanah Tetap Lembab

Untuk menjaga kelembaban tanah adalah dengan menyemprotkan air ke tanah menggunakan botol semprot. Lebih dianjurkan menggunakan botol semprot dibandingkan dengan menuangkan air secara langsung. Karena jika menuangkan air secara langsung, maka biji yang ada di dalam tanah bisa bergeser tata letaknya.

Artikel Lain: Cara Menanam Serai

Manfaat Menanam Bahan Makanan Sendiri

Manfaat Menanam Bahan Makanan Sendiri
parenting.orami.co.id

Cara menanam daun ketumbar yang dapat dipraktekkan di rumah adalah langkah awal untuk menjaga kesehatan. Karena dengan menanam sendiri bahan makanan yang akan dimakan, maka akan terhindar dari berbagai produk pestisida dan pupuk kimia yang dapat membahayakan tubuh apabila dikonsumsi dengan jangka waktu yang panjang.

1. Hemat Uang

Sudah pasti menanam bahan makanan sendiri dapat meminimalisir pengeluaran uang. Meski uang yang dikeluarkan tidak terlalu banyak, namun cukup untuk mengurangi pengeluaran, dan dapat digunakan untuk keperluan lainnya.

Apabila saat harga bahan makanan mulai naik, maka tidak terlalu pusing memikirkan uang yang dikeluarkan untuk belanja. Karena sudah memiliki bahan makanan yang ditanam sendiri dan dapat dengan mudah diambil tanpa perlu repot pergi ke pasar.

2. Alternatif Untuk Berolahraga

Jangan meremehkan berkebun. Dengan berkebun badan akan menjadi sehat karena dapat mengeluarkan banyak keringat. Selain itu dapat meningkatkan perkembangan otak, karena dengan berkebun membutuhkan ketelitian dan juga keuletan.

3. Menyehatkan Tubuh

Selain dapat menjadi alternatif berolahraga saat berkebun. Hasil dari perkebunan dapat menyehatkan tubuh dari dalam. Karena hasil yang didapatkan terbebas dari bahan kimia yang dapat membahayakan tubuh.

Mengkonsumsi bahan makanan yang ditanam sendiri tidak ada ruginya bagi kesehatan. Bahkan lebih sehat dibandingkan membelinya di pasar maupun di toko sayuran. Selain lebih segar, rasanya juga jauh berbeda dengan bahan makanan yang dibeli di luar.

Video Perbedaan Daun Ketumbar, Seledri dan Peterseli


Demikian halnya dengan menanam daun ketumbar ini. Melakukan proses cara menanam daun ketumbar sendiri dapat semakin meyakinkan bahwa bahan makanan bebas dari pestisida. Dimulai dengan menanam bahan makanan yang mudah terlebih dahulu, kemudian mulai menambah jumlah bahan makanan yang akan ditanam lagi. Karena banyak manfaat yang didapatkan saat menanam sendiri bahan makanan yang akan dimakan nantinya.

Cara Menanam Daun Ketumbar

Categories Menanam

Leave a Comment