Cara Menanam Bunga Bambu Air

Cara Menanam Bunga Bambu Air – Menanam tanaman hias di rumah memiliki banyak sekali manfaat. Bagi yang sebatas hanya untuk hobi hingga sebagai salah satu media untuk menghilangkan stress adalah beberapa manfaat menanam tanaman hias.

Bunga Bambu Air menjadi tanaman yang paling dicari belakangan ini, alasannya tentu karena cara menanam bunga bambu air yang tidak susah.

Mengenal Tanaman Bunga Bambu Air

Mengenal Tanaman Bunga Bambu Air
saatsantai.com

Tanaman Bunga Bambu Air yang memiliki nama latin Equisetum Hyemalae L. merupakan sebuah tanaman hias yang banyak ditemukan di wilayah Amerika dan Asia bagian utara serta benua Eropa. Pada umumnya, tanaman bunga Bambu Air berhabitat pada daerah yang sedikit basah dan lebih cocok untuk ditanam di daerah tinggi.

Pengembangan tanaman Bunga Bambu Air kini sudah semakin marak di seluruh dunia. Bahkan tanaman Bunga Bambu Air juga bisa dikembangkan di daerah tropis seperti Indonesia.

Asalkan mengetahui cara menanam Bunga Bambu Air yang benar, tanaman hias yang satu ini bisa hidup dan menjadi tanaman hias yang cantik untuk menghias rumah.

Alat dan Bahan yang Digunakan

Alat dan Bahan yang Digunakan Untuk Menanam Bunga Bambu Air
pixabay.com

Untuk menanam bunga Bambu Air, dibutuhkan beberapa peralatan sederhana yang tidak jauh berbeda dengan menanam jenis tanaman hias lainnya. Beberapa alat yang dibutuhkan antara lain sekop untuk memindahkan media tanah dan pot atau polybag yang sudah dilubangi sebelumnya sebagai wadah penanaman Bunga Bambu Air.

Bunga Bambu Air memiliki keunikan yakni bisa ditanam pada dua media tanam: Tanah dan Air. Untuk media tanam berupa tanah, siapkan bahan berupa tanah berlumpur yang menjadi favorit bagi tanaman Bunga Bambu Air.

Sementara untuk media air, siapkan air serta tambahkan dengan beberapa batu koral untuk menahan tanaman Bunga Bambu Air.

Media Penanaman Bunga Bambu Air

Media Penanaman Bunga Bambu Air
flickr.com

Tanaman Bunga Bambu Air merupakan jenis tanaman khusus yang unik. Media penanaman yang dikenal dalam cara menanam bunga Bambu Air ada dua: Tanah dan Air. Keduanya bukanlah media yang sulit dicari di Indonesia.

Sehingga tanaman Bunga Bambu Air juga cocok untuk ditanam di Indonesia karena kemudahan pencarian media tanamnya.

Pada habitat aslinya, tanaman Bunga Bambu Air lebih sering ditemukan pada tanah yang berlumpur. Oleh sebab itu, penggunaan media tanam tanah berlumpur lebih sering dipakai.

Namun, menanam Bunga Bambu Air menggunakan media air juga disukai oleh masyarakat karena mudah dan tidak kotor. Baik media tanah maupun air sama baiknya untuk Bunga Bambu Air.

Cara Menanam Bunga Bambu Air menggunakan Media Tanah

Cara Menanam Bunga Bambu Air menggunakan Media Tanah

Untuk menanam Bunga Bambu Air bisa dilakukan ialah dengan menggunakan media berupa tanah yang berlumpur. Cara menanamnya sendiri tidak jauh berbeda dari tanaman-tanaman hias yang lainnya. Lebih lengkapnya, berikut ini adalah cara menanam bunga Bambu Air dengan media tanah.

1. Persiapan

Persiapan Menanam Bambu Air Media Tanah
pixabay.com

Sebelum melakukan penanaman tanaman Bunga Bambu Air menggunakan tanah, persiapkan dulu alat dan bahan seperti sekop, pot, dan pupuk. Tak lupa, persiapkan pula media tanamnya berupa tanah berlumpur.

Tanaman Bunga Bambu Air menyukai media tanah yang banyak mengandung air, sehingga tanah berlumpur adalah media tanah yang paling cocok.

Setelah semua disiapkan, pilih dan pilah tanaman Bunga Bambu Air yang terlihat sehat dan subur. Cirinya adalah dengan melihat batang bambunya yang berwarna hijau cerah, tampak segar, dan berukuran serta beraroma baik. Kemudian siapkan media tanah berlumpur yang sudah dicampur dengan pupuk sebagai media tanam nantinya.

2. Penanaman Bunga Bambu Air dalam Media Tanah

Penanaman Bunga Bambu Air dalam Media Tanah
pinterest.com

Campurkan media tanah berlumpur dengan pupuk yang sudah disiapkan sebelumnya. Kemudian masukkan pada pot yang berlubang.

Jika tidak memiliki pot, bisa dengan menggunakan polybag yang sudah dilubangi juga pada beberapa bagiannya. Lubang pada pot dan polybag ini nantinya sebagai jalan air saat melakukan penyiraman tanaman Bunga Bambu Air sebagai langkah perawatan.

Dari indukan tanaman Bunga Bambu Air yang sudah terpilih tadi, potong dengan ukuran kurang lebih 30 cm. Potongan tadi kemudian ditancapkan pada media tanah berlumpur yang sudah dimasukkan ke dalam pot.

Lakukan secara berulang dengan memberi jarak antar tanamannya kurang lebih 3 cm saja, lalu sirami secukupnya agar tidak kering.

3. Perawatan Bunga Bambu Air dalam Media Tanah

Perawatan Bunga Bambu Air dalam Media Tanah
amazon.com

Menanam tanaman Bunga Bambu Air tidak selesai begitu tanaman ditancapkan ke dalam media tanam. Tanaman Bunga Bambu Air juga sama seperti tanaman hias lainnya yang harus terus dirawat dengar teratur agar bisa tumbuh dengan baik dan sehat.

Bagi yang menggunakan media tanah sebagai media tanamnya, yang terpenting adalah menjaga kelembaban tanahnya.

Tanaman Bunga Bambu Air adalah tanaman yang memiliki habitat di tanah berlumpur dengan kadar air yang tinggi.

Sehingga upayakan untuk menyiram tanaman Bunga Bambu Air dengan teratur agar kelembaban tanahnya tetap terjaga. Pangkas batang-batang tanaman Bunga Bambu Air bila muncul warna coklat pada batangnya sebagai tanda ia telah mati.

Baca Juga: Cara Menanam Kedelai

Cara Menanam Bunga Bambu Air dengan Media Air

Cara Menanam Bunga Bambu Air dengan Media Air
youtube.com

Menanam tanaman Bunga Bambu Air tidak hanya bisa dilakukan dengan media tanah, tetapi juga bisa menggunakan media air. Cara penanamannya juga tidak jauh berbeda dengan menggunakan media tanah. Berikut adalah cara menanam Bunga Bambu Air dengan media air.

1. Persiapan

Persiapan Menanam Bunga Bambu Air Media Air

Sama seperti menanam Bunga Bambu Air dengan media tanah, untuk menanam Bunga Bambu Air dengan media air juga tidak membutuhkan persiapan yang terlalu banyak. Namun, yang perlu dipersiapkan kali ini adalah pot dengan diameter yang lebih besar dari diameter Bunga Bambu Air, air bersih, dan beberapa buah batu koral.

Dalam penanaman menggunakan media air, batu koral inilah yang menggantikan posisi tanah untuk menyangga tanaman Bunga Bambu Air.

Batu koral ini banyak dan bisa dijumpai di toko-toko yang menjual tanaman hias. Sementara untuk pemilihan pot, berbeda dengan pada media tanah, pot yang dipilih kali ini harus yang tertutup dan tanpa lubang.

2. Penanaman Bunga Bambu Air dalam Media Air

Penanaman Bunga Bambu Air dalam Media Air
gagaswidodo.wordpress.com

Setelah persiapan sudah selesai, langkah pertama dalam menanam tanaman Bunga Bambu Air menggunakan media air ialah dengan memasukkan batu-batuan koral di dalam pot.

Tata dengan rapi sehingga dapat menyangga tanaman Bunga Bambu Air nantinya. Setelah menata batuan koral, masukkan dan tata tanaman Bunga Bambu Air di sela-sela batu koral.

Beri jarak sekitar 2 hingga 3 cm antara satu tanaman dengan yang lain agar masing-masing mendapatkan asupan gizi dari air. Kemudian, langkah terakhirnya adalah dengan memasukkan air ke dalam pot. Masukkan air bersih ke dalam pot secara penuh hingga merendam batu koral serta tanaman bambunya.

3. Perawatan Bunga Bambu Air dalam Media Air

Perawatan Bunga Bambu Air dalam Media Air
twitter.com

Cara merawat tanaman Bunga Bambu Air yang ditanam menggunakan media air berbeda dengan media tanah. Jika menggunakan media tanah hanya cukup dengan menyirami setiap hari secara berkala dan ditambah pupuk, sementara menggunakan media air perlu untuk mengganti media airnya secara berkala juga.

Air yang sudah terendam cukup lama berpotensi tercemar oleh zat-zat kimia yang dapat mengganggu tumbuhnya tanaman Bunga Bambu Air. Kemudian jangan lupa untuk membersihkan semua kotoran yang ada di dalam pot selama melakukan pergantian air. Meski cara menanam bunga Bambu Air dengan media air cukup mudah, tetapi tetap harus dirawat dengan teratur.

Cara Menanam Bunga Bambu Air

Categories Menanam

Leave a Comment