Cara Menanam Cherry

Cara Menanam Cherry – Cherry adalah buah manis yang tumbuh di daerah dingin yang sangat memiliki khasiat luar biasa bagi tubuh. Apalagi, Cherry adalah buah yang memiliki rasa segar, aroma wangi, serta kandungan vitamin C untuk menambah energi dan stamina.

Agar memiliki pohon Cherry sendiri, maka harus mengetahui cara menanam Cherry agar hasilnya bagus.

Melihat dari sejarahnya sendiri, buah Cherry adalah buah khas dari negeri sakura di Jepang. Di negara asalnya, buah Cherry yang segar ini biasanya diolah dalam bentuk manisan, ataupun disantap dalam keadaan dingin. Selain itu, buah ini juga sering menjadi toping kue ulang tahun agar tampilan menjadi sangat terlihat cantik .

Para budidayawan dibidang pertanian, menjadikan tanaman Cherry sebagai sentral bisnis dalam bidang ekonomi dan pertanian adalah pilihan yang sangat tepat dan akurat.

Apalagi, di Indonesia, pembibitan dibidang pertanian buah ini masih sulit untuk ditemui. Karena perawatannya yang terbilang sulit menurut masyarakat. Karena belum ada panduan untuk cara menanam buah cherry.

Keunggulan Buah Cherry

Keunggulan Buah Cherry
freshfruitportal.com

Sementara di negara Eropa dan di Amerika, tanaman buah Cherry sudah banyak menyebar disana, dan sangat mudah sekali ditemui di supermarket-supermarket di negara tersebut. Sehingga, Cherry menjadi salah satu buah paling favorit. Sementara di Indonesia harganya mahal, karena sebagian harus diimportir.

Manfaat Buah Cherry Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Buah Cherry Untuk Kesehatan Tubuh
wallpaperaccess.com

Dibandingkan dengan buah lainnya, Cherry memiliki keistimewaan yang sangat luar biasa, dan harganya juga sedikit expensive untuk diperjual belikan.

Bahkan, ketika diolah dalam bentuk manisan dan minuman kaleng, sulit sekali untuk bisa dibeli. Manfaat dalam buah Cherry, diantaranya dapat menjaga tubuh dari radikal yang bebas, dan seratnya bagus untuk tubuh.

Manfaat lainnya sehingga Cherry harus dikonsumsi dan alangkah baik ditanam dilingkungan rumah adalah dapat mencegah penyakit kanker dan diabetes, nutrisi dan antioksidannya bagus untuk meminimkan asam urat dalam tubuh, dapat membuat otak menjadi lebih refleks, dan terakhir adalah dapat selalu menjaga kesehatan mata, dan melindungi kulit agar halus dan lembut.

Bibit Cherry yang Bagus dan Berkualitas Baik

Bibit Cherry yang Bagus dan Berkualitas Baik
youtube.com

Dengan cara memilih biji yang tua dan besar, paling penting biji tersebut tidak boleh cacat, serta aman dari penyakit apapun seperti hama, kutu, ulat, larva, tungau, wereng, dan penyakit tumbuhan lainnya, tahap kedua adalah bersihkan buah ceri yang akan digunakan menjadi bibit tersebut, dengan jangan lupa memisahkannya dari bijinya.

Lalu, ketiga, setelah dipisah dari buah jemur biji tersebut pas dibawah panas matahari yang terik, dan jemurlah secar alangsung dengan jangka waktu satu harian.

Kemudian, setelah dijemur, pindahkan biji-biji tersebut ke tempat yang teduh untuk tidak dalam jangka waktu yang lama. Setelah dipindahkan, bungkus biji cherry dengan tisu atau kertas apapun.

Keempat, setelah dibalut, maka masukkan biji-biji itu kedalam kulkas, dalam jangka waktu hampir satu minggu. Ini agar biji cepat memunculkan tunas baru.

Jika waktu dirasa tepat, maka keluarkan bibit tersebut dari kulkas, dan tanamlah kedalam lahan atau tanah yang telah disediakan dan didiamkan selama tiga minggu . Maka hasilnya akan bagus.

Cara Menanam Cherry

Cara Menanam Cherry
gardeningknowhow.com

Setelah mengetahui begitu banyak informasi mengenai tanaman cherry tentunya membuat rasa ingin memakannya namun harganya yang terbilang tidak murah tentu membuat bingung. Untuk itu simak tips dalam menanam Cherry yang baik dan benar:

1. Mempersiapkan Lahan Tanah yang Subur dan Lapang

Dalam hal ini, jika ingin mananam pohon Cherry di dekat lingkungan rumah, maka hal yang terpenting untuk dilakukan adalah memilih tanah yang subur dan sedikit lembab, namun jangan terlalu memiliki kandungan air sangat banyak.

Kemudian, media yang dipilih terbagi menjadi dua, bisa dengan tanah ataupun ditaruh dalam pot terlebih dahulu.

2. Membuat Lubang

Jika di tanah, maka lahan yang diperlukan tentu saja harus luas dan tidak membuat petumbuhan pada pohon Cherry terhambat.

Lalu, buat lubang dengan ukuran yang diperlukan adalah 50X50, dengan kedalaman pas dan tidak terlalu sempit, pada lubang tersebut isi dengan pupuk kompos yang berkhasiat tinggi untuk pertumbuhan, dengan ukuran 2/3.

3. Menyiapkan Media Pot

Setelah memberikan pupuk kompos, maka biarkan selama tiga minggu sampai pupuk meresap ke tanah. Namun, jika medianya adalah dengan menggunakan pot, agar terlihat simpel dan tidak memakan banyak tempat maka sediakan pot dengan ukuran sangat besar, lalu tuangkan tanah ke dalamnya sertakan juga pupuk kompos. Kesulitan dengan media ini harus selalu memangkasnya.

4. Tanamlah Bibt Cherry Setelah Melakukan Penyemaian

Tahap yang bisa dilakukan setelah itu, adalah menanam bibit tersebut kedalam media sesuai dengan petunjuk.

Baca Juga: Bibit Jamur Tiram

Dimana bibit yang ditanam wajib merupakan bibit yang disemai dan muncul tunasnya, sehingga kekuatan daya tahan pada bibit lebih baik dan tumbuh dalam waktu lama. Masukkan kedalam lubang, lalu timbun tanah dengan tidak terlalu rapat.

5. Penyiraman Bibit Harus Rutin Dilakukan

Langkah yang paling penting untuk dilakukan tentang cara menanam cherry adalah harus melakukan penyiraman pada tumbuhan ini dengan sangat rutin, karena cherry adalah tumbuhan yang paling banyak memakan air.

Semakin banyak penyiraman dilakukan, maka buah akan banyak mengandung air dan segar dinikmati. Selain itu, penyiraman baik membuat tanah selalu lembab.

6. Melakukan Pemupukan dan Penyulaman yang Tepat

Tidak hanya memerhatikan proses jangka waktu dan tips penyiraman yang tepat dalam melakukan cara menanam cherry, namun melakukan pemupukan dengan pupuk organik lalu diikuti dengan proses penyulaman yang tepat juga harus menjadi point penting agar hasil tanaman cherry menjadi lebih baik dan subur. Penyulaman yang dimaksud adalah memotong tangkai dan daun yang mati

7. Sering Melakukan Penyiangan yang Rutin

Penyiangan yang dimaksud adalah melakukan perlindungan kepada tumbuhan tersebut dengan memberikan pestisida serta pemangkasan dengan teratur dan tepat waktu.

Paling penting adalah mencabut rumput-rumput liar yang tumbuh di tanah berdekatan dengan pohon-pohon cherry tersebut. Sehingga ini akan membuat pertumbuhan cherry tidak menjadi terhambat. Ini juga membuat lahan tanah menjadi bersih .

Tahap terakhir yang paling penting saat melakukan penanaman buah cherry yang tepat adalah memperhatikan hal-hal yang harus dilakukan untuk melakukan pemanenan buah Cherry dengan tepat, agar matangnnya sempurna dan kualitas buah bagus.

Karena penanaman yang sempurna akan membuat hasil panen banyak, dan bunga yang dihasilkan lebat. Dengan usia panen 1,5 tahun.

Itu tadi penjelasan mengenai cara menanam cherry. Semoga informasi ini dapat bermanfaat , dan pastinya bisa menjadi inspirasi bersama dalam melakukan permberdayaan efektif untuk memulai usaha penanaman buah Cherry agar menjadi ladang bisnis yang sangat menguntungkan.

Dengan adanya informasi ini bisa menjadi ilmu pengetahuan yang dapat dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari.

Intinya dalam pengimplementasiannya, penerapan cara-cara ini harus dilakukan dengan rutin dan tidak boleh ada yang ketertinggalan. Karena, jika tidak dikerjakan, maka hasilnya tidak baik dan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Lalu dibutuhkan kesabaran yang sangat luar biasa dan tingkat ketelatenan untuk mengembangkan model pertanian buah cherry dengan cara-cara seperti itu.

Selamat mencoba, semoga artikel ini bermanfaat dan dengan adanya artikel yang membahas tentang cara terbaik dalam menanam cherry, maka akan semakin memicu rasa semangat untuk terus menjadi pengusaha Cherry yang sukses, dan pastinya tidak perlu lagi untuk mengimporti cherry jika ingin mengkonsumsi buah cherry yang manis, enak, dan mengandung air ini.

Cara Menanam Cherry

Categories Menanam

Leave a Comment