Bibit Jamur Tiram

Bibit Jamur Tiram – Sekarang ini, budidaya jamur tiram memang menjadi hal yang umum dan tidak asing lagi di dengar. Tak hanya di pedesaan, di perkotaan bisnis ini pun juga berkembang dengan pesat. keberadaan bibit jamur menjadi hal yang penting dalam menjalankan bisnis ini.

Pentingnya Memilih Bibit Jamur Tiram saat Budidaya

Pentingnya Memilih Bibit Jamur Tiram saat Budidaya
juragandavin.com

Karena, bibit jamur tiram menjadi cikal bakal dari pertumbuhan jamur yang nantinya dibudidayakan. Jika bibit yang digunakan memiliki kualitas baik, tentu saja hasil panennya juga akan ikut baik.

Tips Memilih Bibit Jamur

Tips Memilih Bibit Jamur
hargamur.com

Untuk memperoleh bibit yang berkualitas, dibutuhkan rangkaian proses, mulai dari menyiapkan media, mengambil eksplan, hingga menghasilkan bibit dengan kualitas unggul. Biasanya, petani jamur tiram yang sudah besar akan membuat bibit ini sendiri. Namun, jika bisnis Anda masih berskala rumahan, tak ada salahnya membeli bibit dari supplier terpercaya.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika memilih bibit jamur, antara lain:

1. Pilih bibit yang sudah teruji

Usahakan memilih bibit yang benar-benar telah teruji. Anda dapat memilih berdasarkan pada nilai BER. BER adalah persentase perbandingan jumlah berat jamur yang dihasilkan dengan media tanam. Untuk idealnya, BER sebesar 75%.

2. Hindari memilih bibit yang di banderol dengan harga terlalu murah

Harga juga memiliki pengaruh pada kualitas. Pastikan tidak memilih bibit dengan harga yang terlalu murah. Seperti yang kita ketahui, membuat bibit membutuhkan proses yang lama dan waktu yang tidak sebentar, sehingga janggal rasanya jika bibit di banderol dengan harga di bawah pasaran.

3. Hindari bibit yang belum tumbuh miselium

Meskipun di banderol dengan harga murah, hindari membeli bibit yang belum tumbuh miselium atau memiliki miselium terlalu padat. Bibit yang berkualitas mempunyai miselium berwarna putih yang akan tumbuh dengan merata di seluruh media tumbuh.

4. Hindari memilih bibit dengan umur lebih dari 4 Minggu

Sebelum membeli bibit, Anda bisa melihat masa kadaluwarsa yang dimiliki bibit tersebut. Jangan membeli bibit yang berumur lebih dari 4 Minggu, karena bibit tersebut biasanya tidak bisa berproduksi sama sekali. Anda bisa menanyakan kepada supplier, kapan bibit tersebut dibuat.

5. Cari referensi supplier bibit yang terpecaya

Cari referensi supplier dari pengusaha atau pun pembudidaya jamur yang telah sukses menjalankan usaha. Hal tersebut untuk menghindarkan Anda dari adanya risiko penipuan.

Artike Lain: Cara Budidaya Jamur Tiram di Rumah

Tips Menjaga Kualitas Bibit Jamur

Tips Menjaga Kualitas Bibit Jamur

Jika Anda sudah mendapatkan bibit yang berkualitas, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah tetap menjaga kualitas bibit agar tetap baik. Berikut tips agar kualitas bibit jamur tetap terjaga dengan baik, antara kain:

  • Sesuaikan kondisi lingkungan dengan habitat asli di alam. Hal tersebut penting agar bibit yang dihasilkan terjaga kualitasnya. Untuk jamur tiram memerlukan suhu 24 hingga 29 derajat celcius serta kelembapan 90 hingga 100 persen.
  • Pastikan seluruh kegiatan yang berhubungan dengan bibit benar-benar steril,
  • Jika bibit sudah dibuka, gunakan sampai habis. Hindari menggunakan bibit sisa, karena mungkin sudah terkontaminasi dengan mikroorganisme lain.

Jadi, meskipun Anda sudah memilih bibit jamur yang berkualitas unggul, bukan berarti Anda bisa menjalankan bisnis ini dengan santai. Tetap saja, kualitas bibit harus tetap dijaga dengan baik, sehingga bibit bisa tetap prima ditanam di media dan menghasilkan jamur yang berkualitas. Semakin tertarik melakukan budidaya? Semoga langkah memilih bibit jamur tiram di atas dapat membantu Anda.

Bibit Jamur Tiram

Leave a Comment