infopublik.id

Cara Budidaya Ikan Air Tawar Kolam Terpal

Posted on

Cara Budidaya Ikan Air Tawar Kolam Terpal – Para peternak kini semakin melebarkan sayapnya untuk membudidayakan ikan yang kian populer dan menguntungkan. Pasalnya perawatan yang cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak modal membuat banyak orang semakin menggemarinya.

Terutama pada pemanfaatan kolam terpal sebagai pengganti pembuatan kolam beton. Para peternak ikan tawar pun mulai menggunakan terpal atau baliho bekas dengan kualitas yang masih baik untuk dijadikan kolam ikan.

Namun meskipun banyak alternatif mudah, tetap harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara budidaya ikan air tawar kolam terpal yang tepat agar berjalan lancar.

Cara budidaya ikan air tawar kolam terpal ini tidak memiliki perbedaan yang signifikan dibandingkan proses budidaya secara umum. Namun keuletan dan juga ketelatenan sangat dibutuhkan agar proses perawatan jadi lebih mudah dan berjalan dengan baik.

Beberapa ikan yang bisa di budidaya kan yaitu ikan nila, ikan mas dan lain sebagainya. Ada baiknya bagi peternak untuk mengetahui dengan baik apa saja yang dibutuhkan sebelum memulainya. Berikut ulasan lengkap mengenai jenis ikan dan cara budidaya di kolam terpal yang bisa disimak.

Jenis Ikan Tawar

jenis ikan air tawar
news.unair.ac.id

Sebelum mengetahui bagaimana cara budidaya ikan air tawar kolam terpal, ada baiknya untuk menyimak beberapa jenis ikan tawar yang bisa di budidaya kan berikut ini, antara lain:

1. Ikan Lele

cara budidaya ikan lele di kolam terpal
businessamlive.com

Jenis ikan tawar yang pertama adalah ikan lele, yang mana bisa ditemukan dimana saja secara mudah. Ikan lele memiliki rasa yang enak dan khas, maka dari itu tak jarang orang ingin membudidayakannya di rumah.

Pembiayaan budidaya ikan satu ini pun terbilang cukup murah dan hanya perlu memahami ilmu budidaya yang benar agar ikan berkembang dengan baik. Pastikan untuk membaca beberapa literatur maupun menonton tutorial di YouTube sebagai wawasan tambahan.

2. Ikan Gurami

cara budidaya ikan gurami di kolam terpal
johntom.wordpress.com

Tidak hanya ikan lele, ada pula ikan gurami yang biasa hidup bebas di sungai atau rawa-rawa ini. Dengan kebiasaan yang bisa dilihat dari habitatnya, perawatan dan pembudidayaan ikan satu ini tidak begitu rumit.

BACA JUGA  Jenis Tanaman Budidaya Dataran Rendah

Telur ikan gurami akan menempel pada tumbuhan yang berfungsi sebagai sarang, barulah kemudian setelah menetas ikan akan menjaga anaknya tersebut dengan baik. Banyak pula penggemar ikan tawar yang mencarinya sebagai kebutuhan lauk pauk maupun ikan hias.

3. Ikan Mas

cara budidaya ikan mas di kolam terpal
liputan6.com

Ikan mas memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dari lainnya, sehingga potensial dari budidaya ikan satu ini sangat baik.

Perawatan yang mudah akan memudahkan para peternak untuk membudidayakan ikan yang sangat menarik perhatian karena warna cantiknya ini. Tidak hanya di konsumsi, namun juga sebagai ikan hias di aquarium nampaknya sangat mempesona.

4. Ikan Nila

cara budidaya ikan nila di kolam terpal
thegorbalsla.com

Jenis ikan tawar lainnya yaitu ikan nila yang hampir mirip dengan ikan mas. Berasal dari Afrika, ikan satu ini sangat cocok di budidaya kan di daerah dengan sumber air bersih.

Perawatan dan proses pembibitannya pun mudah, sehingga bisa memproduksi hingga 1000 ekor anak loh. Maka tak heran jika banyak yang menginginkannya untuk di budidaya kan di kolam terpal yang cukup mudah dilakukan ini.

5. Ikan Patin

cara budidaya ikan patin di kolam terpal
infopublik.id

Jika ingin budidaya ikan air tawar, ikan patin bisa jadi salah satu ikan yang berpotensi tinggi menguntungkan.

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Patin Di Kolam Terpal

Proses penanganan dan juga membutuhkan pengetahuan khusus untuk merawatnya mungkin agak ribet, namun jika disertai kesabaran dan ketelatenan bisa membuatnya mudah di budidaya kan. Proses pemanenan pun bisa dilakukan setelah 6 bulan.

Cara Mudah Budidaya Ikan Air Tawar Kolam Terpal

cara budidaya ikan tawar di kolam terpal
id.m.wikipedia.org

Berikut adalah cara budidaya ikan air tawar kolam terpal yang mudah dilakukan tanpa ribet, antara lain sebagai berikut:

1. Mempersiapkan Bahan dan Peralatan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mempersiapkan bahan dan juga peralatan yang dibutuhkan untuk membudidayakan ikan air tawar. Pastikan untuk menyesuaikan terpal yang ada dengan luas kolam agar sesuai.

Berikan pula pembatas pada dasar dan dinding kolam menggunakan tanah, bambu maupun besi. Hal ini sangat penting diperhatikan untuk menghindari pembengkakan biaya karena luas terpal yang berlebihan terbilang cukup mahal. Dengan begitu keuntungan yang didapatkan akan lumayan banyak.

2. Mempersiapkan Lahan

Selain mempersiapkan alat dan bahan, ada baiknya pula untuk menyiapkan lahan yang tepat. Siapkan kolam dengan menyesuaikan jenis ikan apa yang ingin dibudidayakan.

Hal ini akan berpengaruh pada kedalaman kolam dan juga kepadatan benih yang nantinya akan disebar. Pertimbangan paparan sinar matahari pun perlu diperhatikan, karena tiap jenis ikan memiliki kebutuhan yang berbeda.

BACA JUGA  Cara Budidaya Anggur

3. Mempersiapkan Bibit

Mempersiapkan bibit yang berkualitas merupakan cara budidaya ikan air tawar kolam terpal berikutnya yang harus dilakukan. Pilihlah bibit ikan yang berkualitas dan beli di tempat terpercaya agar hasil yang di dapatkan maksimal.

Pertimbangkan pula dengan kebutuhan pasar dan lebih jeli melihat peluang yang ada di sekitar. Tidak hanya itu, pilih jenis ikan yang sesuai dengan karakteristik wilayah agar perawatannya mudah dan tidak membutuhkan penanganan yang ribet.

4. Membuat Kolam Terpal

Cara budidaya ikan air tawar kolam terpal selanjutnya adalah membuat kolam terpal dengan pembatas kayu dan besi yang diberi lubang agar sirkulasi air bisa berjalan dengan lancar. Pertama-tama, buatlah dasar dan masukkan terpal pada pinggiran tanah agar tidak terjadi kebocoran pada kolam.

Kemudian ratakan permukaan dengan batu bata dan ditutup dengan sekam agar panen ikan bisa melimpah yang tentunya akan menguntungkan.

Tidak hanya itu, pertahankan pula kejernihan air dengan membuat saluran air yang baik. Hal ini akan mempermudah sirkulasi udara yang ada sehingga ikan dapat berkembang dengan mudah.

Gunakan pipa sebesar 10 inch ataupun sesuai kebutuhan kolam dan pastikan tidak ada kebocoran di sana. Jika sudah dianggap aman, barulah taburkan pupuk organik dan kemudian diamkan selama 3 hari. Setelah kolam berwarna hijau, maka pertanda bahwa kolam sudah siap untuk ditaburi benih ikan air tawar.

5. Menebarkan Bibit Ikan Air Tawar

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menebarkan bibit atau benih ikan air tawar yang sudah dipilih. Tebarkan sesuai dengan luas kolam dan juga kepadatannya.

Perhatikan pula jumlah pakan yang akan diberikan, jangan berlebihan dan tidak perlu setiap hari karena sudah ada hewan kecil serta plankton di dalam kolam yang memenuhi nutrisi pada ikan.

Berikan makanan setidaknya 2 kali sehari pada pagi dan sore, karena jika berlebihan akan menyebabkan ikan keracunan. Jika perlu, berikan vitamin untuk menunjang proses pertumbuhannya agar maksimal.

6. Proses Panen Ikan Air Tawar

Hal terakhir sebagai cara budidaya ikan air tawar kolam terpal yaitu proses pemanenan ikan yang cukup menyenangkan ini. Pilihlah ikan yang sudah memenuhi syarat panen, yaitu bisa dilihat pada bobot, umur dan juga berdasarkan kebutuhan pasar yang ada.

Jika belum memenuhi kriteria ataupun terkena jaring, maka bisa diberikan obat malachite green untuk mengobati lukanya terlebih dahulu.

BACA JUGA  Cara Budidaya Ikan Patin Di Kolam Terpal

Nah itulah informasi mengenai bagaimana cara budidaya ikan air tawar kolam terpal yang sangat mudah dan bisa dilakukan untuk bisnis sampingan. Merawat berbagai jenis ikan air tawar harus disertai dengan kesabaran dan keuletan agar bisa berkembang dengan baik.

Barulah kemudian bisa menghasilkan ikan tawar dengan kualitas yang baik pula. Jika ingin membudidayakan ikan tawar, pastikan untuk memilihnya sesuai karakteristik wilayah agar perawatan semakin mudah dilakukan. Semoga bermanfaat dan memberikan inspirasi pada semua orang yang ingin budidaya ikan dengan cara mudah.

Cara Budidaya Ikan Air Tawar Kolam Terpal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *