Cara Menanam Lengkuas

Cara menanam lengkuas pada dasarnya dapat dilakukan oleh siapa saja. Tanpa membutuhkan lahan yang besar, sebuah lengkuas mampu tumbuh dengan sempurna jika menerapkan proses penanaman yang baik dan benar. Langkah-langkah yang dibutuhkan untuk membudidayakan lengkuas pun tergolong dalam kategori mudah diterapkan. Hal inilah yang menjadikan banyak orang tertarik menanam lengkuas.

Lengkuas merupakan salah satu jenis umbi-umbian dengan nama latin Alpinia Galanga ini kaya akan manfaat. Tanaman lengkuas sendiri berasal dari negeri Cina dapat tumbuh di berbagai lokasi, seperti dataran tinggi dan rendah. Dikarenakan lengkuas termasuk tanaman rempah, maka tidak heran jika lengkuas sering digunakan sebagai bumbu penyedap berbagai macam masakan.

Karakteristik Pada Tanaman Lengkuas

Karakteristik Pada Tanaman Lengkuas
acehbisnis.com

Karena banyak jenis umbi-umbian di Indonesia, seringkali seseorang kebingungan karena menemukan banyak umbi dengan bentuk hampir serupa. Kasus yang terjadi adalah lengkuas sering tertukar dengan jahe, padahal keduanya mempunyai cita rasa serta kandungan vitamin yang berbeda. Untuk yang ingin menerapkan cara menanam lengkuas, berikut adalah karakteristik utama pada tanaman ini.

1. Rimpang

Pengertian secara umum, rimpang merupakan pertumbuhan tanaman berjenis umbi-umbian yang menjalar tepat di bawah tanah. Bentuk rimpang dari lengkuas sendiri mempunyai ukuran diameter yang mampu membesar hingga empat sentimeter. Selain itu, karakteristik dari rimpang lengkuas sendiri adalah warna kulitnya didominasi oleh coklat kekuningan serta adanya tambahan sisik-sisik kecil berwarna putih.

2. Batang

Ciri khas dari batang lengkuas ini adalah mampu menjulang tinggi hingga tiga meter dengan posisi tegak dan tersusun dengan rapi. Selain itu, batang dari lengkuas juga bertumpuk satu sama lain dengan tepi daunnya yang mempunyai bentuk sama rata di setiap sisinya. Hijau bercampur kuning menjadi dominasi warna dari batang lengkuas.

3. Daun

Salah satu karakteristik dari daun tanaman lengkuas adalah mempunyai bentuk yang memanjang disertai dengan ujungnya yang lancip. Selain itu, daun lengkuas juga mempunyai sifat tunggal dengan ukuran yang lebih kecil pada bagian atas batangnya. Bentuk tepian dari daun lengkuas pun sama rata dengan dominasi warna hijau muda pada keseleruhan daunnya.

4. Bunga

Siapa yang menyangka jika lengkuas mempunyai bunga yang berbentuk indah. Karakteristik unik yang dimiliki oleh lengkuas adalah bentuk bunganya persis seperti sebuah lonceng. Selain bentuknya, bunga lengkuas mempunyai aroma yang wangi dengan lokasi tumbuhannya lebih dominan di bagian bawah batang lengkuas. Warna dari bunga lengkuas didominasi hijau dan kuning muda.

5. Buah

Karakteristik buah pada tanaman lengkuas mempunyai tekstur yang cukup keras disertai dengan bentuknya yang bulat. Buah lengkuas termasuk dalam jenis buni, yaitu buah berdaging. Saat memasuki usia muda, warna dari buah tersebut didominasi hijau dan kuning. Namun saat memasuki usia tua, warna tersebut memudar dan tergantikan dengan warna hitam kecoklatan.

Artikel LainCara Menanam Kangkung

Hal yang Diperhatikan dalam Menanam Lengkuas di Rumah

Hal yang Diperhatikan dalam Menanam Lengkuas di Rumah
idea.grid.id

Untuk memperoleh lengkuas setiap harinya, banyak orang yang memutuskan menanamnya sendiri dirumah. Hal ini dikarenakan cara menanam lengkuas sangatlah mudah dan dapat diolah menjadi apa saja, baik sebagai bumbu masakan ataupun obat herbal. Keterbatasan lahan pun bukan jadi penghalang dalam membudidayakan lengkuas. Berikut ini peralatan dan bahan yang wajib dimiliki.

1. Bibit

Hal utama yang harus dipersiapkan sebelum melakukan penanaman lengkuas adalah mempersiapkan bibit unggul berkualitas. Untuk memastikan apakah bibit yang digunakan berkualitas baik adalah memperolehnya secara langsung dari kebun, bukan dari pasar tradisional ataupun swalayan. Selain itu, pastikan usia bibit lengkuas berusia sepuluh bulan dengan permukaan kulit pada rimpang yang sehat.

2. Kondisi Cuaca

Dalam proses penanaman, pastikan jika memilih waktu yang tepat untuk melakukannya. Dikarenakan penanaman awal membutuhkan suhu serta cakupan air yang cukup, sangat baik jika memilih waktu di musim hujan seperti pada bulan oktober dan november. Hal tersebut mampu menjadikan bibit lengkuas mendapatkan nutrisi yang cukup dari air hujan setiap hari.

3. Alat yang Dibutuhkan

Selain cuaca, terdapat berbagai macam alat yang perlu disiapkan saat proses penanaman lengkuas. Hanya membutuhkan tiga alat saja, diantaranya adalah sekop, pot dan peti kayu. Sekop mempunyai fungsi untuk menggali lubang pada tanah yang telah ditaruh pada pot. Sedangkan peti kayu digunakan untuk penanaman bibit lengkuas hingga muncul sebuah tunas.

4. Tanah

Persiapkan tanah yang akan digunakan untuk menanam bibit lengkuas dari dua minggu sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk mengolah tanah terlebih dahulu supaya proses penanaman bibit akan berjalan dengan lancar. Pastikan jika tanah diolah terlebih dahulu supaya kadar kandungan keasamannya terjaga dengan baik. Cara menjaga tingkat keasamannya dengan penambahan pupuk kompos.

5. Cara Penanaman

Saat alat dan bahan sudah dipersiapkan, hal yang patut diperhatikan adalah menerapkan cara penanamannya. Meskipun termasuk dalam kategori umbi-umbian yang mudah ditemukan, akan tetapi dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran saat menanamnya. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan kualitas lengkuas saat sudah berbuah, sehingga saat dikonsumsi mempunyai cita rasa lezat serta khasiatnya terjaga.

Tahapan Cara Menanam Lengkuas di Pot / Polybag

Tahapan Cara Menanam Lengkuas di Pot / Polybag
idea.grid.id

Tanaman lengkuas memang membutuhkan tahapan demi tahapan saat menanamnya. Untuk yang baru pertama kali melakukannya, pasti sedikit merasa kebingungan karena tidak tahu cara seperti apa yang sebaiknya diterapkan. Dengan menerapkan cara menanam lengkuas di rumah, hal tersebut dapat menjadi langkah awal untuk memulainya. Untuk mempersingkat waktu, inilah tahapan penanaman lengkuas.

1. Tahap Pertama

Hal yang wajib dimiliki adalah wadah untuk bibit lengkuas nantinya akan ditanam. Tidak perlu menggunakan wadah khusus, menggunakan polybag ataupun pot juga dapat langsung menanam lengkuas. Masukan tanah yang sudah diolah dengan pupuk kompos, lalu sesuaikan ukurannya hingga memenuhi keseluruhan wadah. Hal ini bertujuan memberikan ruang pada bibit lengkuas nantinya.

2. Tahap Kedua

Tahap kedua adalah membuat lubang untuk bibit lengkuas. Ukuran kedalaman yang ideal berkisar antara 10 sampai 15 sentimeter. Dikarenakan bibit mengalami pertumbuhan dan perbesaran ukuran, maka dari itu kedalaman lubang menjadikan bibit lengkuas leluasa dalam berkembang. Terlebih lagi akar akan semakin merambat di bawah tanah dan membutuhkan kedalaman yang cukup.

3. Tahap Ketiga

Dikarenakan bibit lengkuas yang ditanamkan sudah melalu proses penumbuhan tunas terlebih dahulu, pastikan batang tunas tidak seluruhnya tertanam dalam tanah. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan kesempatan pada batang tunas mendapatkan nutrisi dari sinar matahari, sedangkan bagian bawahnya tetap terjaga kelembapannya. Jumlah yang dapat ditanamkan berkisar dua sampai tiga bibit lengkuas.

4. Tahap Keempat

Setelah bibit lengkuas sudah tertanam dengan sempurna, langkah selanjutnya adalah menutup sebagian permukaan lubang tanah. Namun harus diperhatikan jika tanah yang digunakan masih dalam kondisi gembur. Jika tanah terdapat banyak cacing, maka dapat dipastikan tanah mempunyai kandungan mineral yang baik. Untuk menambah tingkat keasamannya, tambahan pupuk kompos juga dapat diberikan.

Video Budidaya Lengkuas Merah


Itulah panduan yang dapat dipraktikkan dengan mudah saat menanam lengkuas di rumah. Dengan menggunakan alat sederhana serta ketelatenan dalam proses penanaman, menjadikan cara menanam lengkuas mampu menghasilkan lengkuas yang bagus dan berkualitas. Siapapun dapat menerapkannya dan selamat mencoba.

Cara Menanam Lengkuas

Categories Menanam

Leave a Comment