Cara Budidaya Udang Galah

Cara Budidaya Udang Galah – Udang galah merupakan jenis hewan yang bisa hidup di air tawar. Menjadi salah satu makanan yang banyak disukai membuat banyak orang mencari tahu bagaimana cara budidaya udang galah.

Banyak orang yang menjadikan ternak udang galah ini menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Dengan peminat yang banyak membuat udang ini selalu dicari.

Bagi pecinta seafood mungkin juga sudah biasa memakan udang yang berasal dari laut sebagai lauk, tapi ternyata udang air tawar atau udang galah ini tak kalah lezatnya dengan seafood lainnya.

Buktinya banyak sekali restoran yang menawarkan berbagai makanan yang terbuat dari udang galah ini dan banyak pula yang membudidayakannya.

Keuntungan menjanjikan dari menjadikan udang galah menjadi bisnis ini bukan hanya ucapan belaka, karena faktanya banyak sekali permintaan akan udang satu ini.

Tidak hanya permintaan dari dalam negeri saja, tetapi juga sampai pada mancanegara. Udang ini merupakan komoditas air tawar yang harganya terbilang tinggi dibandingkan hewan air tawar lainnya.

Kandungan Gizi Udang Galah

Kandungan Gizi Udang Galah
youtube.com

Sebelum mengetahui bagaimana cara budidaya udang galah bagi pemula, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya kandungan dari udang galah itu sendiri.

Dengan karakteristik ukuran yang lebar dan besar membuat udang ini juga memiliki banyak sekali kandungan nutrisi di dalamnya. Kandungan nutrisi ini pastinya sangat bermanfaat bagi tubuh.

Bukan tanpa alasan udang galah ini banyak diminati, kandungan gizinya tidaklah main-main. Menjadi salah satu sumber protein yang baik dan juga kandungan lain seperti natrium, kalori, lemak, karbohidrat, zat besi, magnesium, kalsium dan juga banyak vitamin. Tentunya nutrisi ini akan diperlukan tubuh untuk metabolisme dan pertumbuhan.

Komoditas air tawar ini sendiri banyak sekali diolah menjadi makanan lezat yang menggugah selera. Tak jarang pula dibuat menjadi aneka panganan lain seperti petis udang instan, sosis udang, terasi, kerupuk udang, dan banyak lagi pangan bermanfaat lainnya. Jadi, tidak heran jika orang berusaha mencari cara budidaya udang galah agar bisnisnya menguntungkan.

Cara Budidaya Udang Galah yang Baik dan Benar

Cara Budidaya Udang Galah yang Baik dan Benar
youtube.com

Cara budidaya udang galah  cukup mudah. Di Indonesia sendiri sudah banyak orang yang mulai menjadikannya bisnis bahkan membuat perusahaannya sendiri. Budidaya udang galah ini sendiri sudah banyak dilakukan di Jawa dan juga Bali. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara membudidayakan udang galah :

1. Menentukan Lokasi Pembudidayaan

Menentukan Lokasi Pembudidayaan Udang Galah
infoakuakultur.com

Sebagai langkah awal, tentunya sebelum memutuskan untuk membudidayakan udang galah ini terlebih dahulu harus menentukan lokasi budidaya.

Tidak semua tempat bisa menjadi tempat budidaya dari udang galah ini. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan di mana tempat yang baik untuk membudidayakan udang satu ini.

Hal yang harus diperhatikan yang pertama adalah memastikan bahwa kawasan yang akan dijadikan lokasi itu jauh dari area industri. Kedua, sebisa mungkin untuk memilih kawasan yang bebas banjir dan juga pencemaran baik udara maupun tanah. Ketiga, pilihlah jenis tanah yang memiliki kandungan pasir dan juga tanah liat.

Selain itu, area yang dipilih harus memiliki persediaan air sepanjang tahun. Adapun debit air yang dianjurkan dalam budidaya udang galah ini adalah 0,5-1 liter per detik. Debit air ini berlaku untuk luas media budidaya atau kolam 300-1000 meter persegi. Ini dilakukan agar budidaya bisa menghasilkan udang berkualitas.

2. Menyiapkan Alat dan Bahan

Menyiapkan Alat dan Bahan Udang Galah
jakartanotebook.com

Setelah memastikan lokasi, cara budidaya udang galah yang selanjutnya adalah dengan mempersiapkan alat dan juga bahan. Tentunya alat dan bahan ini sebagai media untuk membantu proses pembudidayaan agar bisa sukses. Alat dan bahannya pun hampir sama dengan alat budidaya di kolam pada umumnya.

Adapun alat dan bahan yang harus disiapkan adalah cangkul, ayakan dari kain, alat yang digunakan untuk mengangkut benih udang, serok, seser, jaring, ember, dan juga timbangan. Semua alat ini harus ada jika ingin memulai membudidayakan udang galah agar bisa mendapatkan hasil panen nantinya.

Untuk bahannya sendiri pun harus dipersiapkan bersama dengan alat tadi. Bahan ini biasanya habis pakai, karena digunakan sebagai penunjang kelangsungan proses budidaya nantinya. Bahan yang digunakan dalam membudidayakan udang galah ini meliputi: pupuk, dan juga kapur pertanian.

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Patin Di Kolam Terpal

3. Membuat Kolam

Membuat Kolam Budidaya Udang Galah
infoakuakultur.com

Kolam menjadi media untuk udang galah berkembang biak. Untuk itu pembuatannya tidak boleh sembarangan. Dalam membuat kolam tanah sendiri gunakan alat seperti cangkul atau semacamnya. Kedalaman kolam mencapai 70 hingga 100 m dengan lebar 300 sampai 1000 meter persegi.

Sebagai pencegahan dari banjir, maka disekitar kolam yang sudah dibuat sebaiknya dilengkapi dengan parit. Buatlah parit yang memiliki ukuran sedalam 50 cm dengan lebar sekitar 30 cm. Selain untuk mencegah terjadinya banjir, parit ini membuat kolam menjadi lebih bersih karena genangan tidak akan muncul.

Sebelum memasukkan benih udang, diamkan kolam yang sudah dimasukkan air terlebih dahulu. Masukkan pupuk kandang ataupun kompos untuk membuat kolam berubah warna. Pemberian pupuk kandang ini dimaksudkan agar di dalam kolam terdapat pakan alami untuk udang galah nantinya.

4. Pembibitan

Pembibitan Udang Galah

Step yang selanjutnya dan tak kalah penting adalah pembibitan udang galah. Untuk mendapatkan hasil panen yang berkuliatas, diperlukan bibit udang galah yang juga berkualitas unggul. Untuk pembibitannya sendiri, terdapat dua cara yang bisa dilakukan, yakni dengan langsung membeli bibit unggul di toko atau melakukan pemijahan.

Jika memutuskan untuk membeli secara langsung benih berkualitas di toko diharapkan juga untuk teliti. Ada beberapa ciri benih yang berkulitas dan harus diketahui terlebih dahulu sebelum membelinya. Jangan sampai benih yang dikira berkualitas baik malah memiliki kualitas buruk dan tak layak di budidayakan.

Proses pemijahan sendiri termasuk cara budidaya udang galah yang tak kalah penting. Cara ini bisa dilakukan sendiri dan akan menghemat budget. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membeli indukan udang galah yang berkualitas. Setelah itu lakukan pemijahan pada perut betina hingga keluar larva. Larva ini harus melalui pemeliharaan baru bisa ditebar dalam kolam.

5. Pengelolaan Air dan Pemberantasan Hama Penyakit

Pengelolaan Air dan Pemberantasan Hama Penyakit Udang Galah
bisnisterlaris.com

Yang tak kalah penting juga dalam membudidayakan udang galah adalah pengelolaan air dan pemberantasan hamanya. Untuk pengelolaan airnya sendiri, pastikan air yang digunakan itu air mengalir agar sirkulasi udara menjadi bebas. Lakukan penggantian air minimal satu bulan sekali untuk meningkatkan kualitas air kolam.

Air yang berkualitas tidak selamanya menentukan apakah terhindar dari penyakit dan hama atau tidak. Untuk itulah sangat penting untuk melakukan pemeriksaan visual pada udang. Ini dimaksudkan agar udang yang terdeteksi penyakit bisa dipindahkan agar tidak menular pada udang lainnya.

Sedangkan untuk memberantas hama dari kolam juga perlu dilakukan secara berkala. Seringkali predator yang tidak sengaja masuk ke dalam kolam mengancam kelangsungan hidup udang galah. Hama pemangsa ini biasanya berupa ikan gabus, lele, dan lain-lain. Waktu yang dibutuhkan sampai panen sekitar 4-6 bulan.

Itulah tadi beberapa cara budidaya udang galah yang baik dan benar. Bagi yang ingin menjadikan udang galah ini sebagai bisnis yang menguntungkan, jangan lupa untuk terus belajar agar proses pembudidayaan terus berjalan lancar. Sekian artikel kali ini, semoga bisa membantu pembaca semua dan semoga sukses.

Cara Budidaya Udang Galah

Leave a Comment