Jenis Tanaman Budidaya Dataran Rendah

Posted on

Jenis Tanaman Budidaya Dataran Rendah – Dataran rendah merupakan salah satu kawasan yang letaknya dekat dengan area pantai atau pun sungai.

Suhunya yang berkisar antara 23 hingga 28 derajat Celcius sangat cocok untuk dijadikan tempat bercocok tanam beberapa tanaman budidaya. Jenis tanaman budidaya dataran rendah sangatlah banyak.

Selain jenisnya yang beragam, tanaman budidaya dapat mendatangkan keuntungan yang tidak bisa dianggap sepele. Berikut ini informasi lengkapnya, yuk disimak!

Sekilas Tentang Tanaman Budidaya Dataran Rendah

Tanaman Budidaya Dataran Rendah
tanamanmart.com

Budidaya tanaman merupakan salah satu usaha yang dilakukan dalam proses pemeliharaan dan pengembangbiakkan tanaman agar tetap lestari dengan menghasilkan manfaat yang tiada terkira.

Adapun tanaman budidaya merupakan tanaman yang dapat dibudidayakan, seperti buah-buahan, sayuran, tanaman pangan serta tanaman hias. Proses budidaya ini memiliki tahapan tertentu dan tentunya hasilnya cukup menggiurkan.

Keuntungan dari tanaman yang dibudidayakan tentunya tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya keuntungan yang diperoleh tidak hanya dari segi konsumsi saja melainkan dari segi ekonomi juga.

Selain itu, budidaya tanaman akan meningkatkan kesejukan serta produksi udara bersih, sehingga lingkungan pun lebih nyaman dan menyejukkan. Namun tidak semua tanaman bisa ditanam di area dataran rendah, hanya beberapa jenis tanaman saja yang bisa dibudidayakan dengan baik di kawasan yang memiliki suhu panas.

Jenis Tanaman Budidaya Dataran Rendah

Jenis-jenis tanaman budidaya dataran rendah
tamaninspirasi.com

Dataran rendah biasanya memiliki ketinggian sekitar 200 mdpl, dengan suhu sekitar 23-28 derajat Celcius. Pada suhu tersebut, tidak semua tanaman bisa tumbuh dengan baik.

Oleh karena itu penting untuk mengetahui jenis tanaman budidaya dataran rendah yang bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Di antara tanaman budidaya tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Buah Kelengkeng

kelengkeng, tanaman dataran rendah
livescience.com

Buah yang memiliki rasa manis yang pekat ini sangat cocok ditanam di kawasan dataran rendah. Pasalnya, buah kelengkeng tidak membutuhkan suhu yang terlalu ekstrim untuk membuat pohon berbunga.

Kemampuan adaptasinya yang tinggi membuat buah kelengkeng bisa ditanam di kawasan yang memiliki ketinggian 200 mdpl. Varietas kelengkeng sangatlah banyak, yakni lengkeng pingpong, lengkeng merah, lengkeng itoh, lengkeng matalada, dan sebagainya.

BACA JUGA  Cara Budidaya Ikan Arwana

2. Buah Jeruk

jeruk, jenis tanaman di dataran rendah
gardeningknowhow.com

Tanaman lainnya yang bisa dibudidyakan di area dataran rendah yakni buah jeruk. Jenis tanaman yang satu ini memiliki peluang tinggi untuk dibudidayakan. Selain rasanya yang khas, kandungan vitamin C-nya pun sangat baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Jenis Tanaman Merambat Tahan Panas

Suhu yang bagus untuk menanam buah jeruk berkisar antara 20-33 derajat Celcius, dengan pH 5,6 hingga 7. Proses penanaman buah jeruk bisa dilakukan dengan dua cara yakni secara vegetatif atau stek, dan juga secara generatif dengan melakukan pemilihan biji unggulan dari bibit yang berkualitas.

3. Buah Jambu Biji

jambu biji, di dataran rendah biasanya orang dapat menanam
mytropicsoul.com

Jenis tanaman budidaya dataran rendah lainnya yaitu buah jambu biji. Buah yang satu ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh dan dipercaya bisa mengobati diare.

Jambu biji sangat cocok ditanam di kawasan dataran rendah serta proses perawatannya pun tidak sulit dilakukan. Rasanya yang manis menyegarkan, dengan teksturnya yang renyah cukup banyak diminati. Variannya pun beragam yakni jambu biji sukun merah, getas merah, jambu biji merah Australia  serta jambu biji kristal.

4. Buah Mangga

mangga, tanaman yang cocok di dataran rendah
hsph.harvard.edu

Selanjutnya, buah Mangga juga merupakan salah satu jenis tanaman budidaya dataran rendah yang bisa ditanam. Buah yang satu ini sangat mudah ditemukan di kawasan Indonesia.

Perawatannya pun bisa dikatakan cukup sederhana, karena itulah banyak yang membudidayakan tanaman buah yang satu ini. Buah Mangga memiliki varian yang banyak diantaranya terdapat mangga arumanis, mangga endog, mangga kemang, mangga madu, mangga golek, mangga manalagi dan varian lainnya.

5. Buah Pisang

pisang, tanah pertanian di dataran rendah sangat cocok untuk ditanam
parade.com

Tanaman buah pisang juga sangat cocok untuk dibudidayakan di kawasan dataran rendah. Jenis tanaman budidaya dataran rendah yang satu ini cukup banyak ditemukan di pekarangan rumah.  Buah pisang kerap dijadikan sebagai alternatif makanan yang dikonsumsi oleh para pediet.

Oleh karena itu, budidaya tanaman pisang cukup banyak diminati, selain enak dikonsumsi tapi juga bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Di antara varian buah pisang yang bisa ditanam yakni pisang mas, pisang raja, pisang susu, pisang ambon dan sebagainya.

6. Buah Rambutan

rambutan, tanaman yang cocok di dataran rendah
tasteofhome.com

Rambutan merupakan jenis tanaman budidaya dataran rendah lainnya yang sayang jika tidak ditanam dan dijadikan sebagai ladang bisnis. Cara penanamannnya bisa dilakukan secara mudah dan sederhana. Budidaya buah rambutan ini memiliki peluang usaha yang cukup menggiurkan.

BACA JUGA  Cara Budidaya Kura-Kura Brazil

Selain banyak dijadikan sebagai bahan pokok olahan makanan, budidaya jenis tanaman ini bisa dilakukan dengan perawatan yang mudah. Di antara jenis rambutan yang bisa ditanam yakni rambutan narmada, rambutan garuda, rambutan sinyonya, rambutan rapiah, rambutan binjai dan sebagainya.

7. Buah Leci

leci, tanaman yang dibudidayakan di dataran tinggi
cowellsgc.co.uk

Tanaman buah leci merupakan salah satu jenis tanaman budidaya dataran rendah yang memiliki rasa manis menyegarkan. Buah yang satu ini biasanya tidak memerlukan perawatan yang rumit, misalnya tidak perlu melakukan penyiraman yang rutin, karena suhu yang rendah bisa membantunya tetap tumbuh dan berkembang.

Tanaman buah leci tentunya memiliki potensi yang tinggi untuk dibudidayakan. Dari segi ekonomis, buah leci kerap dimanfaatkan sebagai sirup, selai, roti, permen dan sebagainya.

8. Bunga Mawar

bunga mawar, ditanam di dataran
whats-your-sign.com

Tanaman hias bunga mawar merupakan salah satu  jenis tanaman budidaya dataran rendah yang cocok untuk ditanam. Ratu dari semua bunga ini tentunya diminati banyak orang.

Selain aromanya yang harum, juga mudah untuk tumbuh-kembangnya. Budidaya bunga mawar tentunya merupakan salah satu ladang bisnis yang cukup menggiurkan. Pasalnya, aromanya yang harum menjadikan bunga ini dijadikan sebagai bahan pewangi, parfum, teh, bahan kue dan sebagainya.

9. Bunga Anggrek

bunga anggrek, tanaman dataran sedang
agriculture90.blogspot.com

Tanaman hias lainnya yang cocok ditanam di kawasan dataran rendah adalah bunga anggrek. Bunga yang memiliki aroma yang khas ini biasanya tumbuh di kawasan bersuhu 21 derajat Celcius. Terdapat spesies anggrek yang beragam yang bisa tumbuh di area dataran rendah.

Bunga ini dikenal sebagai bunga cantik dengan batang yang kokoh serta memiliki bunga mekar yang tahan lama. Budidaya bunga anggrek ini tentunya tidak bisa diremehkan, keuntungan bisa diraup ketika sukses dalam membudidayakan tanaman anggrek.

10.  Bunga Lili

bunga lili, tanaman yang dibudidayakan di dataran tinggi

Selanjutnya tanaman hiasan bunga lili juga menjadi salah satu jenis tanaman budidaya dataran rendah yang sayang jika tidak dicoba ditanam. Bunga yang memiliki nama latin Zephyranthes ini memiliki ciri khas seperti daunnya yang memanjang seperti pita, warnanya yang hijau gelap-mengkilap, aromaya yang lembut serta memiliki enam daun mahkota di bagian pangkal.

Sama halnya dengan bunga mawar, tanaman hias yang satu ini cukup menarik untuk dijadikan ladang bisnis. Selain dijadikan dalam paduan buket bunga juga kerap dijadikan sebagai bahan pewangi dan parfum.

Demikianlah ulasan terkait jenis tanaman budidaya dataran rendah yang tentunya bisa menghasilkan keuntungan baik dari segi ekonomis atau pun segi konsumsi.

BACA JUGA  Cara Budidaya Ayam Hutan Hijau

Pilihlah di antara tanaman-tanaman di atas, sesuai dengan minat atau keinginan masing-masing. Lalu, mulailah untuk merintis budidaya secara telaten. Setiap budidaya yang dilakukan tentunya dibutuhkan usaha dan kerja keras dengan begitu keuntungan pun dapat diraup.

Jenis Tanaman Budidaya Dataran Rendah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *