budidayatani.com

Cara Budidaya Ayam Kampung

Posted on

Cara Budidaya Ayam Kampung – Budidaya hewan ternak memang terbukti menguntungkan. Salah satunya budidaya ayam kampung. Bagi para pemula yang ingin mencoba untuk melakukan budidaya ayam kampung tidaklah sulit.

Cara budidaya ayam kampung untuk pemula sangat mudah dilakukan dan akan membuahkan hasil jika tekun menggelutinya. Apalagi jika saat melakukan budidaya menggunakan cara yang tepat, pasti budidayanya akan berhasil.

Tidak hanya itu, ayam kampung juga menjadi hewan yang diminati oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan ayam kampung memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh ayam lainnya.

Jadi kemungkinan untuk mendapat keuntungan melalui budidaya hewan ini akan semakin besar. Berikut ini ada beberapa kelebihan ayam kampung dan cara yang bisa dilakukan pemula untuk memulai budidayanya.

Kelebihan Ayam Kampung Daripada Ayam yang Lain

Kelebihan Ayam Kampung
budidayatani.com

Sebelum memutuskan untuk membudidaya ayam kampung, sebaiknya cari tahu dulu kelebihan dari ayam ini. Salah satu ayam yang menjadi favorit banyak orang ini memiliki beberapa kelebihan daripada ayam lainnya.

Hal tersebut tentu menarik banyak orang untuk membeli ayam kampung sehingga pembudidaya ayam ini akan meraup keuntungan besar. Berikut beberapa kelebihan ayam kampung daripada ayam jenis lainnya.

1. Lebih Sehat

Ayam KampungLebih Sehat
food.detik.com

Ayam kampung bisa dibilang merupakan jenis ayam yang lebih sehat. Hal ini dikarenakan makanan yang dikonsumsi berupa biji-bijian dan perawatannya tidak menggunakan bahan-bahan yang mengandung zat kimia.

Ayam kampung mempunyai daya tahan badan yang terbilang kuat karena terbiasa hidup di alam bebas. Jadi ayam lebih lincah dan jarang terkena penyakit karena sistem imunnya kuat.

2. Lebih Bergizi

Ayam Kampung Lebih Bergizi
sukamasak.com

Kelebihan ayam kampung lainnya yaitu dagingnya lebih bergizi. Dagingnya mengandung gizi yang cukup tinggi karena ayam kampung saat diternak tidak terlalu sering disuntik. Jadi kualitas dagingnya lebih bagus daripada ayam lain yang sering disuntik zat kimia.

Memiliki daging yang bergizi membuat cita rasa daging dari ayam kampung ini lebih lezat. Ayam kampung memiliki vitamin, fosfor, serta protein yang sangat penting bagi tubuh manusia. Jadi tak heran apabila ayam kampung menjadi primadona oleh kebanyakan orang.

BACA JUGA  Cara Budidaya Cacing Sutra Tanpa Lumpur

3. Kandungan Lemaknya Sedikit

Ayam Kampung Kandungan Lemaknya Sedikit
ews.kemendag.go.id

Untuk yang sedang program diet bisa memilih ayam kampung sebagai pilihan menu diet. Hal ini dikarenakan ayam kampung memiliki kandungan lemak yang sangat sedikit.

Bisa dibuktikan ketika menyimpan ayam kampung pada sebuah wadah dalam lemari es. Ayam lain akan menyisakan lemak yang cukup banyak setelah beberapa hari disimpan tapi ayam kampung tidak demikian.

Itu menunjukkan bahwa pakan ayam kampung lebih sehat dan tidak mengandung banyak lemak. Ayam kampung biasanya diberi pakan dari bahan-bahan yang organik sehingga lemaknya sedikit. Selain itu ayam kampung juga tergolong ayam yang lincah dan aktif bergerak sehingga lemaknya semakin sedikit.

Baca Juga: Cara Budidaya Ayam Petelur

Cara Budidaya Ayam Kampung Untuk Pemula Yang Tepat

Cara Budidaya Ayam Kampung Untuk Pemula Yang Tepat
bisnisukm.com

Jika ingin berhasil dalam melakukan budidaya ayam kampung, maka harus menggunakan cara yang tepat. Hal ini juga bertujuan untuk meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi.

Pastikan sebelum memulai budidaya ayam kampung harus mempersiapkan segalanya dengan matang. Berikut beberapa cara budidaya ayam kampung untuk pemula yang tepat dan mudah dilakukan.

1. Persiapkan Kandang Ayamnya

Persiapkan Kandang Ayam Kampung
blog.pasarpetani.com

Sebelum mencari bibit ayam kampung, sebaiknya persiapkan dulu kandang ayam yang akan dijadikan tempat tinggalnya nanti. Pastikan kandang ayam tertutup sehingga ayam kampung tidak mudah kabur dan mengganggu kenyamanan orang lain.

Buat juga kandang yang lebih tinggi agar ayam tidak mudah terbang dan kabur keluar kandang. Persiapkan 2 kandang, satu untuk ayam yang mulai dewasa dan satunya untuk ayam kampung yang baru menetas.

Para peternak ayam kampung biasanya menggunakan jenis kandang yang dibuat dengan sistem ren. Sistem ini membuat kandang menjadi dua bagian. Satu bagian untuk melakukan pengumbaran dan yang satunya untuk berteduh.

2. Mencari Bibit Anak Ayam Kampung

Mencari Bibit Anak Ayam Kampung
pinterest.com

Cara budidaya ayam kampung untuk pemula yaitu dengan mencari bibit anak ayamnya. Beli bibit anak ayam yang baru menetas/Day Old Chicken (DOC). Pastikan bibit yang dipilih juga sehat sehingga bisa menghasilkan telur yang banyak dan juga sehat.

Sesuaikan jumlah bibit anak ayam yang akan dibeli dengan luas kandang yang telah disiapkan. Bibit anak ayam kampung juga bisa dibuat sendiri dengan cara menetaskan telur ayam kampungnya.

Cari indukan betina dan juga indukan ayam jantan lalu kawinkan keduanya. Akan tetapi perlu diperhatikan saat memilih indukan ayam kampung. Pilih indukan jantan yang suara kokoknya sangat lantang, bulu yang mengkilap serta agresif dan aktif bergerak.

BACA JUGA  Cara Budidaya Mentok

Begitu juga dengan indukan betina, pastikan indukan betina memiliki tubuh yang besar, aktif bergerak dan bulu yang mengkilap. Namun untuk pemula sebaiknya membeli bibit secara langsung untuk meminimalisir kegagalan saat menetaskan telur.

3. Pembesaran/Pemeliharaan Anak Ayam Kampung

Pembesaran/Pemeliharaan Anak Ayam Kampung
hobiternak.com

Jika sudah mendapatkan bibit anakan ayam kampung, maka cara budidaya ayam kampung untuk pemula selanjutnya adalah melakukan pembesaran/pemeliharaan.

Berikan pakan ayam yang memiliki banyak kandungan nutrisi baik sehingga anak ayam tumbuh sehat. Berikan juga obat alami atau kimia yang berkualitas untuk menunjang kesehatan anak ayam.

Agar tidak mengeluarkan terlalu banyak biaya untuk pakan ayam, bisa membuatnya sendiri. Pakan anak ayam bisa dari jagung yang sebelumnya dihaluskan lebih dulu.

Bisa juga dari sayur-sayuran seperti daun lamtoro atau daun pepaya yang memiliki nutrisi baik untuk anak ayam. Pemberian pakan sebaiknya dilakukan dalam sehari  itu sebanyak 3 kali.

Untuk bibit ayam yang masih kecil atau berusia sekitar 14 minggu sebaiknya diberikan pakan yang murni tanpa campuran voor. Hal ini bertujuan agar bibit anakan ayam kampung bisa tumbuh lebih sehat.  Jangan lupa untuk memberikan obat-obatan kimia yang dijual dipasaran untuk menambah vitamin yang ayam kampung butuhkan.

4. Pasarkan Ayam Kampung

Pasarkan Ayam Kampung
tintamerdeka.co.id

Setelah anak ayam kampung tumbuh dewasa, maka cara budidaya ayam kampung untuk pemula selanjutnya adalah memasarkan ayam.

Pada tahap ini akan semakin mendorong kesuksesan selama membudidayakan ayam kampung. Memasarkan ayam kampung bisa langsung ke pasar atau bisa juga ke pedagang ayam lainnya. Jika ingin mendapat keuntungan lebih bisa memasarkan langsung ayam kampung pada pengusaha rumah makan.

Cari para pengusaha rumah makan yang menyediakan ayam kampung sebagai salah satu sajian di tempat makannya.

Untuk lebih menarik calon pembeli pastikan ayam kampung yang dibudidaya sehat dan tidak penyakitan. Dengan begitu mereka akan mudah menaruh kepercayaan dan akhirnya berlangganan.

Itulah cara budidaya ayam kampung untuk pemula yang mudah dilakukan juga kelebihan ayam kampung daripada ayam yang lain. Ayam kampung memang salah satu ayam yang memiliki nilai jual tinggi.

Hal ini dikarenakan pakan ayam yang digunakan sangat alami sehingga dagingnya lebih sehat dan bergizi. Selain itu daging ayamnya juga memiliki banyak manfaat dan  nutrisi baik untuk tubuh manusia. Jadi wajar apabila harganya mahal.

Namun harganya yang mahal bukan berarti ayam kampung tidak memiliki banyak peminat. Justru ayam kampung memiliki banyak peminat dan menjadi primadona di antara ayam yang lain. Jadi memilih budidaya ayam kampung tentu tidak akan mengecewakan tapi malah menguntungkan.

BACA JUGA  Cara Budidaya Ikan Arwana

Cara Budidaya Ayam Kampung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *